10 Tempat Wisata Surabaya Yang Wajib Dikunjungi

Rek ayo rek mlaku mlaku nang Tunjungan
Rek ayo rek rame rame bebarengan
Cak ayo cak sopo gelem melu aku
Cak ayo cak golek kenalan cah ayu
…..

Masih ingatkah lagu diatas ?? Ya, lagu tersebut sudah saya hafal sejak masih Sekolah Dasar dulu, dan hingga kini pamor lagu tersebut seolah tak tergerus zaman sebagai lagu khas Surabaya. Nah, sambil mengenang lagu tersebut, mari sejenak kita berkeliling Surabaya untuk mengagumi pesona gedung-gedung yang menjulang tinggi dan surganya mall bagi pecinta belanja. Namun, jika berencana ke Surabaya "skip" dahulu untuk mengunjungi mall, sesekali bertuanglah ke tempat wisata, kuliner dan tongkrongan asyik di Surabaya. Sebagai referensi perjalanan, inilah beberapa destinasi di Surabaya dalam 10 Tempat Wisata Surabaya Yang Wajib Dikunjungi, yaitu :

  1. Museum House Of Sampoerna
    Museum House Of Sampoerna dibangun pada tahun 1862, bangunan ini dulunya sebuah panti asuhan diera kolonial Belanda yang kemudian dibeli oleh keluarga Sampoerna pada tahun 1932. Semenjak dibeli oleh keluarga sampoerna, bangunan megah ini diperuntukkan untuk proses produksi rokok. Kini house of sampoerna sudah tidak difungsikan lagi sebagai pabrik rokok namun difungsikan sebagai museum wisata yang telah menerima banyak penghargaan. Museum House of Sampoerna banyak sekali menerima penghargaan yang diakui secara domestik dan internasional, berbagai penghargaan yang pernah diraih oleh House of Sampoerna diantaranya adalah Best of the Best Surabaya Tourism Object" (2012-2013), "Champion of Honor" (2014) dalam ajang Surabaya Tourism Destinations Award, "Top 10 Museum in Indonesia" dari TripAdvisor (2013-2014), "Kepedulian dalam Memelihara Bangunan Cagar Budaya" dari Wali Kota Surabaya (2006), "Museum Seni Budaya No. 1" dari National Geographic Traveler (2011). Penghargaan terbaru yang diperoleh House of Sampoerna pada tahun 2015 adalah penghargaan “Tourist Attraction 2015” dari Lianorg Beijing.


    Saat ini museum masih berdiri dengan megah dan kokoh, setiap harinya museum ini dibuka bebas dan gratis untuk umum. Museum terdiri dari galeri seni, toko souvenir, cafe dan di rumah utama museum ini masih ditinggali oleh keluarga Sampoerna. Di ruang galeri seni kita dapat melihat beberapa lukisan kuno, perabot kuno, bahan pembuatan rokok dan display aneka rokok. Di lantai dua galeri seni terdapat toko souvenir yang menjual merchandise sampoerna dan aneka kerajinan khas Jawa timur. Dulu ketika berada dilantai toko souvenir ini kita dapat melihat kecepatan tangan para pekerja melinting rokok dari balik kaca, namun kini para pekerja sudah dipindahkan di area lain dan kita hanya bisa alat-alat produksinya saja. Puas mengelilingi galeri seni dan toko souvenir, kita bisa mengisi perut terlebih dahulu di Cafe sampoerna yang menyediakan makanan khas Indonesia. Di Museum House Of Sampoerna ini kita juga bisa mengikuti Heritage Tour pada Week day dan weekend mulai pukul 09.00 – 16.30 secara gratis. Untuk mengetahui rute tour kita bisa mengunjungi websitenya dan jangan lupa untuk booking melalui telepon jauh-jauh hari karena peminat dari tur ini cukup banyak.



    Taman Sampoerna 6, Surabaya
    Tel. +62 31 353-9000
    Jam buka : Senin - Minggu
    Museum, Shop, & Art Gallery 09:00 - 22:00
    Cafe 11:00 - 22:00

  2. Surabaya Shoping & Culinary Track
    Destinasi selanjutnya yang tak boleh dilewatkan adalah menaiki bus Surabaya Shopping & Culinary Track. City tour bus ini mempunyai rute mengelilingi tempat-tempat wisata Surabaya yaitu cagar budaya, museum maupun taman kota, bahkan setiap beberapa bulan rute city tour ini berganti-ganti agar wisatawan tidak bosan.

    Rute :
    Balai Pemuda - Balai Kota - Taman Ekspresi - Tugu Pahlawan - Museum Kesehatan - Museum BI - Jembatan Merah Plaza

    Selama lima jam, peserta tur akan dipandu dengan pemandu wisata yang berpengalaman yang akan menemani kita sepanjang perjalanan. Untuk menaiki bus ini, maka daftarlah di Surabaya Tourism Information Center yang gratis tanpa biaya. Tur keliling kota dengan menggunakan bus SSCT dapat dilakukan pada hari Selasa, Sabtu, dan Minggu, jangan lupa datang lebih awal dari jadwal karena kapasitas bus hanya 24 kursi yang selalu penuh peminatnya.


    Jadwal:
    Selasa, Sabtu, Minggu
    09.00 - 14.00 WIB

    For Further Information and Ticket Box:
    Surabaya Tourism Information Center
    Jl. Gubernur Suryo 15 Surabaya
    P. +62 31 534-0444
    Twitter. @TICSby


  3. Wisata Religi Kampung Arab Ampel
    Kawasan Ampel di Surabaya adalah kawasan religi masjid dan makam sunan ampel yang tak pernah sepi peziarah. Di kawasan ampel ini terdapat pula wisata belanja dan wisata kuliner yang khas timur tengah. Wisata belanja dimulai dari gapura Jalan Ampel sampai masjid, para pedagang kaki lima menjajakan dagangannya di kedua sisi gang jalan tertutup. Para pedagang umumnya menjajakan berbagai perlengkapan ibadah umat muslim seperti rukuh, tasbih, baju gamis, air zam-zam dan sebagainya. Jika lelah berbelanja, sempatkan untuk mencicipi aneka kuliner khas timur tengah seperti kebab, roti cane, gulai kambing, nasi goreng kambing, roti maryam, nasi briani sampai martabak khas Timur Tengah, salah satu depot yang menjadi favorit pengunjung adalah Depot Yaman yang dekat dengan Masjid Ampel.

  4. Nasi briyani yang banyak ditemui di kawasan Ampel

  5. Surabaya Night Carnival
    Suroboyo Night Carnival merupakan wahana permainan keluarga yang baru dibuka pada tahun 2014. Konsep dari Suroboyo Night Carnival merupakan wisata permainan keluarga yang dilengkapi aneka permainan indoor dan outdoor, market, galeri lukisan dan event-event seru yang update setiap bulan. Meski diawal pembukaannya sempat menimbulkan pro dan kontra akibat membludaknya pengunjung dan kurang tersedianya lahan parkir, namun saat ini pengelola mampu mengatasi permasalahan tersebut sehingga Suroboyo Night Carnival tak pernah sepi pengunjung. Harga tiket masuk adalah Weekday (Selasa-Kamis) Rp. 80.000,- dan Weekend (Jum’at – Minggu) Rp. 100.000,-, sedangkan hari Senin tutup. Dengan Tiket terusan ini kita dapat mencicipi semua permainan, berfoto di galeri seni maupun museum 3D art yang mirip dengan Trick eye Museum dan berbelanja maupun mencicipi makanan di area market. Jangan lupa berfoto didepan bianglala di malam hari sebagai icon telah mengunjungi Suroboyo Night Carnival.


  6. sumber foto: www.suroboyocarnival.com

    Jl. A. Yani 133, Surabaya
    Jam buka :
    Selasa – Jumat, 17.00 – 23.00
    Jum’at – Minggu 09.30 – 23.00

  7. Sky World (Tian Ti Pagoda) Kenjeran Park

    Sky World atau Pagoda Tian Ti yang memiliki arti Langit-Bumi, pembangunannnya sengaja dibangun untuk mendongkrak pamor wisata kawasan Kenjeran Park Surabaya. Pagoda ini dibangun persis seperti tempat peribadatan kuil kuno yang terletak di Beijing, pembangunannya dibuat sangat mirip baik dari segi warna, bentuk maupun ornamennya. Meski serupa dengan kuil di Beijing, pagoda di Kenjeran Park ini bukan untuk peribadatan agama tertentu jadi pembangunannya hanya untuk tempat pariwisata saja. Karena bukan untuk tempat peribadatan, di pagoda ini pengunjung bisa keluar masuk dengan leluasa tanpa mengganggu kekhusyukan sembahyang umat beragama lain. Biaya masuk untuk kawasan kenjeran park adalah Rp. 6.500,- saja, dengan biaya tersebut kita juga dapat menikmati wisata lainnya seperti Sanggar Agung, patung Dewi Kwan Im, patung Buddha Empat Muka, dan Lampion Kya-Kya Sea Side.


    Jalan Pantai Ria Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur
    Jam buka : Setiap hari, 24 jam

  8. Mangrove Wonorejo Surabaya

  9. Surabaya punya tempat wisata bertema alam yang bernama Mangrove Wonorejo. Keberadaan Mangrove Wonorejo ini sangat penting untuk menjaga kelestarian lingkungan Surabaya dari abrasi atau pengikisan dari air laut yang pasang surut. Hutan bakau yang ditanam dalam mangrove juga menjadi habitat hewan seperti burung-burung langka atau monyet yang saat ini keberadaannya semakin tersingkir oleh pembangunan gedung-gedung maupun perumahan.



    Menariknya mangrove juga bisa dijadikan alternatif tempat wisata yang unik di Surabaya, kita dapat berjalan disepanjang jembatan kayu yang membelah hutan bakau ataupun menaiki kapal untuk menyisir air laut yang berada di tengah hutan bakau. Untuk kenyamanan pengunjung, Mangrove Wonorejo sengaja dibuka setiap hari libur saja dari pagi hingga sore hari. Dulu mangrove ini pernah dibuka setiap hari, namun malah fungsinya digunakan untuk hal-hal negatif oleh pasangan muda-mudi, kemudian oleh pemkot Surabaya hanya dibuka ketika hari libur saja. Nah, jika berkunjung ke Mangrove jangan lupa siapkan sunblock atau payung untuk menghindari sengatan matahari.


    Jl Raya Wonorejo no 1, Surabaya
    Jam buka : 08.00 - 16.00 (Hari libur)

  10. Artama Harbour Cruise

    Sumber foto : www.artama3cruiseship.com

    Tak banyak orang yang tahu jika Surabaya memiliki kapal wisata bahari, kapal yang dioperasikan oleh PT. Pelindo Marine ini menampung 35 orang dalam setiap keberangkatannya setiap hari Minggu. Rute lengkap dimulai dari Tanjung Perak – Terminal Peti Kemas – Cagar Budaya Bangunan Kantor ADPEL Surabaya – Monumen Jalesveya Jayamahe – Jembatan Suramadu – Tanjung Perak. Selama dua jam dari pukul 09.00 – 11.00 kita akan disuguhi pemadangan bongkar muat kapal, melihat monument kejayaan Jalasveya Jayamahe, bahkan kita akan melintas dibawah jembatan suramadu. Tentunya wisata ini merupakan wisata menarik yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Surabaya, karena tempat duduk yang terbatas sebaiknya usahakan untuk booking jauh-jauh hari.


    For further information :
    Contact : 031 - 3282014 ; 3282321 / 081233000496 Pin : 24F34E8E
    Graha Marine - Jalan Prapat Kurung Utara No. 58 Surabaya


  11. Suramadu Bridge
    Sumber foto : Facebook Suramadu Bridge

    Suramadu Bridge atau Jembatan Suramadu adalah jembatan yang menghubungkan Surabaya dengan Pulau Madura yang saat ini dijadikan icon Surabaya. Panjang dari jembatan Suramadu ini adalah 5.483 m yang merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu sangat indah ketika malam hari, lampu-lampu akan menghiasi sisi jembatan ini, jadi ketika berkunjung ke Surabaya sempatkanlah untuk menyeberangi jembatan ini. Jika sudah sampai Madura jangan lupa cicipi kuliner Bebek Sinjay yang terkenal akan kelezatannya.


  12. De Mata Trick Eye Surabaya
    Tahun 2015 ini, Surabaya mempunya alternatif wisata baru yang bernama De Mata Trick Eye yang merupakan cabang kedua dari Yogyakarta. Konsep dari De Mata Trick Eye adalah lukisan 3D yang berbentuk tipuan mata, kita dapat berfoto didepan lukisan-lukisan tersebut sehingga foto kita tampak menyatu dan terkesan nyata. Dengan tiket masuk hanya Rp 35.000,- kita dapat menikmati 104 buah lukisan dengan berbagai tema, diantaranya tema alam, olahraga, angka, binatang, super hero, romance, sirkus, ornamen, dll..



    Golden City Mall lt UG
    Jl. Abdul Wahab Siamin 2 – 8, Surabaya
    Jam Buka : 10.00 – 21.00


  13. Taman Bungkul
    Taman Bungkul adalah salah satu taman kota kebanggaan Surabaya yang terletak di pusat kota Surabaya. Taman ini pernah memperoleh penghargaan sebagai taman terbaik se-Asia dalam ajang Asian Townscape Awards pada tahun 2013. Di Taman Bungkul kita dapat menikmati berbagai fasilitasnya yang lengkap yaitu jogging track, taman bermain anak-anak, fasilitas wifi internet, dan kuliner dari penjaja kaki lima. Selain menikmati hijaunya taman kota ini, pengunjung bisa menikmati beberapa event yang diselenggarakan setiap hari. Taman ini merupakan salah satu taman favorit masyarakat Surabaya, maka jangan heran jika melihat keramaian taman mulai pagi hingga malam hari. Jika berkunjung jangan lupa mencicipi kuliner rawon kalkulator yang terletak di belakang area taman bungkul.

    Jl Raya Darmo, Surabaya
    Jam buka : 24 jam

Tulisan ini disertakan dalam "Copen Goes To Bali Blog Competition With KokGituYa.com"

You Might Also Like

13 komentar

  1. Wah boleh dikunjungi semua ini kalo ke Surabaya nanti, terutama yg nomer 9 hihihi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg no 9 masih anget hehehe must visit kalo ke sby murah meriah :)

      Delete
  2. Ternyata surabaya punya byk tempat yg menarik ya, bbrp kali lewat , tp blm prnh "menikmati" surabaya. Maksih infonya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, harus mampir ke Surabaya mbak :) Banyak wisata tersembunyi yang menarik

      Delete
  3. Mbak vika, aku mau dong ke surabaya tapi blh gak ni nginep dirumahmu he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooooo ci tak tunggu ke Sby ne, nanti q jemput di stasiun, tak antar kemana-mana n nginep dirumahku gratissssssssssss :D Eh tapi weekend ya atau long weekend, kalo weekday aq kerja.

      Delete
  4. museum De Mata akan dibuka kembali pada tanggal 1 Juni 2015 di lokasi yang baru, dengan alamat sbb:

    Surabaya Town Square, 1st Floor
    Jl Adityawarman No. 55
    Surabaya

    ReplyDelete
  5. Mbak, ini tulisan nya disertakan dalam kompetisi kokgituya kan? mau nanya, gimana cara share tulisan di kokgituya? masih newbie mbak hehe

    ReplyDelete
  6. Iya lomba blognya daihatsu :). Artikelnya dipilih dari pihak kokgituya sendiri, jadi kita ga bisa share sendiri disitusnya

    ReplyDelete
  7. Nambah referensi lagi. Thanks informasinya mba'.

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf kalau postingan saya menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya saya berharap ada yang sama seperti saya.perkenalkan terlebih dahulu saya aini andari tinggal di Padang,dulu saya penjual kue keliling himpitan ekonomi yang membuat saya seperti ini,saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap usaha,pada suatu malam saya buka internet tidak sengaja saya lihat postingan seseorang yang sama seperti saya tapi sudah berhasil,dia dibantu oleh nyi rawih tampa pikir panjang saya hubungi beliau saya dikasi pencerahaan dan dikasi solusi,awalnya saya tidak mau tapi sya beranikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar sekarang saya punya toko bangunan Jaya Abadi didaerah Padang,terimah kasih saya ucapkan pada Nyi rawih berkat beliau saya seprti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau nyi rawih beliau orangnya baik ini nomor beliau 082250546417 atau klik UNTUK INFO LEBIH JELAS KLIK DISINI ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar

    ReplyDelete