Pentingnya penerimaan Bitcoin di restoran untuk memudahkan komunitas Bitcoin dalam melangsungkan pembayaran akan memberikan sinergi langsung yang bermanfaat bagi kedua belah pihak. Tidak hanya secara internasional, di Indonesia sendiri, beberapa kafe sudah menerapkan sistem pembayaran menggunakan mata uang kripto. 



Terutama di Bali, setelah melihat tingginya volume penggunaan Bitcoin di Pulau Dewata, kini hadir ATM Bitcoin di Kuta. Terlebih dengan fakta bahwa ada banyak perusahaan mulai menerima pembayararan menggunakan Bitcoin, terutama dari restoran, seperti yang dijelaskan Oscar Darmawan.

Clear Cafe Bali
Salah satu restoran di Bali yang menerima pembayaran BItcoin adalah Clear Cafe. Anda bisa menggunakan Bitcoin untuk melakukan pembayaran saat dining di restoran tersebut. Hal ini akan sangat memudahkan turis asing, yang kesulitan saat tidak memiliki Rupiah untuk ditukarkan.

Terlebih, Bitcoin menggunakan mata uang global, dimana berarti tidak ada spread perbedaan harga antara jual dan beli dari mata uang Rupiah. Turis asing akan sangat terbantu dengan adanya fitur pembayaran Bitcoin. Harga yang dibeli berarti akan lebih murah dari nominal sebenarnya, dan dalam jangka panjang akan membantu penghematan turis asing saat datang dan berbelanja di Indonesia.

Walaupun begitu, penggunaan Bitcoin sendiri sebagai sistem pembayaran turis asing, dianggap memiliki legalitas yang lemah. Terutama melihat dalam hal sistem pajak dan sebagainya. Diharapkan setiap transaksi tetap dibukukan, dan pembayaran Bitcoin hanya sebagai fasilitas tambahan untuk memudahkan turis asing untuk melakukan pembelian. Dan sistem pajak kurang bisa mengontrol secara menyeluruh terutama jika transaksi tersebut tidak diarahkan ke domestik, yang pada akhirnya tidak bermanfaat bagi devisa negara.

Selain di Indonesia, ada banyak tempat di luar negeri yang mengizinkan pembayaran dengan menggunakan Bitcoin.

Burger King
Burger King sudah menerapkan pembayaran menggunakan Bitcoin bagi konsumen mereka, sejak beberapa tahun yang lalu. Tidak hanya bagi pesanan online seperti yang diterapkan di Jerman sebelumnya, di Venezuela, ada 40 outlet Burger King yang menerima pembayaran Bitcoin.

Hal ini tidak lepas dari mata uang negara Venezuela yang sama volatilitas nya dengan Bitcoin. Acap kali Bitcoin bisa menjadi alternatif mata uang yang mulai digerakkan karena komunitas Bitcoin disana yang semakin besar.

Starbucks
Starbucks sudah sejak lama menerima pembayaran lewat mata uang kripto. Dengan memanfaatkan sistem Fleksa, perusahaan pembayaran tersebut membantu Starbucks untuk menerima dana Bitcoin dari konsumen mereka.



Ada juga aplikasi Spedn yang memiliki fungsi serupa. CEO Starbucks berpendapat bahwa dengan implementasi mata uang kripto sebagai arus utama pembayaran, akan mampu menarik komunitas kripto untuk membayar dengan mudah. Dan secara langsung juga membantu diterimanya mata uang kripto di seluruh dunia.

Coupa Cafe
Coupa Cafe juga menjadi daya tarik komunitas kripto di Silikon Valley. Anda bisa makan di sana untuk dibayar menggunakan mata uang kripto. Coupa Cafe sudah menerapkan sistem pembayaran Bitcoin sejak 2013, setelah bekerja sama dengan Facebook dalam hal ini.

Setelah penerapannya, Coupa Cafe mendapatkan arus pendapatan yang signifikan lewat pembayaran Bitcoin, karena memudahkan pemilik Bitcoin untuk melakukan pembelian dengan koin yang mereka miliki.

KFC 
Gerai makanan ini sudah mendunia, termasuk Indonesia. Anda bahkan bisa menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaran disini. Ada banyak metode promosi yang diterapkan beberapa gerai KFC untuk memikat pelanggan Bitcoin.

Sampai pada akhirnya, walaupun harus membayar lebih mahal dari seharusnya, karena dibebankan biaya transaksi, pendapatan KFC yang menerima pembayaran Bitcoin meledak. Dan ini menjadi salah satu kisah sukses beberapa gerai KFC tersebut dalam promosi pembayaran dengan Bitcoin.

Kesimpulan
Tidak hanya sampai disana, selain melakukan pembayaran makan malam di restoran, Anda juga bisa tetap menggunakan Bitcoin saat dining di restoran untuk berbagai kepentingan lainnya. Jadi Anda tidak perlu kesulitan untuk mencari ATM ataupun keperluan lainnya, hanya dengan akses telepon genggam Anda.



Perkembangan Bitcoin yang menjadi alat pembayaran yang semakin diterima masyarakat luas sampai restoran, tidak lepas dari besarnya komunitas Bitcoin di dunia, termasuk Indonesia. Dengan komunitas Bitcoin yang semakin besar, restoran pastinya juga mengejar kemudahan dalam pembayaran, sebagai pelayanan bagi konsumen mereka. Tak ayal, hal ini memberikan keuntungan bagi kedua pihak, dan pada akhirnya dalam perkembangan Bitcoin di masa yang akan datang.