Bengkulu merupakan Ibu Kota Provinsi Bengkulu. Wilayah ini merupakan yang terbesar kedua di Sumatera setelah Padang. Seperti wilayah lainnya di Tanah Air, kota yang memiliki julukan sebagai Bumi Rafflesia ini juga menawarkan segudang tempat wisata. Mulai dari deretan pantai, bukit, pegunungan, air terjun, museum, dan masih banyak lagi lainnya.

Meski lokasinya berada di Sumatra, Bengkulu sudah sangat mudah untuk diakses lho. Termasuk juga jalur udara, telah  banyak maskapai penerbangan yang membuka jalurnya ke Bengkulu. Misalnya saja ada Lion Air, maskapai penerbangan bertarif rendah terbesar di Indonesia juga sudah bekerja sama dengan Traveloka. Jadi kamu yang ingin berkunjung ke Bengkulu bisa dengan mudah pesan tiket Lion Air di Traveloka.

Jalan-jalan ke Bengkulu juga banyak wisata populer. Bagi yang belum berpengalaman di Bengkulu, wisata-wisata populer merupakan pilihan yang aman. Nantinya jika sudah sering bolak-balik ke Bengkulu, barulah wisata-wisata yang masih perawan bisa dijelajahi. Nah, mana saja wisata populer di Bengkulu? Yuk intip deretannya berikut ini.

Rumah Pengasingan Bung Karno

Bengkulu juga menjadi saksi bisu perjuangan Presiden Indonesia yang Pertama, Ir. Soekarno. Bung Karno diasingkan oleh Belanda ke rumah ini, yang digadang-gadang disewa dari pedagang Cina. Rumah yang cukup sederhana ini ditempati oleh Bung Karno pada 1983-1942 bersama dengan istrinya Inggit Ganarsih dan anak angkatnya, Ratna Djuami.

Di dalamnya masih banyak peninggalan dari Soekarno, mulai dari ranjang, buku-buku koleksi Bung Karno, surat cinta, dan lain-lain. Rumah pengasingan yang saat ini jadi destinasi wisata, alamatnya berada di Anggut Atas, Ratu Samban, Bengkulu,

Pantai Panjang Bengkulu

Lokasi lainnya yang populer di kalangan traveler adalah Pantai Panjang. Panorama yang ditawarkan di tempat ini adalah pantai dengan pasir putih dengan ombak yang tidak terlalu berbahaya. Disebut Pantai Panjang memang tempat ini memiliki garis pantai yang cukup panjang, mencapai 7 kilometer.

Banyak orang datang ke sini untuk menikmati panorama pantai. Selain itu panorama pantai saat senja juga sangat istimewa. Fasilitas di tempat ini juga sudah memadai, ada areal parkir yang luas, tempat makan, mushola, hotel, dan lain-lain. Alamat Pantai Panjang berada di dua Kecamatan Ratu Agung, Teluk Segara dan Kecamatan Ratu Samban. 



Air Terjun Mandi Angin

Selain wisata yang sudah disebutkan sebelumnya, Bengkulu juga memiliki banyak air terjun yang memesona. Salah satu yang cukup populer adalah Air Terjun Mandi Angin. Alamatnya berada di Desa Air Berau, Pondok Suguh, Muko-muko, Bengkulu Utara. Dari parkir, lokasi air terjunnya bisa ditempuh dengan berjalan kaki 10-15 menit. Air terjun ini merupakan yang tertinggi di Bengkulu dengan ketinggian 80 meter. Maka dari itulah tidak disarankan mandi langsung di bawah aliran air terjun.

Benteng Malborough

Benteng Marlborough merupakan saksi bisu penjajahan Inggris di Bengkulu. Benteng ini didirikan oleh Kerajaan Inggris Raya pada 1714-1719. Meski sudah ratusan tahun yang lalu, namun kondisi benteng ini tetap kokoh, terawat, dan juga bersih. Setiap tahunnya banyak sekali wisata mancanegara dari Inggris yang datang ke tempat ini.

Pasalnya Benteng Marlborough ini bukan tempat biasa, namun dahulu merupakan tempat tinggal para petinggi kerajaan dan para keluarga terhormat. Alamat benteng ini berada di Jl. Benteng, Kebun Keling, Segara, Bengkulu.

Semakin banyak tempat yang dijelajahi akan membuat pengetahuan semakin bertambah. Baik itu pengetahuan mengenai bagaimana cara untuk berbaur dengan orang baru, budaya, sampai dengan adat istiadatnya. Jadi, traveling ke mana selanjutnya? Selalu junjung tinggi aturan di destinasi yang dituju ya.