4 Langkah Mengembangkan Usaha di Kota Surabaya


Geliat usaha di Surabaya semakin bangkit. Hampir tiap bulan ada saja tempat kuliner atau UMKM baru. Kiprahnya pun tak main-main, contohnya UMKM Surabaya yaitu Huraira Leather Bag yang merupakan tas langganan artis. Untuk kuliner ada Jokopi yang merupakan coffe shop favorit para foodies Surabaya. Jika kita sudah memulai usaha, tentunya kita menginginkan mengembangkan usaha untuk lebih maju. Solusinya dibutuhkan Kredit Modal Usaha Kota Surabaya.





Agar usaha yang kita miliki di Surabaya semakin sukses maka ada 4 Langkah Mengembangkan Usaha di Kota Surabaya yaitu:

  • Aktif Promosi Usaha
    Dengan teknologi yang semakin canggih kita bisa memanfaatkan pengaruh social media dalam mengembangan promosi usaha yang kita miliki. Seperti membuat account instagram yang berisikan foto tentang produk, dan promosi harga yang berlangsung. Mengundang influencer atau blogger untuk me review usaha yang kita miliki sangat ampuh untuk promosi di kalangan anak muda. Strategi promosi ini sangat menentukan dalam pengembangan usaha.
  • Konsep dan Desain Baru
    Meskipun dengan bisnis yang sama, tidak ada salahnya untuk mengganti konsep dan desain baru usaha yang sesuai dengan keinginan pasar. Misalnya kita sudah memiliki coffe shop, mengganti interior yang monoton menjadi instagramable akan meningkatkan pelanggan baru yang datang ke coffe shop. 

    Contoh lainnya, misalnya kita memiliki usaha konveksi tas maka kita bisa mengganti desain sesuai target pelanggan yang kita bidik. Katakanlah kita menginginkan tas untuk segmentasi anak-anak sekolah maka desain tas yang dibutuhkan dengan motif dan warna yang lebih colorfull. Kita juga bisa mengganti logo perusahaan agar lebih menarik pelanggan.

  • Miliki Sumber Daya yang Sesuai
    Memiliki sumber daya atau pegawai yang sesuai dengan jenis usaha sangat diperlukan untuk mengembangkan usaha. Dimulai dari merekrut pegawai yang kompeten, memiliki komitmen, pengetahuan, inisiatif, dan bakat. Jangan lupa training sebelum terjun bekerja. Siapkan sumber daya yang sesuai agar kita tidak kesulitan untuk mengarahkan apa yang kita inginkan untuk mengembangkan usaha.

  • Manjakan Pelanggan
    Memiliki pelanggan loyal untuk kembali datang atau membeli adalah kunci kesuksesan usaha. Manjakan pelanggan dengan memberikan informasi tentang promosi yang berlangsung. Tanggapi juga apabila ada keluhan dari pelanggan dengan segera. Jika pelanggan puas terhadap usaha kita maka kita tidak akan kehilangan pelanggan.
… 


Mengembangkan usaha memang dibutuhkan modal yang cukup. Untuk aktif promosi, mengganti konsep dan desain usaha, memiliki sumber daya yang sesuai dan memanjakan pelanggan tentunya membutuhkan modal yang cukup. Sekarang kita bisa mengajukan pinjaman modal usaha secara online di cekaja.com.


Sebelum menentukan besaran pinjaman, maka buatlah list keperluan dana yang dibutuhkan hingga bisa menentukan modal usaha yang sesuai. Meminjam modal usaha sesuai kebutuhan kunci agar usaha kita tidak rugi. Jangan sampai sudah meminjam namun tetap tidak bisa memenuhi dalam pengembangan usaha, atau kelebihan dana usaha yang tidak digunakan.

Syarat pengajuan untuk mendapat kredit usaha CekAja.com yaitu :
  • Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia.
  • Usaha minimum 2 tahun di lokasi dengan bidang usaha yang sama.
  • Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah, dan maksimal usia 60 tahun saat kredit lunas
  • Belum pernah memperoleh fasilitas kredit atau pernah/telah memperoleh fasilitas kredit dengan kolektibilitas lancar, atau tidak dalam kondisi kredit bermasalah


Dalam pengajuan kredit nya, terdapat beberapa dokumen yang wajib dipenuhi, hal itu antara lain:
  • Bukti diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) serta Surat Nikah (bagi yang menikah)
  • Khusus kredit Rp 50 juta keatas dipersyaratkan dokumen legalitas usaha, seperti: NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha)
  • Surat Keterangan Usaha dari Desa/Kelurahan, Dinas Pasar atau Otorita setempat dimana yang bersangkutan memiliki usaha; atau Surat Ijin Usaha
  • Foto copy rekening giro/tabungan 6 bulan terakhir


Jenis Usaha Yang Bisa Mendapatkan Kredit ada banyak yaitu:
  • Kredit Modal Kerja
    Pinjaman untuk memenuhi kebutuhan modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha dan atau kebutuhan modal kerja yang bersifat khusus seperti untuk membiayai inventory, piutang atau proyek.
  • Kredit Investasi
    Fasilitas kredit yang diberikan untuk membiayai kebutuhan barang modal dalam rangka rehabilitasi, modernisasi, perluasan, dan/atau kebutuhan khusus terkait investasi.
  • Kredit BPR
    Kredit pembiayaan modal kerja kepada BPR (Bank Perkreditan Rakyat) untuk digunakan dalam rangka penyaluran kredit kepada usaha kecil dalam bentuk Executing atau Asset Buy.
  • Kredit KopKar
    Pinjaman modal kerja yang diberikan kepada Koperasi Karyawan untuk disalurkan kepada para anggotanya guna berbagai keperluan.
  • Kredit Syariah
    Pembiayaan kredit syariah modal kerja, investasi dan trade finance dengan skema Mudharabah dan Murabahah untuk UMKM).


Tidak perlu khawatir melakukan pinjaman online di https://www.cekaja.com/small-business-banking karena dapat dipercaya dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Dengan bunga terendah mulai 1,25% sangat mudah untuk syarat dan cicilannya. Di websitenya kita juga bisa melihat kalkulasi dana sesuai dengan kebutuhan beserta bunganya. Yuk, bangkit dan mulai mengembangkan usaha mulai sekarang.

CONVERSATION

2 komentar:

  1. kalo sekarang kayaknya yg cukup penting itu konsep dan design yaa..
    apalagi kalo usaha cafe2 gitu, yg penting instagramable.. hihi

    ReplyDelete
  2. Bener itu langkah mengembangkan usaha dengan segmentasi anak muda

    ReplyDelete