Setelah belajar reksadana selama beberapa bulan, sekarang saya tahu banget perbedaan reksadana dan menabung. Jadi apa sih Reksa dana? Reksa dana Adalah program investasi yang menggabungkan modal dari banyak investor, dan berinvestasi pada beragam instrumen, serta dikelola secara profesional oleh perusahaan pengelola aset. Lah lalu kalau menabung apa donk? hehehe pasti sudah tahu kan...

Reksa Dana ini melalui proses pembelian (subscription) Ketika kita berinvestasi di reksa dana, dana yang kita investasikan dibelikan “unit” reksa dana. Untuk melihat hasilnya maka kita harus memantau nilai investasi kita yang akan naik-turun seiring dengan naik-turunnya harga unit reksa dana. Sedangkan untuk pencairan (redemption) bisa dilakukan kapanpun, ketika dirasa nilai investasi telah berkembang cukup banyak, kita dapat mencairkan “unit” reksa dana kita, dan menikmati hasilnya.



Invest reksa dana ada 4 yaitu Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Campuran dan Reksa Dana Saham. Karena Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan Tetap sudah saya bahas di artikel sebelumnya, maka sekarang saya akan mengulas Reksa Dana Campuran dan Reksa Dana Saham.

Reksa Dana Saham 
Kalau dulu reksa dana dianggap hanya untuk yang memiliki banyak uang, nyatanya reksa dana itu sangat fleksibel seuai dengan kemampuan kita. Seperti Reksa Dana Saham ini memiliki keuntunganya paling tinggi namun memiliki risikonya paling besar. Kalau belum lihai sih mending pilih yang Reksa Dana Pasar Uang atau Reksa Dana Pendapatan Tetap yang alon-alon asal kelakon.

Reksa Dana Saham memiliki potensi hasil & fluktuasi tinggi. Sebaiknya Reksa dana saham ini untuk tujuan jangka panjang di atas 7 tahun. Reksa dana bisa dibeli dengan harga mulai Rp. 10.000,-



Reksa Dana Campuran
Reksadana campuran merupakan kombinasi investasi dalam berbagai instrumen lebih beragam. Dibandingkan dengan Reksa Dana Saham yang memiliki risikonya paling besar, reksa dana campuran ini resikonya lebih kecil namun keuntungannya juga tinggi meskipun tidak setinggi reksa dana saham. Keuntungannya jangka menegah dengan investasi pada saham, obligasi dan pasar uang.

Reksa dana campuran dengan tujuan jangka menengah 5-7 tahun. Cukup fluktuatif dengan potensi hasil sedang. Komposisi bisa diubah sesuai tujuan investasimu. Ibaratnya makin pendek jangka waktunya makin besar porsi pasar uangnya, begitu pun sebaliknya. Untuk ivestasinya minimal Rp 100.000,-

Semoga tidak makin bingung ya tentang Reksa Dana Saham atau Reksa Dana Campuran. Intinya pilih lagi sesuai kemampuan :) Mari reksa dana di Manulife nanti dijelaskan dengan lebih lengkap.