Olahraga Cuma 20 Menit di 20 Fit Surabaya

Sebagai follower instagram Andien Aisyah, saya selalu memperhatikan foto-foto yang dipajang penyanyi jazz ini yang kerap menampilkan kegiatan olahraganya. Yang menarik dari foto yang dipajangnya tersebut adalah olahraganya menggunakan alat setrum. Hah, alat setrum? Iya, “olahraga setrum” tersebut merupakan bisnis yang dikelola andien dan bams samson yang dinamakan 20 Fit.



Minggu lalu saya mencoba 20 Fit ini karena rasa penasaran. Maklum setelah pulang dari traveling yang full kuliner dan kedatangan mama saya seminggu kerumah dengan masakannya yang super enak, perut dan badan saya semakin membuncit. Intinya sih saya pengen memusnahkan lemak tapi nggak pengen ngegym yang berjam-jam. Saya pilih 20 Fit karena menawarkan olahraga yang hanya 20 menit tapi serasa olahraga 2 jam.

Di Surabaya ada 2 cabang 20 Fit, yaitu di daerah Surabaya Timur dan Surabaya Barat. Kebetulan saya memilih yang cabang yang di Hr Muhammad (Surabaya Barat) karena posisi rumah saya lebih dekat di cabang ini. Untuk berolahraga di 20 Fit saya melakukan appoinment terlebih dahulu, jadwalnya jika weekday dimulai pada 06.00 s.d 21.00 dan weekend dimulai pukul 07.00 s.d 19.00.



Ketika datang saya disuruh mengisi form seperti data diri dan riwayat kesehatan. Setelah itu saya diberikan baju olahraga khusus yang berwarna hitam. Baju tersebut wajib dikenakan ketika sedang berolahraga, pakaiannya ketat dan nyaman. Namun untuk yang berhijab sebaiknya membawa celana sendiri karena panjang celana hanya selutut. Untuk trainernya bisa memilih mau cowok atau cewek, kalau saya sih milih cewek karena lebih nyaman.

Suasana 20 Fit Yang nyaman
Beberapa trainer di 20 Fit

Setelah ganti baju, saya menuju lantai atas untuk menimbang berat badan. Duh, horror banget kalau melihat timbangan. Di alat timbangan tersebut, tak hanya berat badan saya saja yang diukur tapi juga ditampilkan berapa berat ideal dan berapa kelebihan lemak saya. Untuk kelebihan lemak saya sangat luar biasa, kalau normalnya poin 7 saya mencapai point 11. Aishh, pengen banting aja alat ini.


Timbangan yang super menyeramkan
Nimbang dulu sebelum ngegym

Saya kemudian dipakaikan rompi khusus yang berisi kabel-kabel, kayak mau dibom aja hehehe.. Sebelum memulai olahraga micro gym ini saya dijelaskan terlebih dahulu mengenai konsep olahraga yang ada di 20 Fit. Bahwa 20 Fit ini menggunakan Electro Muscle Stimulation (EMS) dan perlengkapan “ems miha bodytech”. Teknologi dari EMS Miha Bodytech ini merupakan latihan beban yang melibatkan massa otot. Bisa dikatakan olahraga ini sama dengan ngegym mengangkat beban selama 2 jam.

memakai rompi khusu yang akan dialiri listrik

Miha bodytech akan dialiri listrik ke otot melalui rompi. Alat tersebut akan mengkontraksi otot kemudian selanjutnya akan merelaksasi otot. Miha akan menstimulasi otot besar yang diletakkan di beberapa bagian tubuh dengan aliran listrik yang rendah. Micro gym ini sangat aman karena selain dijalankan dengan para trainer yang memiliki sertifikat dan alat ini tidak memberikan beban pada persendian.

Trainer tersebut menjelaskan bahwa 20 Fit tidak memberikan hasil yang instan seperti seketika akan kurus dengan turun beberapa kilogram, TAPI alat ini akan memberikan hasil badan menjadi sehat dan bugar. Nah, kalau pengen menurunkan berat badan di 20 Fit hasil akan terlihat dengan 6 x ngegym, kita juga bisa fokus menurunkan pada bagian tubuh mana yang dikehendaki.

Ekspresi tegang sebelum disetrum hehehe


Setelah dipakaikan rompi tadi, badan saya kemudian diberi perekat di beberapa bagian sepert di kedua kaki, tangan dan juga seperti memakai korset diperut. Alat EMS Miha Bodytech tersebut kemudian disetting oleh trainer dengan aliran listrik yang sesuai dengan kemampuan saya. Ada 5 level 1 – 5, biar tidak kaget ketika disetrum tegangan dimulai dari level terendah sampai tertinggi. Karena baru pertama kali saya hanya mampu di aliri listrik hanya sampai level 4, maklum saya ini orangnya kagetan

Gerakan micro gym kemudian dipandu oleh trainer yang kemudian saya ikuti. Gerakannya yang diberikan saya memang terlihat sederhana, tapi dalam 5 menit keringat saya sudah bercucuran deras, padahal ruangannya ber-AC loh. Ini memang karena pengaruh beban yang dialirkan ke otot tubuh saya.



Jadi proses gerakannya seperti ini, ketika trainer bilang mulai saya harus melakukan gerakan sambil dialiri listrik. Saya harus bertahan mengusir rasa “greet...greet” setruman tersebut lalu membuang nafas ketika setruman habis. Ini dilakukan berkali-kali dengan gerakan yang sama sekitar 10 x hitungan. Awalnya terasa berat, namun lama-lama saya terbiasa dengan aliran listrik tadi dengan gerakan yang saya lakukan. Dalam satu sesion per kedatangan ini saya bisa membakar kalori sekitar 700 –an.


Sexy banget kan saya :D



Sebelum melakukan micro gym, trainer menyarankan agar kita sarapan terlebih dahulu supaya badan tidak kaget. Tapi karena saya orangnya nggak bisa sarapan terlalu pagi, saya hanya minum air putih sebelum latihan. Ini khusus buat kamu yang nggak mempunyai maag atau penyakit jantung. Selama latihan meskipun terlihat berat, saya tidak lemas dan tetap semangat loh hehehe...

Trainernya waktu itu saya didampingi dengan Mbak Dewi, orangnya sabar banget dan ramah. Mbak Dewi ini sangat sabar memandu saya yang masih kaku dalam melakukan gerakan yang diinstruksikan dan memaklumi saya yang masih kagok dalam istilah olahraga seperti squat yang terdiri dari beberapa macam. Saya pun merasa sangat nyaman dan enjoy. Nantinya setiap sesion yang dilakukan akan bertahap tingkat kesulitannya, seperti saya yang melirik sebelah saya yang sudah melakukan gerakan kayang.



Penasaran kan harganya berapa untuk per sesionnya? Untuk sekali sesion adalah Rp. 525.000,- namun untuk yang baru pertama kali datang bisa mencoba free trial seharga Rp. 250.000,- Kalo kamu ngeshare di instagram bisa dapat potongan lagi Rp. 100.000,- hmm lumayan kan potongannya? Oia, saya juga sempat bertanya kalau 20 Fit ini datang kerumah seperti para artis itu, tapi sayangnya fasilitas ini hanya ada di Jakarta sedangkan di Surabaya harus datang langsung.



Selesai olahraga yang cuma 20 menit ini saya kemudian diberi handuk untuk mandi atau ganti baju. Enaknya di 20 Fit ini kit atidak perlu ribet membawa peralatan untuk berolahraga karena semua disediakan mulai dari baju khusus ngegym, handuk kecil, handuk besar, air mineral, locker dan semua perlengkapan mandi yang terdiri dari deodoran spray, kapas, cutton buds, body lotion, shampo dan sabun tersedia. Nggak wajib juga makai sepatu, seperti saya yang lebih enjoy tidak memakai sepatu.

Buat yang pertama kali datang ke 20 Fit juga ada voucher taxi Uber 100k dengan expired selama 3 bulan, lumayan banget. Kini 20 Fit sudah tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, asik banget kan? Yuk, olahraga setrum, hehehe! Ngga perlu takut kesakitan karena olahraga yang dialiri listrik ini ngga sakit sama sekali.



Informasi selengkapnya bisa dilihat di :
website
instagram

You Might Also Like

17 komentar

  1. Wah menarik yaa ini mbak, cuma kalau lagi ga free trial lumayan juga yah.
    Pasti worth tapi ya sama hasilnya, ini unik sih ya di setrum - setrum lucu hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan setrum lucu tapi setrum geli hehehee

      Delete
  2. wah olahraga sekarang dipermudah dg banyak sarana ya, tinggal kitanay malas atau tidak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tinggal pilih aja mba :D sesuaikan budget juga

      Delete
  3. Rada ngeri ya kalau baru pertamakali, pakai disetrum-setrum :)) Tapi harganya lumayan juga ya mbak Vik hehe

    ReplyDelete
  4. 6x ngegym bisa turun BBnya yak, kalo pengen berotot bisa juga brarti ya. Aku ngeliat review ini yang kebayang resultnya seperti perutnya Andien hahaha ketinggian yaaak.

    ReplyDelete
  5. Rasa setrum listriknya mungkin sama kayak fisioterapi punggung yg juga pake aliran listrik. Geli2 gimana gitu :D. Pengen juga nyobain 20fit ini, tp utk yg baru 3 bulan lahiran sesar udh bisa blm ya mbak? Perut nih yg mw dikecilin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu saya kemarin ngga nanyain hehehe,, yg pasti kalo untuk punya riwayat jantung yang nggak boleh.

      Delete
  6. Enaknya jadi mahasiswa wkwkkwkw, akeh promone. mbak, ojog getu2 pooh wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. yo wes nggak usah ngerjakan skripsi biar jadi mahasiswa terus hahahahaha

      Delete
  7. Mau nyoba juga...aku pengen kurusannnn...semangat kurus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak usah kurus, nanti saya nggak punya teman....

      Delete
  8. Waaaakkk mau donnnnnngg dengan olahraga singkat tapi bisa nurunin kalori banyak... tapi jegerrrrr harganya bikin nangis T__T

    ReplyDelete
  9. Sering nih liat di ig artis2, harganya lumayan ya? (antara lumayan murah atau mahal) hehehe
    kirain kalau liat artisnya, OR ini puluhan juta, ternyata ngga juga

    ReplyDelete
  10. wahhh... akhirnya ada review 20Fit ini. aselik penasaran banget, karena ngerasa akhir-akhir ini kurang olahraga banget T_T.
    btw, kalau program bukan nurunin berat badan bisa ga sih? :D cuma pengen bugar aja sih awalnya, hahaha..

    ReplyDelete