Anda ingin naik transportasi umum yang aman, menerapkan protokol kesehatan dan harganya terjangkau? Kereta bandara adalah jawabannya.

Ada banyak sekali kemudahan yang ditawarkan oleh kereta bandara bagi penumpang pesawat. Pesan kereta bandara sekarang juga tidak ribet kok. Anda bisa pesan kereta bandara lewat Traveloka, lho!



Nah, apalagi keuntungan dan kemudahan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan moda transportasi ini? Yuk, kita cari tahu sama-sama melalui informasi berikut ini :


1. Cepat Sampai

Bisa dibilang naik kereta bandara mulai menjadi trend di Jakarta dan Medan. Hal ini dikarenakan kereta bandara memiliki kecepatan tinggi dan bisa menembus kemacetan kota besar seperti Jakarta. Walhasil, penumpang pun cepat sampai.

Kereta bandara biasanya berangkat setiap 30 menit sekali. Sekali naik, Anda tidak bisa berganti tujuan. Oleh karena itu cek baik-baik papan tujuan dan pastikan tidak terlambat dari jadwal yang ditentukan.



Ruang tunggu keberangkatan kereta bandara juga sangat nyaman, jadi Anda tidak akan merasa bosan saat menunggu jadwal keberangkatan kereta di stasiun. Tersedia juga aneka outlet makanan dan minuman untuk menghalau rasa lapar.

2. Murah, Anti Kantong Bolong

Bandara di kota besar biasanya memang terletak jauh dari pemukiman. Namun, bukan berarti akses menuju ke bandara dibatasi. Justru banyak sekali aneka transportasi yang bisa Anda pakai untuk mencapai bandara.

Selain lebih cepat sampai dibandingkan moda transportasi lain, kereta bandara juga cenderung lebih murah dibandingkan saat kita menyewa kendaraan. Sebagai bukti, kereta bandara Kualanamu yang mulai beroperasi sejak tahun 2013 ini mempunyai tarif Rp75 ribu saja dengan jarak tempuh yang cukup panjang.

Adapun kereta bandara Soekarno Hatta (Soetta) mulai beroperasi pada tahun 2018. Rute awalnya dari Stasiun Sudirman Baru hingga bandara Soekarno Hatta, kemudian dipindah ke Stasiun Manggarai menuju bandara Soetta.

Kereta bandara Soetta ini bisa mengangkut 33 ribu orang setiap harinya. Harga tiket kereta juga cukup terjangkau.

Apabila Anda berangkat dari Stasiun Manggarai menuju ke Bandara Soetta, maka akan dikenakan tarif Rp 70 ribu. Sedangkan jika Anda berangkat dari Stasiun Batu Ceper menuju bandara, tarifnya hanya Rp 35 ribu.

3. Tanpa Macet

Jalur kereta bandara sudah didesain sedemikian rupa supaya tidak berbenturan dengan transportasi lain. Tentunya ini membuat penumpang yang menuju bandara dan arah sebaliknya tidak akan mendapati kata macet selama di perjalanan.

Kereta Bandara Kualanamu contohnya. Kereta ini menggunakan jalur layang yang mencapai 10, 8 kilometer, kemudian jalur darat sepanjang 22 km.

Tak hanya itu, jalur kereta bandara Kualanamu juga menggunakan lajur ganda sehingga jarak tempuh bisa menjadi semakin cepat karena tidak perlu saling tunggu bergantian saat melintas.

Tak hanya kereta bandara Kualanamu yang memiliki jalur ganda, kereta bandara Soekarno Hatta juga memiliki sistem yang sama untuk menghindarkan kereta ini dari kemacetan.

Ada lima stasiun yang dilewati oleh kereta bandara Soetta, yaitu Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara Internasional Soetta. Silakan naik dari stasiun yang terdekat dari kediaman Anda.

4. Aman Karena Menerapkan Prokes

Jangan salah kereta bandara sangat ketat dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes). Setiap penumpang diwajibkan menggunakan masker saat di area stasiun maupun di dalam perjalanan kereta.

Penumpang juga diminta menjaga jarak minimal satu meter antara satu dan yang lainnya, atau mengikuti tanda yang tersedia, baik itu di stasiun maupun di dalam kereta.

Sebelum memasuki area stasiun, para penumpang akan dicek suhu tubuh. Mereka yang suhu badannya di atas 37,3 derajat celcius tidak diperkenankan untuk masuk dan naik kereta bandara.

Penumpang juga tidak diperkenankan untuk meludah dan buang sampah sembarangan. Dianjurkan untuk mencuci tangan sesering mungkin atau menggunakan hand sanitizer saat di area stasiun maupun saat di perjalanan.

Anda sebagai penumpang juga bisa melapor kepada petugas apabila mendadak merasa tidak enak badan sehingga dapat diberikan pertolongan pertama. Sangat aman dan nyaman bukan!

5. Cashless, Tidak Usah Bawa Uang Tunai Banyak

Untuk menghindari kontak fisik maka pengelola kereta bandara menganjurkan para penumpang untuk membeli tiket kereta bandara secara online. Anda bisa membeli tiket kereta ini via website maupun aplikasi yang tersedia.

Di dalam website dan aplikasi silahkan pilih stasiun keberangkatan dan bandara yang dituju. Kemudian masukkan tanggal keberangkatan dan waktu yang Anda inginkan, selanjutnya klik cari.

Anda akan menemukan daftar keberangkatan kereta melalui stasiun keberangkatan yang Anda pilih. Silakan pilih salah satu jadwal dan isi data penumpang, serta lakukan pembayaran via transfer bank atau e-wallet. Tiket elektronik kemudian akan dikirimkan ke e-mail Anda.

Selanjutnya, Anda tinggal datang sesuai jadwal dengan membawa e-tiket yang Anda miliki. Mudah kan!

6. Terkoneksi dengan Skytrain

Khusus buat Anda penumpang kereta ke bandara Soekarno-Hatta, Anda mendapat fasilitas tambahan dengan terkoneksinya kereta bandara dengan Skytrain atau kalayang.

Skytrain ini tujuannya ke Terminal keberangkatan 1 dan Terminal keberangkatan 2. Anda pun tidak usah capek berjalan kaki menuju terminal keberangkatan karena Skytrain ini membuat anda langsung turun di Terminal tujuan.

Nah, ternyata banyak sekali ya keuntungan menggunakan kereta bandara. Jadi pengen jalan-jalan kan jadinya.

Jangan lupa pesan tiket kereta dan hotel untuk perjalanan Anda di Traveloka Lifestyle SuperApp untuk semua kebutuhan lifestyle Anda. Silahkan cek juga promo tiket pesawat terbaru di sini!

 ...

Semoga informasi yang disampaikan dapat membantu Anda untuk lebih mudah bepergian ke bandara. Ingat juga untuk selalu patuhi protokol kesehatan. Selamat mencoba kereta bandara!