Pesona Bhakti Alam, Kaliandra Sejati dan Taman Safari Prigen diKabupaten Pasuruan

Kabupaten Pasuruan mungkin masih asing disebagian orang yang berdomisili diluar Jawa Timur. Padahal wilayahnya cukup dekat dengan kota Surabaya dan Sidoarjo. Jika menggunakan kendaraan pribadi perjalanannya cukup 2 jam saja dari Surabaya. Apalagi saat ini ada tol Gempol - Pasuruan yang baru dilaunching bulan Novermber 2015 yang lalu. Akses menuju Kabupaten Pasuruan menjadi nyaman dan anti macet.

Wisata di Kabupaten Pasuruan cukuplah banyak, namun pesonanya jarang terdengar karena kurangnya promosi. Saya sendiri kurang yakin warga Surabaya yang mengetahui wisata Kabupaten Pasuruan selain Taman Safari Prigen. Padahal wisata lainnya layak disejajarkan dengan kota lainnya. Ada 3 wisata di Kabupaten Pasuruan yang menjadi favorit saya yaitu Bhakti Alam, Kaliandra Sejati dan Taman Safari Prigen.

Transportasi ke Kabupaten Pasuruan 
Jika menggunakan kereta api, silahkan turun di Stasiun Gubeng, apabila menggunakan pesawat terbang maka ambilah tujuan ke Bandara Juanda, Sidoarjo dan Jika menggunakan bus, bisa turun di Terminal Bungurasih. Khusus jika menggunakan pesawat terbang, tak perlu khawatir kehabisan tiket pesawat, karena maskapai menuju Surabaya sangat banyak. Seperti maskapai garuda indonesia yang memiliki rute perjalanan ke Surabaya dari berbagai kota di Indonesia.

Perjalanan lalu dilanjutkan dengan menyewa mobil rental dengan sopir, ataupun dengan sewa mobil lepas kunci yang sewa perharinya sekitar dibawah Rp. 450.000,- Apabila menyewa mobil lepas kunci, tak perlu khawatir akan tersesat, karena tempat-tempat wisata tersebut bisa dijangkau menggunakan GPS. Untuk menggunakan transportasi umum, saya kurang merekomendasikannya karena lokasinya jarang dilalui kendaraan umum.

Kalo saya pribadi, biasanya menggunakan mobil dengan jalur melewati tol waru dan turun di tol gempol. Lalu perjalanan bisa dilanjutkan dengan memasuki Tol Gempol - Pasuruan. Setelah turun dari tol, jangan lupa selalu setting GPS untuk memandu perjalanan anda menuju Kabupaten Pasuruan.

Bhakti Alam

Bhakti alam merupakan sebuah agrowisata yang terletak di daerah Nongkojajar, Dusun Ngembal, Kecamatan Tutur. Jalan menuju Bhakti Alam ini berliku-liku, namun medannyapun kini sudah bagus dan mudah dilalui dengan mobil pribadi. Nantinya jalan akan menanjak karena letaknya yang berada didataran tinggi. Jika tak yakin dengan medan yang dilalui, bertanyalah ke masyarakat lokal yang memang sudah terbiasa dengan hadirnya para wisatawan ke Bhakti Alam.




Tiket masuk menuju ke Bhakti Alam biayanya adalah Rp. 30.000,- di hari kerja dan Rp. 35.000,- ketika liburan panjang atau sabtu & minggu. Memasuki Bhakti Alam kita akan disambut dengan suasana yang asri dan hijau. Untuk berkeliling agrowisata yang luasnya berhektar-hektar ini, oleh pengelolanya disediakan transportasi khusus. Ya, kereta kelinci yang ditarik dengan mobil traktor. Ketika menaiki kereta kelinci ini, maka seperti naik mobil kartun the flinstone.


Setelah menaiki kereta kelinci, kita akan dibawa menuju kawasan agrowisata yang dipandu oleh seorang guide. Rute yang pertama kita akan memasuki Milk Kingdom atau kawasan sapi perah. Dikawasan ini, kita akan mendapatkan susu yang bisa dicicipi gratis. Kita juga bisa membeli susu yogurt, keju, ice cream yang semua produknya diolah sendiri oleh bhakti alam. Favorit saya adalah yogurtnya, segar dan asam manisnya sangatlah pas dengan harga hanya Rp. 7.000,- dengan ukuran sedang.




Kereta kelinci kemudian membawa saya ke kebun buah melon kuning golden. Setiap pengunjung bisa masuk kedalam kebun dan bisa mencicipi melon kuning yang sudah dipotong-potong. Dari kawasan buah melon, saya dibawa menuju buah naga, dan buah belimbing. Setiap pemberhentiannya kita bebas mengambil buah yang sudah dipotong-potong tersebut. 


Waktu paling asyik ke Bhakti Alam adalah ketika musim durian, sekitar bulan Desember sampai dengan Maret. Konon harga durian montong di Bhakti Alam sangatlah terjangkau, hanya Rp. 25.000,- perbiji, kita akan mendapatkan durian yang besar. Sayangnya, sewaktu saya kesana bukanlah musim durian, jadi tidak bisa mencicipi kelezatan duriannya yang terkenal sangat enak dan manis. 

Selesai mengelilingi agrowisata, kereta kelinci menuju ke area peristirahatan. Dikawasan ini kita dapat menikmati permainan outbond, atv, makan, belanja buah-buahan, gokart atau segway. Paling asyik sih permainan segway, kita dapat mengelilingi bhakti alam dengan kendaraan listrik yang beroda dua itu.




bhakti alam pasuruan 10

bhakti alam pasuruan 9


Nah, jika belum puas mengelilingi Bhakti Alam dalam sehari, disini juga disediakan cottage yang tarifnya berkisar antara Rp. 500.000,- Untuk menginap, bookinglah jauh hari karena penginapannya yang sangat terbatas.

Bhakti Alam - Nongkojajar
Desa Ngembal, Kec. Tutur Nongkojajar
Nongkojajar – Pasuruan, Jawa Timur
Telp :0343-611606
HTM :
Rp. 30.000,- (weekday)
Rp 35.000,- (weekend)
 (anak kecil diatas tinggi 85 cm bayar penuh)
include: naik kereta keliling agrowisata, susu, melon, buah naga dan belimbing (per potong kecil)
Fasilitas:
Agrowisata, Cottage, Camping ground, green house, kolam pancing, kios buah, ATV, kios buah, souvenir, outbond kids, Playground, Restoran, Musholla
Jam buka :
08.00 - 17.00





Kaliandra Sejati

Terletak di Dusun Gamoh, Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, terdapat sebuah konsep wisata yang menerapkan budaya dan alam menjadi satu. Beberapa orang mungkin masih asing dengan kawasan ini karena letaknya dibawah kaki Gunung Arjuno, padahal lokasinya masih satu arah dengan Taman Safari Prigen.

Waktu pertama kali ke Kaliandra Sejati, saya kurang yakin jika didalamnya adalah sebuah wisata yang luasnya hingga 14 hektar. Maklum saja, pintu masuk Kaliandra Sejati ini adalah berasal dari bambu seadanya, namun sekelilingnya merupakan tembok yang menjulang tinggi dan sulit untuk melihat kemegahannya dari luar. 


kaliandra pasuruan 3

kaliandra pasuruan 4

kaliandra pasuruan 7


Ketika masuk, kita akan ditanyai keperluan kita oleh satpam, mengisi buku tamu dan melaporkan kedatangan kita ke pengelolanya. Rata-rata pengunjung yang masuk ke Kaliandra Sejati adalah peserta oubond dari beberapa perusahaan. Pengunjung pribadi hanya beberapa saja dari masyarakat lokal, lebih dominan pengunjung wisatawan asing. Mereka para wisatawan asing sangat tertarik dalam mendalami budaya Indonesia di Kaliandra Sejati. Duh, keren ya, masak kita kalah sih sama turis asing yang bangga dengan kebudayaan kita.

Pemilik dari Kaliandra Sejati adalah Atmadja Tjiptobiantoro, yaitu salah satu arsitek ternama di Indonesia. Kaliandra Sejati dikelola oleh sebuah Yayasan yang dibantu oleh masyarakat atau pemuda setempat. Misinya adalah memajukan kesejahteraan petani lokal, konservasi alami maupun mempromosikan budaya Jawa. Saya sering loh melihat kemasan sayuran organik dibeberapa supermarket besar dengan logo Kaliandra Sejati.

Nah, jika kita bukan peserta outbond, kita tetap bisa menikmati Kaliandra Sejati dengan menginap di cottage, makan dan berkeliling kawasan Kaliandra Sejati. Terdapat dua area yaitu Baratapura dan Hastinapura. Area Baratapura disebut juga area bawah, area ini lebih ramai dengan para peserta outbond dibandingkan dengan area Hastinapura.

Di Baratapura, kita dapat menikmati aneka sajian makanan yang berbau organik, sehat dan tidak ada vetsin. Salah satu favoritnya adalah gurame kecombrang. Selesai berkuliner, kita juga dapat berkeliling menikmati suasana penginapannya yang khas Jawa, sedikit sentuhan majapahit dan bergaya Eropa.

Beranjak dari Baratapura, saya menyusuri kawasan atas dengan menggunakan mobil. Di Kawasan Hastinapura, kita akan dibuat takjub dengan bangunan bergaya Eropa yang sangat megah. Saya melihatnya saja sampai merinding, mengingat bangunan ini sangatlah indah terletak ditengah hutan. Villa Leduk namanya, tempat tinggal pemilik dari Kaliandra. Jika pernah melihat film Tenggelamnya kapal van der wijk, bangunan megah inilah yang dijadikan lokasi syutingnya.

kaliandra pasuruan 2

kaliandra pasuruan 1

Dahulu, Villa Leduk ini sangatlah tertutup, bahkan saya pernah mengabadikan foto dari kejauhan sudah diingatkan oleh satpam, bahwa villa leduk tidak boleh difoto maupun memasuki wilayahnya. Namun, kini halaman Villa Leduk boleh dimasuki oleh pengunjung sambil melihat rusa yang berkeliaran dihalamannya. Disampingnya kini juga ada bangunan baru yang khusus untuk penginapan dan spa.

Kendaraan saya kemudian melaju lagi ke bangunan paling atas yaitu restoran Hastinapura. Selain restoran, adapula bangunan cottage yang dibangun dari kayu dan pemandangannya sangat asri. Namun, jika tidak mempunyai tempat yang sepi, sebaiknya tidak memilih menginap dikawasan Hastinapura karena lokasinya jauh dari mana-mana. Favorit saya adalah menginap dikawasan Baratapura.

Ketika mengelilingi kawasan Kaliandra Sejati, saya selalu dibuat takjub akan konsep yang ditawarkan oleh Kaliandra Sejati yaitu budaya dan alam yang menyatu. Disini saya merasa benar-benar dekat dengan alam dan menyadari betapa indahnya budaya Indonesia.

kaliandra


KALIANDRA SEJATI
Dusun Gamoh, Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen
Kabupaten Pasuruan - Jawa Timur
Telp :0343-6741979
HTM :
gratis
Fasilitas:
Restoran, penginapan, dan outbond
Jam Buka :
24 jam
Rute :
Masuklah melalui arah pintu masuk gapura gading Taman Safari Prigen
Di Gapura gading kedua maka beloklah kekanan
Lalu ikuti menuju Kaliandara Sejati sesuai dengan GPS



Taman Safari Prigen

taman safari prigen 1

Kalau Taman Safari Prigen, pastinya semua pada tahu ya? Karena selain di Prigen, Taman Safari adapula di Bogor dan Bali. Terletak di Desa Jatirejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Taman Safari Prigen merupakan kebun binatang terluas di Asia. Ya, lokasinya yang terletak di kaki Gunung Arjuno ini gaungnya terdengar hingga ke mancanegara sebagai salah satu kebun binatang terluas di Asia. Tidak kalah deh, kebun binatang Indonesia dengan diluar sana.

taman safari prigen 2

taman safari prigen 4

taman safari prigen 5

taman safari prigen 3

taman safari prigen 6

Hampir setiap tahun saya mengunjungi Taman Safari Prigen. Selalu saja di Taman Safari Prigen ada yang baru, seperti pada tahun 2015 yang lalu ada wahana yang baru saja dibangun yaitu aquaticland. Jika anda penggemar serial batman dan gemas melihat musuh batman yang berwujud pengguin, maka di Taman Safari Prigen kita dapat melihat penguin secara langsung.

Di Taman Safari Prigen, kita tak perlu jauh-jauh ke Amerika untuk melihat penguin sebagai makhluk berhawa dingin. Loh, bagaimana mereka bisa hidup di Indonesia? Oleh pengelola Taman Safari Prigen, air yang digunakan hidup Penguin adalah air yang bersuhu 19 derajat dan agar tidak stres, akan ada zona khusus untuk memindahkannya.

Wah, jujur nih saya sangat antusias melihat penguin yang biasanya hanya saya lihat ditelevisi. Ternyata mereka mirip bebek, namun memiliki bulu berwarna hitam dan putih. Saya dapat melihat mereka berenang dan berjalan di air yang mengepul dingin. Disebelahnya juga terdapat anjing laut berkulit tropis. Salut buat Taman Safari Prigen yang membuat inovasi baru.



aquaticland prigen 1

aquaticland prigen 5

Tak hanya area satwa yang saya sukai di Taman Safari Prigen, adapula atraksi yang sangat menarik perhatian seperti dolphin, kera, gajah maupun macan. Jangan lupa selalu perhatikan jam tayangnya agar tidak terlewatkan setiap atraksinya. Yang paling disukai anak-anak adalah atraksi lumba-lumba. Dengan lincahnya lumba-lumba beratraksi diatas air dengan berbagai permainannya.



taman safari prigen 15

taman safari prigen pasuruan 1

taman safari prigen 20

Harga tiket di Taman Safari Prigen terdiri dari 3 macam, yaitu Tiket Rusa yang merupakan tiket reguler dengan harga Rp. 75.000,- (weekday) dan Rp. 85.000,- (weekend). Tiket badak unlimites seharga Rp. 115.000,- (weekday) dan Rp 135.000,- (weekend) harga tiket tersebut include 21 permainan dan gratis masuk safari water world. Tiket badak gelang merah Rp. 145.000,- (weekend - weekday) yang bebas masuk semua permainan termasuk fun zone.





Taman Safari Prigen
Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen
Kabupaten Pasuruan
Telp : 0343.6743000
HTM :
Rp. 75.000,- s.d Rp. 145.000,-
Jam Buka :
08.30 - 16.30


Seru sekali kan wisata ke Kabupaten Pasuruan, agendakan liburan panjang di Tahun 2016 untuk bermain ke 3 tempat wisata Kabupaten Pasuruan yang saya rekomendasikan ini. Sekali lagi, anda tidak perlu takut tersesat, karena GPS menuju Kabupaten Pasuruan sangatlah akurat. Jangan lupa cicipi aneka kuliner di Kabupaten Pasuruan seperti kepiting cak gundul, penyetan bu kris, iga penyet leko dan mang engking.

You Might Also Like

10 komentar

  1. Aku suka sekali kalo ke Malang, mba. Dua tahun lalu ke Songgoriti. Seringkali juga ke Selecta. SMoga tahun ini bisa ke Surabaya dan main lagi ke Malang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, mba ini Pasuruan bukan Malang loh :(

      Delete
  2. Baru kapanan aku ke Taman Safari hehe.
    mbakknya salah, jam buka TSI sbenernya jam 8.30 hihi^^

    ReplyDelete
  3. Ternyata ya bumi Pasuruan menyimpan segudang tempat wisata kereeeeeen. Orang banyak taunya ya Taman Safari aja ya, tfs mb Vika ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya makin keren :D ada juga waterpark baru

      Delete
  4. rumah temen aku deket taman dayu mbk, ah jd kgn doi yg suka ngajak jln2 keliling pasuuan gratis, hihihi

    ReplyDelete