Mungkin nama gili Ketapang masih asing bagi kalian, eh maksudnya saya sendiri. Saya cuma mengetahui kalau ada 3 Gili di Lombok, ya meskipun saya belum pernah kesana. Gili Ketapang ternyata berada di Jawa Timur, tepatnya di Probolinggo. Jika Kalian dari Surabaya maka perjalanannya hanya sekitar 3 jam saja. Disarankan berangkat sekitar pukul 03.00 pagi atau maksimal 04.00 pagi, supaya sampai di Pelabuhan Gili Ketapang jam 06.00 pagi.

Panduan Transportasi ke Gili Ketapang

Paling enak sih ke Gili Ketapang bawa rombongan besar, jadi kalian bisa ikut travel yang harganya lebih murah. Biaya travel biasanya antara Rp. 100.000 s.d Rp. 300.000, meliputi biaya berikut :

Itinerary:

03:00-06:00 berkendara ke pelabuhan Probolinggo dari Surabaya (sekitar 3 jam di lalu lintas normal).

06:10-07:00 tiba di pelabuhan Probolinggo, naik kapal menuju ke Pulau Gili Ketapang

07:00-09:00 Pengambilan video disekitar Gili Ketapang

09:00-10:00 menuju ke lokasi snorkeling (sekitar 30 menit setelah sightseeing di pulau ini)

11:00-13:00 berlayar di sepanjang laut Gili Ketapang, tiba di lokasi snorkeling, memulai snorkeling, melihat ikan giru terkenal, menyaksikan terumbu karang yang menakjubkan

13:00-14:30 kembali ke pulau, menikmati makan siang seafood di tepi pantai

14:30-15:30 kembali ke pelabuhan Probolinggo

15:30-18:30 kembali ke Surabaya

Misalnya kalian nggak bawa rombongan maka bisa ikut travel yang biasanya dijemput diterminal Bungurasih. Tapi ketika kalian naik kapal dan snorkeling biasanya kalian akan dijadikan sau dengan rombongan lain. Waktu itu ada sekitar 3 orang yang bukan group kami. Ya gpp sih, kalian akan merasa enjoy aja meskipun kadan ada joke yang nggak nyambung.

 

Menyeberang ke Gili Ketapang dan Snorkeling

Sampai di Pelabuhan, kami diangkut oleh kapal yang sudah disediakan. Kapalnya ala kadarnya yang tanpa pelampung yang bisa diisi hingga 40 orang. Baca bismillah aja semoga nggak tenggelam karena kapalnya juga nggak dilengkapi pelampung. Belum lagi kalau oleng kanan-kiri. Kalau yang nggak bisa berenang kayak saya sih bisanya cuma komat-kamit.

Kami menikmati suasana pantainya yang airnya benar-benar bening. Perjalanan menuju ke Gili Ketapang hingga ke Pelabuhan sekitar 40 menit. Sampai di Gili Ketapang kami disambut dengan hamparan pasir putihnya dan matahari yang menyapa kami dengan sengatan jahatnya. Para pria atau lebihnya tepatnya tour guide yang hanya terlihat giginya saja karena kulitnya eksotis ala pemuda Bali telah menyambut kami begitu turun kapal.


gili ketapang


Meski pukul 09.00, namun matahari sudah menyengat hebatnya. Kami dipersilahkan duduk di gazebo sambil mengambil menu sarapan pagi. Lalu lanjut dengan berganti pakaian untuk shoot seperti lari-lari dipantai yang di atasnya diikuti drone.

Setelah beberapa jam dijemur dipantai untuk pengambilan video, kami menaiki kapal untuk menuju ke lokasi Snorkeling. Lokasi snorkeling sekitar 10 menit dari pantai. Setiap peserta dibekali dengan pelampung dan alat snorkeling. Setelah itu langsung byur masuk ke pantai untuk snorkeling.


gili ketapang (1)


Bagi yang tidak bisa berenang maka penderitaan atau siksaan segera dimulai. Ya meskipun memakai pelampung saya oleng…”jlungub”…atau lebih tepatnya "ketimpang-ketimpung" mengikuti arus. Tour Guide sih memang dengan sigap memegang saya…tapi karena saking kuatnya mereka saya ditarik…digeret…hingga baru sadarnya sampai rumah dengan lengan biru-biru kayak korban KDRT hahahaha….

Puas Snorkeling di Gili Ketapang

Di Gili Ketapang memang kalian akan dibius oleh keindahan bawah pantainya. Ketika masuk ke dalam air untuk snorkeling, eh kalau saya karena tenggelam jadi bisa melihat terumbu karang. Lalu kita diberi kesempatan untuk berfoto….tour guide pun dengan sigap mengambil foto di bawah air.

Baiklah ini lebih tepatnya siksaan bagi saya…. Sudah masuk air sampai 3 kali tapi take gambarnya ya begitulah sampai harus mengulang sampai 6 kali. Air laut yang biasanya asin sudah nggak jadi asin lagi karena "saking" banyaknya minum air.


BeautyPlus_20200120001130897_save


Tapi tetap kok saya seneng banget ke Gili Ketapang ini. Ya mudah-mudahan siapa tahu nih tahun depan saya sudah bisa berenang dan gaya-gayaan foto di bawah air kayak si Nadine Putri Indonesia itu.

 

Makan Siang dan Foto dipasir Gili Ketapang

Sayangnya saya nggak sempat ambil foto untuk makanannya. Yang pasti sih menunya ya ala kadarnya. Tapi menu ala kadarnya itu jadi enak banget..karena habis disiksa snorkeling dan minum air laut seperti makan di restoran all you can eat hanamasa.

Spot foto di Gili Ketapang ini cukup banyak disepanjang pantainya. Tinggal kitanya aja edit dikit maka fotonya sudah kayak di Bali.


IMG_20201016_223138


Yuk.. ah..Covid 19 kayak gini mainnya yang dekatan aja dulu.. ke Luar Negerinya nanti-nanti dulu. Gili Ketapang bagus kok dijadikan referensi snorkeling di Jawa Timur.