Konsep kafe bergaya "vibes" ala Bali atau industrial menjamur di Surabaya. Hampir tiap bulan ada aja kafe baru yang bermunculan di Surabaya. Nah..lama-lama kok bosen ya konsepnya itu-itu aja. Lalu ada kafe dengan konsep unik "Rustic Market" dengan suasana ala pedesaan Eropa dipinggir danau buatan yang bikin saya penasaran. 

Ada 4 cabang Rustic Market dengan konsep yang berbeda-beda. Konsep Forest Tree di Golf Surabaya, Valley View di Trawas, The Lake Graha Natura Surabaya dan The Olive Branch di Taman Dayu Pasuruan. Saya datang di Rustic Market 3.0 by The Lake View di Graha Natura Surabaya yang baru buka pada Mei 2022.


Untitled


Lokasi Rustic Market Graha Natura Surabaya

Awalnya saya mengikuti GPS untuk menuju Rustic Market Graha Natura Surabaya. Saya dilewatkan ke daerah benowo, duh macet banget dan banyak jalan yang ditutup diperbaiki. Harusnya lebih enak lewat daerah barat area pakuwon karena jalannya lebih bagus dan menurutku lebih cepat.

Lokasi Rustic Market berada dikawasan perumahan elit Graha Natura. Masuk ke perumahannya sudah kayak kota mandiri, ada sekolah, club house, ruko-ruko bahkan di Graha Natura ini ada tempat camping bebas yang bisa buat tempat nongkrong gratis pengunjung.

Lalu persisnya di mana Rustic Marketnya? Jadi Rustic Market ini bersebelahan dengan kawasan hijaunya Graha Natura dan dipisahkan oleh tali. Ada tempat parkiran khusus buat pengunjung dengan biaya 8.000 untuk mobil. Nanti pintu masuk rustic market ada di dekat parkiran mobil, sedangkan jika dikawasan hijaunya Graha Natura yang gratis buat pengunjung itu harus keluar dari parkiran mobil.


Biaya Masuk Rustic Market Graha Natura Surabaya

Sebenarnya nggak ada biaya masuk untuk di Rustic Market Graha Natura, cuma mereka ada minimum order yang wajib dibayarkan untuk ditukarkan makanan dan minuman ketika di dalam rustic market. Biaya minimum ordernya yaitu 100 ribu/orang. Lumayan ya kalau bawa rombongan 10 orang sejuta hahahaha... Saya sendiri datang 3 orang, namun karena anak saya di bawah 17 tahun jadi tidak ada minimum order.

Setelah bayar di depan pintu masuk Rustic Market tadi, saya ditemani waitres untuk dijelaskan tata caranya pesan makanan dan mau duduk di mana. Lokasinya sendiri terbagi dalam beberapa bangunan, bisa duduk di outdoor maupun indoor.


Untitled


Menu di Rustic Market Graha Natura Surabaya

Setiap bangunan di Rustic Market ini ada tempat untuk pesan makanan. Jadi nggak perlu harus antar bangunan satu ke bangunan yang lainnya. Pilihan menunya standart kafe aja baik makanan dan minumannya. Saya pesan pizza, kentang, sama 3 minuman totalnya 225 ribu. Masih nambah 25ribu dari tiket masuk tadi.


Untitled
Untitled
Untitled

Aku lihat banyak rombongan yang sebenarnya cuma pengen nongkrong tapi karena ada minimum order yang mau nggak mau mereka harus pesan jadi makanannya dibungkus. Ya daripada mubadzir. 


Untitled
Untitled


Suasana di Rustic Market Graha Natura Surabaya

Konsep kafe seperti pedesaan atau kesan tua itu "saya banget", jadi sudah pasti konsep kayak gini saya suka banget. Mengingatkan saya seperti kafe-kafe yang ada di Thailand seperti di Khao Yai

Kalau nggak salah ada 5 bangunan di Rustic Market Graha Natura. Kita bebas mau duduk di mana. Lalu kita juga bebas foto di manapun asal tidak memakai kamera. Ada Charge 1,5 juta jika kita memakai kamera.


Untitled
Untitled
Untitled
Untitled
Untitled
Untitled
Untitled
Untitled
Untitled
Untitled

Dari namanya The Lake, Rustic Market Graha Natura ini diapit sama danau buatan. Sayangnya saya malah lupa foto di dekat danaunya hahahahahaaa... Entahlah mungkin karena terbius sama suasananya di Rustic Market malah lupa ambil foto-foto. 

Saya datang ke Rustic Market ini jam 15.00 an masih sepi pengunjung karena masih panas. Lalu mulai rame sekitar jam 16.00 ke atas. Ternyata banyak banget pengunjungnya, meskipun ada biaya minimum order antusias pengunjung tetap ramai. Kalau mau nggak bayar karena sudah pernah ke Rustic Market, maka kalian bisa nongkrong di Danau Graha Natura yang lokasinya persis disamping Rustic Market, nanti tinggal nyerahin KTP di satpam dan bisa di ambil saat pulang. 

Masih ada 3 cabang Rustic Market yang belum saya kunjungi :) PR banget mau ke 3 tempat itu. 



Untitled
Untitled
Untitled
Rustic Market
Graha Natura Surabaya
Jam Buka :
10.00 - 21.00