Menjelajahi Wisata dan Kuliner di Hong Kong

Berkunjung ke Hong Kong adalah pengalaman yang sulit saya lupakan. Selama 5 hari, saya belum cukup untuk mengeksplorasi semua wisata dan kulinernya. Di Hong Kong saya tidak melewatkan kulineran, wisata dan berbaur dengan masyarakat lokal. 

Inilah Hal Menarik di Hong Kong :
Tram Ding Ding Keliling Causeway Bay
Di Hong Kong saya memilih menginap di Causeway Bay, kawasan modern di Hong Kong. Uniknya di tengah apartemen dan mall di Causeway Bay ini masih dilintasi tram sejak tahun 1904. Tramways atau Tram Ding Ding salah satu transportasi yang wajib dinaiki.

Hong Kong 4
hong kong 5
Tram Ding Ding di Causeway Bay
hong kong 6
Di dalam tram
Jika berkeliling ke daerah Causeway Bay saya lebih memilih naik tram dengan biaya sekali naik HKD 2.5. Sensasinya seperti masuk ke mesin waktu karena tram yang berjalan di rel khusus ini tanpa AC dan bagian dalam masih kuno, sesekali bunyi "ding ding" klakson tram ini membuat saya tersenyum.

Menyeberang Laut Dengan Star Ferry
Wilayah Hong Kong terdiri dari Hong Kong Island, Lantau Island, New Territories dan Kowloon. Ketika ingin menyeberang ke Kowloon dari Causewaybay saya menggunakan Star Ferry. Menaiki Star Ferry sangat berkesan, apalagi jika malam hari gemerlap lampu Hong Kong terlihat cantik.

hong kong 2
Suasana di Star Ferry
hong kong 1hong kong 3

Untuk menaiki Star Ferry saya menuju Pier, kemudian membeli tiketnya Upper Deck seharga HKD 2.5 atau Lower Deck HKD 2. Saya lebih memilih di Upper Deck karena dari atas kapal panorama akan terlihat lebih cantik. Lama menyeberang hanya 10 menit tetapi sensasinya sangat asik.

Berburu Kuliner Halal dan Lokal
Hong Kong gencar mempromosikan destinasi wisata muslim friendly. Saya membuktikan beberapa kuliner halal di Hong Kong mudah ditemukan. Saya berhasil mengunjungi beberapa kuliner ini:

  1. Islamic Centre Canteen
    hong kong 18
    kenyang makan dim sum di Islamic Centre
    Kantin yang terletak di dalam masjid ini terkenal dikalangan wisatawan muslim. Namun banyak juga wisatawan dan penduduk lokal yang non muslim juga ketagihan dengan dim sum dan chinese food nya. Harga yang murah dan banyak pilihannya membuat saya kalap memesan beberapa menunya.





  2. Ah Lung
  3. hong kong 24
    Ah Lung Pakistan Halal Food
    Menu utama Ah Lung yang banyak dipesan adalah chicken curry. Menu ini dimasak dengan santan berbumbu kemerahan dengan dua ayam persajiannya. Dengan sukses saya melahapnya karena sesuai dengan lidah Indonesia.
  4. Aladin Mess
    Di Causeway Bay banyak sekali restoran khas Indonesia yang penjualnya juga orang Indonesia. Namun saya penasaran dengan Aladin Mess dengan cita rasa India. Berada di sebuah gedung di lantai 3 yang sempit, restoran ini sangat pengunjung. Saya memesan menu nasi briyani dengan porsinya yang jumbo.
    hong kong 14
    Aladin Mess dengan menu ala India
  5. Egg Tart, Pineaple Bun dan Milk Tea
    hong kong 16
    Pineaple Bun dan Milk Tea di Honolulu Cafe
    Egg Tart di Hong Kong wajib dicicipi, salah satunya yang terkenal adalah Thai Cheong Bakery. Egg Tart tersebut berukuran besar, full creamy dan crispy dinikmati panas-panas. Saya juga tidak melewatkan pineaple bun yang merupakan kuliner lokal berupa roti kecoklatan yang tengahnya diberikan mentega, cocok disandingkan dengan milk tea Hong Kong. 

    hong kong 15

Belanja di Ladies Market, Langham Palace dan Jardine's Creasent
Di Hong Kong banyak sekali destinasi belanja murah. Ladies Market pusatnya aneka souvenir dan barang kebutuhan sehari-hari. Pasar yang buka sore hingga malam hari ini membuat saya lupa waktu karena harganya yang murah.

hong kong 21
Ladies Market
hong kong 22
Ladies Market


Langham Palace lokasinya tak jauh dari Ladies Market, namun berkonsep mall. Mulai dari branded atau produk lokal tersedia dengan harga terjangkau. Adapula Jardine's Cresent yang berlokasi di kawasan Causeway Bay yang konsepnya hampir sama dengan Ladies Market yang menyediakan barang murah. Masih banyak tempat shopping lainnya di Hong Kong yang belum saya kunjungi.

hong kong 20
Langham Palace
hong kong 23
Jardine's Cresent


Hong Kong Observation Wheel
Hongkong Observation Wheel berdiri kokoh di dekat Pier Tsim Sha Tsui. Di wisata kincir raksasa ini saya bisa melihat suasana sekitar dari atas ketinggian. Selain itu nongkrong dibawah kincir raksasa ini sangat asik karena banyak penjual makanan yang enak.

hong kong 7
Hong Kong Observation Wheels
hong kong 8
entah ini gaya apa hehehe

hong kong 9
Tiket naik Hong Kong Observation Wheels
hong kong 12
hong kong 11
Pemandangan dari balik kaca Hong Kong Observation Wheels
hong kong 10

...

Masih banyak tempat wisata Hong Kong lainnya yang sudah saya kunjungi seperti The Peak, Madame Tussaud, The Peak, Avenue Star, Clock Tower, Sky 100, Disneyland, dan Snoppy World. Ngong Ping 360 lokasi big budha yang dapat ditempuh dengan cable car gagal saya kunjungi karena dalam proses renovasi.

hong kong 26
Snoopy World
hong kong 25
Disneyland Hong Kong
hong kong 27
Avenue of Star dan Clock Tower
hong kong 28
Clock Tower


Wisata Hongkong Ini Ingin Saya Kunjungi:
Ani Com Park @Harbour Fun
Dibuka pada tahun 2016 yang lalu, Ani Com Park @Harbour Fun adalah taman yang berisi patung karakter komik yang berada di taman, pastinya asik banget dibuat selfie. Sebagai tempat wisata baru, saya sangat penasaran dengan Ani Com Park @Harbour Fun ini.


sumber foto : www.discoverhongkong.com



Hello Kitty Theme Farm
Saya membayangkan cantiknya sebuah kebun strawberry dengan karakter hello kitty di Hong Kong ini. Gaung Hello Kitty Theme Farm ini masih belum banyak diketahui wisatawan, saya bisa melihat cantiknya tempat tersebut dari beberapa website. Di sana saya bisa memetik strawberry, dan memberi makan hewan.



hello kitty 31
sumber foto : https://www.facebook.com/gogreenfarming/

Stanley Main Street
Kawasan Stanley merupakan kawasan wisata yang berada dipinggir pantai yang dihuni para ekspatriat Hong Kong. Waktu di Hong Kong saya belum sempat mengunjungi kawasan ini, saat ini saya masih penasaran dengan aneka kafe, restoran, pantai, market, dan muray house yang menjadi langganan berfoto pre wedding.

sumber foto : http://www.hk-stanley-market.com

Tai O
Daerah Tai O di Lan Tau adalah desa nelayan yang masih mempertahankan rumah panggung yang berada dipinggir sungai, selain itu banyak kapal-kapal kecil yang digunakan nelayan untuk menangkap ikan. Saya ingin berkeliling di Tai O sambil menikmati aneka seafood yang lezat.

sumber foto : www.discoverhongkong.com

Wai Kee Restaurant, Ma's Restaurant dan Chicken On The Run
Buat yang nggak bisa makan pork, tenang aja dijamin tidak akan kelaparan. Banyak banget loh restoran bersertifikat halal di Hong Kong, yang akan jadi target saya adalah Wai Kee Restaurant, Ma's Restaurant dan Chicken On The Run.

Wai Kee Restaurant ini terkenal dengan roasted duck yang khas dengan kuliner lokal Hong Kong, katanya sih enak banget. Ma's Restaurant adalah restoran dengan menu Chinese, saya penasaran dengan beef noddle nya. Chicken On The Run merupakan restoran yang baru buka di Hong Kong, menu utamanya adalah salad dan ayam. Pengen banget mencoba chicken burger dan dressing lemon mayo.




You Might Also Like

38 komentar

  1. Replies
    1. hahahha kita berangkat ke Hong Kong aja yuk :D

      Delete
  2. asyiknyaa, lihat pemandangan di kapal ferry jadi inget BKK..aku kangen kalian >w<

    suika-lovers.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah iya bener hehehe tapi lebih luas Hong Kong dan ombaknya lebih gede..kapalnya pun lebih besar :D

      Delete
  3. Pengen naik bis tingkat :D
    Asyik sudah ada yang concern sama makanan halal ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kayak zaman dulu pas waktu SD di Surabaya juga banyak bus tingkat..sayang sekarang dihapus.

      Ho'o banyak makanan halal..di bandara juga ada booklet daftar prayer room dan makanan halal..gampang banget deh wisata halalnya hehehe yg pasti nggak akan kelaparan hahaha pulang bisa nambah berat badan huhuhu

      Delete
  4. wiii ngilerrr. aku belum pernah ke hongkong, jadi sementara puas aja baca n liat2 foto2 keren di artikel ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you kak :D semoga bisa ke Hong Kong yah dan aku balik lagi ke sana hahaha #ngarep

      Delete
  5. Huaaa, foto-fotomu mbak bikin saya meleleh.
    Sampe si scroll berulang-ulang.
    Saya suka daerah Tai O-nya. Asri, seger, dan itu yang bikin pengen mampir kesana.
    good luck ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you kak :D saya juga penasaran sama Tai O

      Delete
  6. Wuiiiihh, super lengkap ulasannya mbak. Berasa ikutan keliling hongkong beneran neh.

    Wishlist, suatu saat nanti bs ke hongkong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin hehehe aku juga pengen ke Hong Kong lagi :D

      Delete
  7. Kok kayak enak banget buat liburan santai ya? Kirain Hongkong itu kemruyuk gitu banyak banget orangnya. Atau lagi nggak musim liburan aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah kemruyuk "I C..." sebenarnya rame banget mba..pinter-pinternya aku sih ngusir orang sebelum ngambil foto hahahaha apalagi daerah kowloon seperti ladies market, the peak, causeway bay rame banget...maklumlah Hong Kong wisatanya juara

      Delete
  8. Aaaak serunya bisa jalan-jalan ke hongkong <3 Jad pengen liburan di hongkong juga niiihhh. Goodluck blog competitionnya yaaaa

    ReplyDelete
  9. Seru nih destinasinya..pingin juga bisa kesini..tapi Kalau saya jalan-jalan ke sini pasti banyak yang nggak percaya deh mba bilangnya pada gini nih"..jalan-jalan dari Hongkong..!" hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. "dari" diganti "ke" aja mba :D hehehe

      Delete
  10. Aissh mbaa, komplit itinnya.. Aku bingung ne tuin tujuan traveling utk desember soalnya.. Niat hati pgn Iran, tp jdwal pesawatnya ga bgs, secara aku ga bisa lama2 cuti.. Kyknya kalo g nemu yg oke, sepertinya Hongkong yg bkl aku datangin, apalagi tiket kesana banyak dan sering promo pula :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih keren nih mba fanny traveling mulu hehehe... iya kalo Hong Kong banyak pilihan maskapai dan jadwal penerbangannya :D

      Delete
  11. wah jadi mupeng ke hongkong, kapan bisa ke sana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk cari promo tiket Hong Kong hehehe

      Delete
  12. Ah...tram nya warnanya imut. Namanya juga. Ding ding..wah seru, informasinya lengkap. terima kasih ya, mba Fika. Hebat bisa dapat semua keunikan Hongkong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aslinya namanya "tramways" tapi banyak yang nyebut tram ding ding hehehe

      Delete
  13. Wuiihhh.. Ternyata buanyak banget ya destinasi wisatanya. bikin mupeng. Untung mudah menemukan makanan halal. jadi gak fast food itu mulu, itu mulu. heuheu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak banget makanan halal enak-enak hahahaha

      Delete
  14. Ihik kereeen, rencana ke HK tahun ini rada tertunda tapi baca postingan ini jadi mikir2 lagi jadiin aja apa yaaaa hihihihi XD Raya pasti heboh banget kl ke disneyland & hello kitty farm itu deeh.. #emaknyajugangiler

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih aku juga penasaran banget sama hello kitty farm :D

      Delete
  15. Banyak bgt ya yg bisa dieksplor... Pgn nyoba kulinernya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya wisata dan kulinernya memang lengkap :D

      Delete
  16. lom pernah ke Hongkong tapi sepertinya Hongkong tempat yang aware dengan wisatawan muslim

    ReplyDelete
  17. One spot that I have never visited before...semoga suatu saat bisa sempet mampir ke Hongkong :)

    ReplyDelete
  18. Asikk banget kalau liat foto-foto kamu, makanannya mengoda semua hehe

    ReplyDelete
  19. Hongkong memang buat holiday yaa, meriah bangeeet, moga bisa main kesanaa..

    ReplyDelete
  20. Salah baca nih kayaknya. Bikin laper sama baper *.*

    ReplyDelete
  21. Hayy mb vika akhirnya sy dapat tiket cgk-icn transit 10jam di HKIA. Pp nya bgt transit juga 10jam. Mb vika mohon petunjuknya ..apa yg kira kira bisa sy lakukan di hk dgn waktu 6/7jam (3/4jam biarlah saya menunggu di HKIA dgn menonton drakor 😁😁😁😂😂😂☺😉)

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar terasa ke Hongkongnya, 7 jam bisa ke clock tower dan avenue of star :D

      Delete