Transportasi Korea : AREX, Subway, KTX, ITX dan Bus

Memahami Sistem Transportasi Korea : AREX, Subway, KTX, ITX dan Bus - Sudah dapat tiket pesawat ke Korea? Sudah booking hotel di Korea? Jangan lupa setelah mendapatkan tiket dan hotel, maka susunlah itinerary. Panduannya sudah lengkap banget di artikel Korea. Satu lagi yang nggak kalah penting, pelajarilah sistem transportasi di Korea, ini buat kamu yang akan merencanakan traveling mandiri tanpa travel agent.

Sistem transportasi di Korea ada banyak, mulai dari AREX, KTX, ITX, Subway, Shuttle Bus, Bus dan Taksi. Hmmm, jangan bingung dulu melihat beberapa transportasi Korea, karena sistem transportasi di sana sangat mudah dipelajari.

T-Money Alat Pembayaran Transportasi di Korea
Di Korea sistem pembayarannya menggunakan kartu yang disebut T-Money. Bisa sih kalo tetap menggunakan uang tunai dan membeli tiket machine, tetapi malah lebih ribet. Kalo dengan T-money maka tinggal top up dan touch di tempat yang disediakan. Harga tiketnya pun menjadi lebih murah, dibandingkan membeli tiket tunai.

subway di korea 4
Ticket Machine
subway di korea 1
Ada Englishnya :D
subway di korea 3
Masukkan uang disi

Alat pembayaran transportasi di Korea sebenarnya ada juga M-Pass, kartu ini yang dikhususkan untuk turis. M-Pass sistemnya day pass unlimited sehari, yang dihitung sampai jam 12 malam perharinya. Ada pilihan harinya 1, 2, 3, 5 dan 7. Untuk harga dan pembelian bisa cek di website ini. Selain itu ada City Pass+, Seoul City Pass dan Cash Bee.

Bingung kan lihat alat pembayaran Korea yang banyak banget? Kalo saya sih nggak mau ribet beli T-Money aja. Kartu ini udah setia menemani saya ketika beberapa kali mengunjungi Korea. Saya selalu menyimpannya dan top up di ticket machine. Waktu itu saya membeli di Convenience store GS25, harganya sekitar 4.000 won. T-money juga tersedia di family mart, seven eleven, story way dan lainnya.

AREX All Stop Train dan AREX Express Train
Untuk keluar Incheon Airport, ada beberapa pilihan transportasi yaitu limousine bus, taksi dan AREX. Dari beberapa pilihan tersebut tentunya saya memilih AREX karena nggak ribet dan nyaman. Limousine bus memang belum pernah saya naiki, dan taksi tidak mungkin saya gunakan karena mahal.

arex
AREX Express Train 


Ada dua tipe AREX yaitu AREX All stop train yang berhenti di 12 station. Untuk membeli tiket AREX bisa dengan T-Money, tentunya jika saldo mencukupi dan juga membeli secara tunai di ticket machine. Untuk menggunakan AREX all stop train biayanya 4.250 dengan durasi menuju Seoul Station sekitar 1 jam dan Hongik station sekitar 50 menitan. Tempat duduk AREX All stop Train seperti subway yang berhadapan, namun ada tempat untuk meletakkan koper. 

subway di korea 6
AREX ALL STOP Train seperti subway
KTX all stop train
Tempat meletakkan koper di AREX All Stop Train

AREX Express Train ini lebih nyaman dibandingkan dengan All Stop Train, dengan tempat duduk empuk yang menghadap ke depan. Biaya untuk AREX Express Train sekitar 8.000 won, tiket bisa dibeli tourist information, dan ticket machine. Oia, lokasi train ini bersebelahan yang stationnya ada di kiri dan kanan, perhatikan agar tidak salah masuk.


Subway
Jika pernah naik MRT di Singapore, maka lebih mudah untuk naik subway di Korea. Subway merupakan kereta cepat yang menghubungkan area Seoul, dan subway juga tersedia di Busan sebagai kota kedua terbesar di Korea.

subway Korea 1subway di korea 9subway korea  

Untuk memahami subway, maka jangan lupa download map Subway. Downloadlah map subway yang terbaru, karena di internet banyak map subway dari beberapa versi. Nah, jika sudah sampai di Incheon jangan lupa untuk mengambil map di Tourist Information. Selain itu jangan lupa download aplikasi “Subway” yang tersedia di IOS, mungkin juga ada di android. Aplikasi ini sangat memudahkan saya untuk mengambil rute yang harus saya lalui.

Subway Korea ada 9 line dan tambahan line Gyeongchun, Gyeongui-Jungang, U-line dan Suin yang bisa di lalui dengan ITX (nanti di bawah saya jelaskan). Menaiki subway tidaklah serumit kita melihat map nya. Yang pasti selalu siapkan stamina karena subway station lebih pelit memberikan escalator, bahkan karena iseng saya pernah menghitung anak tangga yang jumlahnya sekitar 50 buah.

  korea
(banyak anak tangga yang lebih tinggi dari ini)

korea 22

Untuk masuk ke subway station, maka siapkan alat pembayaran. Selalu cek saldo dengan meliriknya di gate masuk, ketika men-touch maka akan terlihat jumlah saldo. Ticket machine untuk mengisi saldo biasanya ada di depan pintu masuk gate station, jika kehabisan saldo ketika didalam station maka bisa isi saldo di tourist information. T-Money ini baru terpotong ketika keluar dari station, sedangkan ketika masuk, kartu hanya mengecek station tujuan awal kita.

subway di korea 7subway di korea 8subway di korea Biaya menaiki subway jika dari line yang sama tanpa transfer atau pindah line maka biayanya 1.250 won, jika transfer maka biaya subway sekitar 1.750 won dan tertinggi hingga 2.750 won. Ya, subway di hitung berapa banyak kita pindah transfer, saya ambil contoh jika ke Nami Island (Gulbongsan Station) dari Seoul Station saya menumpuh perjalanan 31 station dengan 3 transfer biayanya 2.150 untuk sekali jalan.

City Bus
Menurut saya, bus di Korea lebih rumit dibandingkan dengan bus di beberapa Negara lainnya. Bus Korea tidak ada tulisan latin, tidak ada papan digital untuk menunjukkan station yang dituju dan driver yang rata-rata tidak bisa berbahasa Inggris.

bus di korea 6
Di dalam city bus
 
Tetapi, kalo kamu takut naik bus maka harus merelakan beberapa destinasi wisata yang mengharuskan naik bus, seperti English Village, Provence Village, Heyri art village dan beberapa destinasi lainnya. Nggak mau kan menghapus list tempat wisata tersebut? Jadi kamu harus berani naik bus. 

Agar tidak tersesat maka ketahui nomor bus, halte tempat naik bus, nama halte pemberhentian, mengetahui durasi perjalanan di tempat yang kita tuju dan selalu ucapkan tujuan kita di driver. Untuk naik bus, maka naik dari pintu depan dengan men touch T-money dan juga keluar dari pintu depan dengan menempelkan T-money lagi. Selalu isi T-money agar tidak kehabisan saldo ketika menaiki bus. 

bus di korea 1
Bus STop
Express Bus
Lupakan sejenak tentang terminal bus yang kumuh atau menggiring para penumpang untu mengejar setoran. Bus di Korea sangatlah aman, bersih dan mudah untuk membeli tiket. Cara membeli tiket yaitu dengan antri di tempat pembelian tiket dengan pembayaran yang hanya bisa dilakukan dengan tunai. 

bus di korea
Loket tiket di Nambu Terminal
bus di korea 5
Express Bus
bus di korea 3
Di dalam Express Bus

bus di korea 4 
Di dalam bus sangat nyaman dengan tempat duduk 2-2, AC yang dingin dan jadwal yang ontime. Eh, tapi saya pernah apes sih dapat tempat duduk di kursi belakang sendiri, tempat duduk tersedia untuk 6 orang, jadi saya harus rela berdempetan karena ukuran tubuh saya dengan sebelah saya si ahjussi yang sama big size nya.

KTX dan ITX
Korea Train Express atau yang biasa disebut KTX ini merupakan kereta cepat yang mengubungkan antar kota di Korea, seperti dari Seoul ke Busan yang bisa ditempuh dengan 3,5 jam saja. Padahal jika naik bus normalnya 5 jam. Durasi perjalanan yang lebih pendek tentu harus dibayar dengan harga tiket yang mahal. Ulasannya sudah saya tulis dengan cepat di : Cara Naik KTX di Korea Selatan

Intercity Train Express atau ITX ini kereta cepat yang menghubungkan antar kota Seoul saja. Seperti ITX untuk ke Nami Island kamu bisa naik dari Yongsan Station ke Gapyeong Station biayanya 4.800 won selama 60 menit, sedangkan jika dari Cheonyangni Sation ke Gapyeong Station biayanya 4.000 won selama 40 menit. Padahal jika naik subway bisa sampai 1,5 jam perjalanan dengan biaya sekitar 2.450 won.

KTX   (KTX Station)

ITX
Menunggu ITX

Untuk menaiki ITX hanya tersedia di station tertentu, perhatikan di map subway Korea. Tiket ITX bisa dibeli di tempat penjualan tiket di station, ticket machine atau pembelian secara online di website KTX. Jangan lupa gate ITX dan Subway ini berbeda meskipun di station yang sama jadi perhatikan papan petunjuknya.



Taksi
Waktu di Korea saya pernah naik Taksi sekali, harganya memang menguras budget saya. Untuk perjalanan sekitar 20 menit biaya sekitar 20.000 won. Semua taksi di Korea ini jujur dan menggunakan argo di setiap perjalanannya. Untuk naik taksi maka naiklah di halte yang disediakan dan antri sesuai urutan. 

You Might Also Like

40 komentar

  1. Wah korea banyak juga ya mba transportasinya :o tokyo juga ga beda jauh banyak juga tapi paling sering dipake ya subway. Taksinya jg masih lebih murah di Jepang 7000yen mba *nangis (setara 700.000) dan itu cuma 10km TT

    btw, penjelasannya jelas sekali mba kalo nanti aku ke Korea (Amiiin) pasti aku bookmarked blognya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whotssss mahal banget taksi di Jepang...

      Semoga segera kesampaian ya kak :D

      Delete
  2. Pokoke kalo detail traveling kudu banget kepoin blog mba Fika deeeh, makin uuhuuuuyyy!

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you mba :D dirimu juga kece badai

      Delete
  3. wahh bersih bangettt moda transportasinya :D jadi seneng naik angkutan umum ya kalo begini, semoga Indonesia nanti bisa seperti ini :)

    ReplyDelete
  4. Mbak Vika, bagus-bagus loh photo2nya..apalagi yang rel kereta api itu..suka komposisinya..Bah ini malah ngebahas photo ya :D
    Mupeng tau ke Korea..:D

    ReplyDelete
  5. Duh eeehh... Korea bersih banget ya.. Semuanya kinclong..
    Kapan ya bisa traveling ke luar negri.. Nebeng donk mbak vika.. 😁

    ReplyDelete
  6. Duh eeehh... Korea bersih banget ya.. Semuanya kinclong..
    Kapan ya bisa traveling ke luar negri.. Nebeng donk mbak vika.. 😁

    ReplyDelete
  7. oke siiip, berarti sampe seoul nanti, yg pertama aku beli pasti T money :D.. anakku suka bgt naik kereta mbak, jd kemungkinan aku bakal banyakin naik kereta kemana2 sih.. eh, btw, anak umur 4 thn ttp byr ga sih? kalo yg di jepang msh gratis soalnya..

    ReplyDelete
  8. aku pernah salah naik bus, kirain bakal ke tengah kota tapi kok ini lama2 areanya sepi... ternyata bus tsb ke pemukiman penduduk :))))) Mau ngirit malah apes, ujung2nya naik taksi yg untung lewat :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha salah bus mba. Beda kok bus kota sama bus yang khusus pemukiman. Syukurlah saya nggak pernah nyasar :D

      Delete
  9. Transportasi di Korea banyak ya, duuuh ga sabar pengen ke Korea

    ReplyDelete
  10. Pembayaran dengan kartu emang lebih praktis sih ya mb fika, apalagi buat turis,
    Mantab ni infonya,
    Pasti banyak dicari newbie yang mau tir ke korea

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes kayak di Indo udah banyak pake kartu ya :D

      Delete
  11. terbuai suasana transportasinya yg kece dan keliatan bersih, ahh aku jd pengen ke Korea, tapiii blm bisa.. #lirik bocah2 cilik

    ReplyDelete
  12. Halo mb Vika, salam kenal. Sepertinya baru pertama kali ke sini. Aku kok tertegun sama foto2nya, bagus. Di Korea alat transportasi nya bersih2 y

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha semoga betah dan sering mampir di blog ini ya mba :D

      Delete
  13. Aku blm naik city bus nya ihik ihik, mesti balik lagi ke korea #Ngarep
    Semoga indonesia segera maju sejajar dan lebih baik dari negara2 yg transportasi massal nya JUARA

    ReplyDelete
  14. wahh kece banget infonya. noted! oiya mba, kalau mau ke Nami naik ITX dari Yongsan katanya harus tap T-Money dulu di gate transfer statsiun Yongsan biar gak error? itu gimana maksudnya ya mba vika?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli ticket aja langsung di counter ticket ITX :D

      Karena ITX bukan jalur subway maka harus ngetap lagi. Kalo saya sih suka beli ticket langsung

      Delete
    2. jadi aku rencana mau ke Nami naik ITX dari Yongsan station. nah ke Yongsan aku naik subway dulu dari Hongdae. jadi begitu sampai Yongsan station langsung beli tiket di counter ITX aja ya mba? :) jadi aku ngetap lagi itu pas sudah sampai di stasiun Yongsannya ya?

      Delete
  15. kak sangat bermanfaat banget postingannyaa. btw mau nanya kalau naik subway dan harus transfer subway itu kita ngetap t-money saat masuk aja atau setiap transfer kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo transfer stationnya nyambung jadi ngetapnya satu kali masuk dan pas keluar aja.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  16. Hai mba Vika , aku mau tanya Enakan kita langsung beli sim card disana atau kita reservasi dulu yaa di indo? Trus untuk T-Money pertama kali isi saldonya berapa ya enaknya? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku suka beli langsung di sana :D

      T-money itu kalo aku ngitungnya sehari habis sekitar 10.000won, jadi ya top up pertama 10.000 won. Tenang aja kalo masih ada saldo ketika pulang bisa di refund jadi nggak akan rugi sisa saldonya :D

      Delete
  17. Mba Vika, mo nanya... udah pernah ikut snow tour ga di korea? adakah rekomendasi snow tour yg murmer dan terpercaya? rencana mo ke korea pas winter, pgn main2 salju gitu.. mending pake paket tur apa sendiri aja yah? makasi infonya �� (Putri, berhubung ga pny akun blog di gmail)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf banget saya belum pernah ke Korea ketika Winter. Biasanya saya kesananya bulan Februari an ke atas

      Delete
  18. hai mba..halte bis tdk ada tulisan latin nya ya? aku soalnya harus pindah dr myeongdong k incheon dan mesti naik bis

    terus dari bandara incheon ke pusat kota berarti naik kereta express ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jarang yg ada latinnya :(

      Dari bandara ke kota naik AREX

      Delete
  19. baca ini lagi jd mau tanya. T-money ada masa expired kah? Kl bolak balik Korea blm tentu setahun sekali misalnya. Atau bisa diuangkan kembali kah sisa saldo di kartu?

    ReplyDelete