Mengisi kegiatan hari ke-2 di Hongkong, saya merencakan untuk mengujungi Disneyland Hongkong yang terkenal ituuuh. Cara ke Disneyland Hongkong sangatlah mudah, yaitu turun di MTR Sunny Bay kemudian dilanjutkan MTR Disneyland Resort yang bergambar Mickey khas Disney. Kereta Disney yang mengantarkan saya menuju Disneyland ThemePark ini unik banget. Terlihat jendela dan pegangan tangan berbentuk wajah Mickey. Untuk tempat duduknya ada sofa yang berbentuk melingkar yang hanya bisa menampung sekitar 5 orang, sedangkan penumpang lainnya kebanyakan berdiri.

Kereta Disneyland Hongkong

Spot foto wajib

Pukul 10.00 saya sudah sampai di pintu gerbang Disneyland Hongkong. Tiketnya sudah membeli secara online seharga HKD499 untuk adult. Sebenarnya banyak referensi tiket murah seperti asiatravel.com atau agen travel di Hongkong seharga HKD474, namun waktu itu di website Disneyland Hongkong memberika promo tiket dengan include makan.

Pilihan menu makannya terserah mau pilih makan dimana saja dan harga berapa saja yang paketnya sudah termasuk minum juga. Ketika browsing saya mencari harga makan di Disneyland Hongkong rata-rata HKD120 keatas atau jika dikurskan sekitar Rp 200.000,- jadi tiket Disneyland ini menolong banget untuk menghemat anggaran.

Karena ini bukan hari libur, Disneyland Hongkong lumayan lengang, tapi bukan berarti sepi pengunjung. Entahlah, ada saja wisatawan dari berbagai macam bangsa yang berdatangan di Disneyland Hongkong ini. Tiket online yang sudah saya print out kemudian ditukarkan dengan tiket masuk Disneyland Hongkong dan voucher untuk makan.

Sebelum masuk kawasan Themepark Disneyland, ada pemeriksaan tas terlebih dahulu. Petugas akan menyita makanan berat seperti nasi, namun untuk camilan maupun air mineral bisa dibawa masuk. Jadi kalo pengen irit bawa saja camilan dan air mineral buat mengganjal perut.

Yes, lumayan sepi

Masuk Disneyland Hongkong jangan lupa ambil mapnya. Kalo lagi males baca yang English, map juga tersedia dalam Bahasa Indonesia. Ngga usah gaya-gayaan ambil yang bahasa mandarin wekekeke.. Hongkong Disneyland Park ini luasss banget, kalah deh sama luasnya Universal Studio Singapore. Didalemnya terbagi dalam zona Adventure Land, Fantasy Land, Grizzly Gluch, Main Street Usa, Mystic Point, Tomorrowland dan Toy story land.

Adventureland

Fantasyland

Toy Storryland

Grizzly Gluch

Anyway, karena sudah banyak sekali blog menceritakan tentang Disneyland Hongkong secara lengkap, dalam postingan ini saya akan mengulas informasi yang sedikit berbeda dari kebanyakan blog. Saya akan membahas mulai dari Permainan ekstrim, Bando Disney, Musholla dan Makanan Halal, semoga informasinya membantu teman-teman yang akan bertualang ke Disneyland Hongkong.

Permainan Ekstrim di Disneyland Hongkong
Membaca review dari beberapa blog, banyak yang bilang jika Disneyland Hongkong ini permainannya lebih cocok buat anak-anak. Kalo suka yang ekstrim lebih baik memilih Ocean Park. Beruntunglah saya ini orangnya penakut, mendengar kabar kalo Disneyland Hongkong permainannya kebanyakan buat anak-anak, saya malah girang. Saya nih naik odong-odong yang kayak di Dufan aja kadang mikir, apalagi kalo naik roller coaster ngelihat aja saya sudah mual duluan wakaka…

Sewaktu saya berkeliling saya menemukan beberapa permainan ekstrim yaitu

Big Grizzly Mountain Runaway Mine Cars di Zona Grizzly Gluch
Ini permainan memang kelihatan ekstrim banget. Lintasannya panjang banget dan meliuk-liuk. Teriakan pengunjungnya juga lebih kencang daripada permainan lainnya. Permainannya berupa roller coaster dengan setting kereta yang melintasi sebuah gurun ala Amerika.

Sumber foto: Website Disneyland Hongkong

Space Mountain di Zona Tomorrowland

Rc Racer di Zona Toy Storry Land

selain itu adalah permainan yang cocok untuk anak-anak atau orang cemen seperti saya ini.

Bando Disney
Dari dulu saya pengen banget majang foto ke Disneyland Hongkong sambil memakai bando Mickey. Hampir beberapa hari menjelang Hari “H” saya mulai berpikir kalo harga bando khas Disneyland pasti mahal bingittt sampai Rp 200.000,-an, jadilah saya membeli bando mickey di Indonesia seharga Rp 25.000,-

Nah, ketika di Disneyland Hongkong saya langsung survey harga bando tersebut dan ternyata harga termurah yaitu HKD108 atau Rp 185.000,-an. Dibandingkan dengan bando saya, bando Mickey ini bentuknya lebih besar, bulunya lebih halus dan tebal sedangkan punya saya seperti ituh hahaha Tapi bagus kok ngga malu-maluin kalo dipake disana dan kalo difotopun ngga kelihatan kw-nya. Kalo pengen bando kayak saya, komentar aja di postingan bawah nanti saya kasih alamat online shopnya.

Makanan Halal
Ada dua restoran makanan halal yang berada di Disneyland Hongkong, yaitu Tahitian Terrace di Zona Adventure Land dan Eplore’r Club Restoran di Zona Mystic Point. Kebanyakan wisatawan Indonesia banyak yang mencicipi makanan di Tahitian Terrace karena restoran ini lebih mudah dicari. Awalnya saya juga berniat makan di Tahitian Terrace yang menyajikan makanan Asia Selatan dan India, namun karena waktu itu belum jam 12 siang maka restoran ini masih tutup. Sayapun membatalkan mengisi perut di Tahitian Terrace.

Tahitian Terrace

Menu Tahitian Terrace

Melangkahkan kaki dibeberapa zona, saya akhirnya menemukan Explore’r Club Restoran dengan bangunan berwarna kecoklatan. Disini saya bisa memilih aneka makanan dari Korea, Indonesia, Jepang, Malaysia dan Singapore. Saya juga sempat melirik menu Indonesia yang sepi pengunjung. Namun, saya sengaja tidak memesan menu Indonesia, masak jauh-jauh ke Hongkong makannya penyetan atau nasi goreng eaaaa (sombong bingit hehehe).

Voucher yang saya miliki ini bebas menentukan mana saja makanan yang saya inginkan. Mumpung sudah include saya pesannya yang paling mahal seharga HKD 138 yaitu Hainanse Chicken Rice Combo, sedangkan adek saya memesan Deep fried Chicken Steak dengan harga yang sama jika dikurskan Rp 235.000,- Untuk rasa sih so so, dibilang enak banget juga ngga, dibilang ngga enak juga enak halah piye tho tapi kok habis.

The explore'r club

Musholla di Disneyland Hongkong

Biasanya pengunjung banyak menghabiskan waktu di Disneyland Hongkong mulai pagi hingga malam hari. Jika mau beribadah sholat, yang menyedihkan di Disneyland Hongkong ini tidak tersedia Prayer room alias musholla. Padahal lokasi Disneyland Hongkong ini luaaaaas banget.

Saya membaca peta secara mendetail sambil membelalakkan mata untuk mencari lokasi musholla. Pikir saya waktu itu, masak ada makanan halal pasti juga ada musholla yang nyempil seperti di Universal Studio Singapore. Tapi saya tetap tidak menemukan “prayer room” dipeta. Sebaiknya, kalo bawa rukuh lipat, bisa cari spot yang sepi sambil bawa Koran untuk dijadikan alasnya.

Berburu Foto Tokoh-Tokoh Kartun Disneyland Hongkong

Sama halnya dengan theme park lainnya, disetiap zona Disneyland Hongkong selalu ada spot untuk berfoto dengan tokoh kartun. Meskipun antri, saya bisa mendapatkan 9 foto dengan tokoh kartun yang berbeda hehehe

......

Jika ke Disneyland Hongkong jangan sampai melewatkan atraksi-atraksi yang menarik. Waktu itu saya melewatkan atraksi parade tokoh-tokoh Disney karena lupa baca Schedulenya. Namun saya tidak melewatkan menonton parade tokoh Disney menjelang penutupan theme park ini pada pukul 20.00, tokoh kartun Disney ini menari dan berjalan mengelilingi jalan-jalan area Disneyland Hongkong dengan lampu-lampu menarik.

Saya menyempatkan mendokumentasikan lewat video, nanti deh saya share di blog. Dengan tiket Disneyland Hongkong yang cukup mahal HKD 499, saya rasa kita harus full menghabiskan waktu dari pagi mulai jam 10.00 hingga 21.00 biar ngga rugi. Namun, saya melewatkan pertunjukan kembang api karena sudah kelelahan, dan keluar dari Disneyland Hongkong pada pukul 21.30.

Pengunjung yang lagi nunggu parade penutupan