Gempuran kafe-kafe baru di Jogja bisa jadi untuk alternatif cafe hopping dalam itinerary jogja. Banyak kafe bermunculan dengan konsep Jogja rasa Bali. Meskipun banyak kafe menerapkan minimum order bagi setiap pengunjungnya, namun tak menyurutkan para pengunjung untuk datang ke sana. Saya skip dulu kafe kekinian dalam list, karena entah kenapa saya ingin berkunjung ke kuliner-kuliner Jogja. Seperti Sego Abang Mbah Widji dan Warung Kopi Klothok

Sego Abang Mbah Widji

Sebenarnya referensi makan kuliner ndeso Sego Abang Mbah Widji ini bukan dengan alasan saya lagi diet. Namun lebih tepatnya saya penasaran sama menu nasi merah yang dipadu dengan menu-menu desonya. Lokasinya berada di Jalan Kaliurang. Saya datang di saat bukan jam makan siang, dengan suasana syahdu Jogja karena hujan sedang deras-derasnya.

Suasana restoran seperti suasana Jawa Tempo dulu. Waktu itu hanya satu rombongan keluarga besar yang datang memenuhi ruangan di gazebo utama. Mungkin karena saya datang di jam nanggung yaitu jam 15.30 jadi suasana restonya sepi pengunjung. 


Untitled

Saya mengambil buku menunya. Lalu memesan menu utama yaitu satu set menu sego abang yang terdiri dari nasi merah, sayur lombok hijau, dan sayur daun ketela. Pilihan lauknya ada empal, tempe tahu bacem, rempela ati dan ayam. Awalnya saya memesan empal tapi habis, lalu saya memesan ayam gorengnya.

Sego abang Mbah Widji adalah menu khas dari Gunung Kidul. Jangan berpikir nasi merahnya bakalan keras atau krotok-krotok ya… nasi merahnya ternyata pulen dan empuk. Sempat saya cicipi nasi merahnya tanpa lauk apapun rasanya seperti nasi putih biasanya yang tanpa rasa. Sayur tempe dan Lombok ijonya gurih dengan santan. Lalu yang khas adalah sayur ketelanya, ala-ala nasi padang, tapi yang ini lebih manis. Saya juga memesan sambal bawang yang pedasnya benar-benar menggelegar.


Untitled
Untitled
Untitled

Saya penasaran sama empalnya yang katanya enak, tapi gagal gara-gara kehabisan. Untungnya ayam gorengnya nggak mengecewakan. Memang nggak digoreng crispy tapi meskipun basah tapi ada rasa manisnya yang mengingatkan saya pada rasa ayam pak sholeh pasuruan. Ayamnya di senggol aja pakai sendok langsung terkoyak karena sangking empuknya.

Kalau dari tampilan pasti berfikir nggak akan nyambung nih 


Untitled

Sego abang Mbah Widji ini bisa dijadikan alternatif untuk kulineran sekitaran Kaliurang. Untuk harga satu paket sego abang per orang 9 ribuan, empal 18 ribu, ayam goreng 15 ribuan dan tempe tahu bacem sekitar 2 ribu s-d 5 ribu. Intinya nggak mahal kok dikantong kalau bawa rombongan. 

Lombok Ijo Sego Abang Mbah Widji

Jl Pakem Turi Klarangan

Sleman

Jam Buka :

07.00 – 21.00

Warung Kopi Klothok 

Saya yakin kuliner Kopi Klothok Pakem familiar buat teman-teman pecinta kuliner Jogja. Jujur aja, baru kali ini saya berhasil datang dan makan ke Kopi Klothok Pakem sambil dapat tempat duduk yang layak hahahaha… Biasanya saya datang di saat libur lebaran atau sabtu minggu makanya nggak pernah berhasil dapat tempat dan ogah antri. Kali ini rasa penasaran saya terbayarkan.


Untitled

Dulu saya pernah juga mencicipi Kopi Bukan Luwak yang lokasinya berada tak jauh dari Warung Kopi Klothok. Kata guide Jogja saya kala itu, Kopi Bukan Luwak ini pemiliknya sama dengan Warung Kopi Klothok yang tujuannya untuk memecah keramaian di Warung Kopi Klothok. Tapi tetap saja ya, yang ramai yang Warung Kopi Klothok. Bahkan saya datang ke sana sebelum jam makan siang, sudah banyak bus pariwisata dan mobil pribadi yang memenuhi ruangan.


Untitled
kopi klothok 2
kopi klothok (5)

Saya masuk ke dalam ruangannya. Ternyata sudah banyak pengunjung yang berbaris untuk antri mengambil makanan. Konsepnya gini, untuk nasi, lodeh tempe Lombok ijo, lodeh kluwih, lodeh terong, dan sayur asem bebas ambil sepuasnya dengan harga Rp. 11.500. Untuk lauknya telur goreng krispi 6.500, lainnya ada pindang, ayam goreng, tempe garit.


kopi klothok (4)

Sekilas memang menunya ndeso seperti perlodehan sering banget saya bikin sendiri di rumah tapi kok di Warung Kopi Klothok ini lebih gurih dan nikmat banget. Entah karena lapar efek antrian panjang atau memang inilah yang bikin orang-orang rela untuk antri. Waktu itu lauknya saya ambil Cuma satu yaitu telor goreng krispi udah nikmat banget.


kopi klothok 1
kopi klothok
kopi klothok (1)
kopi klothok (2)

Lalu karena dekat banget sama tempat goreng pisang goreng, kita nambah satu porsi pisang yang satu porsinya 6.500 isi 2. Rasa pisangnya manis dan gurih tepung cocok banget buat dessert setelah makan lodeh.

Per orang kalau makan di Warung Kopi Klothok ini sekitaran 30 ribuan. Kalau ke sana jangan lupa harus sabar ya karena sudah pasti antri banget. Usahakan datang bukan jam makan siang.


kopi klothok (3)
Untitled

Warung Kopi Klothok

Jalan Kaliurang KM 16

Sleman

Jam Buka :

08.00 – 21.00