Dulu sebelum ada pandemi covid-19, berolahraga merupakan kegiatan yang bukan prioritas utama. Gaung olahraga memang trend sejak pandemi, bahkan banyak masyarakat berlomba-lomba untuk bergaya hidup sehat. Kegiatan wisata berlari dan bersepeda saat ini juga dijadikan ajang wisata sehat. Seperti Bali Cycling Marathon wisata non kompetisi, yang dikemas menjadi wisata sehat di Bali. Event #DiIndonesiaAja



Wisata Sehat, Bali Cycling Marathon

Bali Cycling Marathon merupakan tahun kedua dari ajang ini. Tahun 2021 mengangkat tema “Bersepeda untuk Kesehatan dan Kebangkitan Pariwisata Bali.” Terkadang saya sedih banget lihat liputan di TV kalau Bali sekarang sepi. Makanya nih event Bali Cycling Marathon bertujuan untuk memulihkan ekonomi dan pariwisata Bali setelah terjadinya pandemi.

Event ini diperuntukan bagi seluruh penghobi bersepeda, baik kalangan umum maupun professional. Yang asik nih nggak ada merek atau jenis sepeda khusus yang ditentukan, jadi berapapun harga sepedamu nggak perlu gengsi. Cocok untuk saya yang sepedanya yang bukan merek “wow”.

 



Sumber foto : wonderfulimage.id

Masih ingat nggak sama rasanya ayam betutu, warung mak beng, nasi ayam bu oki atau bebek tepi sawah? Udah kulineran di Bali lalu gelontorin lemaknya dengan bersepeda sambil keliling wisata dengan track yang sudah ditentukan. Tracknya yaitu Kawasan wisata adat, hutan desa adat, hamparan perbukitan hijau, laut dan pantai.

Ada beberapa rute yang bisa dipilih yaitu :

Nusa Penida : Maruti Beach Club, Pantai Atuh, Bukit Teletubbies, dan Pantai Kelingking Bali Barat : Handara Golf Resort, Bunut Bolong, Patung Buddha Tidur, dan Pantai Medewi.

Bali Timur : Dimulai dari Savana Tianyar, Taman Edelweis, kemudian berakhir di Puri Agung Karangasem.

Ada juga rute Batur Geopark dan Bali Selatan, intinya sih setiap pelaksanaan jadwal rutenya berbeda infonya bisa dilihat di event Olahraga

Sumber foto : wonderfulimage.id


Jadwal Bali Cycling Marathon

Jadwal BCM2021 Journey Series yaitu :

  1. ALL BIKE Series: 10 April 2021, jarak tempuh 84 KM; Rute Nusa Penida.
  2. SELI BIKE Series: 01 Mei 2021, jarak tempuh 84 KM; Rute Bali Selatan.
  3. FIXED GEAR BIKE Series: 05 Juni 2021, jarak tempuh 84 KM; Rute Bali Barat.
  4. ROAD BIKE Series: 03 Juli 2021, jarak tempuh 84 KM; Rute Bali Timur.
  5. MOUNTAIN BIKE Series: 31 Juli 2021, jarak tempuh 42 KM; Rute Batur Geopark, Kintamani.
  6. BCM2021 VIRTUAL EDITION Series: 17 Agustus – 09 September 2021, jarak tempuh 42 KM – 1000 KM.
  7. BCM2021 MEDIUM TRACK-A: 16 Oktober 2021, jarak tempuh 84 KM; Rute Nusa Penida.
  8. BCM2021 MEDIUM TRACK-B: 17 Oktober 2021, jarak tempuh 84 KM; Rute Bali Timur.
  9. BCM2021 LONG TRACK: 16 - 17 Oktober 2021, jarak tempuh 168 KM; Rute Day-1 Nusa Penida, Rute Day-2 Bali Timur.

Disiplin Protokol Kesehatan dan Vaksinasi

Tentunya Bali Cycling ini akan dihadiri oleh beberapa orang dengan batas peserta yaitu 50 orang. Penerapan Protokol dan Regulasi Event Bali Cycling Marathon 2021 sangat ketat akan dikawal oleh Team Internal Security yang berfungsi sebagai Crowd Control, serta diawasi langsung oleh Team Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Bali.

Panitia BCM 2021 akan menyediakan seluruh perlengkapan dan peralatan penunjang protokol kesehatan serta fasilitas tanggap darurat, antara lain: Alat pengukur suhu tubuh, tempat sampah dengan penutup dalam jumlah cukup di titik-titik strategis, menyiapkan perlengkapan keselamatan diri khususnya untuk pekerja yang bertugas, menyiapkan tempat cuci tangan yang dilengkapi dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer, menyiapkan kendaraan ambulans dalam jumlah yang cukup serta mempersiapkan sekurangnya 1 (satu) kendaraan ambulans khusus untuk penanganan pasien yang terindikasi COVID-19.

Sebagai peserta kita juga wajib mentaati protokol kesehatan yang ada, supaya aman untuk semua. Eh tapi harus wajib vaksin dulu ya? Btw, sudah vaksin ke-2 kan? Minimal sudah memiliki vaksin ke-1. Jangan lupa download aplikasi lindungi pelindungi untuk menunjukkan tanda sudah vaksin covid dan mengetahui daerah zona merah yang ada di Bali.

Siapa sih yang nggak pengen sehat tapi pikiran juga fresh? Nah Ajang Bali Cycling Marathon ini tepat banget buat diikutin. Meskipun banyak orang yang berkumpul, namun panitia sudah memikirkan protokol kesehatan jadi nggak perlu takut lagi. Yang penting kita juga harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Ah saya rindu Bali, pengen banget ikut nanti Bali Cycling Marathon pada “BCM2021 MEDIUM TRACK-A: 16 Oktober 2021.” Selain pengen sehat saya juga pengen ketemu Richo Kyle. Sebelum ikut event Bali Cycling Marathon saya pemanasan muterin kompleks dulu 😊


Untuk informasi event di social media di pesona.id_travel #DiIndonesiaAja 

Website : Indonesia.travel #DiIndonesiaAja