Hari ke-4 Korea : Gyeonggi English Village, Heyri Art Village dan Yang Good BBQ Lamb

Rencana hari itu saya ke Paju, daerah yang lokasinya hanya satu jam dari perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan. Namun jangan khawatir untuk keamanannya, karena Paju sangatlah aman dan kini banyak wisatanya yang dijadikan lokasi drama Korea. Maklumlah itinerary liburan saya tema utamanya mengunjungi drama Korea emak-emak penggemar drama Korea.

Naik Bus di Korea (Seoul-Paju)
Masih banyak wisatawan yang takut naik bus di Korea, alasannya mungkin karena tidak bisa membaca tulisan Hangeul. Memang benar sih, tidak ada satupun tulisan latin yang ada di bus, satu-satunya hanya ada nomor bus yang bisa kita baca untuk membedakan bus antara satu yang lainnya. Selain itu, di dalam bus Korea tidak ada tulisan pemberhentian mana untuk rute selanjutnya.

Bus di Korea ini hampir sama dengan bus di Singapore karena tidak ada penunjuk digital untuk pemberhentian. Nah, gimana turunnya kalo tidak mengetahui turun di mana? Satu-satunya cara adalah memberitahukan tujuan kita ke driver, saya selalu bersiap membawa kertas putih dan tulisan Hangeul untuk menunjukkan tujuan saya.




Jangan lupa untuk mengetahui nama halte atau stop bus yang menjadi tujuan kita. Selain itu kita harus mengetahui perkiraan durasi kita untuk sampai di halte yang kita tuju. Seperti tujuan saya ke English Village Paju sekitar 1 jam-an. Nah, ketika jam sudah menunjukkan 45 menit perjalanan saya sudah bersiap untuk melihat sekitar dan memberitahukan pemberhentian saya “lagi” ke driver. Jaga-jaga saja kalo dia lupa.

Cara naik bus di Korea adalah masuk dari pintu depan lalu menempelkan T-money kita, dan keluar pun lewat pintu dengan menempelkan lagi T-money di tempat yang sudah disediakan. Untuk biaya perjalanan bus menuju Paju, saya lupa persisnya karena secara otomatis langsung terpotong ketika saya menempelkan T-money ketika turun. Yang pasti selalu isi T-money minimal 10.000 won ketika akan berangkat.

Gyeonggi English Village dan Heyri Art Village
Gyeonggi English Village ini lokasi syuting running man yang sangat terkenal. Merupakan sekolah Inggris dengan asramanya yang lengkap. Ketika masuk kedalamnya terkesan seperti berada di Inggris karena bangunannya berwarna kecoklatan yang lengkap seperti kota yang terpisah dengan Korea. Plusnya banyak oppa ganteng para tentara yang jalan-jalan ke Gyeonggi English Village karena lokasinya berdekatan dengan tentara Korea, duh makin meleleh…

english village 30

Heyri Art Village pun sangat dekat dengan Gyeonggi English Village, jadi kamu cukup berjalan kaki menuju kesana. Ngga ada bus karena lokasinya berdekatan ya… Untuk cerita tentang Gyeonggi English Village dan Heyri Art Village sudah saya tulis lengkap beserta rincian biayanya di sini.

heyri art village 5
heyri art village 2
heyri art village 14

Dua lokasi ini cukup menyita waktu saya hari itu, saya kembali ke Seoul sekitar pukul 16.30. Sebenarnya ada lokasi Provence Village yang ingin saya tuju, namun karena cuaca yang tidak mendukung membuat saya kelelahan karena dingin yang ekstrim. Padahal lokasi Provence Village dijadikan syuting “My Love From The Star”.


Untuk itinerary menuju Paju sebaiknya berangkat sepagi mungkin dengan susunan itinerary seperti ini :


Gyeonggi English Village – Heyri Art Village – Provence Village – Paju Premium Outlet



Keempat tempat tersebut bisa dilahap dari pagi hingga malam hari, ya asalkan cuaca mendukung tidak seperti saya waktu itu…beberapa di atas itu lokasinya outdoor jadi kalo lagi panas ya kepanasan dan kalo dinginn pastinya kedinginan.


Kuliner Halal Yang Good BBQ Lamb
Sampai Seoul pastinya saya lapar sekali dan pengennya makan yang beraaaat banget. Yap, sengaja mampir ke Yang Good BBQ Lamb karena pengen makan daging. Bukan daging pork ya, tetapi halal yaitu daging domba.


hyang good korea
kuliner halal seoul 1

kuliner halal korea

Lokasi dan review lengkap Yang Good sudah saya tulis lengkap di sini. Ini salah satu restoran yang saya rekomendasikan karena halal dan enak. Suasana di Yang Good pun mengingatkan seperti makan di lokasi drama Korea karena ada tungku asap yang ada di setiap mejanya. Ya, bedanya kalo di drama Korea makan pork, kalo saya makan domba.

Yang GOOD Korean BBQ LAMB HALAL RESTAURANT
15 Nonhyeon-ro 95-gil, Gangnam-gu, Seoul, Korea Selatan

Open :
16.00 - 01.00

How To get To Yang Good Korean BBQ Lamb :
  • Yeoksan Station (line 2) exit 6
  • Ketika keluar station berjalan lurus hingga menemukan KFC yang posisinya di kiri jalan, lalu berbeloklah ke kiri
  • Setelah belok tadi, berjalanlah lurus hingga terlihat pertigaan, lalu beloklah ke kanan.
  • Setelah belok, jalan lurus hingga menemukan gang pertama yang bisa berbelok kiri. Nama jalan tersebut Nonhyeon-ro 95- gil
  • Setelah berjalan lagi hingga menemukan sign board Yang Good dengan warna kuning bergambar domba.
  • Yang pasti rutenya mudah sekali di temukan dan cukup dekat dengan pintu keluar station tadi.

You Might Also Like

2 komentar

  1. those villages are sooo cute :)...ini yang bikin Korea jadi favorit banyak orang ya..

    ReplyDelete