Kuliner Halal di Chinatown, Singapore

Waktu itu teman saya lagi sakau pengen banget makan pork di Singapore, lalu saya memberikan saran untuk berburu makanan non halal di kawasan Chinatown, Singapore. Namun teman saya nggak enak sama saya, "Lalu kamu gimana makan apa?" Tenang aja di Chinatown Singapore itu banyak juga kok makanan halal, jadi nggak harus nyari kuliner halal di kawasan Bugis.

Edisi kuliner halal di Singapore kali ini saya juga sangat bersemangat, karena lama banget belum update postingan kuliner halal Singapore. Jadi ceritanya sekalian berburu makanan halal dan ngumpulin artikel #dasarjiwablogger

Chinatown Food Street
Kalo kamu berburu souvenir di kawasan Chinatown, jangan lupa sekalian mampir di Chinatown Food Street. Lokasinya mudah sekali ditemukan, dari Chinatown MRT exit A, jalan lurus hingga menemukan gang pertigaan belokan pertama, lalu belok kanan. Nanti jalan saja lurus sampai bertemu Chinatown Food Street. Kalo bingung tanya aja para penjual souvenir, pasti dikasih tahu deh....

kuliner chinatown, singapore 5kuliner chinatown, singapore 21kuliner chinatown, singapore 11

Waktu itu saya kesana sekitar jam 20.30 an, meski sudah malam masih banyak stall yang menjual makanan karena Chinatown Food Street buka hingga jam 23.00. Saya sengaja mencari makanan halal dengan membaca menu yang ditempelkan digerobak di beberapa stall. Kalo nggak salah ada sekitar 6 stall makanan halal. Ada yang tertulis halal dan no pork no lard, seperti makanan India, chinese food ataupun masakan khas Singapore seperti carrot cake.

kuliner chinatown, singapore 12kuliner chinatown, singapore 14kuliner chinatown, singapore 15kuliner chinatown, singapore 17

Sebenarnya pengen banget nyicipin satay khas Singapore, apalagi yang Abraham Ibrahim satay katanya enak. Melihat harganya saya jadi mundur teratur, saya lebih memilih outlet makanan India disebelahnya. Saya memesan roti prata yang sepaket dengan chicken curry dengan harga $6. Memang nggak murah banget tapi porsinya gede, teman saya yang pengen pork akhirnya nggak jadi beli tapi sharing roti prata sama saya hahaha...

Kalo pengen kuliner pakai nasi juga banyak, ada nasi goreng chinese food atau juga ada nasi briyani, saya sih sengaja nggak makan nasi karena sudah terlalu larut untuk makan malam #sokdiet. Satu porsi pesanan saya terdiri dari roti prata dan chicken curry ini porsinya memang besar, ada 3 ayam yang berukuran sedang dan roti pratanya juga kalo ditarik jadinya banyak banget. Saya juga suka sama roti pratanya yang kenyal dan empuk, dicocolin pake kuah kari semakin nikmat.

kuliner chinatown, singapore 10

Waktu itu saya duduk di depann stall penjual es juice dan kelapa muda. Teman saya yang lapar mata melihat es kelapa muda akhirnya memesan buah tersebut. Harganya nyesek banget $4,5, rasanya juga biasa banget seperti penjual es kelapa muda di Indonesia yang 10ribuan.

kuliner chinatown, singapore 18kuliner chinatown, singapore 19

People Park Complex Food Center
Kalo harga di Chinatown Food Center nggak sesuai kantong, adalagi People Park Complek Food Center di kawasan Chinatown yang harganya murah. Siapkan budget $4 kamu sudah bisa dapat nasi dengan lauk yang melimpah. Lokasinya juga mudah banget ditemukan yaitu Chinatown MRT exit E langsung terlihat People Park Complex Food Center dengan deretan stall yang berkonsep food court.

Jangan heran kalo banyak opa-opa yang asik main mahyong sama teman gengnya atau melihat mereka asik nge beer, karena di People Park ini mungkin tempat gaulnya para opa-opa hehehe... Tempatnya yang luas jadi asik banget kalo kita juga ikutan nongkrong sambil melepaskan lelah setelah belanja.

kuliner chinatown, singapore 3kuliner chinatown, singapore 2

Waktu itu karena saya ngetrip pas tanggal merah, jadi banyak stall yang tutup. Padahal saya langi ngincar nasi padang yang ada di People Park Complek Chinatown ini. Karena tutup saya kemudian memesan mie Punggol yang ada disebelahnya. Mie punggol ini ada logo halalnya, jadi nggak perlu ragu akan kehalalannya.

kuliner chinatown, singapore 4

Saya memesan Fried Hokkien Prawn Mee dengan harga 4$. Penampilannya sekilas terlihat tidak menarik, mienya warna putih pucat dan ada 3 udang dan tamnahan irisan cumi. Meski penampilannya kurang meyakinkan tapi rasanya enak juga, nggak ngecewain. Tapi saya akhirnya nambah gorengan tofu yang ada distall sebelahnya, karena saya kalo belum makan sesuatu yang digoreng rasanya kurang kenyang hehehe...

kuliner chinatown, singapore
kuliner chinatown, singapore 1  
Kalo mau eksplor People Park Complek Chinatown ini pasti banyak juga makanan halal atau yang no pork no lard. Pokoknya semua makanan tersedia, seperti Tian Tian Hainanse Chicken Rice juga ada stallnya. Untuk minumnya bisa beli air mineral seharga $1.

Old Chang Kee, Chinatown
Dari Chinatown MRT Exit A, pasti kita akan langsung terlihat gerobak Old Chang Kee. Nama Old Chang Kee ini terkenal akan aneka gorengan khas Singapore yang bermacam-macam. Kalo menurut saya jajan di Old Chang Kee ini mahal banget, misalnya aja untuk pastel atau curry O itu harganya sekitar $1.50. Biasanya sih saya cuma jajan fishball yang harganya $2 dapat 2 tusuk yang isinya 3.

kuliner chinatown, singapore 9kuliner chinatown, singapore 6

Makanan berat pun seperti nasi lemak atau curry rice juga ada dengan harga $8,5. Ada mie dan juga minuman seperti teh atau kopi. Meskipun menurut saya jajan di Old Chang Kee ini mahal tapi kedai Old Chang Kee nggak pernah sepi pengunjung. Selain karena logo halalnya, cemil-cemil dengan harga $2 di Singapore itu termasuk kategori murah, asal nggak ingat sama tahu isi dan ote-ote di Surabaya yang harganya cuma Rp. 700,- perak.

kuliner chinatown, singapore 8kuliner chinatown, singapore 7

...

Jangan lupa kalo hunting kuliner halal di Singapore kabari ya atau comment di bawah agar saya nambah referensinya. Selamat berlibur!!!

You Might Also Like

12 komentar

  1. aku waktu itu cuma makan di people park. ini enak banget sih beragam pilihan makanannya. pengen ngulang lagi jalan-jalan di singapore.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah iya People Park memang pilihannya banyak dan murah :D

      Delete
  2. Belum pernah ke Chinatown, SG. Must visit kalau travel ke SG lagi. Thanks for sharing, mbak.

    ReplyDelete
  3. Bener bener as always memikat mb fika foto fotomu
    Pas di singapur, aku cuma sempet makan nasi hainan doang, padahal pengen jelajah street foodnya
    Tx list rekomendasinya

    ReplyDelete
  4. wowoowowow...rekomend semua ini

    ReplyDelete
  5. Udh lama ihhhh ga ke sing -_- kangen jg ama kuliner2 nya kalo baca ini.. Tp Sejujurny aku ga bnyk tau kuliner di sana, krn lbh srg kalo ke sing itu semalam doang, trs lanjut ke malaysia krn lbh murah mba hahahaha :D. Tp january bsk aku mau ke sing nih... Cuma transit sih, tp lumayan lama jd bisa jalan2 dulu :D.

    ReplyDelete
  6. Bisa coba makanan halal di CMK 2001 persis di depan mustafa center (chicken roasted harga 4sgd sm prata 2sgd nya enak bgt) dan ada jg di dekat situ alif restaurant blg ja desker road dkt bgt kok dr mustafa (mee chili sm nasi goreng kampungnya enak bgttt udang nya gede2 gk pelit harga sekitar 6sgd)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah harus dicoba nih CMK 2001 sama alif restoran :D terima kasih infonya

      Delete