Tak hanya Merlion atau Garden by The Bay, Singapore juga punya banyak tempat lain yang bisa bikin liburan kamu jadi tambah seru, lho. Mulai dari restoran apung, daerah peranakan dengan gedung yang berwarna warni, hingga restoran dan penginapan nyaman dengan nuansa alam.

Kalau kamu, sudah ada rencana ingin kembali berkunjung ke Singapura? Sudah cek harga tiket ke Singapore? Kalau tiket sudah siap, sekarang saatnya menyiapkan rencana perjalanan supaya jalan-jalan kamu di Singapore nggak hanya ke situ-situ aja! Yuk, cek 5 rekomendasi tempat jalan-jalan anti mainstream di Singapore ini. Ada yang sudah pernah kamu kunjungi sebelumnya, guys?


1. Restoran Apung Smith Marine

Restoran apung satu ini bermula dari sebuah peternakan ikan di tahun 2006, guys! Pemiliknya membuat Kelong (anjungan lepas pantai yang biasa dibuat dari kayu), namun menggunakan baja. Kelon modern ini kemudian berubah menjadi restoran apung pertama di Singapore pada tahun 2014 lalu.

Salah satu keunggulan restoran apung Smith Marine ini adalah sajian seafood segar yang langsung diambil dari peternakan ikan milik mereka. Resto apung ini menyediakan pilihan set menu yang bisa kamu pilih sesuai jumlah pengunjung. Harga untuk setiap set menu tersebut juga sudah termasuk dengan biaya kapal ferry pulang pergi dari restoran di perairan pesisir Pulau Ubin ini, guys.

Kerennya lagi, restoran ini sudah tersertifikasi halal oleh Majlis Ugama Islam Singapura, lho. Jadi lebih tenang dan nyaman untuk pilih menu sesuai seleramu, deh. Bayangkan menikmati santapan segar dan lezat, dengan pemandangan laut luas dan belaian angin laut yang menenangkan, di atas sebuah restoran yang terapung di laut! Wah, jadi gak sabar ingin mengunjungi Smith Marine Floating Restaurant, ini. Bagi kamu yang ingin bertanya lebih lanjut, bisa langsung menghubungi WhatsApp mereka di +65 9792 7609.

2. Wessex Estate

Ingin melihat jejak-jejak sejarah peninggalan tentara Inggris di Singapore? Kamu bisa langsung mengunjungi daerah Wessex Estate yang dulunya adalah pangkalan angkatan darat tentara Inggris pada tahun 1940an. Gedung gedung berwarna hitam putih terlihat sangat indah menyatu dengan tanaman hijau yang tumbuh subur di sekitarnya.

Saat ini, pangkalan tentara Inggris tersebut telah diubah guna menjadi tempat tinggal bagi masyarakat dan studio seni. Salah satu daya tarik Wessex Estate bagi pengunjung adalah sebuah kafe retro atau kopitiam bernama Colbar (singkatan dari Colonial Bar) yang dulunya adalah kantin bagi para tentara tersebut. Jadi, setelah asyik berjalan-jalan santai mengitari komplek bangunan ini, kamu bisa langsung menuju Colbar untuk menikmati santapan makanan barat dan kopi hangat dengan harga yang terjangkau! Yummy!

3. Bollywood Veggies

Tahukah kamu kalau Singapore memiliki perkebunan tropis organik yang menyediakan beragam pengalaman alam dan kuliner bagi para pengunjungnya? Bollywood Veggies terletak di Kranji, bagian pedesaan Singapore, adalah perkebunan yang telah memproduksi buah dan sayur mayur organik sejak tahun 2000. Kini, perkebunan ini telah memiliki sekolah kuliner, museum, dan bistro yang menyediakan ragam makanan dengan bahan-bahan segar tanpa pestisida yang langsung diambil dari kebun mereka.

Memasuki kawasan perkebunan ini, kamu bisa berjalan kaki menikmati hamparan kebun dengan beragam tanaman buah dan sayur hingga mencapai kolam teratai yang indah di ujung jalan setapaknya. Kemudian kamu bisa langsung mengunjungi Poison Ivy Bistro yang menyediakan variasi santapan lokal dari beragam etnis seperti Nasi Lemak, Laksa, Chicken Curry dengan Prata, hingga Sayur Lodeh!

Sebelum pulang, kamu juga bisa membeli beragam hasil perkebunan mereka. Beragam buah dan sayuran segar, siap kamu bawa pulang untuk dinikmati bersama teman dan keluarga.

4. Peranakan Shophouse di Koon Seng Road

Salah satu tempat yang cantik untuk berfoto ria di kota Singapore. Deretan perumahan Peranakan yang sangat indah dengan motif, detail, dan warna warni berbeda menghiasi setiap bangunannya. Bangunan ini dibangun sekitar tahun 1920an dan hingga kini masih ditempati oleh para penduduk. Jadi, jangan lupa tetap berhati-hati untuk menjaga kesopanan saat ingin foto sesi di sana, ya.

Setelah puas berfoto, kamu bisa langsung berburu jajanan dan makanan khas Peranakan yang perlu banget kamu coba saat berkunjung ke sana. Bisa tenang bersantai sambil menikmati pemandangan rumah-rumah cantik di jalan Koon Seng Road ini, rasanya termasuk jalan-jalan yang sukses, kan! Setuju?

5. Gardenasia

Ingin staycation di daerah pedesaan Singapore? Gardenasia cocok untuk kamu pertimbangkan, guys! Farmstay di villa yang didesain menyerupai rumah jaman kolonial, kamu bisa menginap dikelilingi hijaunya kebun yang damai.

Saat bersantai, kamu juga bisa menikmati ragam kuliner lezat, dengan bahan segar dari para produsen lokal, di restorannya yang bernama The Bistro. Restoran ini menyajikan pilihan makanan barat juga beberapa menu fusion lokal seperti Wild Mushroom Fried Rice dan Mee Goreng Pasta.

Tak hanya itu, Gardenasia juga mengusung aksi hebat untuk mendukung pertanian lokal, guys! Mereka bekerja sama dengan para petani dan produsen lokal untuk menyuplai bahan segar sebagai bahan masakan utama di restorannya. Tak hanya itu, mereka juga membuat paket produk The Local Farm, yaitu paket bahan masakan yang terdiri atas produk-produk pilihan dari produsen lokal.

 

Bagaimana? Tempat jalan-jalan yang cukup menarik di antara rimba gedung-gedung pencakar langit di Singapore, kan? Kini, pembatasan perjalanan sudah lebih longgar, syarat dan ketentuannya pun sudah lebih mudah kita penuhi. Kamu sudah bisa pergi ke berbagai negara dengan jalur udara. Maskapai penerbangan juga sudah mulai kembali melayani penerbangan ke Singapore, lho. Seperti di antaranya perusahaan penerbangan asal negeri Merlion tersebut, yaitu Singapore Airlines.



Selain kelima tempat ini, Singapore juga masih punya banyak tempat menarik lainnya, guys. Seperti Kampong Lorong Buangkok yang merupakan satu-satunya kampung terakhir di daerah perkotaan Singapore yang bersandingan dengan gedung-gedung tinggi. Kamu juga bisa menikmati ragam instalasi seni di Parkview Museum yang ada di kawasan Parkview Square, Bugis. Nah, dari semua rekomendasi ini, tempat mana yang paling menarik perhatianmu?