Referensi Kuliner Halal di Bangkok

Hampir setiap liburan ke luar negeri saya selalu menyempatkan diri untuk berkuliner ke restoran halal. Ketika menyusun itinerary saya selalu niat menyisipkan beberapa kuliner halal meskipun lokasinya tidak selalu dekat dengan wisata yang saya tuju. Bisa dibilang kuliner halal juga saya jadikan wisata sekaligus yang sangat penting di dalam itinerary yang saya susun. Bangkok menjadi tujuan kuliner halal saya tahun ini. Inilah dua restoran halal yang saya kunjung di Bangkok:

Usman Muslim Restaurant
Usman Muslim Restaurant berada di kawasan Sukhumvit daerah BTS Phrom Phong. Dari BTS ini saya masih harus jalan kaki sekitar 900 meter dengan dipandu GPS. Dengan jarak tersebut saya jalan sekitar 30 menitan, bisa juga lebih. Ditengah kondisi Bangkok yang super panas, saya sampai terseok-seok demi menemukan kuliner halal ini. Untungnya sampai lokasi terobati dengan tempatnya yang mungil dan ber-AC.

kuliner halal bangkokkuliner halal bangkok 1

Saya disambut oleh dua perempuan berjilbab yang bisa berbahasa Melayu. Waktu itu juga ada dua meja yang terisi beberapa rombongan yang juga berbahasa Melayu. Sepertinya Usman Muslim Restaurant ini favoritnya orang Indonesia dan juga Malaysia. Saya kemudian diberikan buku menu yang tebal lengkap dengan harganya. Untuk harga sekitar Rp. 30.000,-an, sedangkan minumannya nih yang agak mahal. Misalnya es teh Rp. 18.000,- dan kalo thai tea Rp. 22.000,- kalo mau hemat lebih baik bawa air putih.

Berjalan cukup jauh membuat kami cukup khilaf memesan banyak menu. Saya memesan menu wajib Thailand yaitu fish salad (120 bath), dan pad thai (80 bath), sedangkan travelmate saya memesan menu seafood fried rice (85 bath). Kalo minumnya pesan 2 thai tea dan air mineral dingin. Kami habis 405 bath atau Rp. 162.000,-

kuliner halal di bangkok

Waktu di Bangkok saya senang-senangnya memesan fish salad. Makanan ini menggunakan ikan gurame yang digoreng super crispy lalu ada irisan mangga dan kuahnya yang asam. Kalo di Usman Muslim Restaurant wajib memesan fish salad deh. Pad Thai pesanan saya juga enak dengan potongan seafood yang melimpah. Minus cuma di nasi gorengnya aja, karena menurut saya lebih enak abang nasi goreng yang sering lewat depan rumah.

kuliner bangkok 3
kuliner bangkok 4kuliner bangkok 2

Puas banget bisa menemukan Usman Muslim Restaurant ini. Ya meskipun kalo jalan balik ke BTS Phrom Phong saya jadi lapar lagi hehehe...


Usman Muslim Restaurant
Open:
Sabtu - Kamis (10.00 - 22.00)
Jum'at (13.00 - 22.00


Getting There:

  • BTS Phrom Phong exit 2, jalan lurus saja sampai menemukan anak tangga (bukan lift atau eskalator), lalu turunlah ke bawah.
  • Berjalan lurus melewati dinosaurus planet hingga menemukan holiday inn lalu beloklah ke kiri.
  • Berjalan lagi lurus sampai menemukan hotel berbintang di kiri jalan (saya lupa nama hotelnya). Setelah terlihat hotel ini nanti ada gang kecil maka beloklah ke kiri.
  • Nanti ada papan nama Usman Muslim Restaurant di gang kecil tersebut.
  • Masuk saja ke gang kecil tersebut, restaurant ada di sebelah kanan.
  • Kalo ngikutin GPS akurat banget lokasinya, jangan lupa start dari BTS Phrom Phong.

Food Center Platinum Fashion Mall
Kalo ke Bangkok yang doyan banget shopping pastinya akan mampir di Platinum Fashion Mall yang pusatnya barang grosir. Setelah belanja dan kelaparan maka mampir ke food center yang ada di lantai paling atas. Food Center di Platinum Fashion Mall ini layaknya food court yang ada di Mall, banyak banget pilihan makanan yang sesuai selera.


kuliner halal di bangkok 14

Sebelum memesan makanan maka wajib untuk menukarkan uang untuk dimasukkan ke dalam kartu makan food center. Nggak ada biaya pembelian kartu dan sisa saldo bisa di refund semuanya. Ikuti saja panduan membeli di counter yang disediakan, begitu pula nanti di refund juga ada counter tersendiri.

kuliner di platinum bangkok

Untuk makanan halal sepertinya cuma ada satu counter yang saya temukan di nomor "P5" namanya "Thai Chicken Biryani" dengan menu India. Saya memesan thai fried chicken biryani dengan nasi biryani ala India dengan ayam tepung crispy dan juga thai chicken biryani dengan ayam kare. Satunya lagi saya memesan tom yam ala thailand.

kuliner bangkok 7

Seporsi makanan yang saya pesan dibanderol 50 bath atau Rp. 20.000,- Menurut saya cukup murah untuk makanan di mall. Ya, meskipun untuk porsi makanannya masih banyak di Usman Muslim Restaurant, tapi di Food Center ini rasanya enak nggak mengecewakan. Efek lapar tuh memang ada kalanya semua terasa enak dan juga menimbulkan kekhilafan pesan porsinya agak maruk.

kuliner bangkokkuliner halal di bangkok 12

Food Center Platinum Fashion Mall
Getting There:
BTS Ratchatewi exit 4, lalu saya naik uber sekitar Rp. 20.000,- ke Platinum Fashion Mall dari BTS.




Semoga referensi saya membantu teman-teman yang mau ngetrip ke Bangkok. Mudah-mudahan bisa nambah koleksi kuliner halal di Bangkok. Met Traveling!!!

You Might Also Like

4 komentar

  1. Sering baca cerita perjalanan yang bilang kalo susah cari makanan halal kalo ke thailand. Ternyata ada juga nih kuliner halal. Nice Info !

    ReplyDelete