Dari dulu saya pengen banget mengulas tentang Transportasi dari Singapore ke Johor Bahru, tapi rencana tersebut selalu pending karena stock foto saya yang hampir ngga ada. Maklum, kalo saya sudah kecapekan bawaannya males banget ngeluarin kamera, sekalinya kamera keluar yang dijepret malah foto narsis. Namun, karena banyak yang nanya di email, ya sudahlah ini saya tulis...jangan dikira hoax yah kalo fotonya minimalis.

Johor Bahru memang lagi happening sekitar 3 tahunan ini, perlu diacungin jempol deh pemerintah Malaysia yang bisa mengemas tempat-tempat wisata di Johor Bahru. Sebut saja ada Legoland, Hello Kitty Town, The Liitle Big Club dan buat kaum hawa Johor Premium Outlet sering bikin iman belanja goyah.

Magnet wisata Johor Bahru karena letaknya yang bersebelahan dengan Singapore. Kalo saya perumpamakan seperti antara Surabaya dan Madura yang dipisahkan laut namun disatukan oleh sebuah jembatan. Meski saya punya pengalaman pahit di artikel (baca : Cara ke Singapore dari Johor Bahru) yang ketinggalan pesawat AirAsia, tapi Johor Bahru tetap menarik dihati cieeee

Nah, penerbangan pesawat Johor Bahru itu sedikit ajaib..kayaknya selalu ngga pas banget sama jadwal traveling, makanya kebanyakan wisatawan berangkat dari Singapore atau banyak juga yang sudah puas di Singapore lalu menyeberang ke Johor Bahru. Biar ngga bingung lagi tentang transportasinya, saya tulis Transportasi dari Singapore ke Johor Bahru yang dimulai dari Changi Airport maupun dari kota Singapore :

Transportasi dari Changi Airport ke Johor Bahru
Di Changi Airport untuk menuju Johor Bahru disediakan Coach yang dikelola oleh Transtar Travel dengan nomor bus TS1. Bus bisa ditunggu di Terminal 1 di Arrival Hall Coach Bay 2 didepannya resto fast food Burger King, sedangkan yang di terminal 2 maupun terminal 3 saya kurang tahu pasti letaknya. Karena biasanya saya naik pesawat low cost semacam airasia, tigerair dan jetstar yang turunnya di Terminal 1.


Biayanya untuk menaiki bus adalah $10 (adult) dan $5 (child) bisa dengan uang tunai maupun dari Ez-link Card. Keberangkatan bus mulai pukul 8.15 sampai pukul 11.00 malam, karena peminatnya banyak usahakan datang minimal 30 menit sebelumnya. Bus TS1 ini nantinya pemberhentian terakhirnya adalah JB Sentral.

Dari Changi Airport menuju Woodland (imigrasi perbatasan Singapore ke Johor Bahru ) kurang lebih 45 menitan. Semua penumpang harus turun beserta barang bawaannya seperti koper dan sebagainya harus dibawa untuk menuju imigrasi yang letaknya di lantai 2. Bus akan menunggu sekitar 10 - 15 menitan. Disinilah biasanya para penumpang Indonesia sering ngedumel karena kita harus cepat untuk proses imigrasi, kalo tidak kita akan ketinggalan bus. Belum lagi kalo weekend yang antri panjang banget, harus sabar dan ikhlas hehehe...

Biasanya banyak penumpang yang lari-lari marathon, sambil bawa koper dan sambil gendong anaknya. Kalo saya sih santai saja jalannya, karena kalo sudah tertinggal bus TS1 masih bisa naik bus TS8 asalkan karcis yang saya beli tadi ngga hilang. Jadi karcis pembelian TS1 harus disimpan baik-baik jangan sampai dibuang karena untuk naik bus lagi.



Setelah proses imigrasi selesai, saya naik bus lagi untuk menuju JB Sentral. JB Sentral ini merupakan imigrasi Johor Bahru yang jaraknya cuma 5 menit dari Imigrasi Singapore. Lalu jika ingin melanjutkan ke tempat wisata Johor Bahru bisa langsung naik bus LM 1. Rute Bus LM1 adalah JB Sentral - Hello Kitty - Legoland dengan biaya RM 5.40


Transportasi Dari Singapore ke Johor Bahru
  • Coach Singapore Flyer to Legoland Malaysia

Kalo yang ngga mau repot bisa bisa naik Coach yang dikelola oleh WTS Travel, rutenya start dari Singapore Flyer lalu turun di Legoland. Karena peminatnya cukup banyak sebaiknya untuk menaiki coach ini, booklah secara online terlebih dahulu. Biayanya adalah $20 two way Coach dengan jadwal keberangkatan 8.30 am. 09.00 am dan 10.30 am. Biar tidak kecewa, yang belum book sebaiknya jangan langsung datang ke Singapore Flyer karena pasti akan penuh.



Cara ke Singapore Flyer :
bisa diakses dengan MRT Promenade Exit A lalu berjalan sekitar 10 menitan.

  • Superior Coach dari MRT Lavender 

Bagi yang menginap di daerah Lavender bisa banget naik Coach ini yang mangkalnya di depan station MRT Lavender exit B. Lokasinya pas di Mc Donalds. Berbeda dengan dengan Coach yang berangkat dari Singapore Flyer yang ada 3 kali sehari, Superior Coach jadwalnya cuma 1 kali sehari pukul 08.30 dengan kepulangan ke Singapore 17.30. Biayanya juga sama $20 two way, dan harus book online terlebih dahulu ya....

Ini ada juga yang paket dengan tiket Legoland


websitenya googling aja ya hehehe (lagi pelit ngasih link)

  • Transportasi dari Resort World Sentosa ke Johor Bahru 

Mungkin ini rekomendasi buat yang menginap di sekitar Resort World Sentosa untuk menaiki bus RWS8. Busnya sama seperti yang di Changi Airport dikelola oleh Transtar Travel, namun ini start dari Sentosa. Untuk menunggu bus bisa langsung menuju Resort World Sentosa yang parkirannya casino. Kalo dari Universal Studio Singapore turun eskalator yang didepannya resto Malay Village.



Yang membuat istimewa alasan memilih Coach adalah ketika di Imigrasi Woodland dan JB Sentral tak perlu lari-lari ketinggalan bus. Si coach ini bakal nungguin kita dengan santai sampai semua penumpangnya naik dan ngga perlu bawa koper ke imigrasinya. Lumayan ngga perlu ngeluarin tenaga ekstra untuk jalan cepat dan angkat koper.

...

Panduannya kayak gini ya : start dari MRT Kranji - Naik CW 1 turun di Woodland Checkpoint - Imigrasi - Naik bus CW1 lagi - Turun di JB Sentral - Imigrasi - kemudian bisa melanjutkan perjalanan naik bus entah ke Senai Airport - atau bus LM 1


Nah, dari semua pilihan yang ada diatas, saya paling suka yang start dari MRT Kranji karena lebih hemat hehehe... Hitungannya sih kalo saya sama suami dan anak jika naik coach bertiga bisa kena $60 alias 600ribu, belum termasuk tiket legoland, hello kitty dsb. Jadi saya lebih milih sengsara sedikit tapi hemat (duh emak-emak banget sih). Coach itu saya naiki kalo bareng teman ke Singaporenya, jadi kalo bawa keluarga saya lebih memanfaatkan tenaga suami untuk angkat-angkat barang di imigrasi JB Sentral maupun woodland hehehe (sadis)

Rute : MRT Kranji, CW 1 dan LM1 merupakan favorit saya. Letak MRT Kranji ini hampir ujungnya Singapore, jadi jika dari kota kurang lebih waktunya 40 menitan. Usahakan pagi sekali start dari penginapan kalo ingin main di Johor Bahrunya sebelum siang bolong. Biayanya cuma $2 yang bikin saya bahagia. Setelah turun di MRT Kranji langsung cari exit C, kemudian menunggu bus didepan station MRT dengan nomor CW 1 . Busnya dioperasikan oleh Causewaylink dengan warna kuning menyala. 

Bus CW 1 akan berhenti di Woodland Checkpoint untuk proses imigrasi, penumpangpun harus turun beserta barang bawaannya. Lalu naik ke lantai 2 untuk proses imigrasi, kelar imigrasi turun lagi di lantai 1 dan antri bus yang sama seperti tadi. Disini nanti kita ketemu sama coach WTS Travel, Transtar dan sebagainya, tapi tetaplah naik Causewaylink ya dan tidak menghilangkan tiketnya.



Saya kemudian naik bus CW1 lagi untuk menuju Johor Bahru Checkpoint (CIQ), semua penumpang wajib turun membawa semua barang bawaannya untuk menuju lantai 5 imigrasi. Di JB CIQ ini setelah proses imigrasinya selesai bisa langsung menuju JB Sentral untuk menaiki bus LM 1.

Alternatif ke-2 jika ngga ingin naik MRt bisa juga naik bus dari Queen Street Terminal :
Beberapa kali ke Johor Bahru saya lebih suka start-nya naik MRT, tapi beberapa adapula yang naik dari Queen Street Terminal yang lokasinya di Bugis. Alternatif ini recommended buat yang menginap disekitaran Bugis. Nanti di Bus tersebut bisa naik CW2, pengalaman beberapa teman mudah kok cari busnya, karena petunjuknya sangat jelas.

...

Beberapa istilah ini mungkin akan sedikit membingungkan yang baru pertama kali ke Johor Bahru :

  • JB Sentral : 

Merupakan bangunan yang menjadi satu dengan JB CIQ, merupakan station, mall dan juga terminal untuk melanjutkan perjalanan ke pusat kota maupun beberapa wisata di Johor Bahru

  • Larkin Bus Terminal :

Terminal Bus di Johor Bahru
  • JB CIQ : 

Johor Bahru Custom & Immigration Quarantine atau sering disebut kastam, merupakan imigrasi Johor Bahru yang letaknya di perbatasan antara Singapore
  • CIQ 2nd Link : 

imigrasi Johor Bahru ada 2 satu JB CIQ yang satunya lagi CIQ 2nd Link, jika turunnya di imigrasi ini maka untuk ke Legoland, hello kitty dsb naik Bus JPO2 bukan Bus LM1 

Untuk ke CIQ 2nd Link, rute transportasinya berbeda dengan rute menuju JB CIQ. Akses transportasinya dari Singapore dimulai dari MRT Jurong East lalu naik CW3 atau CW4 nantu turun CIQ 2nd Link. Untuk proses naik maupun turun imigrasi sama dengan yang JB CIQ.

Setelah proses imigrasi beres, untuk ke legoland dan beberapa tempat wisata Johor Bahru kemudian naik JPO 2. 

Rute Bus 


  • Woodland  Checkpoint : 

Imigrasi Singapore, perbatasan antara Johor Bahru dan Singapore
  • Senai Airport : 
nama bandara di Johor Bahru,  jika start dari airport menuju ke Singapore bisa ikuti panduan ini :


Ini penampilan bus Causeway Link dengan warna kuning dan ini foto sewaktu saya naik free shuttle bus airasia dari Senai Airport

Hmmm, gimana-gimana masih bingung ngga Transportasi Dari Singapore ke Johor Bahru??? kalo masih bingung bisa tanya langsung di kolom komentar "feel free"

Noted: Biar nyaman, jika naik bus naik turun di Singapore - Johor Bahru maka lebih baik membawa tas ransel.