Kalau kalian lagi di Bali dan pengen kulineran, apa yang kalian pikirkan? Kalau saya sih ingatnya sama ayam betutu yang lengkap dengan sambal matah, lawar dan sate lilit dengan nasi putih panas yang mengepul. Nah salah satu referensi kuliner halal yang terkenal dengan ayam betutunya yaitu Ayam Betutu Halal MUI Ibu Nia.



Ayam Betutu Ibu Nia dengan Sertifikat Halal dari MUI
Mencari makanan halal di Bali bisa dibilang gampang-gampang susah. Pun ayam betutu demikian juga, karena kadang ada restoran yang menyediakan ayam betutu tapi belum mendapatkan sertifikat halal MUI. Bagi umat islam, mengonsumsi ayam memang diperbolehkan namun jika tidak dipotong secara islami dan tidak menggunakan bahan-bahan yang diperbolehkan oleh agama maka akan menjadi haram.

Ayam Betutu Ibu Nia sudah mendapatkan sertifikat halal MUI sejak tahun 2018, jadi mulai dari pemilihan ayam hingga bahan-bahannya sudah terverifikasi dari MUI. Makanya nggak salah sih kalau restoran Ayam Betutu Ibu Nia sering menjadi “jujugan” rombongan tour dan traveler.



Menu Ayam Betutu Ibu Nia
Eh apa ada yang masih belum pernah atau tahu tentang ayam betutu? Ayam betutu merupakan ayam yang dipanggang atau digoreng dengan bumbu rempah-rempahnya yang melimpah serta rasanya yang cenderung pedas. Keistimewaan Ayam Betutu Ibu Nia menggunakan bumbu genep khas Bali atau 15 bumbu rahasia yang rasanya otentik bali.

Kalau makan di Ayam Betutu Ibu Nia ada beberapa pilihan menu yaitu Ayam betutu original 1 ekor, ayam betutu goreng 1 ekor, ayam betutu original 1 porsi, Ayam Betutu Goreng 1 Porsi, Nasi Campur Ayam Betutu dan beberapa menu lainnya.






Favorit saya kalau lagi di Bali, sukanya milih yang nasi campur karena lengkap dengan lawar, sate lilit, telur, kacang tanah, kangkung, krupuk dan pesan yang 1 ekor ayam betutu yang original. Percaya deh 1 porsi atau 1 potong ayam betutu bakalan kurang karena nagih banget.

Ayam Betutu memang cocok banget untuk pecinta pedas kayak saya ini. Saya suka makannya pakai tangan, lalu makan ayamnya dengan bumbu kuningnya yang empuk banget sambil dicocolin pake sambal. Kalau nggak suka sama makanan pedas bisa pilih yang betutu goreng.

Di Ayam Betutu Ibu Nia juga terdapat 3 sambal yaitu sambal terasi, sambal matah, dan sambal embe yang kalian bisa ambil sepuasnya. Sambal embe tuh ciri khasnya dari bawang goreng yang melimpah dengan potongan cabainya, samba matah merupakan sambal dengan potongan bawang merah mentah dengan cabai yang dguyur dengan minyak. Ah pokoknya kalian bakalan kalap deh sama sambal Bali yan berciri khas.





Ciri khas Ayam Betutu Ibu Nia
  • Menggunakan “bumbu genep” – bumbu khas Bali yang berlimpah
  • Menggunakan minyak tanusan/minyak kelapa, bukan kelapa sawit
  • Rasa pedas dari cabe dan bumbu rempah, bukan merica
  • Tersedia 3 jenis sambal khas Bali yaitu sambal terasi, sambal matah, dan sambal embe. Untuk santap di tempat bisa ambil sambal sendiri sepuasnya.
  • Enak, halal, sukla, dan higenis, sudah tersertifikasi, hanya menggunakan bahan-bahan segar berkualitas.

Lokasi Ayam Betutu Ibu Nia
Lokasi Ayam Betutu Ibu Nia strategis dan mudah ditemukan dengan bantuan GPS.
Jl. Merdeka No. 1, Renon, Denpasar, Bali
HP/WA: 0823-3913-4073 / 0813-3830-4000


Outlet Sidakarya
Jl. Pendidikan No. 86, Sidakarya, Denpasar, Bali
HP/WA: 0857-3883-1646 / 0813-3830-4000



Okay, jangan lupa mampir ke Ayam Betutu Halal Ibu Nia di Bali karena rasanya sudah pasti enak. Selain itu kalian juga bisa bawa keluar kota karena kita bisa memesan dengan kemasan khusus untuk dibawa ke luar kota