Banyak yang DM ke Instagram saya dengan pertanyaan,"Kak, Bagaimana cara membuat blog?". Ternyata saat ini dunia blogging banyak dilirik oleh sebagian orang, terutama iming-iming jika blog bisa di monetize seperti digital marketing, menulis artikel, diundang ke beberapa event atau jalan-jalan gratis.

Sebaiknya untuk memulai blog, skip dulu iming-iming yang menggiurkan, mulailah dengan menulis untuk memberikan informasi kepada orang lain atau menyalurkan hoby. Jika kemudian bisa di monetize itu adalah bonusnya. Setelah itu buatlah blog dengan domain murah



Oke, kembali lagi ke topik.."Cara Membuat Blog?'' rincian dan panduannya yaitu"

  1. Membuat Email Gratis
    Sebelum mendaftar suatu blog adalah memiliki email. Kabar baiknya email itu gratis :) ini semua orang kayaknya sudah tahu ya hehehehe...
  2. Membuat Blog Gratisan
    Untuk mendaftar blog bisa langsung di blogspot, wordpress atau tumblr. Kalau blog saya yaitu memakai blogspot karena menurut saya mudah dibandingkan dengan wordpress. Tapi teman saya yang memiliki wordpress katanya lebih asik wordpress karena lebih profesional. Sebaiknya googling dulu antara wordpress atau blogspot ya... 

    Untuk nama blog jangan terlalu ribet, gampangnya sih cuma dua kata karena katanya kalau 3 kata lebih susah diingat. Tapi kok diarysivika.com lebih dari 3 kata? heheheh sudah terlanjur bapak ibu...tapi ranking artikel di pencarian google tetap aman :)
  3. Download Template Gratisan
    Biasanya template gratisan yang ada di blogspot atau wordpress kurang kekinian yang cenderung warna-warni, karena biasanya pemilik atau pembaca blog lebih suka template yang serba putih. Tenang aja kalian bisa cari di themexpose yang sesuai dengan desain yang kalian sukai. Template bisa download gratis dan cara pasang templatenya mudah banget. 
    Pilih template yang menarik
  4. Berlangganan Domain Murah
    Untuk membuat blog lebih personal/profesional menjadi Top Level Domain maka harus berlangganan domain. Nah, blog itu sebenarnya gratis tapi jika mendaftar di blogspot atau wordrpress maka nama blog kita menjadi diarysivika.blogspot.com atau diarysivika.wordpress.com. Jika kita TLD kan menjadi www.diarysivika.com maka harus berlangganan domain. 

    Mahal nggak berlangganan domain? domain murah, kok. Berlangganan domain murah bisa di domainesia.com untuk mengubah ke .com cuma Rp. 99.000,-/tahun. Pilihannya ada .com, net, id, org dan banyak lainnya. Awal mengubah dari blog gratisan menjadi TLD pasti kita akan kesulitan settingnya, tapi di domainesia ini bisa live chatting atau lihat di youtube untuk tutorialnya mudah banget. Saya yang nggak faham kode html pun nggak kesulitan. 
    DomaiNesia
    beberapa pilihan harga di DomaiNesia

    Saya tertarik berlangganan domain murah di domainesia karena ada fasilitas DNS Management secara gratis. Jadi DNS Management ini akan mengarahkan domain ke seperti A record, CNAME, MX dan lain-lain ke layanan / server lain. Misalnya nih pemilik blogspot meskipun tanpa order hosting tetap bisa membuat domain. Berlaku juga untuk wordpress atau tumblr. 

    Tak kalah pentingnya di Domainesia yaitu ada fasilitas Private Whois. Private Whois ini untuk merahasiakan data pemilik blog seperti nama, alamat atau nomor hp. Pernah tuh karena saya nggak tahu tentang private whois saya pernah berlangganan domain tanpa memiliki private whois. Nah pembaca saya banyak yang tiba-tiba WA saya atau telephone nanya-nanya tentang trip. Setelah saya telusuri bagaimana bisa mereka WA saya, ternyata data blog saya bisa di googling lengkap mulai nama, alamat dan nomor telepon. 

    Nggak masalah sih kalau cuma nanya tentang artikel, tapi kalau disalah gunakan maka bisa bahaya. Lalu saya lalu berlangganan domain yang ada private Whois nya 

  5. Mengubah http Menjadi https
    Sejak tahun 2018 yang lalu pemilik blog yang masih menggunakan http maka dianggap koneksinya tidak aman, dan mudah diserang malware atau hacker. Untuk itu maka protokol harus diganti menjadi menjadi https. 
    http menjadi https

    Bagi pemilik blogspot untuk setting menjadi https ini mudah banget. Klik setelan-dasar-lalu klik ketersediaan https, setelah itu protokol akan berpindah ke https. Oia, traffic blog akan berkurang selama dua bulanan karena indeks google proses mengalihkan dari http ke https berdasarkan artikel kita satu persatu.
  6. Menentukan Tema Blog
    Kalau kalian lihat blog saya diarysivika.com adalah bertema food, travel and lifestyle. Sebenarnya tema saya cakupannya luas karena ada kata lifestyle, namun saya mempunyai standarisasi tema tulisan bukan curhatan ala ibu-ibu hehehehe... saya fokus ke cerita kuliner, catatan perjalanan dan lifestyle lebih ke tips atau liputan event. 

    Menurut saya tema dalam penulisan blog itu sangat penting untuk menyasar pembaca. Ada beberapa tema misalnya blog resep masakan, parenting, teknologi, keuangan dan beberapa lainnya. Intinya kalau pembaca tahu tentang tema blog kita maka akan lebih mudah untuk mengingat blog kita.
Wah gimana mudah kan, "Cara Membuat Blog?" Selain itu biaya berlangganan domain murah mulai Rp. 99.000,- Setelah itu konsisten menulis agar blog tetap hidup. Blog juga merupakan digital marketing masa kini karena jika kita menulis berita di media sosial tidak bisa ditulis secara panjang atau banyak. Jika di blog atau website tentunya pesan atau berita bisa banyak ditampilkan. Namun, untuk memiliki blog haruslah memiliki domain yang baik.