CARA KLAIM REFUND GST DI SINGAPORE

Bagi yang gemar berbelanja di Singapore, jangan lupa untuk klaim refund GST di setiap belanjaan anda minimal SGD 100. GST adalah Goods and service tax yang selalu dikenakan disetiap toko-toko di Singapore.

Sebagai wisatawan yang bukan warga negara Singapore kita tidak wajib membayarkan pajak karena kita tidak dapat manfaat dari pembayaran pajak tersebut, namun disetiap pembelian barang dan jasa yang kita beli di Singapore semua dikenakan pajak 7% di dalam struknya. Pemerintah Singapore memberlakukan untuk wisatawan agar tidak kena pajak dengan klaim refund GST.


Untuk syaratnya saya ambil garis besarnya seperti ini:
1. Wisatawan dimana tidak bekerja di Singapore dan tidak tinggal menetap.
2. Dalam satu struk belanjaan minimal 100 dolar, pada tanggal dan toko yang sama (maksimal tiga struk bisa diakumulasi).

3. Tidak berlaku dengan GST yang ada pada nota makanan dan minuman.
4. Berlaku hanya pada toko yang sama dan tanggal yang sama. Meskipun terdiri dari beberapa nota dengan toko dan tanggal yang sama diperbolehkan.
5. Jika sudah terakumulasi SGD 100 maka mintalah form refund di kasir toko dan menunjukkan paspor kita.

Pengalaman pertama saya dapatkan di IKEA : 

Awalnya pada hari sebelumnya teman saya belanja di IKEA lupa meminta GST refund form, kemudian besoknya kembali ke IKEA untuk meminta formulir GST.

 photo 649370ef-46d7-4298-aa8a-2345b69430cb.jpg
( Suasana di CS IKEA, orang-orang ini duduk karena lelah berbelanja jadi bukan antri di CS )

Bagaimana Caranya ?


( Mesin exchange & returns di IKEA )


Ambil antrian di mesin exchange & returns yang tersedia di depan customer service, kemudian setelah nomor antrian kita dipanggil, menyerahkan struk belanja dan paspor lalu kita mendapatkan GST refund form, mudahkan.

Note:
Saya baru mengetahui kalau 3 nota bisa diakumulasikan sekaligus jika tanggal dan toko yang sama, jadi kalo misalnya belanja bareng teman notanya bisa dijadikan satu, lumayan bisa nambah GST refundnya. Karena tidak mengetahui jadi nota belanja saya di IKEA sebesar 30 dolar saja saya ikhlaskan pajaknya.

Pengalaman kedua saya dapatkan di Charles and Keith :
Di Charles and Keith prosesnya lebih mudah, sewaktu membayar di kasir jika belanja lebih dari 100 dolar kita akan ditanya mau refund GST? Setelah itu kita diminta menyerahkan paspor kemudian mendapatkan refund GST form secara langsung.

Umumnya semua proses GST refund form langsung di print out, jadi kita tidak perlu menulis form hanya menyerahkan paspor saja. Setelah mendapatkan print out GST refund form lalu untuk proses klaimnya bisa dilakukan di Changi Airport, lokasinya di Departure Hall arah skytrain.

Klaim refund di GST di Changi sangatlah mudah semua dilakukan di mesin E-TRS atau Electronic Tourist Refund, Mesin ini jumlahnya ada delapan buah jadi kita tidak perlu antri lama jika ada masalah dalam mengentry barulah kita menghubungi customer service.

 photo bac0529e-b178-4476-91aa-4f9572c2974f.jpg
(Suasana di GST Refund Customs Inspection, karena mengambil foto ini saya ditegur security untuk menghapusnya, saya pura-pura menghapusnya jadi foto ini berhasil di dokumentasikan )


 photo 58e7dd64-3ee9-4343-af58-b8d2562da7f3.jpg
 ( Mesin Electronic Tourist Refund atau E-TRS di Changi Airport )

 photo ba13f4cb-cfb5-401b-86d9-bd6694977eda.jpg
(Tampilan layar E-TRS)

Di mesin GST refund elektronik, teman saya di pandu oleh security bea cukai dengan menunjukkan GST refund form dari toko dan nota pembelian kemudian di bantu untuk registrasi refund, prosesnya seperti ini:
1. Pilih refund untuk proses GST bisa pilih english atau bahasa melayu, kemudian klik "agree"
2. Scan pasport di mesin
3. Scan barcode GST refund form yang anda peroleh dari toko di mesin.
4. Pilih pengembelian refund, melalui kartu kredit atau tunai
5. Lalu slip akan keluar untuk ditunjukkan di Refund Counter.


 photo 58fc7ade-2c6f-44a0-8522-f79d5e7a2987.jpg

Teman saya tidak diminta memperlihatkan barang belanjanya, namun sebaiknya barang belanjaan ditempatkan dalam satu koper jadi jika diminta menunjukkan barang tidak perlu susah payah membongkar koper.

Setelah proses tersebut diatas kemudian kita bisa check inn imigrasi, setelah itu cari Refund Counter dengan mengikuti papan penunjuk yang terpampang jelas. Letak refund counter di dekat counter charles and keith, di Refund Counter kita hanya menunjukkan slip refund tadi dan paspor kemudian kita bisa mengambil uang secara tunai atau bisa juga di debetkan melalui kartu kredit, namun tidak saya sarankan karena prosesnya lama.

Semua proses diatas kita tidak perlu antri sampai berjam-jam dan prosesnya sangat mudah, sayang kan jika kita tidak mengklaim 7 dolar tersebut.

Note :
Cukai di Indonesia dan GST adalah dua hal yang berbeda. Pajak GST adalah sama dengan Tax yang biasanya kalo di Indonesia dikenakan pada pajak makanan yang tertulis 10% yang ada di nota atau struk pembelian, kurang lebihnya GST mirip demikian. Jadi bukan berarti kita klaim GST maka bebas pajak cukai di Indonesia.

Cukai di Indonesia dikenakan apabila kita membawa barang yang tidak sewajarnya, seperti membeli tas dari luar negeri yang jumlah total harganya melebihi $250. Kakak saya pernah membawa tas Charles and keith sebanyak 4 buah juga bebas dari cukai.

You Might Also Like

26 komentar

  1. HALO... mau tanya dunj,, jadi klo minimal 100 SGD or akumulasi, yang refund berapa yaaa.. atau misal ada 5 barang yaa,, 7% dari tax semua barang itu bisa refund?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi...., cara ngitung pajaknya 7% dari nota bukan jumlah barangnya, jadi jumlah barang berapapun asalkan minimum nota mulai 100 sgd bisa refund ^_^

      Delete
  2. hii...mau tnya, jd kl beli charles and keith di outlet manapun ttp hrus klaim di changi ? atau tmpt pengklaiman yg lain jg bisa ? kmungkinan sy tdk ke changi....dan , gmn hrg c'k di sg? lebih murah ga yaa? kira2 rugi ga kl kt bela2in bli dsn dibanding di indo ? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk klaim GST tidak harus di changi airport, bisa ke Marina Bay Cruise Centre atau di international Passenger Terminal at HarbourFront Centre, memang letaknya di area airpot atau pelabuhan gak ada yang didekat pusat pembelanjaan. Cek linknya ke http://www.yoursingapore.com/content/traveller/en/plan-your-trip/travel-essentials/tax-refund.html

      Harga CK di SIngapore sama di Indonesia selisihnya sekitar Rp 150.000 - Rp. 200.000 lebih murah di Singapore, ada juga yang paling murah CK di anchorpoint mall letaknya di depan IKEA Alexandra harganya Rp 300.000 bikin kalap hehehe

      Delete
    2. Lumayan y 7%...makasi infonya sis...

      Klo di ck anchor point boleh foto2g y? Mau titip suami

      Delete
    3. Disitu suasananya rame seperti di bugis+ jadi SPG tidak terlalu memperhatikan, asalkan motoinnya ngga kelihatan ngga masalah hehe saya juga pernah foto kok aman ngga ketahuan :D

      Delete
  3. Jadi saya harus minta form distiap tempat saya belanja yg diatas $100 ..??krn ada beberapa toko yg cmn bilang saya cukup bawa nota belanjanya ajaaa...di nota bknnya udh ada no GST kita yaa..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, di kasirnya mintalah form refund GST, kita nanti diminta untuk menunjukkan paspor kita, itu pengalaman saya belanja di ALDO dan CK. Refund GST ini ada barcodenya jadi nanti di E-trs kita scan, jd kalo tidak ada barcode tidak bisa diklaimkan. Semua nota di Singapore memang selalu ada GST bahkan ketika membeli makananpun GST ini juga tercantum, namun GST yang bisa di refund oleh turis hanya yg diatas SGD 100 dan di toko-toko tertentu jadi selalu mintalah dikasir "please, attached GST in the bill payment" yach :)

      Delete
  4. Thank u for the info..its really help...

    ReplyDelete
  5. Hi mau nanya,kalau kita ambil slip dari mesin e-trs,apakah kita masi perlu langsung ke counter bea cukai untu minta cap dan menunjukkan barang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga perlu sist, setelah menerima slip e-trs bisa langsung klaim ke refund counter di lantai atas dekat counter charles and keith.

      Delete
  6. his sis, mau tanya
    berapa lama refund nya masuk rekening kita?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Janjinya dua minggu, tapi ngga sampe 2 minggu udah masuk kok ;)

      Delete
  7. Hi blog kamu informatif banget.
    Mau tanya sedikit donk, kalau kita claim tax refund saat kita sampai di Indonesia gak perlu bayar tax apa2 lagi kan ya?
    *sorry for the silly question, soalnya selama ini gak pernah urus tax refund*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tax refund GST ngurusnya harus di bandara Singapore bukan di Indonesia

      Delete
  8. Mau tanya kak, kalo kita udah dapet Refund GST, pas nyampek Indo kena cukai nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti yang saya tulis diatas GST dan cukai di Indonesia adalah pajak yang berbeda. Klaim GST adalah klaim pajak yang ada di nota pembelian barang yang kita beli di Singapore diatas SGD 100.

      Sedangkan cukai Indo adalah pajak yang melebihi barang bawaan yang tidak wajar. Jadi antara redund GST dan cukai ngga bisa disamakan.

      Delete
  9. Kak saya mau tanya dong, jika saya beli ip di sg dan saya udh refund gst di sg apakah di indo bisa kena bea cukai lg?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. GST dan cukai dua hal yang berbeda dear...GST itu pengembalian pajak karena kita bukan warga Singapore, sedangkan cukai adalah barang mewah yg masuk ke Indonesia.

      Setahu saya, kalo belinya cuma satu sih ngga masalah dan barangnya sudah kebuka atau tidak bersegel lagi...ngga akan kena cukai, kecuali apes :D

      Delete
  10. kak..sy pas belanja di singaporw souvenir center sampai 240.50SGD.
    tapi gak ada pemberitahuan apa2 oleh kasir nya ttg GST.

    lalu bagaimana ngurus nya apabila sudah terlanjur di bandara changi.sedangkan utk balik ke toko tersebut waktunya tidak ada.terima kasih.

    ReplyDelete
  11. kak..sy pas belanja di singaporw souvenir center sampai 240.50SGD.
    tapi gak ada pemberitahuan apa2 oleh kasir nya ttg GST.

    lalu bagaimana ngurus nya apabila sudah terlanjur di bandara changi.sedangkan utk balik ke toko tersebut waktunya tidak ada.terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang jalan satu2nya harus ke toko itu, karena untuk klaim GST harus ada form+nota GST. Kalo ngga ada maka kita ngga bisa proses GST di Changi.

      Untuk form GST kita yang harus minta ke kasirnya untuk prosesnya, kadang kan mereka juga bisa jadi lupa atau gimana... Kecuali yg store besar seperti CnK, aldo, vincci dan lain lain...mereka pasti menawarkan GST kalo pembelanjaan diatas 100 :D

      Delete