Bisnis jastip Oleh-Oleh Jogja ini bukanlah bisnis pasti yang saya jalani rutin. Awalnya iseng karena sering lihat ada teman saya yang buka jastip oleh-oleh Jogja lalu distorieskan di WA. Kebetulan saya ada acara di Jogja, lalu kepikiran "kenapa nggak buka jastip oleh-oleh Jogja?"



Lalu saya bersama teman buka jastip yang distorieskan di WA. Pelanggannya masih relasi dari teman-teman WA. Kita buka sekitar tiga atau dua hari sebelum keberangkatan ke Jogja. Nggak nyangka ternyata responnya memang bagus. Kita buat tim, yang satu teman saya bagian nyatet pesanan dan modal uangnya. Nah kalau saya sih tentu saja sebagai "driver". Fokus jadi driver....

Siapin kopi dulu buat camilan sebelum baca blog, karena ceritanya bakalan panjang. Saya mulai dari step-step oleh-oleh apa saja di Jogja, berapa keuntungan, modal dan resikonya. 

Buka Pesanan Jastip Oleh-Oleh Jogja

Sebelum memulai jastip, tentunya kita harus buka dulu open jastip. Banyak cara memasarkan open jastip, misalnya dari instagram, whatsapp, facebook atau broadcast. Waktu itu saya memang open jastip hanya melalui WA. Pun yang open jastip hanya melalui WA teman saya, karena sekali lagi saya fokus jadi driver.

Kami buka open jastip lewat WA maka otomatis pelanggannya rekan sendiri. Rata-rata kita nggak mengharuskan transfer dulu, makanya jadi cepat laris. Malah karena kitanya buka open jastip tanggal tua, ada yang menjanjikan bayarnya tanggal 1 erghhhhhh.... ya udah kita iyakan.

Sistem yang kita ambil buka pesanan - beli - kirim barang ke rumah customer - lalu bayar tunai ataupun transfer. 

Jika kita buka melalui instagram, lebih baik DP 50% dulu lebih aman. Instagram kan random ya pelanggannya, bukan dari 100% teman sendiri. Takutnya kalau nggak pake sistem DP, udah dibeliin lalu menghilang tanpa kabar.. alias di PHP.

 Tarif Jastip per Produk?

Biasanya tarif perproduk/barang antara Rp. 10.000 s.d Rp. 15.000. Ingat ya perproduk bukan per orang. Kalau satu orang itu beli 5 kue maka ngitungnya dikali 5. 

Untuk contekan harga produknya sebelum biaya jastip, saya mengambil harganya dari instagram produk. Kebetulan semua harganya lengkap banget dan sudah pasti akurat. Harga inilah yang kita share distories beserta foto makananya.


Untitled

Saya menggunakan tarif perproduk yaitu Rp. 10.000. Ada yang khilaf satu orang pesan 10 makanan maka saya ambil untungnya Rp. 100.000. Nggak ada sistem diskon, harus tega kalau mau untung. Apalagi saya menggunakan service special yaitu gratis antar barang asalkan rumahnya diwilayah kota. Jadi pelanggannya di rumah masih pakai daster. saya sudah cantik kirim barang kayak shopee... Paket...Paket...

Untitled

Berapa Keuntungan dari Bisnis Jastip?

Kita ngitung dulu dari biaya tolnya yaitu PP sekitar Rp. 400.000. Lalu BBM sekitar Rp. 500.000. BBMnya ini nggak 100% biaya keliling buat jastip, tapi kita jalan-jalan dulu ke kafe-kafe. Anggap aja Rp. 900.000 biaya untuk ke Jogja sekaligus buat jalan-jalan.

Omzet berapa? Sekitar Rp. 700.000 mungkin ada. Itu baru buka lewat WA loh, andai kalau buka dari segala penjuru, misalnya instagram pasti semakin menggiurkan. Artinya ada sekitar 70 item barang yang kita beli.

Untuk "nalangi" atau beli dulu pakai uang pribadi, modalnya kita siapin sekitar Rp. 1.500.000 s.d Rp. 2.000.000. Modalnya memang banyak kalau nggak pakai sistem DP.

Untitled

Pencarian Jastip Oleh-Oleh Jogja

Teman saya sudah memberikan list barang yang akan kami beli. Saya mengurutkan satu demi satu tujuan supaya gampang beli barangnya. Jadi google maps udah saya setting dari tujuan satu ke tujuan berikutnya...karena barang yang kita beli banyak yang nggak satu toko. Harus beli antara satu toko ke toko lainnya.

Pencarian jastip itu di hari kedua atau hari terakhir kita ke Jogja. Kita start mulai jam 12 siang, sampai dengan jam 19.00 malam untuk keliling beli oleh-oleh jastip Jogja. Capek nggak? karena kita sama cewek-cewek kita buat enjoy aja, apalagi drivernya cukup kompeten meskipun tersesat juga.

Dari semua pesanan ada satu yang kita nggak dapat yaitu mochi sakura. Ini perjuangan banget sih si mochi sakura, bahkan saya tersesat sampai ke Magelang. Udah kayak mau jalan-jalan ke Candi Borobudur aja. Untung saya sadarnya kok jalannya banyak kendaraan berat dan asing banget nggak pernah saya lewatin. Ya udah akhirnya kita putar balik.

Ada juga tragedi tersesat gara-gara google maps, kita dilewatin diselokan Mataram yang jalannya sempit banget. Udah diklaksonin sama para pengendara motor, eh jalur mobilnya nggak bisa dua arah. Untung yang nyetir handal ya... kalau nggak "plung..." udah masuk selokan mataram.

Rekomendasi Jastip Oleh Oleh Jogja

Dulu saya pernah nulis ini oleh-oleh Jogja tahun 2021, dan itemnya nggak jauh-jauh dari yang saya tulis itu. Tapi saya ulas lagi deh, supaya lebih jelas mana yang terfavorit di antara semua pilihan oleh-oleh Jogja.

Gudeg Yu Djum

Kalau makanan Gudeg Yu Djum sudah pasti tidak tergantikan, pasti ada aja yang pesan. Pesanan di Gudeg Yu Djum banyak yang pesan versi vacum karena rata-rata pengen awet. Nah sayangnya waktu kita datang stock yang versi vacum nggak ada. Ternyata yang versi vacum itu hanya ada yang di cabang dekat bandara Jogja. Mungkin tujuannya biar praktis kalau belinya trus naik pesawat.

Kita hubungin yang pesan gudeg dan nggak masalah kalau bukan versi vacum. Ya udah kita pesanin gudegnya. Ada sekitar 12 an yang pesan. 





yu djum
yu djum 1
Untitled

 

Mamahke Jogja

Saya nggak menyangka kalau kue artis itu masih viral aja, seperti Mamahke Jogja yang miliknya artis. Padahal kalau di Surabaya rata-rata bisnis kue artis itu punah, atau hampir nggak ada. Mamahke yang miliknya Zaskia ini tempatnya bagus banget layaknya kafe. Masuk ke dalam nyesss... AC nya adem. Bikin kami betah lama untuk nongkrong.

mamahke

Pesanan mamahke yang laris manis yaitu bleger. Burger dan bleger itu sama aja. Diplesetin aja sama mamahake jadi bleger. Supaya awet blegernya kami pisah untuk dressing seperti mayonaisenya karena besoknya baru kita kirim ke customer. 

Jangan lupa sering-sering ngikutin IG-nya karena sering banget ada promo. Kayak kemarin saya dapat promo Tiramisu dari harga 60k jadi 30k, diskonnya 50%. Kekhilafan beli jastip oleh-oleh memang karena promo, awalnya saya nggak beli eh jadi beli juga.

Untitled
mamahke 2
mamahke 1


Cilok Gajahan

Aci dicolok alias cilok gajahan ngehits banget di Jogja. Dulu saya pernah beli saat di alun-alun kidul. Sebenarnya Cilok Gajahan layaknya cilok yang sering saya beli di "pak Lik" keliling yang mangkal di depan sekolah anak saya. Bahannya tentu saja dari tepung tapioka, ada rempah lalu ada aroma daging atau ikan. 

Kenapa kok laris manis? Hmmmm...embel-embel cilok Jogja tentu saja menambah daya tariknya. 

Kita juga buka open jastip Cilok Gajahan. Yang pesan banyak juga, sekitar 20 an buah. Harganya murah yang vacum isi 50 cuma Rp. 13.000. Versi vacum ini dalam bentuk frezer. Kalau mau menghangatkan tinggal dikukus saja.

Lokasi Cilok Gajahan nyempil di Jl Kadipaten Kulon. Lokasinya nggak jauh dari Mamahke Jogja cuma 1 kiloan. Tapi seperti biasa karena nggak hafal jalan Jogja kita puter-puter dulu cari lokasinya yang di dalam gang. Setelah ketemu lokasinya, kita ngaso bentar beli Ciloknya yang perporsi cuma Rp. 5.000. Ada yang versi cilok kukus dan cilok goreng, saya suka yang versi goreng. Enak dan kenyang sambil dicocolin sama sambalnya. Seporsi bisa buat dua orang. 

Untitled

Roti Sisir by Delicia Bakery

Roti sisir Jogja by Delicia Bakery juga viral. Sering banget dipesan dari luar kota, bahkan bisa dikirim hingga ke Jakarta. Lokasinya mudah banget dijangkau, terletak di Jalan raya utama.

Roti sisir delicia bakery ada yang basah dan kering. Versi basah lembut dan ada aroma yang khas. Toppingnya juga melimpah. Untuk yang kering crunchy. Ada beberapa rasa yaitu Cheese spesial, tiramisu, classic butter, butter messes, chocolate dan nanas. 





Untitled
Untitled
Untitled
Untitled
Untitled


Oma Opa Cake, Bakpia Kukus Jogja, Roti Gembong Gedhe dan Mochi Sakura

Ulasan tentang Oma Opa Cake, Bakpia Kukus Jogja, Roti Gembong Gedhe dan Mochi Sakura selengkapnya sudah ada di link artikel sebelumnya yang sudah saya tulis.

Untitled
Untitled

Oleh-oleh empat item ini memang laris banget dipesanan kami. Apalagi yang Roti Gembong Gedhe tuh laris manis. Mungkin karena murah ya, harga Rp. 15.000 sudah dapat. Selain itu cabangnya juga banyak banget. Kayaknya roti gembong gedhe selalu ada di pusat-pusat jalanan kota.

Untitled
Untitled

Perhentian terakhir kita di pusat oleh-oleh di Jalan Raya Solo. Untuk beli pesanan Bakpia Kukus Jogja dan Bakpia andalan nomer 25.

Kendala di Jastip Oleh-Oleh Jogja

Kalau masalah balik modalnya, kita tentu balik modal. Nggak rugi sama sekali. Mungkin modalnya dalam bisnis ini harus ada. Kayak kita nalangi dulu 2 jutaan untuk semua item.

Harusnya kita bisa dapat omzet sejutaan. Tapi karena ada item mochi sakura yang pake adegan tersesat jadi kita skip. Waktu itu kita di pusat oleh-oleh Jalan Raya Solo sempat pesan si kue mochi pake jasa Gojek dan Grab...tapi selalu ditolak. Mungkin grab atau gojeknya takut karena kita pesanannya banyak sekitar Rp. 500.000,- an lalu nggak ada gopay atau ovo, jadi serentak ditolak. Bisa jadi karena posisi kita sudah di area luar Jogja yaitu jalan raya Solo makanya nggak ada yang mau.

Sebenarnya si kue mochi ini juga ada di Mall Malioboro Jogja, tapi kita sengaja nyari dipusatnya supaya lebih murah dan berakhir zonk. 

Mood... emosi saya ketika traveling itu selalu stabil. Jarang banget capek kalau kebutuhan kuliner yang aneh-aneh tercukupi wkwkwkwkw.... Pun saya bersama teman-teman akrab jadi emosi kita terkendali. Nggak ada yang namanya "gondok-gondokan" alias ngambek. Sampai rumah saya sekitar jam 23.30 malam pun enjoy aja...


Tulisan ini mungkin bisa jadi inspirasi buat siapa saja yang pengen bisnis disaat pandemi. Kalau saya sih cuma iseng saja karena biasanya saya lebih nyaman traveling tanpa ada orang yang tahu :) suka aja tiba-tiba ngilang.