Sejak pandemi, banyak orang yang ingin mengubah gaya hidup sehat. Nggak jauh-jauh, contohnya saya aja yang karena ada Corona baru sadar kesehatan itu mahal harganya. Sejak di rumah karena pandemi, saya jadi rajin masak dengan menu sehat untuk keluarga. Pun saya juga mengubah gaya hidup sehat dengan dimulai dengan rajin berolahraga dan mengurangi berat badan.

kesehatan

Untuk memudahkan dalam pengaplikasian program diet, saya menggunakan 3 aplikasi kesehatan supaya bisa memantau program diet. Diet yang saya jalani adalah Diet Enak Bahagia Menyenangkan (DEBM) atau mirip dengan Diet Keto. Aplikasi yang saya gunakan adalah aplikasi olahraga, aplikasi menu diet dan aplikasi pantauan kalori makanan.

Berikut rekomendasi 3 aplikasi kesehatan untuk program diet :

Lifesum - Diet Plan, Macro Calculator & Food Diary

Lifesum adalah sebuah aplikasi yang menghitung konsumsi makanan harian yang kita makan. Melalui aplikasi ini kita bisa memasukkan daftar makanan yang sudah kita makan lengkap dengan penghitung kalorinya.


lifesum

Sebelum masuk ke aplikasi lifesum, kita memasukkan target/program yang ditawarkan. Ada 3 program yaitu Lose Weight (mengurangi berat badan), Maintain Weight (kebiasaan baik untuk hidup sehat) dan Gain Weight (menambah berat badan). Kalau saya jelas target yang saya inginkan adalah mengurangi berat badan.

Setelah itu mengisi aplikasi dengan data diri yang lengkap dengan tinggi, berat saat ini dan target berat badan yang diinginkan. Lalu login. Ada beberapa program yang ditawarkan seperti 3 week loss, keto burn dan sebagainya.

Dalam tampilan menu diary kita memasukkan menu Breakfast, Lunch, Dinner, Snack, dan Exercise yang diisi dengan menu yang sudah kita lahap maupun rencana meal plan untuk memantau makanan yang akan kita makan.

Meski aplikasi ini dari Luar Negeri, namun makanan Indonesia tetap ada kalorinya, sepert tempe goreng, tahu goreng, bakso, batagor dan sebagainya. Air putih terpantau minimal 2 liter yang dapat kita masukkan kedalam aplikasi. Untuk exercise/olahraga juga bisa dimasukkan kedalam aplikasi sebagai penghitung kalori yang sudah terbuang.

Mengapa kita harus membeli aplikasi ini berbayar meskipun ada gratisannya? Jika kita berlangganan aplikasi ini maka akan memberikan banyak tipe diet, mulai dari high protein, classic diet, hingga keto. Lalu ada target maksimal kalori yang masuk ke tubuh. Tipe diet juga dikondisikan dengan beberapa pertanyaan untuk mengetahui tingkat kesehatan kita. Jadi benar-benar terkontrol dietnya, nggak asal saja.

Saya berlangganan Lifesum dengan beli aplikasi google play untuk berlangganan selama 3 bulan. Sekarang sih nambah jadi 12 bulan karena tahu banget manfaatnya aplikasi ini.

Percaya atau nggak, selama 3 bulan menggunakan aplikasi ini, berat badan saya turun sekitar 25 kilogram loh. Ada 3 paket yang ditawarkan selama 3 bulan, 6 bulan dan juga 12 bulan.

Total Keto Diet: Low Carb Recipes & Keto Meal Plan

Ketika saya sedang diet, adakalanya merasa bosan dengan menu yang biasa kita masak yang itu-itu saja. Nah saya tuh terbantu sekali dengan aplikasi Total Keto Diet.

total keto

Total Keto Diet adalah aplikasi diet keto yang dilengkapi dengan resep rendah karbohidrat & makanan keto. Ada banyak ribuan resep keto yang lezat, pelacak kalori & makro, pelacakan olahraga, rencana makan keto khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh kita.

Bagi para pemula diet keto, aplikasi ini wajib banget didownlod karena ada panduan diet keto, lalu daftar belanja baik harian atau mingguan supaya anggaran diet dapat terkontrol. Aplikasi ini membantu saya untuk membuat jadwal makanan yang harus saya konsumsi dan lengkap dengan resepnya yang praktis.

APA ITU KETO DIET?

Diet keto (juga dikenal sebagai diet ketogenik, diet rendah karbohidrat dan diet LCHF) adalah diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Mempertahankan diet rendah karbohidrat bagus untuk menurunkan berat badan. Selain itu, menurut semakin banyak penelitian, diet rendah karbohidrat membantu mengurangi faktor risiko diabetes, penyakit jantung, stroke, Alzheimer, epilepsi, dan banyak lagi!

Saat Anda menjalani diet ketogenik, Anda dapat :

• Menurunkan lemak tubuh

• Memiliki tingkat energi yang konsisten sepanjang hari

• Tetap kenyang setelah makan lebih lama, dengan lebih sedikit ngemil dan makan berlebihan

Woman Fitness

Selama pandemi saya rajin banget bergerak untuk cari keringat. Pengennya sih renang ya, karena berenang tuh kalorinya cepat banget terbuang, tapi apa daya masih Social Distancing.

Akhirnya saya cari aplikasi fitness dan menemukan aplikasi kesehatan yaitu Woman Fitness. Aplikasi yang hanya focus untuk 7 menit sehari saja untuk membentuk tubuh sehat. Latihan olahraganya meliputi untuk membakar lemak perut, mengencangkan bokong, merampingkan kaki, mengecilkan lingkar pinggang, dan membentuk tubuh.


women fitness

Sebenarnya untuk mendapatkan aplikasi Women Fitness ini gratis, namun adakalanya diselingi dengan iklan. Lagi asik-asiknya ngangkat kaki eh ada jeda iklan. Lalu saya berlangganan Women Fitness untuk menghapus iklannya. Tinggal download aja di Google Play lalu remove ads menggunakan pembayaran GoPay.

Cara Berlangganan Aplikasi LifeSum, Total Keto Diet dan Woman Fitness

Untuk berlangganan aplikasi kesehatan LifeSum, Total Keto Diet dan Women Fitness maka beli aplikasi di Google Play. Beli aplikasi di googleplay lebih murah, dengan promo google play. Untuk pembayarannya bisa menggunakan Gopay. Pembayaran dengan GoPay maka pastikan untuk menambahkan GoPay sebagai metode pembayaran di Google Play terlebih dahulu. Tenang, caranya mudah banget, yaitu:

Cara Aktivasi GoPay di Google Play

1. Masuk ke Google Play Store dan klik "Metode Pembayaran".

2. Pilih "Tambahkan GoPay" sebagai metode pembayaran.

3. Klik "Lanjut".

4. Masukkan PIN GoPay. Pasang PIN GoPay jika belum terpasang.

5. Jika GoPay kamu sudah terpasang, maka Lakukan pembelian dalam aplikasi dan game.


cara aktivasi gopay

Cara Pembelian Aplikasi di Google Play Menggunakan GoPay

1. Pilih GoPay sebagai metode pembayaran dan klik "1-Tap Buy" atau langganan.

2. Masukkan password untuk memverifikasi pembayaran.

3. Setelah terkonfirmasi pembayarannya maka aplikasi sudah bisa digunakan.


aplikasi kesehatan

Kini untuk bisa sehat nggak harus keluar rumah, dirumah saja dan punya aplikasi kesehatan untuk diet maka dijamin badan kita bugar dan sehat. Gimana nih apa ada yang sudah punya pengalaman menggunakan aplikasi kesehatan di atas? Yuk langganan aplikasi kesehatan, beli aplikasi di google play lebih murah. Juga ada promo yang bisa kamu dapetin kalau langganan aplikasi dan games pakai GoPay di Google Play, cek langsung yuk di promo google play!