Cafe hopping Jogja ini merupakan rangkaian perjalanan mudik saya ke Jogja tahun ini. Sebenarnya banyak banget list cafe baru yang saya catat, namun tahu sendiri kan kalau lebaran pastinya rame banget sampai antri dan waiting list jauh-jauh hari. Cafe yang gagal saya kunjungi Sabin by Sekenliving, Ayom Jogja, Caboot 1911 karena masih kafe baru dan lagi rame-ramenya. Lalu akhirnya aku coret-coret yang gagal aku ganti sama Oppio Cafe, Pengilon Cafe, Ripah Cafe dan Lesung Cafe. 

Oppio Cafe

Oppio Cafe ini temanya garden dengan nuansa outdoor, jadi asik banget kalau nongkrongnya sore karena kalau siang ya sudah pasti panas. Ada sih indoornya tapi lebih asik diterasnya atau sekalian yang dikawasan rumput. Semakin sore semakin asik..cocok banget ngechill karena kalau sore bakalan dinyalain api unggun sama lampu-lampunya yang menjuntai dinyalain semua.


Untitled
Untitled
Untitled
Untitled
Untitledbr/>
Untitled
Untitled
Untitled

Jl Nglengkong Besi Nomor: 11

Sleman - Yogyakarta

Jam Buka :

08.00 - 22.00 (Sabtu - Minggu)

12.00 - 22.00 (Senin - Jumat)


Pengilon Cafe

Rute awal aku pengennya ke Caboot Cafe 1911, namun begitu sudah sampai dilokasi langsung ditolak sama security karena harus booking dulu. Ya sudah kita ganti plan-B, nggak jauh dari situ ada cafe juga yang rame banget namanya Pengilon Cafe.

Pengilon Cafe ini temanya healthy food, semua makanannya adalah salad. Konsepnya ala Bali-Balian terus bisa pilih di indoor atau outdoornya. Semua spotnya bikin gemes untuk foto, sayangnya saya datang di jam nanggung jam 5 sore menjelang maghrib jadi banyak banget spot yang belum terabadikan.


Untitled
Untitled
Untitled
Untitled
Untitled
Untitled

Aku review saladnya ya.. Bagiku standart salad enak kalau nggak Crunchaus ya Greenly, selain itu biasa aja. Aku cobain yang di Pengilon Cafe...eh ternyata enak. Dressingnya tuh pas banget racikannya..lalu bawangnya dressing nggak strong sama sekali. Sayurnya juga fresh. Pantes ya meskipun menunya mahal-mahal tapi Pengilon Cafe ini rame banget.


Untitled
Untitled
Untitled
Untitled
Untitled
Untitled
Untitled
Untitled

Jl. Shinta Nomor: 8

Sleman - Yogyakarta

Jam Buka :

10.00 - 20.00

Ripah Cafe

Aku ke Ripah Cafe karena nggak sengaja. Pas lewat ngelihat eh kok ada kafe yang parkirannya rame banget langsung meluncur ke Ripah Cafe. 


Untitled
Untitled
Untitled
Untitled
Untitled

Konsepnya Coffe Eatery yang cocok banget ngerjain tugas-tugas kuliah. Konsepnya nggak neko-neko, lebih ke industrial yang meja dan kursinya cocok banget buat laptopan lama-lama. Menunya ada Cumi Sambal Matah, Nasi Goreng Ayam, Laksa Prawn, Pasta, Sandwich, Salad..pokoknya lengkap untuk makanan berat atau ngemil. Aku pesan ayam ripah, churros sama kentang dengan rasa yang nggak mengecewakan. Apalagi kopinya enak banget. 


Untitled
Untitled
Untitledr/>
Untitled

Jl Umbul Permai No : 100

Sleman - Yogyakarta

Jam Buka :

10.00 - 22.00

Lesung Cafe

Awalnya aku pengen banget nyari kafe yang sekitaran prambanan karena nggak mau masuk ke kota Yogyanya karena males macet. Ketemulah dari hasil browsing yaitu Lesung Cafe. Kalau diinstagram sih kafe ini bagus banget viewnya tapi kok sepi dan jauh dari promo sosial media.

Lokasinya nggak jauh dari Tebing Breksi dan aku juga sempat baca arah ke Obelix. Intinya nggak jauhlah sama dua tempat itu. Kafenya sendiri berada di dataran tinggi yang nanjak dan udaranya nyess seger dingginnya.

Masuk ke Kafe...ihhhh kafenya tuh cantik banget. Dibagian atas konsepnya joglo-joglo ala Jogja, kebawah ada vibesnya Balinya. Lalu yang bikin cantik adalah viewnya dari atas tuh dapat melihat suasana Jogja. Semakin malam semakin cantik.


Untitled
Untitled
Untitled
Untitled
Untitled
Untuk harga standart kafe Jogja. Cuman di sini banyak complain kalau makanannya kayak nggak enak gitu...aku sendiri cuma pesan mendoan sama cireng aja karena nggak pengen makan berat. Salah satu kopi yang aku pesan adalah "Rajata" yang merupakan best sellernya yaitu espresso, coconut milk, nata decoco dan kuakui rasanya enak banget. Kopinya pas nggak terlalu pahit, rasa coconut milk bikin kopi ini semakin creamy. Wajib deh pesan yang ini. Lainnya pesananku aneh rasanya.. kayak wedang jahenya kacau banget karena terlalu strong setelah kuaduk memang ada cabainya. Anakku juga pesan susu rasanya agak kacau juga. Mungkin kembali ke selera ya.

Untitled
Untitled
Untitled
Untitled
Untitled
Untitled
Untitled
Untitled
Untitled
Untitled
Untitled
Untitled
Untitled

Bakal balik nggak ke sini? Menurutku aku tetap balik lagi karena vibesnya juara...apalagi kalau malam pake melamun ngelihatin suasana kota dari ketinggian semakin cantik.

Jl. Lekong, Prambanan
Sleman - Yogyakarta
Jam Buka :
08.00 - 21.00 

Sekian review cafe hopping di Yogyakarta. Aku tuh memang kalau ke Yogya lebih suka nongkrong ke kafe-kafe daripada wisatanya karena rata-rata sudah khatam. Jadi pengen kemana lagi kalau ke Yogya?