Calon adek ipar saya berasal dari Gresik. Sosoknya selalu dinantikan ketika akan bertandang kerumah ibu saya. Biasanya dia membawa oleh-oleh makanan khas Gresik yaitu Nasi Krawu. Nasi yang berisi daging melimpah ini sensasinya sangat berbeda ketika dibawa langsung dari Gresik, padahal di Surabaya juga banyak nasi krawu.

Dibutuhkan waktu hanya satu jam saja untuk mencapai gresik dengan melewati jalan tol. Tapi entah mengapa saya jarang sekali menghampiri Gresik. Mungkin karena bukan kota wisata atau wisata belanja jadi jarang tersentuh oleh saya. Nah, di awal tahun 2016 saya barulah berkesempatan untuk mengunjungi Gresik.

Agenda kuliner tentunya menjadi urutan pertama saya. Di Gresik ada dua kuliner Nasi Krawu yang cukup ternama yaitu Nasi Krawu Bu Tiban dan Nasi Krawu Bu Timan. Kebetulan yang sering dibawa adek ipar saya adalah yang Nasi Krawu Bu Timan. Jadi saya penasaran dengan rasa Nasi Krawu Bu Tiban yang belum pernah dibawanya untuk oleh-oleh.

Nasi Krawu Bu Tiban II yang terletak di Jl Veteran 118 Gresik, lokasinya cukup strategis berada di pinggir jalan raya dengan parkiran mobil yang memadai. Sedangkan pusatnya Nasi Krawi Bu Tiban terletak di JL KH Abdul Karim 49 Gresik lokasinya kurang strategis. Namun, keduanya rasanya sama karena yang Nasi Krawu Bu Tiban II dikelola oleh putra Bu Tiban.

Bukan rahasia lagi jika isi dari Nasi Krawu Bu Tiban hanyalah berisi nasi putih dengan daging yang disuwir tipis-tipis lalu ada tambahan serundeng dari kelapa parut. Pilihan daging tersebut bisa daging saja atau daging dengan tambahan "jeroan" seperti babat dan sejenisnya. Kalo ingin mengurangi kolesterol sebaiknya "skip" yang versi campur jeroan ya...



Rasa daging dari Nasi Krawu Tiban adalah manis dan gurih, manisnya sangat pas sesuai dengan lidah di Jawa Timur. Kenikmatan selanjutnya adalah terletak pada nasinya yang putih dan punel, apalagi jika disajikan panas-panas akan memberikan pesona selera tersendiri. Serundeng pun bagian yang tak terpisahkan dari Nasi Krawu ini sangat enak ketika daging dicocolkan dengan parutan kelapanya.


Saya juga sempat mencicipi Nasi rawonnya yang juga enak. Kuahnya hitam pekat dengan daging yang sama melimpahnya dengan Nasi Krawu. Seporsi rawon tersebut dibanderol dengan harga Rp. 20.000,- Tapi sebaiknya tetaplah pesan Nasi Krawu-nya karena ke Nasi Krawu Bu Tiban tanpa menu wajib tersebut terasa kurang lengkap.



Antara Nasi krawu Bu Tiban dan Nasi Krawu Bu Timan ternyata rasanya sama enaknya. Saya rasa tidak ada perbedaan diantara keduanya karena rasanya sama. Seporsi Nasi Krawu Bu Tiban adalah Rp. 17.000,- dijamin anda kenyang. Jangan lewatkan mencicipi Nasi Krawu Bu Tiban atau Nasi Krawu Bu Timan ketika menyambangi kota Gresik.


Nasi Krawu Bu Tiban
Jl Veteran No 118
Gresik
Open : 
10.00 - 20.00