Ayam Gepruk Suroboyo

Kalo lagi ngemall cari makan yang murah itu susah, padahal meskipun lagi tanggal tua juga pengen ngeksis ngemall juga. Tapi ternyata ada loh menu makanan yang ngenyangin dengan porsi yang nggak pelit di City Of Tommorow (Cito). Iyes Cuma Rp. 50.000,- sudah bisa makan berdua, dapat nasi dan minum. Jadi sewaktu diajak sama teman-teman #Sbybeautyblogger saya  bersemangat.


 
Ayam Gepruk Suroboyo ini baru buka sekitar sebulanan, menempati area food court di Cito. Standnya memang minimalis tapi rasa nggak minimalis kok. Untuk tempat duduk dan mejanya kita bisa menempati area food court. Lokasinya nggak begitu jauh dari 21 Cito ya.

Pilihan menunya ada 4 macam yaitu ayam gepruk (18k), ayam empal (20k), babat usus (20k) dan ayam tepung (20k). Minumannya sih standart ada es jeruk, es teh, air mineral dan es milo. Setiap porsi di Ayam Gepruk Suroboyo ini sudah termasuk dengan sayur asem, hmmm murah banget kan???

 
Waktu itu saya memilih ayam tepung, seporsi terdiri dari nasi, ayam yang dibalur tepung kemudian digoreng dan digepruk seperti dicincang. Sebagai teman selanjutnya ada sambal bawang dan bumbu kuning yang biasanya ada dimasakan bebek. Yang saya suka dari ayam gepruk ini adalah rempahnya sangat terasa, jadi bumbunya benar-benar merasuk kebagian dalam ayam. Istilahnya sih kalo orang Jawa itu nggak “sepoh” a.k.a tidak hambar.

ayam tepung

 
Sambalnya bisa request yang tidak pedas, biasa atau yang pedas. Saya sih pilih aman yang nggak pedas, kalo teman-teman saya lainnya pilih yang pedas jadi pedasnya luar biasa. Tergantung selera ya.. Sambalnya yang bawang ini, enak dan gurih, apalagi dicocolin sama sambal kuning jadi nikmatnya tiada tara. Sambal kuning kaldu ini memang yang bikin ayam gepruk Suroboyo memang ngangenin.

sambal bawang dan sambal kuning
Porsi ayam tepungnya ini nggak pelit banget loh, hingga nasi terakhir saya masih ada teman ayam tepung. Sayur asemnya dengan rasa Jawa Tengah yang dominan manis bukan asin, tapi nggak mengurangi kesegaran. Isinya sayur asem sih standart ada kangkung, tomat dan kacang panjang.

Pesanan selanjutnya saya nyobain punya teman saya, yaitu yang babat usus. Porsinya yang pasti nggak sebanyak punya saya yang ayam tepung. Babat dan usus ini digepruk sampai lembut hingga tidak kelihatan bentuknya, kemudian dicampur dengan bumbu dengan sambal. Tak ketinggalan bumbu kuning dan sayur asemnya.

ayam gepruk
Rasa babat dan usus pun nggak kalah enaknya, dan baunya wangi. Cocok banget perpaduannya antara sambal, dan bumbu kuning. Ditambah dengan nyeruputin sayur asem juga semakin segar. Ada juga menu pesanan teman saya yang lainnya yaitu ayam gepruk yang merupakan ayam goreng yang kemudian digepruk.
 
Nasi babat usus
Dari beberapa menu yang masih PR belum cobain yaitu yang nasi empal, kayaknya harus kesana lagi. Untuk menu favorit saya yang ayam tepung karena saya suka yang crunchy, namun setiap orang pastinya selera beda-beda. So far Ayam Gepruk Suroboyo ini benar-benar recommended karena harganya murah, porsi nggak pelit dan rasa yang enak. Nggak percaya? Cobain deh...

 

Ayam Gepruk Suroboyo
Stand Food Court FF37, Cito Surabaya
Delivery Order 081243079955
Open:
10.00 – 22.00
Instagram :
@ayamgepruksby

You Might Also Like

2 komentar

  1. Haiii Mbak Vika..emang ayam gepruk Surabaya enak banget. Apalagi sambalnya, banyak macamnya yaa. Kemarin nyoba iganya, enak banget :)

    ReplyDelete
  2. G ada di jkt ya ini... Lgs pengen aku. Bawaan slalu gampang laper, apalagi udh ditinggal mba ART :D. Yg kebayang, mw beli menu apa utk besok :p. Liat ayamnya sukses laper mba

    ReplyDelete