Tahun ini saya tidak ada niatan sama sekali untuk menurunkan berat badan. Mungkin karena terbiasa menjadi wanita gemuk, segala hujatan dan makian kebal ditelinga saya. Hingga suatu hari saya tiba-tiba ngos-ngosan dengan detak jantung yang cepat, waktu itu selang seminggu ketika Asraf Sinclair meninggal dan juga pernah enak-enaknya saya berbincang dengan teman saya, tiba-tiba hidung saya mimisan. Hah ada apa dengan tubuh saya? Lalu singkat cerita saya mulai untuk diet menggunakan DEBM (Diet Enak Bahagia Menyenangkan).




Tentukan Motivasi Untuk Diet


Saya mulai gemuk ketika saya hamil anak pertama. Waktu itu saya naik 25 kg, lalu anak saya lahir turun sekitar 8 kg. Harusnya setelah itu saya harus diet mengatur pola makan tapi bukanya malah turun, eh malah naik entah berapa kilogram, tepatnya mungkin sekitar 35 kg. Ayah saya saja sampai sedih, bahkan beliau rela menggelontorkan dana supaya saya kurus diklinik pelangsingan, tapi karena saya nggak ada niat diet, saya tidak pernah mengiyakan. 

Intinya jika kalian pengen diet, temukan motivasi kalian, seperti saya diet untuk kesehatan. Bukan berarti sekarang saya lagi nggak sehat ya..tapi alhamdulilah saya benar-benar sehat. Waktu saya ngos-ngosan dengan jantung yang cepat, ternyata saya kena asam lambung. Lalu yang tiba-tiba mimisan, saya pikir waktu itu saya sedang banyak pekerjaan yang membuat saya pikiran. Saya cek semua kondisi mulai dari asam urat, kolesterol, tes lemak dalam darah dan jantung, alhamdulilah meskipun gemuk saya sehat-sehat saja. Namun saya sudah berkomitmen untuk hidup sehat, mumpung masih pandemi jadi saya jarang keluar rumah untuk kulineran. 

Ada teman saya yang diet berhasil karena dia cerai dengan suaminya karena dibilang kuda nil. Duh jahat banget ya lelaki... Ada juga karena tidak betah diolok-olok orang. Jujur nih saya selalu berpikir kenapa orang jelek nggak pernah dicaci maki tapi kalau orang gemuk selalu dicaci maki. Ternyata orang gemuk bikin orang yang lihat itu begah atau ikutan sesak lihatnya. Padahal yang menjalani (maksudnya saya yang gemuk) biasa aja loh..



Pengertian DEBM


Dalam 4 bulan DEBM saya turun hingga 25 kg. Pun saya benar-benar bahagia dan nggak ada tekanan dalam diet yang saya lakukan. Intinya saya tidak merasa lapar dan saya juga tidak merasa tertekan. Terus terang saya pernah mencoba beberapa diet seperti nggak makan nasi, diet Herbalife (dibelikan ayah saya), Diet Melilea (juga dibelikan ayah saya) tapi efeknya membuat psikologis saya tertekan karena lapar malah uring-uringan.

Rumus Pola Diet DEBM yaitu :

  1. Rendah Karbohidrat Namun Tinggi Lemak dan Protein. (makan daging boleh, makan dada ayam boleh, ikan tuna, ikan tilapia dsb).
  2. Tidak Makan Gula Sama Sekali
  3. Tidak Makan Buah Pisang, Pepaya, Melon dan Semangka. Buah lainnya boleh, apalagi alpukat. Namun karena alpukat mahal jadi saya hampir nggak pernah makan alpukat
  4. Minum Air Putih Minimal 3 Liter
  5. Tidak Makan lagi Mulai Jam 6 Sore
  6. Tidak Makan Gorengan Sama Sekali. Semua makanan saya oven, kukus atau jika pengen gorengan saya menggunakan olive oil
  7. Wajib olahraga tiap hari karena saya sudah tidak muda takutnya wajah saya kendor atau gelambir.

Apakah DEBM sama dengan Diet Keto? Sebenarnya DEBM pamornya tidak seterkenal dengan Diet Keto. Mungkin karena Diet Keto lebih dulu, dan DEBM baru ngehits akhir-akhir ini. Perbedaan dari kedua diet ini adalah jika Diet Keto menganjurkan banyak lemak hampir 95% dan 5% karbohidrat. Sedangkan DEBM tidak harus menggunakan banyak lemak, asal pengurangan gula dan pengganti karbohidrat menggunakan mie atau nasi shirataki dan kentang tidak diperbolehkan.


Tips dan Memulai DEBM yang Seperti Saya Lakukan


Diet yang saya lakukan ini memang berdasarkan dari panduan yang saya baca-baca diinternet, namun tidak menggunakan ahli gizi. Jadi metode yang saya lakukan belum tentu baik atau berhasil dalam beberapa orang. Intinya kalian harus benar-benar memahami tubuh kalian.

Resep Makanan/Diet yang saya jalani seperti ini:
  • Pagi Hari bangun tidur saya minum VCO (Virgin Coconut Oil) 1 sdm
  • Minum Air Putih 1 gelas (jujur saya nggak bisa minum air ketika bangun tidur, rasanya aneh saja.
  • Makan 1 buah apel, kadang 1 buah pir atau jambu air sunpride (ingat jangan pernah makan pisang, melon, semangka atau pepaya karena akan menggagalkan diet kalian).
  • Kalau saya sedang tidak ada buah maka saya minum WRP supaya saya banyak serat dan bisa BAB lancar. Ya, kadang meskipun saya banyak sayur malah BAB saya susah.
  • Makan Siang dengan Makanan sayur-sayuran seperti salad, spring roll, mie shirataki, atau sup jepang dsb.
  • Lalu makan sore saya makan buah dan biasanya saya masih ngemil makanan rendah kalori seperti snack trick
  • Malam hari kalau pengen ngopi saya minum Good Day Mocacino dengan kalori sekitar 110
  • Kalau lapar banget saya minum WRP, tapi ini ketika saya paginya nggak minum WRP.
  • Awal-awal diet saya menggunakan metode kalori yang nggak boleh lebih dari 1000 kalori
  • Malam hari saya Zumba sekitar satu jam dengan video di youtube. Olahraga saya lakukan malam hari karena kalau pagi atau siang saya takut nafsu makan meningkat. Nah kalau malam kan habis Zumba bisa langsung tidur.

Diet di atas saya lakukan selama 4 bulan hingga menurunkan 25 kg. Namun biasanya Sabtu-Minggu masih cheating day makan-makanan yang saya sukai.

                                  Menu kacau awal saya diet : Tuna + Brokoli + Tofu = 300 kalori


Untuk resep DEBM sering-seringlah nonton youtube tentang menu makanan sehat. Tapi ingat ya makanan sehat seperti salad memang full sayuran, namun jika diguyur dengan mayonaise maka kalorinya tinggi. Seperti satu sendok mayonaise kalorinya bisa 100 kalori.




DEBM boleh menggunakan keju, atau malah dianjurkan. Jujur nih saya suka sekali makan-makanan yang mengandung keju, pasta, pesto atau apapun yang molor-molor. Nah kalau DEBM malah diperbolehkan, mungkin karena inilah yang membuat nama DEBM menjadi Diet Bahagia dan Menyenangkan. 

Beberapa Resep Dalam DEBM yang Sempat Saya Dokumentasikan. Lain kali saya akan bikin resepnya di blog (kalau ada yang tertarik sih hehehe...) 

2020-09-14_09-41-02
2020-09-14_09-40-25
2020-09-14_09-39-39
2020-09-14_09-39-04
2020-09-14_09-37-31
2020-09-14_09-36-51
2020-09-14_09-36-33
2020-09-14_09-35-47
2020-09-14_09-35-16

Jadi berat badan saya sekarang berapa? Mohon maaf saya masih malu mengakui berat badan saya, kalau sudah body kayak Jenny Blackpink akan saya ungkap ke Publish wakwakwak. Tapi ini foto dan video saya before dan after pasti kalian akan percaya body aduhai saya yang dulu saya banggakan kini mulai turun.

Foto Sebelum Diet

DEBM 2

DEBM 1

Foto Setelah Saya Diet DEBM

BeautyPlus_20200912224856776_save_copy_2048x3103

BeautyPlus_20200829094547922_save


Detox Tubuh Sekitar Seminggu Sebelum Diet

Untuk membantu kinerja metabolisme tubuh, seminggu sebelum saya diet saya mengonsumsi susu bear brand selama seminggu yang saya minum pagi dan sore hari. Kadang juga saya selang-seling pagi hari minum susu bear brand dan sorenya saya minum degan ijo. Tujuannya selain untuk metabolisme juga mengeluarkan racun. Tapi ingat ya degan ijonya harus benar-benar asli tanpa gula sama sekali.

Selama seminggu detox, saya makan seperti biasa. Lalu dalam 4 bulan ketika badan saya benar-benar stuck, saya detox kembali dengan minum susu dan degan seperti saya memulai diet.


Aplikasi yang Membantu saya Diet


Aplikasi yang membantu saya diet bernama Fat Secret. Aplikasi ini untuk mengetahui berapa maksimal kalori yang boleh dikonsumsi oleh tubuh kita, kalau saya maksimalnya yaitu 1700 kalori. Tapi saya defisit kalori di bawah 1.700 untuk penurunan berat badan.

Dalam aplikasi ini juga bisa mengetahui kalori dari makanan yang saya konsumsi. Misalnya nih apel sedang itu kalorinya 72 atau ote-ote alias gorengan sebiji 45 kalori. Tapi makan ote-ote biasanya bisa habis 3 buah jadi kalikan saja dengan 3 gorengan.

Lalu kita juga bisa mengisi target berat badan yang kita inginkan dan perkiraan dalam berapa bulan bisa mencapai berat badan ideal kita. Selain itu kita juga bisa sharing dan berbagi tips dengan user lainnya. 

Hasil Akhir DEBM yang Membuahkan Hasil

DEBM ini benar-benar membuat psikologis saya tidak terganggu, saya nggak pernah uring-uringan meskipun perut saya diisi dengan kalori yang rendah. Pun untuk mengurangi tekanan batin, saya menimbang badan hanya seminggu sekali. Percaya deh timbangan itu bikin emosi naik turun, kita akan kecewa kalau lihat turun sedikit padahal udah usaha.


BeautyPlus_20200826124840695_save-01

Bagaimana saya mengetahui saya turun berat badan? dari komentar yang saya terima dari beberapa orang yang saya temui. Paling sering sih komentar bapak-bapak, ternyata bapak-bapak tuh kelihaan sok cuek tapi kalau pipi atau pantat berkurang mereka lebih tahu daripada para perempuan. 

Intinya dietlah demi kesehatan, apalagi ibuk-ibuk yang sudah bersuami jangan berprinsip.."halah wes payu ae kate lapo...." Terus terang, suami saya nggak pernah nyuruh saya diet atau bully saya ketika saya gemuk, namun ketika saya berat badan turun dia bahagia dan suport saya. Wah jangan-jangan selama ini dia tekanan batin wakwakwak...

Dari DEBM inilah saya merasa tubuh saya bugar. Saya sudah nggak mendengkur ketika tidur. Jarang migrain dan bahkan ketika menstruasi hari pertama badan saya tidak sakit. Tips terakhir dari saya Dietlah untuk membahagiakan diri anda dulu baru orang lain. Jika motivasi diet anda tidak cukup jangan mulai untuk diet.

Vlog Masih Gemukan
 

Vlog Ketika Sudah Turun 25 kg  

Noted :
Diet saya yang Turun Hingga 25kilogram saya dedikasikan untuk ayah saya yang meninggal 3 tahun lalu. Bahkan saya dengan bangganya ke makam ayah saya untuk memperlihatkan body saya. Saya sampai menangis ingat ayah saya ke rumah membelikan saya teh Melilea dan Herbalife tapi saya nggak bisa meminumnya karena saya benci bau herbal yang ada pada minuman. ah..kok nulisnya jadi nangis sih ayah. 

Masih ada target sekitar 7-10 kg dengan DEBM. Semoga saya berhasil karena saat ini sudah hampir 3 minggu saya vakum DEBM.