Kuliner Halal Bali: Ayam Betutu Khas Gilimanuk dan Nasi Ayam Bu Oki

Ayam Betutu Khas Gilimanuk
Sampai di bandara ngurah rai, perut saya sudah lapar berat. Rencananya begitu sampai di Bali langsung pengen nyicipin Ayam Betutu Khas Gilimanuk yang cabai Kuta. Sebenarnya kalo nggak mau repot Ayam Betutu Khas Gilimanuk ini juga ada di bandara, tapi kok saya pengen banget datang yang di cabang Tuban Kawasan Kuta.

Kuliner bali
Kuliner bali

Ternyata yang di Kuta ini juga dekat banget sama bandara, sekitar 10 menitan sudah sampai lokasinya. Kalo di Ayam Betutu Khas Gilimanuk pesannya nggak usah aneh-aneh karena khasnya ayam betutu kuah, saya pesan yang ukuran 1/4 2 porsi dan anak saya pesan ayam betutu goreng yang 1/4. Ada beberapa pilihan ukuran ayamnya yaitu 1 ekor, 1/2 ekor dan 1/4 ekor. Menu lainnya ada bebek, sate lilit dan nasi campur.

Kuliner bali
Kuliner bali

Ayam Betutu Khas Gilimanuk ini super pedas, tapi kalo nyali pedesnya kayak saya maka pesan aja yang nggak pedas. Nggak pedas aja bikin keringat saya tumpah ruah. Satu porsi terdiri dari ayam yang berkuah, plecing kangkung, sambal matah dan kacang.

Kuliner bali

Rasa ayam betutu khas gilimanuk ini mirip-mirip sama ayam lodho yang dari Jawa Tengah. Meskipun bersantan tapi nggak pekat, kalo diseruput pun seger banget. Nasi yang punel itu dicocolin pake sambal matah dengan irisan bawang dan kacang, nikmat banget. Sebenarnya yang doyan makan lauk daripada nasi, pasnya sih pesan yang 1/2 ekor untuk 1 orang.

Kuliner bali

Pesanan anak saya yang ayam goreng biasa banget rasanya, mending pesan yang berkuah aja, cuman karena anak saya belum bisa makan pedas maka amannya pesan yang ayam goreng. Lain kali pengen pesan sate lilit dan juga nasi campurnya.

Kuliner bali

Nasi Ayam Betutu Khas gilimanuk ini halal jadi nggak perlu takut buat yang nggak makan pork. Selain itu cabangnya banyak banget, sepertinya di setiap kawasan di Bali selalu ada, bahkan di Surabaya pun ada. Tapi tetap yang terfavorit yang di cabang Tuban di kawasan Kuta, dekat juga sama pusat oleh-oleh seperti Krishna.

Ayam Betutu Khas Gilimanuk
Jl Raya Tuban 2X
Kuta - Bali



Warung Nasi Ayam Bu Oki
Cari kuliner halal di Bali itu nggak susah kok asal ada niat, bahkan di kawasan Nusa Dua pun yang harus melewati jalan tol ada kuliner halal yang cukup terkenal yaitu Warung Nasi Ayam Bu Oki. Saya malah tahunya ada Nasi Ayam Bu Oki ini karena lihat youtuber terkenal Mark Wiens.

Kuliner bali

Nggak susah kok nyari Warung Nasi Ayam Bu Oki ini dengan bantuan GPS. Warungnya sederhana dengan beberapa bangku saja. Saya langsung memesan Nasi Ayam lengkap, seporsinya murah banget yaitu Rp. 20.000,-

Kuliner bali
Kuliner bali

Satu porsi terdiri dari nasi putih, setengah telur rebus, sate lilit, ayam suwir, sambal dan kacang tanah goreng. Sate lilit khas Bali merupakan parutan kelapa dan ayam cincang, meskipun porsi satenya minimalis yang langsung telan, namun rasanya gurih. Ayam suwirnya pedasnya pas, ada rasa manis dan gurih.

Untuk sambalnya juga pedasnya rasanya masuk akal. Saya juga mendapatkan lawar yang dipisah. Lawar ini merupakan sayuran khas Bali yang isinya kacang panjang, kelapa parut dan juga ada suwiran ayam. Pokoknya kalo ke Bali belum nyobain lawar, sambal matah dan sate lilit maka rasanya akan ada yang kurang.

Kuliner bali

Selain di kawasan Nusa Dua, Nasi Ayam Bu Oki ini juga ada di kawasan Jimbaran. Katanya yang Jimbaran lebih ramai dibandingkan yang Nusa Dua, tapi untuk rasa sama saja. Untuk referensi kuliner halal di Bali yaitu Warung Mak Beng dan Nasi Ayam Kedawetan Bu Mangku juga wajib didatangi.

Nasi Ayam Bu Oki
Jl Siliwangi No:27
Nusa Dua - Bali
Jam Buka:
08.00 - 21.00


CONVERSATION

6 komentar:

  1. Yg ayam betutu di rawamangun jg ada mba, deket rumahku. Tp aku blm nyobain yg di jkt ini. Aku coba yg di bali tp lupa cabang mana, krn memang ga inget lokasi. Aku suka sih ama rasanya, tp krn aku pecinta pedes, buat lidahku rasa prdesnya masih biasa hahahaaa.. Ga kepedesan samasekali kmrn makan di sana :D. Tp sbnrnya malah enak, jd bisa menikmati :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini cabangnya banyak, bahkan di Surabaya atau Jakarta ada

      Delete
  2. next time cobain ayam betutu bu lina gilimanuk. saya langganan nya disana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih noted harus dicoba kalo ke Bali ayam betutu Lina Gilimanuk

      Delete
  3. saya pernah makan ayam betutu di situ, bawa pulang juga, dan alhamdulillah masih enak dimakan 24 jam kemudian. kalau bu Oki belum, kalau ke Bali lagi semoga sempat ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ayam netutu itu memang kuahnya ngangenin. Pengen banget juga bungkus trus dibawa ke Surabaya

      Delete