Nasi Empal Pengampon, Surabaya

Pernah dengar tentang Nasi Empal Pengampon? Katanya ini kuliner ngehits Surabaya. Banyak loh wisatawan dari luar Surabaya yang penasaran, bahkan para artis rela mencicipi kuliner di gang sempit ini.

Nah, parahnya saya belum pernah mencicipi kulinernya. Jadi minggu lalu saya niat untuk berkuliner dan ingin membuktikan rasanya yang katanya enak. Saya memasukkan nama "Nasi Empal Pengampon" di google map, setelah saya mengikuti panduannya, saya sampai memutar 3 kali, saya juga belum menemukan lokasinya. Strategi terakhir, akhirnya saya menanyakan ke tukang parkir. 

Rupanya warungnya beralamatkan di Gang Pengampon II, bukan jalan Semut VII berdasarkan GPS. Jalan ini sudah saya lewati berkali-kali tadi, duh malu orang Surabaya bisa disesatkan oleh GPS. Jadi GPS tadi ada dua nama yaitu "Nasi Empal Pengampon dan Empal Pengampon", yang benar adalah memilih yang berdasarkan "Empal Pengampon" ya...



Sekilas gang tersebut memang tidak terlihat, berada di kawasan toko-toko yang menjual peralatan salon yang tak pernah sepi pembeli. Selain itu tidak ada papan nama gang II, cara mudah untuk mencarinya adalah melihat papan nama Pengampon Gang I.

Lokasinya yang berada di gang sempit, hanya bisa untuk jalan kaki. Untuk parkir mobil berada didepan mulut gang, di Jalan Raya Pengampon. Saya kemudian berjalan sekitar 50 meter, tak lama papan nama "Nasi Empal Pengampon" terlihat dengan jelas.

bubur ayam pengampon

Saya mencicipi di saat jam makan siang, suasana warung kala itu cukup ramai. Beberapa driver gojek pun terlihat sedang memesan makanan. Namun, pelayannya sigap disaat tamu datang. Saya disodori sebuah buku menu, ada dua menu utama dalam buku ini yaitu nasi dan bubur. Di buku menu tertulis jika nasi halal, sedangkan bubur dan makanan chinese lainnya non halal. Bahkan disini juga ada menu pork.

menu nasi empal pengampon

Jadi buat anda yang kurang nyaman atau ragu akan kehalalannya mending skip saja. Saya juga tidak menanyakan tentang tempat makannya yang mencucinya dipisah atau tidak, karena halal yang saya berdasarkan dari buku menu.


Saya memesan dua menu yaitu nasi empal dan nasi babat, beserta teman makan favorit saya es teh. Tak lama kedua menu pesanan saya datang.




Nasi empal, ini merupakan favoritnya warung ini. Satu porsi disajikan bersama nasi, kering tempe kentang, oseng-oseng buncis wortel dan empal yang disuwir-suwir.

nasi empal pengampon surabayanasi empal pengampon surabaya 1

Sayangnya empal yang disajikan ini dingin, tidak panas. Andai empal yang disajikan ini panas dan digoreng terlebih dahulu, maka rasanya akan semakin nikmat dengan nasi yang mengepul. Untuk empalnya sendiri rasanya enak, empuk dan bumbu meresap sempurna. Porsi empalnya juga pas disantap dengan kering tempe kentang yang rasanya manis dan crispy. Oseng-oseng buncis wortel meskipun oily juga cocok dijadikan teman lauk lainnya.

Nasi babat, ini memang bukan pesanan saya. Tapi saya sempat mencicipi babatnya yang sukses direbus dan digoreng tanp ada bau prengus. Babat pun empuk dan bumbu sukses masuk meresap hingga kedalam babat.
nasi pengampon surabaya 2nasi babat pengampon 1

Menurut saya, bisa dibilang nasi empal pengampon ini enak tapi tidak secetar yang saya bayangkan, apalagi empal yang disajikan tidak panas menurut saya kurang nikmat. Perporsi nasi tersebut harganya Rp. 30.000,- dan minuman Rp. 4.000,-. Untuk wisatawan, kalau ada waktu lebih bolehlah mampir ke Nasi Empal Pengampon. Tapi jika waktu anda terbatas, saya lebih merekomendasikan "Depot Suramadu dan Nasi Cumi Waspada"


Nasi Empal Pengampon
Jl. Pengampon Gang II No. 3,
Surabaya

Open :
08.00 - 14.00
17.00 - 21.00

Telp :
031. 3520362


You Might Also Like

17 komentar

  1. Pernah sih dihadapin kondisi kek gini. Pas udah laper2nya mampir ke warung makan. Ndilalah ada menu pork setelah daftar menu dibaca pada sisi belakang.

    Karena suami ragu, akhirnya ninggalin dengan minta maaf sama pemilik warungnya langsung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih ngga ragu mba :D hehehe

      Cuma catatan aja buat teman-teman yang mau kuliner di Surabaya...

      Delete
  2. Biasanya aku sih sama kayak kamu mba. Ga terlalu mentingin halal tidaknya, selama yg aku makan bukan pork. Tp itu biasanya kalo sedang traveling ke negara yg mayoritas bukan muslim :D. Soalnya ribet ya bok. Tp kalo msh di negri sendiri, suamiku yg lgs ribut pasti.. jd kemungkinan besar dia pasti skip kalo ke sini. Aku penasaran banget pdhl ama nasu babatnya. Sukaaaa ama babat ;). Eh tapi kalo g panas memang kurang sih ya. Ga bisa kalo diminta panasin dulu sebelum dihidang ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar deh, saya tanyain si penjualnya hehehe biar ngga pada penasaran :D

      Ngga bisa lah mba, karena ramai banget :D terima yang dingin aja kecuali nasinya.

      Delete
  3. sukses lapernya pas lihat itu. Range harga segitu daerah surabaya termasuk middle apa mahal ya?

    ReplyDelete
  4. Dilematis juga ya pas liat menu eh kok ada pork nya. Kalo aku siy selama masih ada tempat makan lain di sekitar sana yang halal, ya akan ninggalkan warung itu dengan sopan. Hehehe. Padahal nasi empalnya menggoda sekaleeee :D.

    ReplyDelete
  5. foto-fotonya saja sudah menggugah selera apalgi aslinya.
    jadi pingin nyobain.
    thank infonya dan salam kenal

    ReplyDelete
  6. suka banget sama babat.. kayanya enak

    ReplyDelete
  7. Oh daerah bongkarang, deket kapasan yaaa kalo ngak salah ????
    Wajib di coba kalo mudik ke gresik nanti

    ReplyDelete