Masih ingat banget ketika Subway Pakuwon Mall buka di tanggal 19 Maret yang lalu. Kala itu antrinya sudah sangat mengerikan...paaaaanjannng banget. Saya mundur teratur malas antri. Sampai akhirnya Subway juga buka di Gubeng dan Merr, saya juga masih belum nyobain Subway. Gaung social media memang bikin rasa penasaran memuncak, hingga bulan Mei saya lihat antrian Subway di Pakuwon tidak terlalu panjang. Ya meskipun saya harus antri sekitar 20 menitan.


Untitled

Sistem Antrian di Subway Surabaya

Sistem Antrian di Subway Surabaya memang beda-beda. Ambil contoh yang di cabang Gubeng, pengunjung harus antri pagi, Senin- Kamis jam 09.00 pagi, Jum'at - Sabtu jam 07.00 pagi. Nah, ada kuota antri yang cabang Gubeng, siangan dikit aja sudah nggak dapat kuota antrian. Begitupula yang cabang Merr Surabaya sistem antriannya sama.


Untitled

Untitled

Di Subway Pakuwon Mall ini beda, pengunjung langsung aja baris didepannya counter Subway. Saya lihat memang tidak terlalu panjang, biasanya sudah sampai LC Waikiki antriannya. Total waktu yang saya butuhkan ketika berdiri sampai ke pemesanan hampir 20 menitan. Katanya sih ini waktu yang pendek cuma beberapa menit demi Subway :)

Cara Pesan Subway

Buat yang pertama kali ke Subway pasti bingung cara pesannya. Di Subway itu ada 3 jenis menu yaitu sandwich, wrap atau salad. Tapi yang terkenal sih sandwichnya....



Setelah memilih sandwich, disuruh lagi milih rotinya. Ada 3 jenis roti. Pilihannya ada White Italian, Wheat and Honey Oat. Kemarin sih aku pesan dua, yang satu white italian dan satunya lagi honey oat (sekarang ada menu roti baru yang oregano parmesan)..tapi percayalah dari semua roti Subway terenak yang White Italian karena lebih empuk dibandingkan yang lainnya. 



Untitled

Sudah pilih roti maka pilih ukuran rotinya, ada 6 inch atau footlong. Kalau yang 6 inch itu yang versi footlong dibagi dua. Aku pilih yang 6 inch...



Lalu ditanyain pilih menu yang apa....



Kalau lihat menunya sudah pasti pengen nyobain satu-satu ya. Tapi apa daya keuangan dan perut pasti tidak akan mampu. Ada 3 menu terfavorit di Subway yaitu Italian BMT (45.000), Steak and Cheese (57.000) dan Tuna Mayo (37.500). Harga di Subway ini sudah termasuk tax dan service jadi nggak perlu hitung-hitung agar nettnya lagi.

Untuk menu barunya ada Meatball Marinara, Roat Beef dan Steak Jalapeno. Kemarin sih aku lihat banyak yang pesan menu baru yang Meatball Marinara. 

Oke jadi saya pesan yang mana? Saya pesan yang best sellernya yaitu Steak and Cheese dan satu lagi Chicken Teriyaki. Sudah pilih menu selanjutnya ditanyain lagi...mau nambah "Cheese" atau nggak? aku nggak nambah ya...karena sudah cukup cheesenya.


Untitled
Untitled
Untitled

Selanjutnya pilih sayurannya mau yang mana? aku pilih semua kecuali bawang bombay.




Sudah selesai? belum saudara...saudara hahahahha... disuruh milih mau saus yang mana? mereka akan merekomendasikan pilihan sausnya tapi kalau nggak mau rekomendasinya ya pilih sesuai selera. Kalau aku karena males mikir saus yang mana maka aku iyain aja yang rekomendasi sausnya.

Akhirnya menuju pembayaran...dan ditanyain lagi mau nambah drink reguler (13.000) atau drink jumbo + snack (chips atau cookies) nambah 36.000.



Untitled

Gimana Rasanya Subway Indonesia?

Sebenarnya saya pernah nyobain Subway ketika di Malaysia. Karena di Malaysia nggak antri sama sekali alias sepi, maka menurutku waktu itu rasanya seperti Sandwich yang kayak lainnya :) ya nggak ada istimewanya. 


Untitled

Steak and Cheese

Pilihan roti steak and cheese yang aku pilih ini honey oats. Sesuai yang saya bilang sebelumnya, rotinya dibandingkan Italian lebih keras. Makanya lain kali aku pesan Italian, karena aku nyobain yang roti menu pesananku yang Chicken Teriyaki rotinya empuk banget. 

Steak and Cheese tergolong menu di Subway menduduki kasta termahal ya...karena harganya hampir 60 ribu yang 6 inch. Tapi..... isinya memang daging steak yang potongannya gede-gede, ditambah dengan keju lelehannya alamaaaak enak banget. Untuk sausnya aku direkomendasikan honey mustard. Tapi lainkali aku pengen nyobain yang Thousand Island yang katanya lebih enak sausnya. 

Sayurnya aku review satu-satu... Ada lettuce, tomat, mentimun, pickles (fermentasi atau acar mentimun), paprika, dan zaitun. Dari semua sayuran lain kali aku skip yang pickles karena acar rasanya asam saya kurang suka dan buah zaitun itu rasanya ada pahit-pahitnya :) Memang kembali lagi ke selera ya...untuk pilihan sayurnya.

Chicken Teriyaki

Sandwich Chicken Teriyaki ini menu pesanan anakku. Isinya potongan daging ayam yang sudah digiling dengan sausnya. Lalu sausnya pakai mayonaise. Ini juga enak sih pas banget rasa ayamnya dengan mayonaise...padahal aku udah pesimis karena harganya lebih murah dibandingkan Steak and Cheese. 

Summary

Jadi gimana puas nggak beli Subway Indonesia di Surabaya? Jujur aja saya puaaas banget karena rasanya memang enak banget. Saya jadi pengen nyobain semuanya :) yang bakalan aku review satu-satu.