Taman Safari Prigen

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya loh saya ke Taman Safari Prigen yang lokasinya di daerah Prigen - Pasuruan ini. Sekitar tahun 2013 saya juga pernah ke Taman Safari Prigen dan menulis postingannya (artikel taman safari prigen tahun 2012), tapi entahlah artikelnya tak terlacak lagi di google. Kalo dihitung-hitung sudah 2 tahun saya belum mengunjugi Taman Safari Prigen lagi. Mumpung di Playgroup sekolahnya Naira lagi ngadain dharmawisata ke Taman Safari Prigen, sayapun antusias untuk ikutan acaranya. Hmmm, saya juga bingung kenapa coba yang lebih antusias itu saya daripada anaknya wekekeke.... Enaknya kalo ikutan acara dharmawisata sekolah, kitanya tinggal duduk di bus pariwisata, schedule jelas, nggak repot tiket dan sudah include makan.

Tiba di hari "H" pelaksanaan dharmawisata, rombonganpun berangkat tepat pukul 07.00 pagi dan ditengah perjalanan mampir sebentar ke SPBU untuk istirahat dan ke toilet sekitar 20 menit. Sekitar pukul 10.00 rombongan sampai di Taman Safari Prigen, setelah proses pembelian tiket dan pembagian souvenir, bus kami kebagian 1 guide yang akan memandu perjalanan melewati safari adventure. Oh ya, tiket kami adalah tiket bergelang merah yaitu tiket badak merah, harganya untuk weekend Rp 115.000,- sedangkan weekday Rp 95.000,- tiket sudah termasuk safari adventure, safari water world dan 25 wahana permainan sebanyak 1 kali setiap permainan.


Harga Tiket Taman Safari Prigen


Map Taman Safari Prigen


SAFARI ADVENTURE
Rute pertama adalah Safari Adventure, melewati zona ini kita dapat melihat aneka satwa dari mulai dari Afrika, Asia dan Amerika baik berjenis pemakan karnovira, omnivora maupun herbivora. Tentu saja anak-anak paling antusias dan heboh ketika melihat Harimau dan singa yang dibiarkan bebas, para hewan-hewan inipun dengan cueknya bermalas-malasan sambil tidur-tiduran dengan santainya.


Ada harimau putih yang cantik


Singa jantan dan singa betina




Penghuni dari Taman Safari Prigen ini mayoritas adalah rusa, jadi jangan heran kalo banyak sekali rusa di kawasan ini, bahkan daging-daging rusa ini dijadikan steak yang dijual di restaurant Taman Safari Prigen. Monggo yang tertarik mencobanya?? kalo saya sih agak aneh dan kurang tertarik untuk makan daging rusa.

Perhatikan kawat yang mengelilingi beberapa pohon di Taman Safari Prigen ini. Kawat-kawat ini berfungsi untuk mengasah tanduk-tanduk rusa, jadi rusa itu mempunyai kebiasaan untuk mengasah tanduknya agar bisa bertahan hidup.
















Sekitar 45 menit, kamipun selesai menjelajahi safari adventure ini. Masih banyak loh hewan-hewan yang terlewatkan saya abadikan dalam foto karena tempat duduk bus saya berada disebelah kiri jadi fokusnya hewan-hewan di sebelah kiri, padahal hewan-hewan seperti jerapah, gajah dan unta terletak di sebelah kanan jadi susah motoinnya.


Makan siang
Wah ini nih yang saya nantikan yaitu jatah makan siang hehehe... Dapat nasi kotak dengan menu nasi, ayam friend chicken, cap cay dan krupuk. Sayang karena terlalu antusias jadi lupa foto menunya.




Show Lumba-Lumba (Dolphin Education SHow)
Setelah makan, saya dan Naira buru-buru mengambil tempat untuk pertunjukan Dolphin Education Show. Pertunjukan lumba-lumba ini memang paling ramai diantara schedule show lainnya, pengunjungnya banyak sekali mulai dari tribun atas dan bawah baik dari sisi kiri dan kanan. Selain lumba-lumba, pertunjukan juga diselingi dengan atraksi anjing laut yang berdurasi sekitar 1 jam-an.














JUNGLE SHOW
Atraksi selanjutnya adalah Jungle Show yang baru pertama kalinya saya tonton. Cerita pertunjukan adalah seorang bayi yang dirawat orang utan di hutan lalu menjadi Tarzan. Kemudian ada beberapa perampok yang ingin mencuri harta karun di hutan, Tarzan dan kawan-kawannya kemudian menggagalkan rencana para perampok ini. Pertunjukan berlangsung sekitar 1 jam yang diselingi atraksi lucu dan diakhir acara ada baby zoo harimau yang berumur 4 bulan.








Untuk menyumbang konservasi terhadap burung-burung, penonton bisa membeli sticker seharga Rp 15.000,- sticker ini diantarkan oleh seekor burung kakak tua dari panggung menuju tempat duduk penonton yang ingin membeli sticker tersebut. Si naira ini antusias sekali ketika tahu akan dapat sticker karena si Naira suka banget nempel-nempel pakai sticker yang nempelnya nggak jelas dimana... Beberapa pengunjung yang memang niat menyumbang konservasi setelah membayar dan dapat sticker ya udah gitu aja tanpa didokumentasi, nah kalo saya nggak mau rugi jadi beberapa menit motoin Naira dulu sambil tangannya menggendong si burung kakak tua wekekeke.


FUN ZONE
Setelah menonton Jungle Show, jadwal bebas bermain di semua wahana. Konon permainan di Taman Safari Prigen ini ada 23 Wahana permainan seperti Roller Coaster, Puri Misteri, Bom-Bom Car, Bom-Bom Boat, Rio Bravo, Sepeda layang, Rumah hantu dan sebagainya. Apesnya ketika baru nyobain permainan mobil-mobilan tiba-tiba turun hujan eaaaaaaa... Jadi nggak sempat nyobain semua permainan dan nggak sempat berenang di Safari Water World. Kejadian tahun 2013pun begitu, tiba-tiba aja langsung hujan deras yang bikin "stuck" nggak bisa ngapa-ngapain, kayaknya memang di Taman Safari Prigen ini curah hujan tinggi jadi bersiaplah membawa jas hujan dan payung. Karena hujan saya nggak bisa berfoto di semua wahana duh...


Dingin-dingin mintanya ice cream ergghhh...




Ini tempat Elephant Show"


Shuttle Bus Taman Safari
Waktu pulang dari Taman Safari Prigen ini saya nggak ikut rombongan dari sekolah lagi, karena suami jemput ke lokasi. Awalnya saya sempat bingung loh suami saya harus jemput dimana, setahu saya Taman Safari Prigen ini "one gate" jadi antara pintu masuk dan pintu keluar ngga sama. Masak suami saya harus muterin taman safari seorang diri dengan naik mobil sendiri pula. Akhirnya saya telepon ke Taman Safari Prigen, lalu djelaskan kalo untuk pulangnya saya bisa naik shuttle bus yang disediakan pengelola secara gratis dan suami disuruh menunggu di resepsionis di parkiran dekat loket pintu masuk.

Untuk menunggu shuttle bus ini kita bisa menuju information yang letaknya di dekat parkiran mobil. Jangan lupa lapor di information kalo kita menunggu shuttle bus ini. Sekitar 10 menitan menunggu, mobil ELF yang bergambar aneka satwa ini menjemput saya menuju resepsionist di Taman Safari Prigen.


Information






Saya dan Naira yang sudah ketemuan sama papa di parkiran resepsionis. Fotonya edisi berjilbab hehehe...karena sekolahnya Naira Islamic Full Day, malu donk kalo ngga pakai jilbab :)





Kalo ke Taman Safari Prigen jangan lewatkan beberapa pertunjukannya yang banyak sekali edukasi buat anak-anak, biar ngga ketinggalan jadwal pertunjukan. Catat nih jadwalnya untuk weekend :
11.00 : Last Home for Sumatran Elephant
11.30 : Jungle Boy Show
13.00 : Dolphin Education Show
14.00 : Super Dog & Golden Egg
15.00 : Bird Of Prey Show
15.30 : Sumatran Tiger Kingdom
16.00 : Journey To The Temple Of Terrorr
Untuk weekday cek di website Taman Safari Prigen ya...

Sayang banget saya melewatkan beberapa zona permainan dan safari waterworld, adapula pertunjukan "Journey The Temple of Terror" yang sengaja saya lewatkan karena sudah dijemput suami. Hmmm, kapan yah saya bakalan kesini lagi...

Ini schedule dari seolah Naira


Taman Safari Prigen
Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan
Telp: (+62343) 6741990 / 6741991 / 6741995 / 7735000 / 7750225
SMS HOTLINE: (+62343) 6741 888
Facebook Fan Page : Taman Safari Indonesia II
Twitter: @tamansafari2
Instagram : @tamansafari2
Website : www.pasuruan.tamansafari.com
Opening Hours:
8.30am to 4.30pm daily
8.30am to 4.45pm daily (Sunday & holiday season)


You Might Also Like

8 komentar

  1. aku belum pernah ke prigen lagi, cuma dulu pas SD...udah bertahun tahun rasanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo diagendakan lagi mbak :) dekat kan sama Sby

      Delete
  2. Wah sayang sekali tidak ke semua wahana ya mbak, anak2 saya sangat senang kalau ke taman safari. Kalau ke sana, sampai lokasi pas berangkat, pulang pas tutup, jadi full sehari disana, semua pertunjukan bisa lihat, bisa renang, semua wahana dicoba :)

    ReplyDelete
  3. Waah... seru banget... Foto2nya juga keren2... Nanti kalo mudik lagi harus ke sini nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga kalah deh dengan river safari singapore :) http://diarysivika.blogspot.com/2015/02/cara-ke-river-safari-singapore.html

      Delete
  4. Wah eman ya mbak gak nonton temple of terror. Padahal itu keren banget hehehe.. bikin kaget2 nontonnya.
    lain kali aku doain bisa liat deh..

    ReplyDelete
  5. kakk mau tanya dong kalo buat aku umur 21thn mending beli tiket rusa atau badak ya? wahana"nya kebanyakan buat anak kecil kah? soalnya takutnya udh beli tiket badak ternyata wahananya kebanyakan buat anak kecil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang tiket rusa aja kayaknya :D lebih banyak permainan untuk anak-anak. Tapi tiket ini tanpa water world ya...kalo mau berenang ya beli tiket badak.

      Delete