Akhir-akhir ini fenomena ramen murah di Surabaya lagi mewabah. Dulu standart beli ramen di Surabaya sekitar 50 ribuan, itupun yang termurah. Kini dibanderol 30 ribuan aja udah dapat ramen. Salah satu ramen murah yang lagi happening di Surabaya yaitu Nihonmaru Ramen yang terletak di Praxis Mall.

Sebenarnya Nihonmaru ramen ini bukanlah pemain baru, karena sudah ada cabang utamanya yang ada di Jalan Mayjend Sungkono, ya sekitar setahunan. Nihonmaru viral karena pemiliknya asli dari Jepang yang katanya nih dulunya mantan chef di hotel. Saya sendiri ceritanya mengutip dari beberapa youtube jadi ya belum 100% akurat karena saya belum tanya langsung.

Untitled

Oke karena Nihonmaru Ramen yang cabang Praxis masih baru buka dan lagi anget-angetnya maka meluncurlah saya ke mall ini. Sangking semangatnya nih saya sudah datang jam 11.30. Pun restorannya juga sudah ramai pengunjung. Ternyata saya harus menunggu setengah jam untuk bisa memesan menu karena bukanya jam 12.00. Saya sendiri sudah diberitahu sama waitresnya kalau belum buka masih persiapan jadi saya sabar menunggu, untung boleh nungguin di dalam.

Banyak yang tertarik datang ke Nihonmaru ramen karena suasana restorannya yang Jepang banget. Ada sentuhan ala Jepang seperti Ichiran. Konsepnya kayak bilik-bilik kecil, lalu ada jendela kecil yang bisa dibuka untuk memesan makanannya. Nanti waitres akan mengantarkan makanannya lewat jendela itu. Penggemar restoran Jepang pasti ngeh deh sama maksud saya.


Untitled

Setengah jam kemudian, jendela dari bilik kecil tadi dibuka. Pilihan ramen cuma ada 9 macam, shoyu, miso dan gekikara. Shoyu mengandung kecap asin, miso dari kedelai ada rasa bawang putihnya dengan kaldu kental dan gekikara versi pedas. Supaya nggak penasaran saya pesan satu ramen miso beef dan satu ramen shoyu beef. Camilannya saya pesan gyoza, takoyaki dan kaarage. 

Untitled

Sambil nungguin masakannya datang, saya ngelihat konsep masaknya dibikin open kitchen. Saya bisa melihat bagaimana proses ramen dibuat, direbus, dan dikasih topping. Begitu pula dengan camilan-camilan yang udah ready tinggal goreng aja. Selain itu semuanya terlihat bersih banget dari masaknya dan juga penyajiannya.

Akhirnya pesanan saya miso beef dan shoyu beef terhidang. Harga tiga puluh lima ribuan karena pakai daging dapat satu lembar slice beef yang berukuran begitulah hahahahaha... Oke cicipin kuahnya dulu ya... yang shoyu lebih light karena mengandung kecap asin, sedangkan miso kuah kaldunya lebih kental gurih dan terasa. Saya sendiri lebih suka yang miso. Kembali lagi keselera juga ya karena di ulasan google macam-macam, ada yang bilang kuahnya kurang nendang lah atau kurang creamy. Kalau menurut saya di level ramen 30 ribuan okelah.


Untitled
Untitled

Untuk dagingnya meskipun selembar tapi empuk dan gurih jadi nggak hambar. Lalu camilannya semua favorit saya sih. Gyozanya digoreng garing tapi ketika digigit lembut, isiannya ada ayam dan aroma jahe. Chicken kaarage juga digoreng garing, ini favorit saya karena suka banget sama makanan apapun yang digoreng garing. Takoyaki juga yang bukan versi murah ya... karena dari adonannya aroma ikan kuat dan isinya gurita katsuoboshi atau ikan cakalang. 

Untitled
Untitled

Overall Nihonmaru Ramen ini nggak mengecewakan bagi yang lagi kangen-kangennya traveling ke Jepang.