Panduan Perjalanan dan Itenerary Seoul - Busan

Akhirnya ada mood juga untuk menulis review dan itenerary perjalanan ke Seoul dan Busan pada bulan Februari 2014 kemarin, dan karena sudah janji nulis itenerary sejak dua bulan yang lalu, sayapun kebanjiran email, DM twitter dan chat via kakao untuk menagih janji saya.

Yuk, simak baik-baik pengalaman saya ke Korea sambil ngemil!!!

Perjalanan ke Korsel ini akibat pengaruh drama-drama Korea yang saya tonton, efeknya saya nekat untuk melakukan travelling seorang diri. Alhamdulilah ketika disana, saya tak mengalami kendala ketika naik transportasi menuju tempat wisata. Wisatawan di Korsel memang sangat dimanjakan oleh pemerintah Korsel, penunjuk jalan dan subway machine memakai english, peta dan brosur banyak disediakan di pusat wisata dan aneka city tour memudahkan turis untuk menuju tempat-tempat wisata.

Faktor keamanan negara ini untuk seorang wanita adalah sangat aman, sebelum berangkat saya survei terlebih dahulu tentang kriminalitas dan pemerkosaan (maaf) hasilnya sangat minim, sayapun semakin mantap untuk flashpacker ke Korsel. Lalu tentang situasi antara Korut dan Korsel yang heboh ditelevisi, di Korsel malah adem ayem tak ada di kekhawatiran masyarakatnya akan pecah perang saudara, masyarakat Korsel malah asyik menghabiskan waktu di Myeongdong, Gangnam maupun didaerah Hongdae. So, travelling ke Korsel sangat-sangat aman girls !!!

Banyak juga yang bertanya "Mengapa saya travelling sendirian?" Ya, jiwa saya memang petualang, dengan perjalanan ini saya berharap nyasar dan ditolongin oppa-oppa (ehm modus) namun harapan untuk nyasar ditolongin oppa gagal karena itenerary saya ternyata ampuh juga meskipun frist trip Korsel saya selamat kembali ke Indonesia Ho...Ho...

Persiapan ke Korea :

Tiket pesawat dan Hostel
Maskapai yang saya gunakan adalah Tigerair Sub-kul 300ribu dan Airasia kul-busan 1.4 juta juta, totalnya adalah 1,7 jt. Tiket airasia yang saya booking adalah promo perdana penerbangan ke Busan jadi jatuhnya murah habis, saya tidak memilih tiket fly thru Airasia karena ketika itu Tiger air juga mengadakan promo Sub-Kul, ada selisih harga sekitar 200rb. Penyesalan terbesar saya memilih tigerair adalah terkena efek penutupan rute yang sangat mendadak melalui email 2 minggu dari keberangkatan, penerbangan saya dialihkan dari Sub - Kul menjadi Sub - Sin, Sin - Kul, efeknya perjalan ke Korea sangat lama yaitu hampir 30 jam termasuk dengan transit.

Hostel saya terletak di daerah Sinchon mengecewakan dikarenakan heater tidak berfungsi dan air hangat dikamar mandipun mati, padahal suhu di malam hari ketika bulan Februari bisa mencapai -5, namun sedikit terobati dengan lokasi hotel yang strategis, saya jadi betah untuk berjalan-jalan maupun nongkrong dicafe hingga malam hari. Untunglah ketika di Busan saya mendapatkan penginapan cukup nyaman dan hangat meskipun cukup menguras kantong karena temanya hotel bukan hostel. Sekedar tips, baca baik-baik review dari hostel yang anda pesan, jika banyak komentar minus gantilah dengan book hostel lain.

Pengajuan Visa
Untuk pengajuan visa saya menggunakan travel agent karena lokasi saya jauh dari Jakarta, berikut tips pengajuan Visa Korea (klik linknya). Lengkapi dengan baik syarat-syaratnya dan jangan pernah menawar dari ketentuan persyaratan yang diwajibkan.
 photo cd2e3a17-1bf3-4c13-98ba-767396a2e743.jpg


Cara Menyewa dan Membeli Simcard:

Menyewa Ponsel
Dibandara Incheon maupun Gimhae tersedia jasa penyewaan ponsel, caranya cukup mudah yaitu dengan mendatangi counter SK telecom kemudian mengisi data diri dan memberikan uang deposit 700.000 won, untuk sewa perhari adalah 3000 won. Yang agak memberatkan adalah jumlah deposit jika dikurskan adalah sekitar 8.5 juta.

Membeli Simcard
Untuk bisa tetap eksis di korea, cara kedua adalah membeli EG Simcard yang fasilitasnya dikhususkan untuk turis. Cara untuk membeli EG Simcard pesanlah melalui online terlebih dahulu di website EG Simcard, isilah form kemudian lakukan pemesanan dengan membayar biaya sebesar 20.000 won dan print outlah bukti pemesanan tersebut.

Ketika sampai di bandara Korea datanglah ke counter EG simcard untuk pengambilan simcard dan tunjukkan kepada customer service print out pemesanan, jangan lupa meminta tolong customer service memasangkannya. Oh, ya syarat handphone yang bisa digunakan adalah Smartphone, 3G phone dan unlocked phone. Cara ini saya rasa lebih praktis daripada menyewa HP.


Review artikel:
Seoul

Day 1 (klik artikel)
  • Perjalanan Sub - Busan
  • Naik KTX Seoul - Busan. Cara naik KTX di Korsel klik disini
  • Hostel daerah Sinchon

Day 2 (klik artikel)
  • Seoul city tour bus
  • National museum of Korea
  • Myeongdong
  • Culinary: Sinseon seoulnangtang at Myeongdong
  • N Seoul tower
  • Namdaemun
  • Street food at Namdaemun

Day 3 (klik artikel)
  • Gangnam city tour
  • Apgujeong rodeo street
  • Cheongdam luxury street
  • Bougensa temple
  • Gangnam
  • Garosugil

Day 4 (klik artikel)
  • Gapyeong tour bus
  • Nami island
  • Petite France
  • Hongdae
  • Hello kitty cafe
  • Culinary: Chunceon dakgalbi makguksu at Sinchon
  • Shopping at Sinchon

Day 5 (klik artikel)
  • Jade garden
  • Bukchon Hanok
  • Insadong
  • Gyebokgung Palace
  • Culinary: Gossami mackarel at Sinchon

Busan
Day 5 (klik artikel)
  • KTX Seoul - Busan
  • Charlie brown cafe
  • Capodacia
  • Haeundae

Day 7, Part 1(klik artikel)
  • Gamcheon culture village
  • Culinary: Gaemijip at Gukje Market
  • Gukje market
  • Jagalchi fish market
Day 7, Part 2(klik artikel)
  • Gwangalli beach
  • Ops Bakery
  • Haeundae market

Contoh itenerary dan rician biaya selama 7 hari di Korsel:
Itenerary yang saya tampilkan dibawah ini merupakan contoh itenerary yang sudah saya modifikasi berdasarkan pengalaman saya di Korsel, harap maklum jika bahasanya campur aduk antara bahasa Jawa, english dan bahasa indonesia, untuk memperbesar file klik langsung ke foto.









Sekian panduan dan itenerary ke Korsel ala saya, semoga membantu siapa saja yang ingin melakukan perjalanan ke Korea. XOXO

You Might Also Like

21 komentar

  1. Hai mba,, saya rencana ke seoul oktober ini, blognya membantu saya sekali :).
    tapi masih bingung dengan pembelian simcard hp.
    selain EG SIM Card, ada referensi lain kah? dan juga lebih baik pembelian secara online atau beli disana langsung ya?
    saya tadi coba untuk online tapi bingung dengan pengisian formnya, data service option itu, maksutnya paket datanya ya?
    saat pilih, mba pilih yang mana? dan bertahan berapa hari untuk pemakaian internetnya? bukannya di seoul wifi dimana2 ya? hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk sim card yg bisa dipake buat wisatawan hanya EG Sim Card, dan itupun pembeliannya harus online. Sistem sim card di Korea itu berbeda, ngga kayak di negara-negara lain yang bebasin wisatawan untuk beli sim card karena rata-rata sistem telekomunikasi mereka yang sistem langganan bulanan postpaid kayak kartu halo gitu deh... Jadi ngga ada sim card yang model prepaid yang dijual bebas di supermarket semacam 7 eleven.

      Data service option itu kuota internetnya, aq pilih yg 1 GB. Dipake seminggu masih sisa kok.

      Kenyataannya wifi di Seoul itu susah dapatnya ditempat-tempat wisata atau di transportasi umum. Kecuali di cafe dan hostel/penginapan ya. Waktu itu, wifi yang nyantol pas waktu di bukchon hanok aja, bahkan di seoul city bus yang tertulis free juga ngga bisa buat internetan. Kenapa? karena wifi mereka ngga semuanya support di hp kita.

      Selain beli simcard alternatif lain ada voucher wifi "Olleh" yang bisa dibeli disupermarket 7 eleven, tapi aq ngga nyoba sih cuma ngelihat vouchernya aja pas di tokonya.

      Kalo masih ragu dan bingung untuk beli simcard, jika di Jakarta mampir aja di KTO, siapa tahu mereka mau bantuin pesan sim card atau bisa minta bantuan Tourism di Seoul untuk bantuin kita pesan EG Sim Card.

      Semoga infonya bisa membantu ya ^^

      Delete
  2. Dear Mba Vika, Terima kasih atas pencerahannya ya... :D

    ReplyDelete
  3. Wah itinnya seru, do'akan visaku di approved mba, rencana oktober kesana :D

    ReplyDelete
  4. mba via hi

    tolong tanya utk note 3 bisa pake hybrid sim ? ket nya galaxy 3.4.5

    takutnya ntar sy sala pilih trus g bisa kepake '

    tlg infonya mba kmare n milih yg mana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hybrid sim untuk normal dan micro sim. Waktu itu aq masih pake iphone 4 jadi pake micro sim. Untuk note 3 saya kurang tahu jenis simcardnya gimana? Tapi kalo normal dan micro memang pake hybrid

      Delete
  5. kak maaf nih mau tanya, kalo misalnya kita mau nginep di itaewon jauh ngak ya kak kira2 kalo mau ketempat wisata gtu? mkasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itaewon itu ngga jauh sama seoul station, jadi untuk ke tempat-tempat wisata tidak kesulitan.

      Namun, hongik, myeongdong atau sinchon tetap difavoritkan traveler karena tempat itu lebih hidup ketika malam hari.

      Delete
  6. hai hai... sedikit tambahan info aja, waktu ke korea aku malah sewa portable wifi, kalo harganya sih agak2 lupa, tapi lebih gampang jd gak pake gonta ganti simcard. sewa wifi nya bisa di incheon dan dibalikin di incheon juga, bisa juga pesen online dan minta antar dan ambil di lobby, tapi kl gw dulu di incheon aja biar gak rugi di perjalanan dari dan ke incheon bisa eksis hahahha
    Aku juga nginep di daerah sinchon dan thankfully heater worked so well jadi bahagia meski winter di luar bikin beku.
    Btw nice share (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah-wah info baru nih, pake portable wifi. websitenya apa? inget ngga? biar buat info yang lainnya, sama aku kalo ke Korea lagi hahaha

      Delete
    2. Udah lupa sih ya kalo yang aku kemarin pake apa, tapi barusan browsing ada pocketwifikorea.com semoga membantu :) yuk korea lagi

      Delete
  7. mba Vika mau tanya dong, waktu itu mba vika sampai di Incheon jam berapa ya? karena kan counternya dengar-dengar punya jam operasional juga? aku sampan sana jam 08.50 pagi kira-kira counternya udah buka belum? sama kita perlu bawa kunci SimCard hp kita ga? soalnya kan kalau iPhone ada kuncinya khusus tuh, apa mas-masnya uddar punya jadi kita tinggal minta tolong aja? mono infonya ya mba :) Thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi dear counternya buka jam 09.00. Kalo pesawat diza 08.50 ditambah antri imigrasi dan bagasi nanti keluarnya bisa jam 10.00, jadi EG pasti udah buka. Disana ada kunci iphone, tapi kalo aku sih selalu siap bawa kunci iphone didompet :)

      Delete
  8. Hai Mba vika,, gimana perasaannya tour sendir?? aku sama temen aku pengen lihat winter akhir tahun ini,, tapi masih bimbang mau pake tour atau backpacker aja,,kata hati berubah" sih hati ini milih backpacker besok bs brubah karna takut salah jalan.. pertama kali soal.a keluar negri takut nyasar.. ottokee mba?? #curcol ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo tanya saya sih pasti jawabnya enak jalan sendiri :D ngga perlu takut salah jalan kan bisa beli simcard atau sewa wifi portable buat mandu kita. Kalo nyasar naik taxi hehehe

      btw, ini saya juga lagi liburan ke Korea lagi :D keep my blog ya buat referensi kalo jalan sendiri

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Ihh jadk envy udah di korea lagi.. gitu yah.. Gitu ya mba enak jln sendiri,, oh ya mba aku guru honor di skolah swasta apa hrs bkin surat ketrngn dr skloah biar visanya di approve,, soal.a tkt jg klo di tolak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pekerjaan wajib dilampirkan dan menjamin anda kembali dari Korea dan bekerja kembali. Kalo tanpa pekerjaan takutnya dikira akan cari kerja di Korea. Sukses ya :D

      Delete
  11. Aku sama temenku lagi giat nabung nih biar bisa kesana tahun depan >< oya mba, aku mau tanya dong harga pesawat nya segitu include apa aja ya? Udah sama tax+bagasi? Aku masih bingung soal pesawatnya hehe

    ReplyDelete
  12. Halo kak, nice blog! Rencananya aku juga mau solo travelling ke korea tahun depan, dan posisi juga di jawa timur pengajuan visanya itu kira2 berapa bulan sebelum keberangkatan ya kak? Soalnya mastiin jadwal cuti juga. Ada referensi tempat makan halal kalau nginap di sinchon? Dan kakak kalo kemana2 naik bus apa mrt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1,5 bulan sebelum keberangkatan, jadi nanti 1 bulan sebelum keberangkatan sudah jadi.

      Waktu aku nginap di Sinchon, aku dulu pernah kuliner gosami yang memang enak dan saya dapat referensi dari traveler Malaysia karena halal. Tapi ternyata restaurant tersebut menyediakan makanan pork selain seafood :( padahal pengunjungnya dominan muslim berjilbab. (Bisa baca di artikel saya gosami).

      Kalau di Sinchon satu2nya restaurant halal cuma amma restaurant (sinchon exit 2) tapi saya kurang suka karena menunya masakan India seperti nasi briyani dan sebagainya. Keep my blog aja, minggu depan saya nulis tentang kuliner halal seoul dan transportasi seoul.

      Saran saya kalau baru pertama kali ke Seoul lebih baik naik subway, bus di Seoul lebih rumit daripada Singapore karena memakai tulisan hangeul dan tidak ada aplikasi bus. Waktu di Seoul saya cuma sekali naik bus waktu ke Paju English Village.

      Delete