Kangen Kelezatan Kuliner Thailand

Pasti anda sering mendengar tentang kuliner Thailand yang katanya enak? Bener banget loh! Thailand memang banyak sekali kuliner yang cocok dengan cita rasa orang Indonesia. Pada tahun 2013 saya ke Bangkok selama 4 hari 3 malam dalam rangka jalan-jalan dan kulineran. Tiga tahun berlalu, saya masih ingat beberapa kelezatan kuliner yang sudah saya cicipi yang membuat saya kangen ingin kembali ke Thailand.




Beberapa kuliner yang saya coba adalah:

Pad Thai
Kalo ke Thailand belum mencoba pad thai, serasa belum mengunjungi Thailand. Pad Thai adalah kuliner khas Thailand yang wajib dicoba. Pad Thai dijajakan hampir disetiap jalan-jalan di Thailand, makanan ini dijual di gerobak dorong ala penjual kaki lima. Ya, ibaratnya seperti street food di Indonesia yang menjual nasi goreng yang banyak sekali bertebaran di jalan.

Pad Thai merupakan kwetiau goreng yang disandingkan dengan taoge, telur, ayam dan seafood. Bahan-bahan tersebut kemudian digoreng dan diorak-arik menjadi satu dengan cara memasak yang lumayan cepat. Ketika dihidangkan, maka akan ditaburkan bubuk kacang di atas Pad Thai. Pelengkap lainnya ada daun bawang dan acar.

Di Bangkok, saya mencicipi Pad Thai di kawasan Khaosan Road. Banyak sekali penjual Pad Thai di kawasan ini. Saya mencoba secara acak, karena setiap beberapa langkah selalu ada penjual pad thai. Kebetulan saya beruntung mendapatkan bapak penjual Pad Thai yang bisa berbahasa inggris. Saya memesan seporsi yang diletakkan di atas piring stereofoam. Meskipun saya memesannya bukan di restoran khusus, tapi rasanya nggak kalah loh dengan restoran elit di Thailand.


Penjual Pad Thai di kawasan Khao San Road


Pad Thai


Selain mencoba di kawasan Khaosan Road, saya juga mencicipi Pad Thai di kawasan Soi 38 yang merupakan night market yang menjual street food. Istimewanya, di kawasan soi 38 ada kedai kecil yang menjual Pad Thai yang dimasak oleh chef yang telah memenangkan juara masak Pad Thai terenak se Thailand. Dibandingkan di Khaosan Road, di soi 38 ini rasanya tentu lebih enak. Porsinya lebih banyak dan ada tambahan udang dan telor yang nggak pelit, Pad Thai juga dicampur dengan bihun yang membuatnya unik.


Pad Thai terenak yang saya coba
Penampilan Pad Thai memang mirip dengan kwetiau goreng yang banyak dijual di restoran chinese food . Namun, rasa Pad Thai berbeda karena kandungan minyaknya tidak begitu banyak. Jika kwetiau goreng cenderung lebih berminyak dan terlalu banyak kecap.

Ketika saya kangen dengan Pad Thai, saya biasanya mengunjungi restoran Thailand favorit saya di Surabaya. Meskipun rasanya sedikit berbeda dengan rasa asli Pad Thai, karena lebih mirip dengan kwetiau goreng, namun setidaknya mengobati rasa kangen saya dengan Pad Thai Khas Thailand.


pad thai 3
Pad Thai
bangkok 3
Pad Thai yang lebih mirip kwetiau goreng ketika saya memesannya di restoran Thailand di Indonesia

Mango Sticky Rice
Mango Sticky Rice yang aslinya dalam bahasa Thailand dinamakan Khao Neeo Mamuang, merupakan dessert yang wajib dicoba selama di Thailand. Waktu pertama kali saya makan Mango Sticky Rice, saya merasa aneh dan ragu. Awalnya saya tidak bisa membayangkan rasa buah manga yang disajikan bersama dengan ketan putih dengan santan kelapa, ternyata rasanya sangat enak. 

Salah satu kafe di Bangkok yang sangat terkenal menyajikan Mango Sticky Rice adalah Mango Tango. Di Mango Tango saya memesan Mango Sticky Rice yang isinya adalah setengah buah manga, pudding manga, ketan putih, vla, ice cream manga dan tak ketinggalan santan kelapa. Di kafe ini memang Mango Sticky Rice rasanya tidak tertandingi, enak banget.


Mango Sticky Rice





Setelah mencoba Mango Sticky Rice di kafe, saya juga penasaran mencicipi ala street food. Waktu itu saya memesan di Soi 38, didekat penjual Pad Thai yang saya pesan. Di Soi 38, saya mendapatkan seporsi Mango Sticky Rice dengan dua buah manga, ketan dan tak ketinggalan santan kelapa. Meskipun penampilannya sederhana namun rasanya juga nggak kalah dengan yang ada di kafe.




Rasa Mango Sticky Rice ini menyegarkan, manga yang dipilih adalah manga arum manis. Jadi ketika menikmati Mango Sticky Rice, saya tidak mendapatkan mangga yang asam namun manisnya yang sangat pas. Lalu ketan yang diguyur dengan santan kelapa akan mendapatkan rasa asin.

Khao Pad Poo
Khao Pad Poo adalah nasi goreng kepiting khas Thailand. Lalu buat apa jauh-jauh ke Thailand hanya untuk nasi goreng? Jadi nasi goreng ala Thailand ini rasanya sangat berbeda dengan yang ada di Indonesia. Khao Pad Poo dicampur dengan kepiting, telur dan ditambahkan dengan saus ikan. Semakin unik ada aroma melati sebagai penyedapnya dan ditambahkan dengan perasan jeruk nipis membuat Khao Pad Poo berbeda dengan nasi goreng di Indonesia.

Khao Pad Poo

Sangat mudah menemukan Khao Pad Poo di Thailand, makanan dijual dipinggir jalan raya dengan gerobak ala pedagang kaki lima. Waktu itu saya mencobanya di Khaosan Road. Harganya yang bersahabat sesuai street food, membuat makanan ini dicintai para traveler yang menginginkan nasi. 


Tom Yam Seafood
Ketika di Bangkok saya belum pernah mencicipi Tom Yam Seafood, namun saya sering memesan Tom Yam di restoran Bodaeng Thai di Surabaya. Restoran ini merupakan favorit saya karena tidak menjual menu pork.

Tom yam merupakan sup seafood dengan kuah yang rasanya asam, manis, gurih dan pedas. Dalam seporsi tom yam terdiri dari seafood, yaitu  udang, cumi, kerang dan ikan yang dipotong-potong kecil. Kuah dari tom yam ini gurih karena berasal dari kaldu ayam atau kaldu udang.


bangkok 4
Tom Yam Seafood

bangkok 2

Untuk satu porsi Tom Yam Seafood bisa untuk 2 sampai 3 orang. Cara menikmatinya, Tom Yam yang diletakkan dengan panci yang ada pemanasnya, akan diberikan mangkok kecil atau bisa juga langsung menuangkannya di atas nasi. Sensasi makan Tom Yam Seafood ini sangatlah unik, rasa asam yang amat terasa akan dinetralisir dengan gurihnya seafood. Saya yakin ketika anda mencicipi Tom Yam Seafood khas Thailand, maka anda akan ketagihan untuk mencicipinya lagi. 



kuliner bangkok





Masih banyak kuliner khas Thailand yang belum saya cicipi, seperti Som Tam. Kuliner Som Tam adalah salad dari papaya mentah dengan kacang panjang, wortel dan tomat. Konon rasanya pedas dan segar. Semoga di tahun 2017 saya bisa datang lagi ke Thailand, melepas kangen untuk mencicipi makanan khas Thailand yaitu Pad Thai, Mango Sticky Rice, Khao Pad Poo, Tom Yam Seafood dan Som Tam.








You Might Also Like

34 komentar

  1. yummm... ngences nih lihat menu masakan thai. yg udah aku cicip cuma mango sticky rice doang.xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. mango sticky rice memang ngangenin...kayaknya mangga di Bangkok itu nggak ada yang bisa ngalahin hehehe

      Delete
  2. Aaaah semua makanan diatas aku sukaaaah, terutama manggo sticky rice! Ada satu lagi sih minuman yang aku doyan banget yaitu thai tea! Sekarang banyak thai tea berkeliaran di mall tapi belum nemu yang enak banget kayak di Bangkok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah iya Thai tea memang beda ya mba..apalagi kalo minumnya pas udara panas seger banget

      Delete
  3. Pas ke Bangkok saya gak berani makan macem2. Karena takut gak halal. Pernah beli makanan di jalan karena laper, nekat aja makan karena itu dari sayuran sama telur. Padahal minyaknya bisa aja ya gak halal hahaha. Sampe sekarang belom tau nama masakannya apa.

    Akhirnya kebanyakan saya makan di KFC (yang padahal ada menu non halalnya juga hiksss). Sama resto di Chatuchak yang memang halal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya KFC juga sama sih...tapi di sana ada nasinya hehehe lumayan bikin kenyang.

      Delete
  4. jadi pengen ke Thailand jugaaa...

    ReplyDelete
  5. penasaran sama si pad thai :D ditabur kacang rasanya gmn ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagaikan bawang goreng kalo nggak ditaburkan maka rasanya kurang siip...begitu pula taburan kacang di atas pad thai bikin nagih hehehe

      Delete
  6. amiiin, semoga kesampaian ya ke sana lagi... iya, makanan Thailand memang cucok sama lidah orang Indonesia. Yg saya suka tuh kl lagi di jalan & nemu sate cumi... ya ampun, udah lama gak ngeliat cumi gede2... seger pulak... dimakan empuk dan gak mahal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bisa jadi referensi nih mba :D pengen nyobain sate cumi di sana

      Delete
  7. Aku jd penasaran sama nasi goreng tapi pake jeruk nipis dan melatinya ituuu.. Kalo tomyam, pad thai, sama manggo sticky rice pernah nyoba meski bukan di sana langsung.. Duuh jd makin pingin ke thailand rasanya mba hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mikirnya pasti horror duluan ya kak..makan nasi goreng dengan melati hahahahha... Tapi inilah uniknya menu Thailand, nasi goreng mereka unik dan enak, yang belum pernah pasti penasaran..dan yg udah pernah pengen balik :D

      Delete
  8. tampaknay lezat2 ya, tapi kapan aku bisa kesana ya???

    ReplyDelete
  9. Ngiler liat makanannya.
    Menggoda selera banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ah "nguliner" makanan Thailand hahaha

      Delete
  10. Suka semua makanan thailand yang ada dipostinganmu ini mbak...Tiap mudik, kita transit selalu di Bangkok biar icip icip dulu makanan surga ini...Ahhh kangen banget..salam kenal ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhh beruntung banget sih bisa sering ke Bangkok huhuhu

      Delete
  11. aaaah..memang enak dan segar ya. I love Thai food indeed! dan rasanya memang dekat dengan makanan kita ya..

    ReplyDelete
  12. Uuunch mango sticky rice ini begitu menggoda, saya belum pernah coba nih dan penasaran pake bangeeet

    ReplyDelete
  13. dooh jadi pengen kwetiauw magelangan *eh

    ReplyDelete
  14. aku lapar aku lapar .... nyesel nih kesini pas lagi perut kosong

    ReplyDelete
  15. Manggo sticky rice itu emang edun enaknyaaa! :*
    Lha sekarang jadi pengen juga kaaan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik aku berhasil membuatmu mupeng hahaha...

      Delete
  16. aggghhhhhhhh.,..ini bikin aku jd pengen ke thailand lagi :D.. Pokoknya ya mbak, kalo ke bangkok, itu aku pasti cuma klineran tok! :D.. ga tertarik yg lain2... ga ada yg ngalahin kulinernya thailand deh... som tam aku suka bgt.. itu appetizer yg bener2 mampu naikin napsu makan ya ;p..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita kayaknya cocok banget jadi teman traveling hahahaha yuk ah ke Bangkok

      Delete
  17. Ok malam ini kita makan tom yam saja yessss, kangen thailand beneran nich :-(

    ReplyDelete
  18. Favoritku tetep Tom Yam dan Mango Sticky Rice, mba Fika. Mau makan dimanapun tetep pesan menu itu. Hahahaha. Tapi memang bener, pad Thai terenak memang yang di Bangkok itu. Aku juga belum nemu yang oke rasanya di resto Thai di Medan :).

    ReplyDelete