KULINER SINGAPORE PART 2

Jika pelesiran ke Singapore sempatkanlah untuk berwisata kuliner dan buang jauh-jauh alasan faktor "M" alias mahal. Untuk menyiasati faktor "M", edisi kuliner wisata kuliner kali ini saya mengulas dengan harga 2 - 6 dolar, untuk ukuran Singapore harga makanan tersebut cukup murah. Ya, selain murah yang terpenting adalah halal "no pork". Berikut beberapa kuliner yang sudah saya coba ketika di Singapore :

Ananas Cafe
Setelah berjalan-jalan dari River Safari meski lapar saya tidak tergiur untuk menikmati kuliner di food court River Safari karena alasan mahal. Lalu, perjalanan pulang setelah dari River Safari saya melewati MRT Ang Moo Kio, dan di kawasan MRT tersebut secara tidak sengaja saya menemukan Ananas Cafe.

 photo 2bf7e298-4152-45eb-a758-0f92c288b84c.jpg
(Suasana di Ananas Cafe, Roasted Chicken Rice dan Laksa

Melihat harga Roasted Chicken Rice hanya 2 dolar bikin saya syok, untuk nasi lemak 2.50 dolar, laksa 3 dolar dan minuman jus hanya 1 dolar, well Ananas cafe ini salah satu kedai makanan yang terkenal karena murah jadi jujugan para traveler backpacker dan banyak sekali media maupun blog yang merekomendasikan tentang kedai khas melayu ini.

Rasa roasted chicken ricenya lumayan untuk harga 2 dolar, apapun kalo murah terasa nikmat sekali , sedangkan untuk nasi lemak dengan harga 2.50 saja saya sudah dapat ayam, telur, sosis. Percayalah ketika di Singapore pasti pengen nangis ketika mendapatkan makanan murah dan kita bisa makan nasi dengan terharu.

Pesan saya, setelah makan harus buru-buru pergi karena antriannya cukup banyak dan tempatnya sempit. Saya sempat merasa diusir, ketika menelan nasi terakhir , nampan tempat makan saya sudah diambil sama ibu-ibu dengan logat melayunya yang khas sambil mengatakan "Kalau tak cepat dibersihkan banyak lalat" wah, berasa kita seperti lalat saja

Getting There:
MRT Ang Moo Kio

Allaudin Briyani
Kalau mau makan yang serba jumbo, memang harus melipir ke Little India yang terkenal dengan porsi nasi dan lauk yang serba jumbo, karena niat awal hanya pengen nyobain nasi briyani jadi setelah keluar dari MRT Little India saya menuju Tekka Centre Food Court, dari MRT saya hanya berjalan lurus mengikuti trotoar sampai bertemu deretan kedai makanan india.

Lokasi Allaudin Briyani ini terletak di pojok belakang food court, jadi kalau mau nyariin kedai ini dibutuhkan kesabaran karena banyak sekali penjual nasi briyani, yang membedakan dengan kedai lainnya adalah banner Allaudin ini berwarna hitam kehijauan dengan lampu neon yang menyala terang.


(Kiri-kanan, 1. Briyani Chicken Rice, 2.Tisu Martabak, 3.Kedai Allaudin Briyani)


Pesanan saya Chicken Briyani, satu porsi terdiri dari nasi segunung, dua ayam jumbo, kuah kari yang kental dengan aroma rempah dari nasi briyani dan kuah kari sangat kuat, yang bikin enak tidak berasa aroma kambing jadi tidak bikin eneg di lidah. Meski porsi makanan saya jumbo tapi untuk menghabiskan nasi briyani seharga 4.5 dolar ini saya menyerah, saya berbagi dengan teman dan itu pun tidak habis.

Saya juga pesan tisu martabak, martabak ini dari telor yang digoreng tipis rasanya enak berbeda seperti martabak indonesia. Untuk harganya sekitar 3 dolar, saya agak lupa harga pastinya.

Getting there:
MRT Little India cari exit menuju Tekka Centre Food Court.


Food Republic
Setelah dari Universal Studio kalao pengen hemat memang harus makan di luar kawasan ini, salah satu makanan murah ada di Food Republic lokasinya tepat disamping sentosa ekspres di Vivo City Mall lantai tiga, selain di mall ini banyak juga cabang lainnya salah satunya ada di Orchard.

Disini yang terkenal adalah Roasted atau Steamed Chicken Rice-nya, dengan harga 4.5 dolar teman saya sudah mendapatkan nasi yang rasanya seperti nasi uduk dan ayam suwir.


( Searah jarum jam, 1.Suasana di Foor Republic, 2.Roasted Chicken Rice, 3.Lemon Chicken Rice, 4.Blackpepper Chicken Rice)


Pesanan saya Lemon Chicken Rice seharga 6 dolar, lebih mahal memang daripada Chicken Rice namun porsinya lebih jumbo sesuai perut saya, satu porsi mendapatkan nasi, ayam lemon, telor, sosis, kuah kaldu yang penyajiannya ditaruh di wajan mini. Pesanan teman saya juga tak kalah enaknya ayam blackpepper dengan rasa crispy dan tentunya porsinya juga jumbo, food Republic memang terkenal murah dan banyak pilihan makanan halal.

Getting There:
Food Republic, Vivo City Mall lantai 3
Turun di MRT Harbourfront

Toast Box
Setelah jalan-jalan di Orchard sempatkanlah untuk mengunjungi kedai kopitiam ini, yang saya suka tempatnya cukup nyaman sekaligus dapat melepaskan penat setelah berjalan-jalan. Dekorasinya serba putih bersih dan koneksi wifi yang cepat bikin betah berlama-lama untuk nongkrong sambil browsing.

Saya pesan paket seharga 5 dolar terdiri dari kari ayam, minuman dan untuk karbohidratnya bisa pilih roti atau nasi. Awalnya saya pesan nasi karena terjadi miss comm saya mendapatkan roti, meski pengennya makan nasi namun rotinya enak tidak seperti penampilannya biasa saja karena lumeran menteganya terasa match dengan rotinya.




Kari ayamnya ini porsinya jumbo, kuahnya tiga kali lipat kentalnya dari kari indonesia yang isinya dua ayam, dua kentang dan dua tahu jadi satu porsi bisa untuk dua orang. Yang lebih unik lagi adalah minimumannya, rasanya saya tidak bisa menyebutkan seperti rasa apa karena di Indonesia belum ada minuman seperti ini yang sangat segar.

Getting There:
313 Somerset, turun di MRT Somerset.

IKEA
Food Court Ikea memang terkenal enak-enak makanannya, meski harganya juga tidak murah banget namun antriannya panjang yang dibutuhkan kesabaran ekstra.

(Searah jarum jam, 1. Fish n Chips, 2.Nugget, 3.Suasana Food Court IKEA)

Pesanan saya adalah Fish Chips dan nuggets dengan daging ikan yang porsinya gendut banget dengan potongannya memanjang dua buah, lalu ada kentang yang melimpah dan mayonaise, menikmati fish chips ini bisa untuk dua orang dengan harga 6 dolar saja.

Getting There:
Ikea Alexandra

Uncle Ice Cream
(Choco Chips and Vanilla, Yummy)


Kalo ke Orchard pasti wajib makan ice cream ini, kesukaan saya choco chips dan vanilla, harganya dari dulu tetap sama 1 dolar, uncle ice cream ini paling murah memang di Orchard karena pernah nyoba disekitar merlion park harganya 1.20 dolar.

Lao Ban Soya Beancurd
Puding soya lagi happening di Singapore, antriannya kadang sampai meluber berjam-jam untuk mendapatkan semangkok puding. Waktu di Bugis Street, tidak sengaja menemukan Lao Ban Soya Beancurd ini, waktu teman saya beli sih cukup sepi mungkin karena masih pagi jadi tidak sampai antri panjang.




Satu mangkok mini puding ini harganya 2 dolar, rasanya manis, lembut dan aroma susu kedelainya wangi dan tentunya enak.

Getting There:
Bugis Street

Baca juga review Wisata Kuliner Singapore

You Might Also Like

27 komentar

  1. itu yg lao ban beancurd di bugis sebelah mananya yah??? info yahh

    ReplyDelete
  2. Masuk Bugis Street lurus aja ntar kiosnya disebelah kanan hampir dekat sama pintu keluar, sebelahan sama juice 1 dolar.

    Recommended banget :)

    ReplyDelete
  3. Tau kue pia di daerah novena ga? Namanya apa ya...:)

    ReplyDelete
  4. Tau kue pia di daerah novena ga? Namanya apa ya...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tau Sar piah kedainya namanya Loong Fatt, pernah nyobain gak sempat motoin hahaha. Kalo malam tutup bukanya pagi jam 8 pagi - 4 sore

      alamatnya: 639 Balestier Road, kalau dari MRT novena trus jalan kaki masih jauh sekitar 600meter, sebaiknya setelah dari MRT novena lalu naik bus aja hemat energi. bisa di cek di gothere.sg transportnya. ^^Met hunting

      Delete
  5. Kalo ananas cafe dari mrt ang mo kio keluar exit apa ya? trus kmana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gak salah exit C menuju ke bus interchange (lupas pastinya exitnya :D), yg pasti dari mrt belok kanan. Ananas cafe tak jauh dari exit MRT, cafenya ada disebelah kiri.

      Delete
  6. wah nice info
    halal murah, enak tenan
    thanks sob infonya...

    ReplyDelete
  7. Lengkap banget infonya mba? Seger banget menu menunya, sayangnya saya belum pernah ke Singapore :(

    ReplyDelete
  8. Sis kalo sekitaran 255 balestier road kira2 makanan halalnya banyak ga ya? Minggu depan kami nginap di hotel itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daerah balestier saya pernah nyobain loy kee best chicken rice, salah satu kuliner favorit di Singapore, Coba googling alamat lengkapnya, kalo disekitar hotel persisnya saya tidak begitu hafal.

      Sudah pernah menginap di hotel ini sebelumnya? saya pernah lewat, lokasinya agak jauh dari MRT tapi dekat halte bus, biar gak capek jalan lebih enak pakai bus atau naik bus dulu ke station MRT, siapin aplikasi gothere.sg

      Delete
  9. tau sar piah yg dket batu cave yg jual kyk diruko2 gtu nama jalannya apa yah? ada yg taukah?

    ReplyDelete
  10. Di Beach Road, pas depan Beach Hotel kalau malam ada steamboat pinggir jalan. All you can eat gitu mba, harganya emang mahal sih SGD 20/org. Tapi itu rasanya sedepppp. Model Hanamasa gitu, tapi dagingnya banyakkkkkkk macemnya ada yg daging aja tanpa bumbu, ada yg dah dibumbuin, ada yg model - model bakso, kerang, dll dll dll. Sedeppppp. Siapa tau udh seharian, laper banget hihihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. noted :) Ntar di Singapore mau nyobain.

      Delete
  11. Itu postingan 2013 ya sis, kl skg mungkin udh rata2 10dolaran yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga sampe sist :) mungkin sekitar 6-7 dolar. Kalo 10 dolar very expens :D

      Delete
  12. Halo, makanan di food republic vivocity halal semua atau tergantung stall nya?

    ReplyDelete
  13. Halo, makanan di food republic vivocity halal semua atau tergantung stall nya?

    ReplyDelete
  14. kalo di daerah geylang ada tempat makan murah,enak dan halal yg recomended ga mbak....saya dan suami rencana menginap di hotel fragrance sapphire.trus kalo mau ke esplanade dari hotel enaknya naik bus ato MRT ya....soalnya ini pertama kalinya kami berdua ke singapura...tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf mba saya kurang mengeksplore wilayah geylang, jadi tidak bisa merekomendasikan makanan halal disana. Tapi disana banyak kok penjual makanan apalagi kalo malam. Biasanya kalo ke daerah Geylamg saya seringnya ke Geylang Serai nyobain Nasi Padang Sinar Pagi tapi kalo dari hotel mba agak jauh dan harus naik bus.

      Dari Fragrance Saphire ke Esplanade saya lebih suka naik bus. Karena lokasi hotel mba jauh dari MRT dan lebih dekat dengan halte bus sekitar 300 meter. Enaknya naik bus ini mba lebih dekat jalan kakinya. Kalo nggak salah naik bus nomor 70 sekitar 4 stop dari halte After Chen Li Presbyterian Church (80259), Guillemard Road.

      Kalo bingung naik bus, mba bisa baca artikel saya yang "Transportasi MRT dan Bus di Singapore". Jangan lupa beli simcard dan buka web gothere.sg

      Delete
    2. makasih banyak atas infonya mbak.....

      Delete
  15. Mba vika, kalo mau makan Chili Crab yg enak dan murah dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jumbo seafood di East Cost seafood centre.

      Delete
  16. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  17. kayaknya Uncle Ice Cream enak juga tu

    ReplyDelete