Liburan ke Luar Negeri Dengan Balita? Bawa 5 Perlengkapan Wajib Ini!

Traveling merupakan kegiatan rutin saya sejak masih kuliah, bahkan setelah menikah dan mempunyai anak. Agenda traveling dengan membawa balita merupakan tantangan tersendiri bagi saya. Maklum gaya traveling saya adalah jalan-jalan mandiri tanpa travel. Untuk mencapai destinasi satu dengan destinasi lain mengandalkan alat transportasi umum dan berjalan kaki. Jadi sudah tentu perjalanan akan membutuhkan stamina ekstra ketika membawa balita.

Perencanaan liburan ke luar negeri bareng balita haruslah dipersiapkan secara matang, mulai dari tempat wisata yang cocok untuk anak dan mempertimbangkan waktu jalan-jalan dengan kondisi fisiknya. Intinya sih kita ngga boleh egois dengan menyusun itenerary yang serba belanja saja karena anak bisa bosan dan rewel hihihi...



Tak kalah pentingnya adalah mempersiapkan perlengkapan anak yang harus dibawa. Untuk mempersiapkannya haruslah disusun jauh-jauh hari agar perlengkapan si kecil tak terlewatkan. Berikut barang bawaan wajib saya ketika mengajak anak traveling ke luar negeri.
  • Stroller 

Agar anak tidak kelelahan, saya selalu membawa stroller ketika melakukan perjalanan ke luar negeri. Model stroller yang saya miliki adalah stroller khusus traveling yang memiliki berat ringan, mudah dilipat dan muat dengan berat badan balita hingga 25kg. Stroller yang memiliki berat ringan ini sangat penting bagi saya, karena ketika naik bus umum mapun kereta listrik, stroller dengan mudah saya lipat dan saya angkat.

Chinatown Singapore

Terkadang ada orang tua yang malu ketika anaknya memakai stroller karena takut dikatakan anaknya malas berjalan. Namun saya rasa stroller sangat wajib dibawa ketika jalan-jalan keluar negeri apalagi seperti saya yang menggunakan travel mandiri. Saya tidak akan tega menyuruh anak saya jalan jauh mengikuti langkah saya dan suami saya. Sedangkan jika menggendongnya tentu saja badan kami akan kelelahan.

Memakai stroller adalah pilihan tepat bagi anak ketika traveling. Di Stroller tersebut ketika anak lelah maka dia bisa tidur tanpa rewel dan ketika dia bosan maka dia turun dari stroller kemudian berjalan atau berlari-larian. Bahkan yang lucu strollernya didorong dengan boneka yang didudukkan hehehe...

  • Obat-obatan, Vitamin dan Minyak Kayu Putih 

Anak saya termasuk anak yang jarang sakit ketika traveling (alhamdulilah). Memang kondisi tubuh setiap anak itu berbeda, ada anak yang ketika capek badannya langsung panas dan adapula anak ketika berada di suasana baru tiba-tiba konstipasi (tidak bisa BAB). Penyakit lainnya yang sering dikeluhkan adalah mabuk perjalananan, diare, pilek, dan alergi.

Karena beda negara, maka tentu saja obat-obatannya berbeda. Untuk itu jangan lupa membawa obat-obatan untuk si kecil dan tambahkan pula multivitamin agar badannya selalu fit. Yang tak kalah pentingnya adalah membawa minyak kayu putih agar badannya tetap hangat. Saya selalu melaburkan minyak kayu putih setelah anak mandi dan ketika akan tidur malam. Tujuannya agar badannya tidak masuk angin, karena seharian ketika traveling selalu berada di luar ruangan.

  • Susu Formula dan Peralatannya

Saya pernah lupa membawa susu formula ketika traveling bersama anak ke Singapore. Padahal susu formula adalah makanan pokok yang wajib buat anak selain nasi dan lauknya. Kesalahan fatal saya ini harus saya tebus dengan membeli susu formula dengan harga yang 3x lipat lebih mahal daripada di Indonesia. Untung saja anak saya tidak rewel tentang merek susu formula yang saya pilih waktu itu, padahal merek-nya bukanlah merek yang biasanya dia minum.

Pernah juga saya membawa susu formula tapi lupa membawa botol dot untuk anak. Sayapun kerepotan mencari botol susu tersebut dan tentu saja harganya sangat mahal daripada di Indonesia. Jadi selalu masukkan susu formula dan peralatannya didalam koper ya..

  • Jaket dan Kaos Kaki 

Persiapan wajib saya ketika akan naik pesawat adalah memakaikan jaket dan kaos kaki kepada anak. Suhu dingin di pesawat bisa membahayakan anak yang berakibat masuk angin atau pilek. Seperti perjalanan jauh bersamanya ke Korea Selatan yang berada didalam pesawat selama 8 jam, maka sangat penting sekali membuatnya tetap hangat dan nyaman di pesawat.

  • Perlengkapan Mandi 

Membawa anak ketika traveling harus tahu konsekuensi dengan barang bawaannya yang banyak dan anggaran bagasi pesawatpun membengkak. Perlengkapan anak yang tidak boleh terlewatkan adalah membawa perlengkapan mandinya. Sabun dan shampo yang tersedia di hotel tidak cocok untuk anak-anak, karena jenis kulitnya mereka berbeda dengan kulit orang dewasa.



Ketika traveling ke luar negeri saya selalu membawa sabun yang cocok untuk anak. Saya memilih Lifebuoy Clini-Shield 10. Cara pakainya pun sangat mudah dan hemat yaitu : 
  1. Gunakan satu tetes ketelapak tangan/ spon (remas spon hingga berbusa) 
  2. Usapkan secara merata keseluruh tubuh untuk menghasilkan busa verlimpah 
  3. Bilas sampai bersih.



Biasanya ketika selesai seharian jalan-jalan dan kembali kehotel, saya tak langsung memandikannya tetapi akan menunggu sekitar 30 menit agar keringat anak kering terlebih dahulu. Lalu saya memandikannya dengan Lifebuoy Clini-Shield ini. Kandungan Concetrat Antibacterial Shower Gel menghasilkan busa lembut yang berlimpah, sedangkan kandungan Active Naturol Shield melindungi tubuhnya dari kuman. Sayapun menjadi tidak khawatir dia akan sakit akibat terkena kuman karena sudah membentenginya dengan Lifebuoy Clini-Shield 10.


Nah, jangan lupa selalu membawa 5 perlengkapan yang saya ulas diatas untuk membawa si kecil ketika traveling ke Luar Negeri. Selalu jaga kesehatan si kecil dan selalu membuatnya tersenyum. Salam Traveling!!!

You Might Also Like

9 komentar

  1. kalo aku juga bawa alat2 di atas, kecuali stroller.. kita memang biasain dr si baby umur 10 bulan kita traveling, ga prnh mau bawa stroller.. :D.. 10 bulan sih msih digendong ya mbak, tapi stlh dia bisa jalan, ya udh, kita biasain walopun ga lg traveling, dia jalan kaki.. jd kakinya terbiasa.. kalo dia capek pas lg jalan2, kita cari tmpat istirahat, biar dia juga mulihin tenaga :D

    Tapi kalo buatku, traveling bawa anak, itu papi nya harus ikut.. aku ga bakal mau traveling tanpa si papi kalo anakku ikut -__-. krn anakku juga dket ama papinya sih ya mbak, jd dia bakal super duper rewel kalo cuma ama aku, yg kurang sabaran ngadepin dia. Jd ntr si kecil BT, akunya juga ga bisa nikmatin travelingnya..

    trs utk susu formula, si kecil rada picky nih... sbnrnya yg ptg buat dia hrs minumnya di botol dot nya. jd susu kotakan dia ga bkl mau.. smntara bawa sufor buatku rada beratin ya drpd susu kotak.. apalagi toh anakku ga trlalu srg minum susu juga.. makanya aku akalin susu kotaknya diem2 dimasukin ke botol dot :D.. tapi dia jgn ngeliat, bkl ga diminum juga ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba itu yg kumaksud kan kalo lagi jalan traveling ke luar negeri, kalo ke mall mah jalan kaki ngga pake stroller. Secara kan jalannya cuma dari parkiran mobil ke mall dekat :D Beda kalo di luar sana harus jalan dari hotel ke tempat wisata. Lagian saya juga ngga sanggup kalo harus gendong karena beratnya 24 kg hehhehe

      Saya sih biasa bawa susu formula yg bubuk 800 gr, kalo lagi jalan bawa botol takaran yg kecil2

      Delete
    2. hahaha iya mba.. sbnrnya aku sih mau2 aja bawa stroller juga kalo ke LN.. tapi papanya ini yg ga mau.. makanya mau ga mau, ini anak kita latih. Walopun ga lagi traveling, dia kita biasain jalan. so saat harus pergi ke kemana aja, termasuk LN, stroller ga ush dibawa :D. tapiiiiii kalo anakku 24 kg aku jg ga sanggub gendong :D. itu wajib bgtlah stroller. ankku masih 12 kg mbak, jd msh blm capek bgt gndong ;D..

      itu gaya anakmu d foto terakhir gemesin bgt sih ... ya ampuuun kpnlah ankku bisa se chubby itu -__-.. Dokternya slalu komplain berat bdnnya kurang -__-

      Delete
  2. traveling apalagi ke luar negeri bawa balita itu kudu siap semuanya ya emang, tapi kadang anak-anak rewel ya kalo ditaruh di stroller. Maunya digendong, kalo uda bisa jalan digendong ini dududududu.

    Dan itu lifebuoy baru yak, pengen nyari juga ah. Hemat keknya ya karna konsetratnya lebih padat *emak2banget dah kalo uda denger yang hemat2 haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi tantangan buat ibu2 pulang traveling jadi kurus hyahahah

      Delete
  3. Lifebuoy baru ini emang hemat banger, padet, efisien dan wangiii jadi kapan ajak-ajak saya ke luar negeri ? #eh

    ReplyDelete
  4. wah.... ternyata kita sama lo mbak vika
    saya kalo jalan2 juga bawa stroller
    lagian siapa yg mau gendong adham dg bobot 45 kilo wakakakakaka....*gak nyambung yo ben :p

    ReplyDelete
  5. noted nih! belum pernah liburan ke luar negeri sekeluarga. tfs mbak

    ReplyDelete
  6. ijin share mbak ... seru banget bawa krucil pegi :)

    ReplyDelete