Semenjak ada pandemi, mungkin sisi positifnya yaitu hidup yang dipermudah dengan dunia yang serba digital. Kalau dulu diwajibkan segala pertemuan rapat dengan klien, ataupun transaksi harus dilaksanakan secara offline atau tatap muka. Kini malah kegiatan-kegiatan tersebut dihindari dengan tatap muka karena semuanya bisa dilakukan melalui digital dengan hp/laptop ataupun dengan video online. Sebut saja dengan transformasi digital. 

Salah satu trend saat ini yaitu pembukaan tabungan digital atau bank digital. Dengan adanya digitalisasi nasabah dengan mudahnya mendapatkan produk-produk perbankan yang bisa diakses dari genggaman smartphone asalkan terkoneksi dengan internet. Jadi nggak perlu tatap muka ataupun antri karena nasabah bisa mengakses dan menggunakan produk-produk serta fitur-fitur digital secara real time di mana dan kapan saja sesuai dengan kebutuhannya.


Salah satu Bank yang menawarkan layanan perbankan digital yang menarik perhatian saya adalah layanan digital Nyala dari OCBC NISP yang bisa dibuka melalui aplikasi ONe Mobile.

Mengenal OCBC NISP

Sebelum membuka tabungan digital tentunya sejarah dan nama baiknya harus kita tahu dulu. Kenapa? Ya karena kita mempercayakan identitas pribadi dan keuangan kita pada bank tersebut.

“Bank OCBC NISP (sebelumnya dikenal dengan nama Bank NISP) atau selanjutnya disebut sebagai Bank tertua keempat di Indonesia yang didirikan pada tanggal 4 April 1941 di Bandung dengan nama NV Nederlandsch Indische Spaar En Deposito Bank. Sejak 2005 OCBC Bank Singapura menjadi pemilik saham mayoritas dan sejak tahun 2008 Bank NISP berganti nama menjadi Bank OCBC NISP.

Bank OCBC NISP ini memang kantor cabangnya nggak banyak, karena sejak tahun 2019 mereka fokus pada layanan digitalnya. Sebagian besar transaksi yang dulu dilayani oleh teller dan customer service officer di kantor cabang kini bisa diselesaikan melalui layanan mobile banking atau internet banking. Jadi hampir 80% pelayanannya dilakukan secara online.

Pembukaan Tabungan Digital NYALA di ONe Mobile OCBC NISP

Sebelum membuka tabungan digital ONe Mobile OCBC NISP tentunya kalian harus download dulu aplikasinya melalui playstore atau IOS. 

Sebelum membuka tabungan digital pilih dahulu jenis tabungan yang sesuai kebutuhanmu :


Jangan Lupa Masukkan kode Promo : ONBLOGFAW untuk cashback Rp. 250.000 hingga 31 Desember 2021

  • Pendaftaran tabungan sebaiknya dilakukan pada hari kerja bank, sekitar jam 8 pagi s.d jam 3 sore. Nah kesalahan saya karena daftarnya hari Minggu jadi harus ada jeda hari berikutnya. Verifikasi via video call untuk KYC ke pihak OCBC NISP tidak bisa saya lakukan pada hari yang sama.

  • Saya juga melakukan salah pilih kartu debit yang diambil di kantor cabang sehingga video KYC tidak bisa dilakukan secara online. Kalau pengambilan kartu debit di kantor cabang maka verifikasinya harus di kantor cabang. 

  • Untungnya nih Bank OCBC NISP saya acungi , call centernya membantu banget, tahu kalau saya belum menyelesaikan verifikasi setelah buka tabungan maka saya ditelpon. Setelah itu saya disuruh membuat laporan supaya video call melalui KYC.

Jangan sampai salah pilih kayak saya ya…yang aslinya pembukaan tabungannya ONe Mobile nggak ribet malah saya bikin ribet hehehehe….

Untuk tabungan digitalnya bisa digunakan jika sudah melakukan verifikasi terlebih dahulu, nanti ada tanda centang terverifikasi jika sudah aktif.

Tahap selanjutnya isi saldo pembukaan minimal Rp. 200.000, namun jika saldo minimal ada Rp. 1.000.000 banyak layanan Nyala dari OCBC NISP yang akan kita dapatkan.


Jika sudah terverifikasi tabungan digitalnya maka akan dikirimkan kartu debitnya. Semua transaksi di ONe Mobile ini tidak harus menggunakan kartu debitnya, meskipun kartu debitnya belum sampai kita sudah bisa melakukan transaksi secara online.

Biaya dan tarif transaksi ONe Mobile bisa dilihat daftar tarif berikut

Layanan NYALA OCBC NISP

NYALA merupakan layanan perbankan OCBC NISP. Bukan produknya, jadi jangan sampai salah mau buka tabungan NYALA karena bakalan nggak ada. Layanan NYALA ini ada untuk pengelolaan keuangan & mengoptimalkan dana berbasis digital melalui ONe Mobile.

Dengan NYALA selama Saldo Gabungan mulai dari Rp1 juta (saldo gabungan = total saldo di tabungan, giro, deposito, tabungan berjangka (TAKA) dan produk wealth management: reksa dana, obligasi, bancassurance), kamu bisa mendapatkan gratis 10x biaya transfer online & 10x biaya tarik tunai setiap bulannya, serta bisa berinvestasi reksa dana mulai dari Rp20 ribu.

Pun jika tabungan saya mengendap 1 juta biaya bulanan sebesar Rp. 20.000 akan gratis selamanya. Saya sih paling suka sama layanan NYALA yang ini “Bebas Biaya Administrasi, Biaya Transfer dan Biaya Tarik Tunai di ATM Bank mana saja”. Nggak ribet lagi cari ATM di mana saja kalau butuh duit. 

Oke setoran awal saya langsung 1 juta biar bisa langsung menikmati layanan NYALA dari OCBC NISP.

 

Dapat Cashback 250 ribu dengan Layanan NYALA dengan memasukkan kode promo “ONBLOGFAW”. Periode promo sampai dengan 31 desember 2021. Detail syarat promo bisa dilihat dalam link ketentuan cashback berikut.

Caranya :

  1. Ketika pendaftaran masukkan kode promo “ONBLOGFAW” supaya dapat cashbacknya

  2. Lalu jika rekening sudah aktif maka setoran awal harus 1 juta dan harus mengendap minimal 30 hari.

  3. Secara otomatis 100 ribu nanti akan masuk rekening dibulan berikutnya :)

  4. Ingin tambahan 150 ribu lagi maka buka TAKA (Tabungan Berjangka) dengan dana minimal 5 juta pertahun. Ya otomatis harus mengendap dulu selama setahun.

Masih bingung ? ilustrasinya ada di bawah ya...

Salah satu alasan buka tabungan digital di ONe Mobile supaya saya dapat cashback 250 ribu. Sekarang sih saya belum dapat karena baru aja buka tabungan, tapi nanti sebulan lagi saya bisa dapat NyalaFit#1 yaitu 100 ribu dulu kalau saya menempatkan 1 juta sebulan lalu melakukan pembayaran dengan tabungan saya. Pembayaran satu kali ini bisa digunakan seperti bayar listrik, telepon, kartu kredit dan lain-lain. (Nanti akan ku capture cashbacknya sebulan lagi ya 😊)

Jika pengen dapat NYALAFIT#2 maka harus menyelesaikan NYALAFIT#1. Ini untuk ilustrasinya ya :

Masukan untuk Aplikasi ONe Mobile dari OCBC NISP

Saya menggunakan iphone sehingga aplikasinya saya download dari appstore dan begitu juga pengoperasiannya. Lalu mas suami karena pengen buka dia juga download aplikasinya menggunakan Googleplay.

Kendala pertama yaitu ketika login setelah pendaftaran harus menggunakan password sementara ketika saya masukkan akun salah password padahal passwordnya sudah betul. Lalu saya pakai lupa password tapi tidak bisa karena harus memasukkan kartu debit, padahal kartu debit belum kekirim karena saya belum terverifikasi.

Untungnya call center OCBC NISP membantu saya. Jadi saya buat pelaporan, dalam 1 x 24 jam lalu password diberikan yang bisa untuk akses login. Berbeda dengan mas suami yang buka pertama langsung wuss lancar menggunakan android.

Disclaimer : Ini pengalaman saya sih belum tentu juga sama dengan pengguna lain yang menggunakan Iphone

Kesimpulan Menggunakan dan Buka Tabungan di ONe Mobile

Zaman gini buka tabungan digital sudah pasti membantu banget ya. Dimulai dari aplikasi ONe Mobile ini menggunakan keamanan yang sudah terjamin, karena ada PIN transaksi dan akses log in menggunakan password alfanumerik dan face id atau fingerprint.

Fitur2 layanan seperti Transfer, Tarik Tunai, Minta Dana, Forex, Top Up e-Money, Pembayaran dan Pembelian langsung ditampilkan di halaman utama jadi tidak perlu buka tutup sub aplikasinya. Bahkan Kurs Valuta Asing harian langsung ditampilkan dihalaman utama loh.


Oia, saya juga lagi belajar tentang financial nih. Alhamdulilah saya selalu menjalankan dana cadangan atau dana darurat sebesar 5 kali gaji yang “ngendon” di tabungan, ternyata itu memang penting banget. Kalau kalian sama kayak saya lagi belajar financial bisa belajar lewat Financial Fitness Class & Financial Fitness Check Up. 


Financial Fitness Class merupakan program belajar tentang keuangan. Seperti bisnis, cashflow, dana darurat, investasi, dana pensiun yang bisa dipelajari untuk mempersiapkan kita untuk lebih bijak dalam mengatur keuangan. Selain bisa daftar program-program keuangan yang ada kelasnya, kita juga bisa mendapatkan buletin yang akan dikirimkan ke email jika kita daftar di websitenya.

Nah kalau kita penasaran sama keuangan kita sehat atau nggak bisa ikutan ngecek di Financial Fitness Check Up nih. Jujur aja nih saya masih pengguna kartu kredit, kadang penasaran kartu kredit itu musuh atau sahabat saya? DI Finansial Fitness Check Up ada 12 indikator yang disusun oleh pakar financial dari OCBC NISP. Ya kalau hasilnya nggak bagus jangan sedih hehehhe… Karena tujuan finansial fitness untuk mengatur keuangan saat ini dan masa depan. Cek aja pokoknya di ruangmenyala.com.