Traveling dari Jakarta ke Malang, memang paling seru jika menggunakan kereta. Kereta yang melayani rute dari Jakarta ke Malang ini memang cukup beragam,  seperti kereta api Gajayana, Bima dan yang lainnya. Masing-masing nama kereta, mempunyai layanan, dan fasilitas yang berbeda-beda. Kereta api Bima, salah satunya. Ini adalah salah satu kereta eksekutif yang melayani titik keberangkatan dari 2 arah, baik dari Stasiun Jakarta – Gambir dan stasiun Malang – Kotabaru. Anda yang ingin menggunakan kereta api ini, sebagai moda transportasi ke kawasan Malang dari Jakarta, ada baiknya jika membaca ulasan berikut ini. 



1. Cari Kereta Api Anda
Untuk mempermudah Anda dalam memperoleh tiket kereta api dari KA Bima ini, ada baiknya jika menggunakan aplikasi Traveloka, yang dapat diakses melalui website resminya di https://www.traveloka.com/id-id/kereta-api/bima atau menggunakan apikasi Traveloka di ponsel pintar Anda.  Setelah masuk ke halaman pertama, Anda akan mulai memasukkan beberapa informasi, seperti kota / stasiun awal, dan kota / stasiun tujuan Anda. Dalam hal ini, Anda juga perlu memasukkan tanggal perjalanan, dan juga jumlah penumpang yang akan ikut dalam kegiatan tersebut. Informasi seperti ini akan Anda dapatkan di menu transportasi kereta api. 

2. Pilih dan Pesan Kereta 
Berikutnya Anda akan masuk ke kolom pilih kereta. Karena kereta api dari Jakarta menuju Malang ini cukup banyak, dan kali ini Anda ingin menggunakan kereta api Bima, maka pilih berdasarkan nama kereta, dan pilih KA Bima. 

Dari sana akan muncul jadwal keberangkatan menggunakan KA Bima. Umumnya akan berangkat pada pukul 16.40 dari Stasiun Jakarta Gambir dan sampai ke Stasiun Malang – Kotabaru pukul 08.27. Perjalanan akan berlangsung selama 15 jam 47 menit, dengan transit di beberapa stasiun utama.

Dalam lembar informasi ini, Anda akan memilih tiket, berdasarkan posisi tempat duduk, posisi tempat duduk tersebut akan menentukan harga tiket yang akan dibayar kelak. Ada beberapa tiket yang dibandrol dengan harga standar, dan ada juga yang lebih mahal. Artinya semakin strategis dan nyaman posisi tempat duduk Anda maka harga yang ditawarkan juga akan semakin berbeda. Apabila setuju, tekan tombol pesan sekarang. 

    3. Lengkapi Data Pemesan dan Penumpang  
Pada lembar berikutnya, Anda akan diminta untuk mengisi beberapa data penting, yaitu data pemesan dan penumpang kereta. Untuk data pemesan, Anda akan memasukkan nama lengkap pemesan yang sesuai di KTP/ SIM atau juga Paspor. Ada juga no handphone yang masih aktif, serta alamat email. Pastikan alamat email yang dimasukkan masih aktif, dan Anda gunakan. 

Berikutnya ada data penumpang, tidak jauh berbeda dengan data pemesan, dalam hal ini, Anda akan memasukkan nama lengkap penumpang, dan informasi lainya. Jika data penumpang lebih dari 1, maka isi data penumpang sejumlah dengan jumlah penumpan itu sendiri. Pastikan semua data yang Anda isi benar !   

Yang perlu ditekankan disini adalah usia anak-anak dan bayi berbeda. Jadi dalam hal ini, perhatikan dengan baik usia anak, apakah masih termasuk bayi atau anak-anak. Usia bayi, umumnya, dari 0 hingga 3 tahun, dengan harga tiket yang terbilang lebih murah.

4. Lakukan Pembayaran
Sebelum masuk ke halaman pembayaran, Anda akan diminta untuk memperhatikan ulang, berbagai keterangan yang dimasukkan di awal. Pada sesi pembayaran disini, Anda akan diminta untuk memilih salah satu dari beberapa metoda pembayaran yang ada di pihak Traveloka. Pastikan Anda melakukan pembayaran sebelum dalam batas waktu yang ditentukan. 

Adapun, sistem pembayaran yang diminta oleh pihak Traveloka ini cukup beragam, mulai dari sistem pembayaran menggunakan kartu kredit, transfer dan menggunakan ATM, menggunakan kartu debit, membayar di Alfamart atau Indomart, menggunakan aplikasi Saldo uangku, hingga menggunakan PayLater. 



5. Dapatkan e-tiket 
Setelah proses pembayaran selesai, berikutnya tunggu sekitar 20 menit. Buka email Anda, dan informasi e-tiket akan Anda peroleh. E-tiket ini akan langsung Anda peroleh, guna memberikan layanan pribadi, dalam transaksi online tersebut. Jadi dalam hal ini, pastikan alamat email yang dimasukkan di awal tepat.  E-tiket ini, yang nantinya dapat Anda gunakan, untuk ditukar menjadi tiket boarding pass di stasiun keberangkatan Anda. Jadi artinya layanan ini akan semakin mempermudah dan menyamankan Anda untuk traveling ke kawasan Malang.