Kalau tahun lalu lagi viral-viralnya all you can eat seharga 99k di Surabaya, tahun ini yang lagi banyak bermunculan sushi murah. Mungkin ada yang belum pernah makan sushi? Kayaknya nggak ada kalik ya, karena pasti pernah nyoba sekali dua kali. Sushi asalnya dari Jepang ini bahan utamanya adalah Nasi. Nasi di Jepang tuh punel dan putih. Biasanya sushi di Indonesia kalau nggak pake beras import dari Jepang, maka nasinya tadi dicampur dengan beras ketan.

Sebenarnya saya sendiri juga jarang banget makan sushi. Kalau di Surabaya yang otentik seperti aslinya di Jepang yaitu Hachi Hachi Bistro, Sushi Tei atau Genki Sushi. Enak atau tidaknya sushi memang berdasarkan kualitas dari berasnya. Rekomendasi 3 Sushi Murah Sepuluh Ribuan di Surabaya ini untuk referensi kalian yang pengen nyobain sushi tapi nggak bikin kantong bolong. Memang kualitas nasi sushinya nggak secetar sushi mahal, tapi untuk rasa lumayan, kok. Intinya kalau mau perbandingan sushi maka bandingkan sesuai dengan harga yang sama.

Tom Sushi

Pembukaan Tom Sushi ini sudah dinanti-nantikan oleh warga Surabaya. Maklum lokasi gerainya sangat strategis disebelahnya Hanamasha di Lantai 5 TP4 jadi gampang banget terlihat pengunjung.


Untitled


Dua bulan setelah pembukaan saya ke Tom Sushi. Gaungnya masih terasa ramainya. Saya datang ketika jam makan siang sekitar pukul 13.00 dapat antrian ke-5. Waitresnya di Tom Sushi ini acungi jempol, ramah, sabar dan murah senyum..mulai dari cewek dan cowok benar-benar memanjakan pengunjung. Saya antri sampai 45 menit berdiri di depan restoran aja jadi nggak ngeluh.

Sebelumnya saya ditawarkan untuk tempat duduk yang model bar yaitu yang menghadap ke jendela. Kalau yang model bar tuh antar satu pengunjung dengan pengunjung yang lain kursinya berdampingan. Saya sih pilih yang tempat duduk dalam aja, yang bisa berhadapan dengan teman saya, sedangkan dengan pengunjung sebelahnya dipisahkan dengan conveyor sushi.

Karena masih ramai-ramainya resto Tom Sushi ini baru saja dibuka maka setiap pengunjung cuma dibatasi maksimal 1,5 jam. Awalnya wah 1,5 jam aja kok kan lama cuma makan sushi doang, eh setelah dijalani kok cepat ya. Gimana nggak terasa cepat, kita di dalam restaurant sibuk ngelihatin sushi di atas conveyor dan sibuk foto-foto.


tom sushi
Untitled

Ada 3 harga di Tom Sushi, piring kuning 10k, piring merah 15k dan piring biru serta hitam 20k. Kita dijelasin tentang caranya, lalu pemesanan sushi bisa langsung melalui buku menu atau langsung ambil diconveyor. Tentu aja sensasi ambil diconveyor yang paling dinanti. Untuk di buku menu kita ambil Salmon Karage Mentai, Spicy Miso Ramen dan minuman ocha.

tom sushi surabaya (1)
Salmon Karage Mentai


Sebenarnya banyak juga sushi-sushi yang saya ambil, tapi karena sibuk ambil video jadi nggak kefoto. Sushi termurah seharga 10k yang saya ambil adalah Tuna Salad Maki yang sepiring isi 4. Tapi karena ini paling murah jadi kualitasnya biasa aja, beda yang sama harga 15 ribuan. Saran aja sih ambil yang 15 ribuan ke atas.


tom sushi surabaya

Kebanyakan saya ambil yang harga 20k an seperti aburi salmon inari, volcano roll, ikan salmon yang udah dipotong yang pasti udah jaminan enak dibandingkan yang harga 10k. Yang 10 k rata-rata cuma isi toping dalamnya dikit, tanpa saus dan cuma dibungkus nori. Kalau yang harga 15k dan 20k full isi dan saos mentai bahkan ikan salmon.

Untuk ramen seharga 25k cukup oke kok, meskipun nggak ada lauk apapun. Isinya Cuma jagung, nori dan tamago. Kuahnya gurih dan pedas. Dengan harga yang sama ramen di Sushikun lebih wow karena isinya ada chicken karage, tamago dan nori.


Untitled

Overall, cukup puas makan di Tom Sushi ini. Pelayanan dan kualitas makanan dijaga dengan baik.


IMG_3882

Tom Sushi

TP4 Lantai 5 (sebelah Hanamasa)

Jam Buka :

10.00 – 22.00

Sushi Station

Sushi Station sebenarnya menjadi target saya ketika PPKM nanti selesai. Lokasi di Plaza Surabaya Lantai 1 nggak jauh dari Excelso. Kalau dua sushi di Tom Sushi dan Sushikun sudah pernah coba, untuk yang Sushi station belum ke sana. Nanti jadi PR saya untuk review sushi ini.

Di Sushi Station Surabaya ini beda konsep dengan sushi sebelumnya terkait harganya. Di sini harganya tidak dibedakan dengan warna piring, namun dipatok semua sushi harganya sama yaitu 15 ribuan saja. Untuk isinya sushi sepiring ada yang dua, tiga dan empat.




Nah di Sushi Station ini asiknya selain melihat deretan conveyor sushi juga open kitchen. Chefnya tuh yang lagi buat sushi atau yang lagi aduk adonan nasi diperlihatkan ke pengunjung.



Oke karena ini masih PR untuk nyobain sushi-nya jadi saya ambilkan foto-fotonya di IG Sushi Station.

Sushi Station

Plaza Surabaya Lantai 1

Jam Buka :

10.00 – 22.00

Sushikun

Sushikun yang di PTC Mall sudah saya buatkan artikelnya ya. Ada dua lokasi yang di BG Junction dan di PTC Mall. Yang nggak saya suka dari Sushikun ini Cuma lokasinya aja yang berada dilokasi kurang strategis, jauh dari peradaban deretan makanan lainnya. Inget ya di PTC Mall bukan di Pakuwon Mall, kadang ini menyesatkan hehehehe..


Untitled

Kalau dari rasa nasi sushinya memang saya lebih suka yang ada di Sushikun. Kalau di Tom Sushi masih seperti rasa nasi yang saya makan sehari-hari. Sedangkan topingnya hampir mirip-mirip rasanya. Saya kalau di Sushikun paling suka sama salad sayurnya yang selain isinya fresh, saus kacangnya tuh bikin nagih.


Untitled
Untitled
Untitled
Untitled
Untitled

Minus di Sushikun selain dilokasi, juga waitresnya lebih cuek. Kayak kita udah duduk lama atau mau totalan bayar dicuekin dulu. Saya sih terobati sama sushinya yang enak. Intinya nggak kapok pengen balik lagi. Mau cobain juga yang cabang di BG Junction.


Untitled

Sushikun

BG Junction Lt: GL

Jam Buka :

11.00 – 22.00

PTC

Lantai UG

Jam Buka :

10.00 – 21.30

Royal Plaza

Khusus Ojol

Gimana reviewnya 3 rekomendashi Sushi Murah di Surabaya? Tenang, ke sananya selepas PPKM aja ya. Puas-puasin pilih menu sushinya. Beli Sushi sepuluh piring buat berdua udah kenyang banget, kok. Mungkin karena nasinya pulen-pulen bikin gampang kenyang.