Makan Murah di Staff Canteen Terminal 2 Changi Airport

Di saat uang saya tinggal receh dan ketika lapar melanda di Changi Airport, saya sangat tertolong dengan adanya staff canteen terminal 2 Changi Airport. Makan Murah di Changi Airport tetap bisa kok, meskipun uangnya hanya tinggal kepingin coin. Serius? Iyalah, masak bohong.

menu staff canteen changi airport 10
Bukan ilustrasi, realita sebenarnya ^^ Anyway padahal coin ini jika dikurskan masih sekitar Rp. 40.000,-an buat makan tempe penyet di Indonesia sudah dapat 3 porsi hehehe

staff canteen changi airport

Ada dua Staff Canteen di Changi Airport yaitu di Terminal 1 dan Terminal 2. Kebetulan saya memilih yang di Terminal 2, karena waktu itu saya check inn dengan Tiger Air yang berada di Terminal 2. Saya harus check inn mulai pukul 04.30, tahu sendiri kan Tiger Air itu minim staf dan counter check inn digabung dengan beberapa rute sekaligus. Saya pun harus rela selesai check inn hingga pukul 06.00.

Sudah kebayang kan gimana laparnya saya? Mau makan di sekitar ruang boarding sudah tentu saya harus merogok kocek lebih. Intinya saya ngga mau “sambang” ke Money Changer untuk menukar uang. Uang tersisa di kantong saya tinggal SGD 4.

Nah, saya jadi kepikiran untuk makan di Staff Canteen Terminal 2 yang konsepnya baru, canteen ini baru saja direnovasi dan selesai sekitar bulan Oktober 2016 yang lalu. Jiwa blogger saya pun muncul, wah mumpung baru saja selesai renovasi jadi sekalian mengulasnya #halah. Staff canteen langganan saya biasanya di Terminal 1 karena memakai penerbangan Air Asia, namun karena kali ini berada di Terminal 2 jadi ya memilih yang dekat. Untuk rasa dan harga sama kok, ngga mengecewakan.

Banyak yang bilang lokasi Staff Canteen Terminal 2 Changi Airport ini sedikit “blusuk”, dan menemukannya tidak segampang di Terminal 1. Tapi kok saya gampang banget loh menemukannya. Ngga perlu juga takut ke Staff Canteen karena tempat makan ini ngga harus karyawan Changi Airport, terbuka kok untuk umum. Hanya tidak dimasukkan dalam peta Changi Airport.

Okay, biar ngga penasaran, yuk ikuti panduan saya untuk menuju tempat makan ini. Ingat, konsentrasi dan ambil nafas dalam-dalam biar ngga nyasar #justkidding
  1. Pastinya kamu harus ke Terminal 2 dulu. Lalu naiklah ke lantai 2 di Departure, ingat ya bukan di Arrival hall yang berada di lantai dasar. Kebanyakan orang yang nyasar mencari staff canteen terminal 2 itu karena muter-muter di Arrival hall. Ya iyalah ngga bakal menemukan karena kamu harus ke lantai 2.
  2. Cari row atau gate 12, ini merupakan tempat check inn Tiger Air. Nah di gate 12 tersebut kamu pasti akan terlihat starbuck.
  3. staff canteen changi airport 3
    Starbuck di dekat gate 12

  4. Lewati saja Starbuck berjalan lurus untuk mengikuti panduan ke Terminal 2 Car park. Oia, saya sempat salah masuk lift yang dibelakang starbuck. Saya sempat pencet-pencet lift ke lantai 3 untuk ke Staf Canteen tapi gagal karena untuk lift tersebut khusus staf. Nah, lift tersebut untuk ke lantai harus menggunakan ID sandi karyawan. Ah, ternyata saya salah lift.
  5. staf canteen changi airport 2
    Ikuti panduan menuju T2 Car Park

  6. Saya kemudian keluar lift yang di belakang starbuck. Lalu mengikuti panduan penunjuk jalan menuju T2 Carpark, jalan lurus saja sampai terlihat lagi lift di sebelah kanan.
  7. staff canteen changi airport 4
    Lift sebelum Car Park

    staff canteen changi airport 8


  8. Naiklah lift di Lantai 3. 
  9. staff canteen terminal 2 changi airport 6

  10. Sampai di Lantai 3, keluar lift beloklah kanan. Posisi staf canteen berada di Lantai 3M, jadi kamu harus menaiki tangga manual. Sangat tidak disarankan sih kamu membawa koper, karena kamu harus mengangkat koper dari tangga ke tangga. Lebih baik ke Staf Canteen ketika selesai check inn atau sebelum mengambil bagasi. Kalau pun bawa koper pun ngga dilarang sih, tapi hanya sedikit merepotkan.

  11. staff canteen changi airport 5
    Belok kanan setelah keluar lift, dan naiki tangga

  12. Setelah naik tangga, akan ada pintu untuk memasuki Staff Canteen. Selamat anda menemukan kuliner murah di Changi Airport #tepuktangan.

staff canteen terminal 2 changi 6
Naik tangga

staff canteen changi airport 7
Pintu menuju staff canteen

Seperti yang sudah saya ulas di atas, Staff Canteen di Terminal 2 ini baru selesai di renovasi dan di handle oleh kopitiam. Wangi perabot baru masih terasa, penampilannya juga kinclong. Saya sampai ke lokasi sekitar pukul 06.30. Sebenarnya Staff Canteen ini sudah buka mulai pukul 06.00 – 22.00, namun terbatas di menu tertentu jika datang di jam yang ngga wajar seperti saya. Kalo mau makan dengan menu lengkap minimal datang pada pukul 08.00.

staff canteen changi airport 6
Jam buka staff canteen Terminal 2 Changi Airport

Karena masih pagi, hanya ada 3 tenant yang buka. Tenant tersebut menjual nasi lemak, chicken curry dan satunya adalah menu ala-ala kopitiam khas Singapore. 


staff canteen changi airport T2 4
Suasana pukul 06.30, siang dikit semua kursi akan penuh pengunjung
staff canteen changi airport T2 5staff canteen changi airport T2 3staff canteen changi airport T2 2



Saya dan teman saya memesan menu yang berbeda. Saya sok-sokan memesan breakfast ala Singapore, yang terdiri satu paket menu kopi, toast dan 2 telur setengah matang, harnya cukup hanya SGD 2,5 Duh, pengen nangis rasanya, melihat harganya yang murah banget. Lalu teman saya memesan nasi lemak seharga SGD 2,5 karena dia irit banget jadi isi lemak itu hanya nugget dan telur, normalnya jika pakai ayam adalah SGD 3,5. 


menu staff canteen changi airport 14
Nasi lemak super hemat SGD 2,5
staff canteen changi 1
Paket toast : SGD 2.5
staff canteen 2
Nasi Lemak SGD 3.5

Lalu ada juga teman saya yang memilih Chicken Curry, porsinya sangat banyak jadi wajarlah harganya 4,5. Di Staff canteen ini memang harganya bervariasi ada yang murah mulai SGD 0,9 hingga SGD 8 tergantung dari lauknya. Tapi dengan harga sekitar SGD 3, kita juga bisa mendapatkan nasi.
staff canteen changi 3
Chicken Curry SGD 4,5

Untuk harga akan ada dua harga dengan inisial S dan R, “S” untuk staff dan “R”untuk regular. Selisihnya sekitar SGD 1. Namun, ngga semua dibedakan harganya, karena disetiap tenant, jika karyawan ingin mendapatkan diskon, maka menunjukkan ID card mereka.

Untuk rasa sih cukup oke lah, ngga kalah dengan tenant lainnya yang di dalam Changi Airport yang harganya selangit. Biar ngga penasaran, demi kalian saya rela foto setiap tenant yang masih tutup demi survei harga #halah. Pssttt, banyak loh tenant halal, jadi ngga perlu takut lagi. Andai sudah agak siangan, pasti saya kalap mesan menu satu-satu.

Berikut menu yang sempat saya foto, masih banyak tenant lainnya yang tidak saya abadikan (harga per November 2016) :
menu staff canteen changi airport 1menu staff canteen changi airport 2menu staff canteen changi airport 3menu staff canteen changi airport 4menu staff canteen changi airport 5menu staff canteen changi airport 6menu staff canteen changi airport 8menu staff canteen changi airport 9
menu staff canteen changi airport 15

Oia, disaat asik foto didalam kedai Kopitiam, saya baru baca kalo ada tulisan “no photo” hahahaha… So far tapi saya ngga diusir lalu disuruh hapus, lagian saya juga sering lihat banyak blog luar yang membahas juga aman-aman saja. Mungkin ini hanya berlaku yang di Terminal 2, untuk yang di Terminal 1 ngga masalah.

Saya jadi terselamatkan tidak memesan menu makanan di Tiger Air yang perporsi sekitar Rp. 120.000,- Dengan uang receh saya, saya sudah kenyang makan di Staff Canteen Terminal 2 Changi Airport. Nah, yang ada di Terminal 1, sabar ya…saya pasti akan mengulasnya. Jangan lupa jika menemukan tempat ini, kirim komentar anda, atau share foto kalian nanti saya akan menampilkannya di blog ^^

You Might Also Like

20 komentar

  1. Kebayang kalo blusukan nyari tempat ini, sambil bawa koper wkwkwk. Olahraga beneran :)))

    ReplyDelete
  2. Hebaaat bisa nemuin :p. Aku catet ah, kalo lg transit di changi mw cobain juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang banget mba carinya :D yuk cobain

      Delete
  3. Kebayang antusiasnya nyari kantin mumer di Changi. tapi manfaat banget nih. jadi ingat waktu perjlanan Jkt Turki transit di Changi lumayan lama...untungnya ngga tertimpa badai kelaparan karena Turkish airlines pelayanan dan makannya sangat memuaskan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah percaya mba sama Turkish Airlines pelayanannya oke banget :D

      Delete
  4. informatif mba. kalau liat tulisannya 'staff' mungkin aku bakal mikir, orang biasa ga boleh masuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini open public kok say, ngga perlu takut :D

      Delete
  5. Kirin selama ini kalau kantinnya staff cuma buat pegawai aja mbak. TFS jd tau :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untungnya open publik, murahnya di bagi-bagi

      Delete
  6. kalau yg di terminal 1 sama 3 dimana mba?

    ReplyDelete
  7. wah, enak nih bisa liburan terus... btw daftar menunya bikin perut lapar nih..hehe

    ReplyDelete
  8. Terminal 3 sebelah mana mba kebetulan nanti sy ksana kluar terminal 3 hehehe

    ReplyDelete
  9. Terminal 3 sebelah mana mba kebetulan nanti sy ksana kluar terminal 3 hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di T3 ngga ada staff canteen, adanya food court. Lokasinya di B2, untuk kesana naik lift/escalator. Nanti setelah keluar lift bisa tanya2 ke orang lokasinya. Buka jam 7 pagi sampai jam 11 malam.

      Tapi kalo penasaran sama staff canteen T2 dari T3 bisa naik sky train gratis :D

      Delete
  10. Thanks for sharing, mbak. Sudah di-bookmark biar ngga repot browsing lagi saat mampir ke Changi.

    ReplyDelete