Tulisan tentang Oleh-Oleh Khas Jogja Tahun 2021 karena saya sedang rindu tentang Jogja. Hampir sekitar 7 bulan saya belum menginjakkan kaki ke Jogja. Dulu setiap lebaran selalu ke Klaten lalu mampir ke Jogja, apalagi kalau bukan karena Covid-19 jadi di rumah saja. Padahal saya sendiri sudah punya daftar 10 kafe dan restoran baru Jogja Tahun 2020 Untuk Long Weekend tapi gagal belum terwujud. Sekarang malah nambah pengen banget beli Oleh-Oleh Khas Jogja Tahun 2021 yang update. 



Biasanya kalau saya ke Jogja selalu beli gudeg Yu djum, bakpia dan yangko. Ternyata oleh-oleh yang saya beli terlalu mainstream, karena di Tahun 2021 ini ada yang baru. Ya kadang wisatawan kalau ke Jogja bisa saja bosen cari oleh-oleh bakpia, pengen yang berbeda. Apa saja sih Oleh-Oleh Khas Jogja Tahun 2021 :


Roti Gembong Gedhe

Bentuk roti gembong gedhe tak ada yang berbeda dengan roti sobek lainnya. Kalau kalian penggemar roti sobeknya Sari Roti sekilas memang mirip bentuknya, tapi rasanya tentu saja berbeda. Roti gembong gedhe teksturnya sebenarnya agak kasar ya, namun isian bagiannya tengahnya benar-benar lumer dan nggak pelit. Harganya yang lebih murah dibandingkan bakpia maka sering dijadikan alternatif untuk oleh-oleh. Roti ini viral karena harganya yang murah tapi rasanya nggak murahan.




Ada 3 menu best seller di Roti Gembong Gedhe, yaitu coklat (Rp. 15.000,-), Ovomaltine (Rp. 17.000) dan abon mayo original/pedas (Rp. 17.000). Rasa lainnya ada buttercream (Rp. 14.000), susu keju (Rp. 17.000), Red Velvet (Rp. 15.000), Susu (Rp. 14.000), Banana Milk (Rp. 15.000), Oreo (Rp. 15.000), Capucino (Rp. 15.000) dan Sarikaya (Rp. 15.000).

Di Jogja Roti Gembong Gedhe ada 10 cabang, yang terkenal sih yang di daerah gejayan. 

Alamatnya di 

Jl Afandi Nomor: 9, Gejayan-Jogja. 

Biasanya di cabang Gejayan ini paling sering diburu wisatawan karena lokasinya yang strategis, enaknya nih rotinya juga baru selesai di oven jadi panas-panas gitu. Apalagi nunggu rotinya bisa lihat sewaktu dioven.

Roti Sisir Jogja

Roti Sisir Jogja ini viral sekitar tahun 2020. Awalnya banyak diendorse oleh beberapa food blogger terkenal. Lalu sering banget buka PO untuk beberapa kota. Roti Sisir Jogja layaknya roti sisir lainnya yang berbentuk oval memanjang lalu dilapisi dengan gula dan mentega. 

Apa yang berbeda dari Roti Sisir Jogja? Tentu dari namanya yang mengandung kata "Jogja" pasti menambah daya tarik sebagai oleh-oleh khas Jogja. Selain itu roti sisir Jogja ini berbeda dengan lainnya karena terdapat isi toping atau varian rasa. Berbagai rasa ada yang isi Classic Butter, Butter Messes, Tiramisu, Chocolate, Cheese Special dan Nanas. Lalu ada juga isian Smoke beef dan Cheese, Beef Special dan Ayam Lemper.

Harganya untuk Satu box isinya 6 pcs campur rasa manis yaitu Rp. 45.000 atau daging 6 pcs 3 rasa yaitu Rp. 55.000. Ada juga yang versi satuan jadi nggak harus beli satu box. Saat ini Roti Sisir Jogja. Untuk pemesanan bisa langsung menghubungi :  WA: 087715844396 / 087739362152 

atau datang ke counternya yang jadi satu di 

Delicia Bakery Jl. KH. Ahmad Dahlan No.101, Jogja.

Mochi Sakura

Kalau bosen sama oleh-oleh roti Jogja. Ada mochi Sakura sebagai alternatif oleh-oleh. Mochi ini adalah kue beras ketan yang kiblatnya dari Jepang. Selain lembut dan tidak lengket, yang khas dari kue mochi adalah isinya kacang tanah yang ditumbuk lalu diberi gula. Hmmm, udah bisa nebak kan rasa Mochi?

Harga Mochi Sakura yang Premium Big Box dan bisa pilih rasa Rp. 57.000 dapat 16 pcs mochi, Premium Medium Box isi 12 Rp. 40.000 bisa pilih rasa, dan Premium Small Box isi 6 Rp. 24.000. Paket hemat tidak pilih rasa Rp. 22.000 dapat 15, isinya ada kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, vanilla dan coklat. 

Mochi Sakura yang premium untuk varian rasa lebih banyak seperti keju, tiramisu, oreo, green tea, capucino dan masih banyak lagi. Oia yang saya suka ada mochi ice cream Rp. 15.000 dapat 3 pcs.

Outlet Mochi Sakura :
Rumah produksi jl jambon 3 perumahan pip 1 no b3 (08.00-16.00)
plaza ambarrukmo lt LG 10.00-21.00
malioboro mall lt 3 (depan ichiban sushi) 10.00-21.00
Jl. Bumijo no.37 (07.00-20.00)


Mini Ogura Oma Opa

Oma Opa ini merupakan merek roti. Ada beberapa pilihan cake cheese atau cake coklat yang dijual. Namun menurut saya yang paling unik yaitu yang Mini Ogura Oma Opa. Mini ogura ini versi mininya dari cake. Jadi tiap roti mininya dikemas kecil-kecil dalam plastik lalu dimasukkan jadi satu di dalam box.

Satu box mini ogura isinya ada 9, rasanya ada 3 cheese, 3 chocolate dan 3 durian dengan harga Rp. 50.000. Mini Ogura ini bisa tahan sampai 5 hari di suhu ruang, jadi bisa aja sih kalau memang pengen banget tapi belum bisa ke Jogja jadi bisa pesan pake JNE.

Mini Ogura Oma Opa bisa didapatkan di :

Malioboro
Jalan Affandi
Hartono Mall
Jalan Magelang
Pogung Baru

Cilok Gajahan

Oleh-oleh Cilok Gajahan ini memang antimainstream karena setahu saya Cilok asli dari Bandung. Bagi yang belum tahu Cilok tuh aci dicolok. Bahan utamanya yaitu tepung tapioka jadi kenyal-kenyal lalu digoreng jadi crispy.



Cilok Gajahan ini berbeda dari cilok yang abang-abang yang biasanya mangkal di depan sekolahan. Yang berbeda yaitu ciloknya ada campuran daging sapinya. Lalu tambahannya ada sambalnya yang khas asli cabai rawit dan kecap.

Untuk penyajiannya bisa dikukus atau digoreng. Karena saya tim kriuk, paling suka ya digoreng.

Satu porsi 40 biji cilok cuma Rp. 13.500 saja. 

Cilok Gajahan bisa didapatkan di :

Jl. Kadipaten Kulon Kios No. 97
ALFAmidiMART Jakal KM 9.3
Jl. Seturan Raya No. 173 (Selatan STIE YKPN)
Jl. Prof. Dr. Soepomo No. 48 (Janturan)
Jl. Tamantirto (100m utara perempatan kasihan)

Gimana nih review Oleh-Oleh Khas Jogja Tahun 2021? Pasti bikin rindu mudik ke Jogja kan? ah sama...mudah-mudahan beberapa bulan ke depan saya bisa mudik lagi ke Jogja. Salam Sehat.