Hari ke-3 Korea : Korean Folk Village dan Line Cafe

Korean Folk Village
Kalo kalian suka drama korea yang bertemakan kolosal seperti Jang Geum dan Sunkyuwan Scandal, itu lokasinya di Korean Folk Village. Ya, meskipun lokasi syuting Janggeum ada dua daerah tapi salah satunya ada di Korean Folk Village ini.

Korean Folk Village bertemakan tentang dinasti Korea zaman kerajaan, didalamnya di setting seperti Joseon atau kampung rakyat. Beberapa transportasi menuju Korean Folk Village ini sangatlah mudah, website mereka friendly lengkap dengan bahasa Inggrisnya. Berikut transportasi ke Korean Folk Village :


Shuttle bus ke Korean Folk Village

Jam operasional shuttle bus

Dari beberapa pilihan transportasi, saya memilih yang start dari Sanggal Station karena saya menyesuaikan jadwal keberangkatan shuttle bus. Dari Seoul Station ke Sanggal Station ini membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam, ada 26 station yang harus saya lalui dengan 3 transfer station.

Sepertinya lebih dekat jika kamu start dari Suwon station, hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari Seoul Station. Yang pasti dari suwon station, jukjeon station atau sanggal station, semua shuttle bus biayanya gratis. Tetapi saya merekomendasikan naik dari suwon station karena lebih murah biaya naik subway yaitu 1.850 won sedangkan jika dari Sanggal sekitar 2.850 won.

Sampai di Sanggal station saya tinggal jalan lurus sampai ke halte. Lalu jam 12.10 shuttle bus lewat di depan halte, waktu di halte sepi banget dari wisatawan. Saya sih sudah harap-harap cemas, kalo busnya nggak datang. Apalagi bus tersebut sempat nyuekin saya mau nggak berhenti di halte karena mungkin saya dianggap tidak akan naik shuttle bus tersebut. Yaeeelah… saya sampai melambai-lambai tangan..

Shuttle bus Korean Folk Village ini mudah banget dikenali, ada tulisan Korean Folk Village yang amat jelas. Setelah naik shuttle bus, saya sampai sekitar 10 menitan, dekat sekali dengan halte bus tadi, tetapi nggak mungkin kalo kamu ngotot mau jalan kaki karena jika jalan pasti jauh.

shuttle bus kfv

Saya langsung membeli tiket, harga normalnya sekitar 15.000 won, tetapi karena saya membawa potongan kupon dari website KTO yang saya download, maka menjadi 10.000 won. Kalo kamu mau hemat, memang harus rajin download kupon yang ada di website pariwisata Korea.

kfv korea 1kfv korea 2

Masuk ke dalam Korean Folk Village, saya seperti dilempar di mesin waktu. Suasana Korea yang jadul amat terasa. Nih, fotonya biar kalian “mupeng” bhuaahahahaha :

kfv korea 4kfv korea 3kfv korea 6kfv korea 5kfv korea 7kfv korea 8kfv korea 9kfv korea 12kfv korea 14kfv korea 15kfv korea 16kfv korea 17

Lokasi Korean Folk Village yang luas ini memang membuat saya lupa diri, selain mengeksplorasi dan foto-foto, saya juga tidak melewatkan beberapa pertunjukan yang ada. Jadwal pertunjukan ada di website dan map yang bisa kamu ambil ketika membeli tiket. Selain itu ada juga theme park buat anak-anak. Lebih bahagia lagi, disini wisatanya muslim friendly ada prayer room yang nyaman.

Puas jalan-jalan didalam, saya juga makan siang. Selayaknya makanan yang ada di theme park seperti di Indonesia maka rasanya so..so.. hanya untuk mengisi perut.

Korean Folk Village
 #90 Minsokchon-ro, Giheung-gu, Yongin-si, Gyeonggi-do. 

Open : 
09.30 – 18.30 

Ticket: 
15.000 won 
Discount jika membawa kupon menjadi 10.000 won 

How To Get To Korean Folk Village : 
Sanggal Station exit 3 Berjalan lurus 50 meter, maka halte segera terlihat. 
Naik shuttle bus Untuk rute lainnya bisa di lihat di artikel di atas

Line Cafe
Line Cafe itu kayak racun ya, apalagi lihat Sandra Dewi lagi pamer foto-foto di Line café di instagramnya baca nggak penting. Jadi ketika di Korea lagi-lagi Line Cafe masuk dalam daftar itinerary penting yang harus didatangi.

Ada beberapa cabang Line Café di Seoul, diantaranya di Sinsa dong kawasan Garosugil Street, Myeongdong, Itaewon dan di Everland. Oke, saya akan kasih beberapa alamat Line kafe di atas, agar kamu ngga kebingungan mau ke store yang mana :

Line Cafe @ Myeongdong 
24-39 Chungmuro 1(il)-ga, Jung-gu, Seoul

How To Get To Line Cafe @Myeongdong :
Myeongdong Exit 6, nanti belok kiri setelah keluar station. Nanti akan terlihat Nature Republic lalu beloklah ke kiri. 

Line Cafe @Itaewon 
126 Hangangno-dong, Yongsan-gu, Seoul

Open :
11:30 – 22.00 
How To Get To Itaewon Station
Itaewon Station, Exit 3. 
Berjalan lurus 5 menit, nanti kamu akan melihat bangunan warna pink line cafe di sebelah kanan. 

Line Cafe @Sinsa 
Garosugil Street 535-15, Sinsa-dong, 
Open :
12:00 - 21.00

How To Get To Line Cafe @Sinsa
Sinsa Station Exit 8, berjalan lurus. Lalu belok kiri dan berjalan lagi lurus hingga menemukan line kafe sekitar 10 menit berjalan kaki. Bangunannya nanti ada di kiri jalan.

Nah, dari ketiga Line Cafe di atas, saya lebih merekomendasikan yang lokasinya di Itaewon karena dekorasi kafenya lebih bagus, lebih baru dan lebih luas. Yang pasti nggak seramai yang ada di Garosugil street dan Myeongdong. Kalo nggak mau ribet ya, pilih yang Myeongdong aja, tetapi ya gitu deh…rameee banget dan untuk foto-foto antri. Kalo yang di Everland pastinya di dalam lokasi Theme Park ya…

Dari beberapa line café tersebut, saya mampir di area Gorugil Street. Mau cerita sedikit tentang Garosugil street, kawasan ini masuk dalam area Gangnam. Areanya cantik banget karena kanan kirinya merupakan toko-toko kosmetik mau fashion yang lucu. Kalo kamu narsis pasti nemu aja spot cantik. Sayang, hari itu saya apes banget, hujan sepanjang malam jadi susah untuk ngeksis foto.

Kawasan Line café yang berada di Garosugil Street ini lebih ribet nyarinya, karena masih harus jalan kaki sekitar 10 menitan dari pintu exit subway. Tetapi sebenarnya mudah kok ditemukan kalo kamu mengikuti rute saya di atas, yang pasti harus konsentrasi hehehe…

Layaknya line cafe pada umumnya, line cafe di Garosugil Street ini ramai banget. Apalagi foto wajib yang ada di depan boneka line itu harus antri. Di dalam kafe saya ngapain? Cuma foto saja bhuahahahaha. Line café ini merupakan toko yang menjual merchandise line, mulai dari boneka, tas, peralatan makan dan apa saja pokoknya ada deh..dengan karakter Line.


line cafe korea 1line cafe korea 3line cafe korea 5line cafe korea 6
line cafe korea 9

Foto kiriman Diarysivika (@diarysivika) pada

Nah, turun satu lantai, jadi kayak bawah tanah gitu…akan ada cafe yang menjual dessert dan coffe. Saya sih Cuma foto-foto aja suasana dan harga di Line Cafe, siapa tahu kamu mau nongkrong di sana…


line cafe korea 4
line cafe korea 8
line cafe korea 2line cafe korea 7line cafe korea 10

Nggak perlu khawatir kita diusir karena bawa kamera untuk foto-foto, karena di sini bebas kok narsis, mau jumpalitan atau gimana fotonya dibolehin. Asal nggak bawa makanan dan minuman aja ya… Jangan lupa yang di Itaewon lebih bagus ya…kalo punya foto-fotonya jangan lupa di share di email saya pajang dengan ID akunnya…


You Might Also Like

5 komentar

  1. mau banget deh ke Korean Village...
    dulu memang suka banget nonton draKor.., Jang Geum itu salah satunya yang kuikuti banget
    keren ya penataannya.., dan itu jadi bisa foto bareng Jang Geum he..he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya kita seangkatan hahahaha sama-sama penggemar jang geum :D

      Delete
  2. kalau kota tua begini aku selalu suka

    ReplyDelete
  3. kak marchandise line yg brown di foto kakak yg ada 15 boneka itu harganya kisaran berapa ya kak kalo boleh tau? :))

    ReplyDelete