Dua tahun terakhir ini bisa dibilang masa-masa berat orang tua menjadi guru dirumah. Sistem belajar di rumah akibat Covid-19, mau nggak mau orang tua harus mendampingi anak sambil mengajarinya belajar. Pastinya ada campur aduk emosi ketika mendampingi anak belajar, selain nggak sabar juga kita kadang nggak ada basic sebagai guru yang bisa menerangkan pelajaran yang mudah dicerna oleh anak. 


Beratnya mengajarkan anak di rumah, juga saya alami. Saya mulai mencari-cari informasi bagaimana menumbuhkan semangat dan mencari metode ganti cara belajar yang tepat. Istilahnya nih saya harus memberikan pondasi dalam belajarnya. Nah ketemulah saya sama aplikasi Zenius Education.
Zenius Education



Back To School Zenius Education

Apa sih Zenius itu? Zenius adalah aplikasi secara online yang pembelajarannya dirancang bersifat adaptif. Sistem pembelajaran adaptif ini memiliki keuntungan di mana siswa diajak aktif dalam proses pembelajaran jadi tidak hanya sebagai penerima informasi. Aplikasinya bisa didownload melalui Aplikasi Zenius untuk IOS maupun Aplikasi Zenius Untuk Android.

Mencoba fitur Zenius Live Class



Zenius Education Adaptif tidak hanya dilaksanakan secara offline, namun bisa secara online seperti di Zenius. Dalam aplikasi Zenius siswa diajak untuk memilih sistem belajar yang sesuai dengan kebutuhan yang ditunjang dengan Teknologi.

Nah di Zenius ada fitur ZenCore untuk melatih cara berpikir siswa secara kritis dan rasional. Pilihan ZenCore yaitu ada bahasan kategori Verbal Logic, Matematika dan Bahasa Inggris yang disesuaikan dengan level kemampuan dan nantinya level kalian akan bertahap naik sesuai dengan jawaban-jawaban yang sudah diselesaikan. Jika bisa meningkatkan level ZenCore ini akan membantu kalian dalam mengikuti tes AKM, UTBK, Ujian Mandiri Universitas dan Sekolah Kedinasan Tes CPNS maupun rekrutmen pekerjaan. Semuanya ada dalam program Back To School Zenius Education.

ZenCore

Kategori Verbal Logic
Verbal Logic ini adalah kemampuan berbahasa. Masih ingat kan kalau menyusun kalimat bahasa Indonesia harus faham Subyek Predikat Obyek Keterangan atau SPOK? Nah di Verbal Logic kita harus bisa membedakan mana sih yang kata kerja, kata sifat, obyek, dan sebagainya. 

Kategori Matematika
Matematika tuh memang penting banget dalam dasar kehidupan sehari-hari. Mulai dari sistem pembayaran jual beli pasti dilakukan setiap hari, atau banyak pekerjaan yang dilakukan dengan dasar Matematika. 

Saya sendiri masih ingat banget ketika mau melamar jadi pegawai bank psikotesnya hitungan matematika yang dikasih waktu satu soal hanya diberikan beberapa detik. Nah di ZenCore ini cocok banget untuk melatih kemampuan Matematika mulai dari level dasar hingga level tertinggi.

Kategori Bahasa Inggris
Untuk melatih atau bisa berbahasa Inggris yang bagus maka yang paling penting melatih grammar. Di ZenCore kategori Bahasa Inggris ini dimulai dengan quiz grammar yang pemula terlebih dahulu, lalu akan bertahap naik ke level selanjutnya. 

Rumus dalam bahasa Inggris jika kita bisa menguasai dalam bahasa Inggris maka bisa menjadi tolak ukur dalam berkomunikasi dengan banyak orang dengan bahasa Inggris. 

ZenCore

Fitur Pada Aplikasi Zenius

Pertama-tama sebelum mengenalkan aplikasi Zenius pada anak, saya belajar terlebih dahulu fitur-fitur Zenius. Ternyata fiturnya memang banyak dan sangat membantu dalam proses belajarnya. Sistem belajarnya ada yang online melalui aplikasi dan offline melalui New Primagama Powered by Zenius.

ZenBot
Fitur yang ada dalam Zenius yaitu ZenBot. Fiturnya unik banget yaitu kita bisa foto pertanyaan (Satu Foto satu pertanyaan) baik Matematika, Fisika dan Kimia lalu dikirimkan pada ZenBot. Setelah di scan oleh fitur, lalu aplikasi membaca pertanyaan maka kita akan dikirimkan jawabannya. 

ZenBot

Zenius Live Class
Kata siapa kalau online itu nggak bisa belajar secara diskusi? Nah dalam fitur yang ada di Zenius juga ada live class. Fitur Zenius Live Class ini tersedia dalam beberapa paket pilihan dengan mata pelajaran sesuai yang diminati dan diambil. 

Sistem Live Class ini setiap pelajar bisa mendapatkan materi belajar, soal dan pembahasan materi sekaligus bisa bertanya dan berdiskusi, eh asik banget kan? Apalagi belajarnya tentu saja bisa dilakukan di mana saja karena tersistem secara online.

Content Library
Library ini semacam perpustakaan di mana kita bisa dapat 100 ribu ilmu dari sosial, matematika, sains.

Offline, melalui New Primagama Powered by Zenius
Kadang saya suka gemes kalau anak saya belum tuntas dalam memahami apa yang diajarkan guru di kelasnya. New Primagama Powered Zenius ini memberikan metode Hybrid learning dengan model pendekatan 2 guru/ two teachers. Dengan ini, pelajar bisa mempelajari berbagai konsep dengan tutor secara virtual dan berdiskusi langsung di kelas. Ada beberapa program dalam New Primagama Powered by Zenius untuk jenjang SD, SMP, SMA hingga alumni yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa

Pengalaman Anak Menggunakan Zenius

Saat ini anakku dari kelas 5 naik ke kelas 6. Anakku paling suka sama fiturnya Zencore apalagi yang Bahasa Inggris. Misalnya nih saat dia lagi bosan eh ambil hape trus menjawab quis di ZenCore. Katanya bikin ketagihan untuk menaikkan level 5. Untuk yang matematika masih agak kesulitan karena level dasarnya masih terlalu tinggi bagi dia. Kalau yang Bahasa Inggris sih misalnya soalnya 8 ada salah 1 kalau nggak 2, memang belum sempurna, yang matematika biasanya soalnya 8 masih salah 5 kadang 4 hehehehe...


Ganti Cara Belajar
Dari sinilah saya kasih tips belajar untuk si Nay supaya semangat kalau harus belajar lebih giat lagi Bahasa Inggris, Matematika, Sains maupun verbal Logicnya. Tips belajarnya harus banyak-banyak latihan tes soal agar bisa memahami pelajaran dengan mudah. Dari sini anak saya faham kalau ganti cara belajar dengan yang penting-penting aja. Dengan tanda kutip bukan meremehkan pelajaran sekolahnya ya...


Tips Belajar
Jadi dari materi disekolahnya mana sih yang pondasinya paling goyah, lalu dicari solusinya di Zenius. Ada beberapa materi yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Sosiologi, Geografi, Sejarah Indonesia, Sejarah Peminatan, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Begitulah tips belajar untuk anak saya biar semangat belajar.

Kesimpulannya saya puas banget menggunakan aplikasi Zenius karena aplikasi ini menumbuhkan semangat belajar si Nay dan penjelasan materinya sangat mudah dipahami. Aplikasi Zenius cocok sekali untuk mendukung anak-anak yang memiliki berbagai gaya belajar.