Panduan Memilih Web Hosting

Sebuah anggota grup yang saya ikuti sempat heboh karena ada salah satu anggota yang tiba-tiba artikel blognya menghilang dari deretan list google, padahal menurutnya artikel tersebut bukan hasil copy paste loh. Kalo kejadian demikian nggak ada hal yang bisa lakukan karena takdir berada di tangan google, iya nggak?

Ketika saya tanya ke teman saya tersebut, dia memiliki blog Top Level Domain (TLD) dengan berlangganan domain berbayar namun hosting tetap ikut blogspot atau google. Hosting adalah tempat menyimpan berupa, file, gambar, aplikasi suatu website atau blog yang database nya dikelola oleh suatu penyedia hosting.

Domain yaitu nama alamat website yang sesuai yang kita pesan personal, contohnya nama blog saya yaitu www.diarysivika.com. Tujuan memiliki domain dengan nama yang kita inginkan yaitu untuk lebih profesional dan personal, dan tentunya lebih mudah monetize dengan pihak ketiga di blog kita.

 

Jadi haruskah memesan domain dan juga hosting? Biasanya jika blosgpot rata-rata hanya memesan domain tanpa hosting, di blogspot hosting bisa gratisan dengan hosting gratis ikut google. Di blogspot tidak perlu membayar biaya hosting karena ada kapasitas sebanyak 15GB yang diberikan secara gratis untuk menyimpan file. Kalo mau hemat penyimpanan gambar gunakan upload gambar menggunakan link pihak ketiga.

Minusnya jika menggunakan blogspot yaitu blog dimiliki oleh Google, kita harus mematuhi peraturan yang diterapkan google karena kita tidak memiliki kontrol penuh. Seperti kasus teman saya tadi, sewaktu-waktu jika dianggap melanggar syarat dan ketentuan mereka maka artikel bisa dihapus kapan pun. Lebih mengerikan lagi blog dihapus. Padahal teman saya ini juga masih bingung kesalahan yang diperbuatnya, artikel langsung lenyap begitu saja. Solusinya harus rajin backup perbulan untuk mengamankan artikel dan data lainnya.

Jika wordpress kebanyakan selalu menggunakan domain+hosting karena ada kebijakan dari wordpress jika kita sisipkan link dofollow maka akan ada peringatan dari wordpress untuk tidak menerima kerjasama dengan pihak lain. Begitupula dengan memasang adsense di wordpress harus membeli hosting terlebih dahulu. Mau nggak mau pemilik wordpress harus sekaligus memesan hosting.

Bagi yang pertama kali mengenal dunia blogger memutuskan domain dan hosting memang bikin galau. Awalnya saya juga bingung lalu berkonsultasi tentang domain dan hosting di web hosting yang terpercaya. Beberapa yang harus diperhatikan yaitu:
  1. Berapa banyak pengunjung yang nantinya akan mengakses situs saya?
  2. Fitur seperti apa yang sebaiknya dimilliki oleh website saya?
  3. Apakah website saya nantinya resource-heavy?
  4. Seberapa besar website saya nantinya?

Kita bisa memulai terlebih dulu dengan paket shared hosting karena harganya murah & mudah dioperasikan. Nantinya paket hosting bisa Anda upgrade jika website sudah mulai ramai pengunjung.

Salah satu keistimewaan dari id.hosting24.com adalah memiliki:


  1. Customer Support 24/72. Jaminan Uang Kembali.
  2. Transfer Website Tanpa Biaya
  3. Domain Gratis & SSL Gratis
  4. Server Cepat dan Uptime 99.9%
  5. Teknologi Terbaru
Salah satu keunggulan dari id.hosting24.com karena Web hosting Indonesia premium dengan harga terjangkau yang memiliki pilihan website dengan layanan hosting unlimited. Bagi pemula atau developer, bisa menggunakan semua tool yang ada di paket website hosting dari id.hosting24.com. Nggak heran sih karena beberapa pilihan hosting dengan harga terjangkaunya, maka dari tahun 2004 hingga tahun 2017 memiliki 29 juta pengguna.


Dalam paket web hosting yang premium terdapat fasilitas website builder dan one-click script installer. Dengan menggunakan website builder kita bisa membuat template yang kita inginkan tanpa harus mengerti bahasa coding atau pemprogaman, kitapun tidak perlu repot karena pilihan template yang disediakan oleh id.hosting24.com cukup beragam. Ada juga akun email personal yang sesuai dengan domain yang kita inginkan.

Paket ini juga sekaligus gratis domain jika Anda membeli selama setahun. Dengan kurang dari Rp50.000 per bulan Anda bisa mendapatkan paket web hosting premium dan domain gratis jika pesan untuk minimal 12 bulan. Jadi Anda bisa hemat, tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli domain.

Selain paket web hosting, hosting24 juga memiliki paket hosting lain yang bisa anda pilih, misalnya saja VPS hosting, cPanel hosting, WordPress hosting, dan Reseller hosting. Jadi Anda tidak perlu khawatir dalam menentukan paket mana yang ingin Anda gunakan. 



Cara pembelian di id.hosting24.com cukup mudah yaitu:
  1. Pilih paket hosting Anda (jika bingung silahkan berkonsultasi dengan layanan customer service untuk mempertimbangkan hosting yang sesuai kebutuhan)
  2. Lakukan pemesanan
  3. Check out dan bayar (Checkout dengan pemilihan hosting yang sesuai lalu pembayaran bisa menggunakan visa, mastercard, paypal dan sebagainya).
Pasti sudah nggak bingung lagi yah memilih web hosting yang tepat? Sesuaikan dengan kebutuhan dan memilih provider web hosting yang tepat. Yuk menulis mulai sekarang :)

CONVERSATION

2 komentar:

  1. Kalo pilih jasa pengelola web hosting emang harus teliti.
    Karena salah2 blog kita malah suka down :D
    Btw cakep ya ada free SSL-nya jadi gak perlu bayar lagi :D

    ReplyDelete

Instagram

Follow Us