Wisata Seoul (Day 4) : Gapyeong Tour Bus, Nami Island, Petite France, Hongdae, Hello Kitty Café dan Sinchon

Hari ke 4 di Seoul tujuan saya ke Nami Island dan Petite France. Siapa sih yang ngga kenal dua wisata ini? Ya, wisatawan wajib mengunjunginya ketika di Korsel. Nami island terkenal karena serial winter sonata sedangkan petite france heboh karena drama Bethoven Virus. Tak lengkap rasanya jika ke Seoul melewati dua wisata tersebut…

Banyak cara untuk menuju Nami Island dan Petite France. Saya memilih yang paling mudah dengan Gapyeong Tour Bus.

 photo d0ee8f7a-4d50-4f0b-847e-37aa5b72901f.jpg
Gapyeong Tour Bus

Ticket Bus



(Jadwal keberangkatan bus/zoom untuk memperbesar)


(Jadwal bus kembali menuju Gapyeong station/zoom untuk memperbesar)

Tiket Gapyeong Tour Bus bisa di beli langsung ketika naik bus. Sopir bus juga merangkap melayani penjualan tiketnya seharga krw. 5000. Meski sewaktu saya menaiki bus adalah hari Senin, bus ini tetap lah ramai dan full penumpang. Hmm, saya tidak membayangkan bagaimana jika weekend tiba, pastinya akan penuh sesak.

Gapyeong Tour Bus
Getting There:
Naik subway turun di Gapyeong station exit 1. Tempat pemberhentian bus ada di sebelah kanan dari exit 1.
Ticket : krw. 5000
Time : 09.00 - 18.00
Rute : Nami Island, Petite France dan The Garden of Morning Calm


Stop pertama adalah Nami Island. Saya turun bus kemudian berjalan menuju Imigration Nami Island. Imigration Nami adalah pintu masuk menuju Nami Island. Pemerintah Korsel mengemas wisata Nami Island sebagai sebuah Negara yang terpisah dari Korsel, untuk menuju Nami Island kita menaiki kapal selama 15 menit, bayangkan saja ini sebuah wisata yang terpisah dari Korsel.


Gerbang Imigrasi Nami Island

 photo b74cf8ac-13a7-4c6c-9a7c-09f8eb3d0bc6.jpg
Kapal Menuju Nami Island

Tiket masuk menuju Imigration Nami Island adalah krw. 8000, tiket visa ini berlaku untuk kapal pulang pergi dan biaya masuk ke Nami Island. Sampai ke Nami Island cuaca begitu dingin dibandingkan dengan Seoul, aplikasi weather di hp saya menunjukkan suhu -3 brrrrrrr dingin banget padahal ini pukul 12 siang, kalau malam bisa dibayangkan akan semakin dingin.

Untuk mengatasi dingin, di Nami Island disediakan kayu bakar untuk menghangatkan tangan dan kaki di setiap sudut-sudut jalan, lumayanlah membuat tangan menjadi hangat mirip dengan pesta barbeque hihihihi

Ada apa di Nami Island? Banyak. Saya berjalan mengelilingi pohon- pohon sepanjang Nami Island, ada juga fasilitas sewa sepeda, namun saya memilih menikmati dengan berjalan kaki. Sepanjang jalan terlihat bendera-bendera beberapa Negara, juga ada bendera Indonesia dengan tulisan “Selamat Datang” ahh rupanya Nami Island terkenal hingga ke seluruh dunia. Jika lapar ada beberapa restaurant ayam panggang yang terkenal di Nami, karena tak begitu lapar saya melewatkan makan ayam yang tersohor itu. Satu lagi yang tak boleh dilewatkan adalah foto di depan poster maupun patung pemeran Winter Sonata.

 photo b64329c4-dfb5-426d-bbc4-b1593b2b123a.jpg

 photo bbf60529-87bd-4500-b2a3-3bc054ca70a1.jpg
Sisa salju bikin becek

 photo ee2af205-cbfc-42d9-a784-059557baba52.jpg
Suasana di Nami Island





Nami Island / Namiseom
Open : 07.30 - 21.40
Ticket : krw. 8000 (biaya masuk + ferry)
Puas mengeksplorasi Nami Island, saya menaiki bus berikutnya menuju Petite France. Perkiraan saya antara Nami Island ke Petite France lumayan dekat, nyatanya diperlukan waktu sekitar 45 menit untuk menuju Petite France yang letaknya jauh banget di atas bukit, perjalanannya pun berkelok-kelok mirip dengan menuju puncak Bogor.

Konsep dari Petite France adalah sebuah desa bertema Perancis, terlihat ketika memasuki Petite France ini lagu-lagu bertema Perancis terdengar di hampir semua sudut ruangan.


 photo 453fe0ec-7604-40f2-b172-fbc1ade15270.jpg
Petite France

 photo d56860d9-a7f2-4408-b38d-0d1afcaedc3c.jpg
Map Petite France

Di Petite France banyak rumah-rumah yang bisa dimasuki wisatawan, yang didalamnya ada beberapa galeri seperti lukisan, theater, barang antik, musholla bahkan ada penginapan yang bisa disewa di sini. Untuk yang penginapan, saya tidak bisa membayangkan jika tinggal disini, karena petite france jauh sekali dengan pemukiman penduduk dan letaknya benar-benar di atas bukit..yang pasti bakalan sepi.

Indah banget yah ?



Saya berkeliling ke galeri-galeri dan mencicipi jajanan khas Perancis, sensasinya ke Petite France ini memang serasa di Perancis. Tak terasa 3 jam saya menghabiskan waktu di Petite France

Sebenarnya tujuan selanjutnya ke Morning Calm tempat syuting dari Secret Gaden, saya membatalkannya karena kedinginan bikin badan saya ngedrop. Morning Calm merupakan taman bunga – bunga warna warni, jika malam hari banyak lampion-lampion yang indah, sayang saya harus membatalkannya karena cuaca begitu dingin.
Petite France
Open : 09.00 - 17.00
Ticket : krw. 8000

Perjalanan pulang dari petite france saya masih naik gapyeong tour bus, yang kemudian berakhir turun di Gapyeong station. Dari Gapyeong station ini saya memutuskan untuk balik ke hostel untuk menghangatkan badan terlebih dahulu kemudian malamnya saya lanjut ke kawasan Hongdae.

Saya sampai hongdae sekitar pukul 07.00 malam, kawasan hongdae merupakan kawasan anak mudanya Korsel karena letaknya yang dekat dengan hongik university. Sejak turun dari Subway, saya sudah menemukan banyak barang-barang murah seperti sepatu boot seharga krw. 9.900 - 10.000 lalu baju-baju dan tas backpack juga seharga krw. 10.000.

Baju dan boot murah di kawasan hongdae

Ke Hongdae haruslah nyobain café – café yang berkonsep unik –unik, salah satu café yang paling heboh di Internet adalah Hello Kitty Café. Hello Kitty cafe merupakan cafe berkarakter Hello kitty dengan semua perabotnya serba pink. Pesanan saya di Hello Kitty Café adalah cappuccino dengan karakter hello kitty, harga secangkir kopi termurah adalah krw. 4.200 (+tax) dan sudah bisa ditebak itu adalah pilihan saya hahahaha…. Setidaknya saya sudah terlihat keren mengunjungi Hello Kitty Cafe meski pesan kopi yang termurah.


Serba pink
Keluar dari Hello Kitty café biasanya wisatawan lanjut ke Trick eye museum yang letaknya dekat dari hello kitty café, namun saya sengaja melewatkannya karena bakalan susah untuk mengabadikan foto-foto di Trick Eye Museum jika solo traveler.
Hello Kitty Cafe
Getting There:
Naik subway turun di Hongik University Station exit 9, ketemu lampu merah sebrangi jalan (wajib nyebrang dulu yah), kemudian berjalan lurus sampai dengan bertemu toko kosmetik holika - holika beloklah ke kanan. Setelah belok ada gang pertama, beloklah ke kiri. (hello kitty terletak di gang kecil)
Open : 11.00 - 24.00

Perjalanan pulang ke hotel dikawasan Sinchon saya nyobain makana berat yaitu Dakgalbi. Dakgalbi dikawasan SInchon ini lumayan terkenal, meski malam suasana didalam restaurant sangat ramai.

Memasuki restaurant saya langsung disambut waitres, saya mengucapkan “only one person” karena waitres tersebut mengira saya dengan beberapa teman. Pesanan saya adalah dakgalbi yang standart. Dakgalbi ini merupakan daging ayam yang dicampur dengan sayur kemudian dimasak di atas meja tamu, yah mirip-mirip suasana makan di restaurant jepang di Indonesia.

Didepan restaurant


Dakgalbi yang lazis abis

Karena tidak sabar dan sudah lapar saya mengambil dakgalbi di meja, ngelihat tingkah saya waitres bilang “no no” “wait- wait” saya kemudian manggut-manggut malu rupanya untuk makan dakgalbi ini harus benar-benar matang dan menunggu instruksi siap dimakan oleh waitres heheheh… Harap maklum waitres disini tidak bisa English, jadi saya mau nanya-nanya kapn bisa dimakan juga bingung.

Lumayan deg-degan sewaktu mau nyobain dakgalbi, dan ternyata enak banget ayam dan sayurnya benar-benar klop. Pelengkapnya juga enak, salah satunya ada salad dengan mayonnaise. Untuk kimchi maaf banget, saya tidak ada suka rasanya yang asem.
Chuncheon Dakgalbi Makguksu
Getting There :
Turun di sinchon station exit 1, belok kiri hingga bertemu Hyundai Departemen Store, lalu belok kiri hingga terlihat sevel beloklah ke kanan, Chuncheon tak jauh dari sevel sekitar 2 toko. (Nama restaurant tertulis dalam bahasa hangeul 춘천집닭갈비막국수)
Open : 10.00 - 06.00 pagi
Price: krw. 6000
Favorit menu : Dakgalbi

Dari restaurant dakgalbi saya kemudian lanjut eksplore Sinchon, di Sinchon ini juga kawasan anak muda Korsel mirip-mirip dengan kawasan hongdae, banyak juga café dan toko-toko yang lucu. Malam ini saya berakhir di kawasan SInchon dengan belanja kosmetik etude, kemudian balik ke hotel pukul 12.00 malam.


Lumayan gak terlalu khilaf belanjanya, habis krw 6000


You Might Also Like

42 komentar

  1. aaaa!! postingnya kereeenn ^_^ jadi pengen kesana mba vika ^_^ . bagusan pake tur apa backpackeran aja?? Folback yaaah
    Makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aseli lebih enak backpackeran mbak, nanti kalo dah di Seoul bisa nyobain Seoul city tour bus, gapyeong tour biaya juga murah antara krw. 5000 - 10.000. Asiknya kalo bacpackeran bebas nyusun jadwal n narsis sampe puas hohoho

      Delete
  2. Mba vika, minggu depan saya brg temen2 mau ke korea, kl ikutan gapyeong tour perlu booking gak? Atau ots ajah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung ke driver, gak bs book dulu.

      Delete
    2. Mbak Vika, numpang tanya juga nih mbak..
      kalau bus yang gapyeong tour itu jalannya tiap berapa jam sekali ya ?
      misalnya selesai dari naminya cepat lalu nyebrang naik fery kan, jadi bus yang gapyeong itu ada setiap saat atau setiap berapa jam sekali untuk jalan ke petite france ya? kemudian dari petite france ke stasiun gapyeong nya busnya tiap berapa jam sekali ya mbak?

      maaf jika nanyanya kebanyakan ya mbak dan pake anonymous karena saya belum ada account mbak
      *Flo*

      Delete
    3. Ada jadwalnya di brosurnya, jadi ntar di dekat halte yg di gapyeong kita bisa ambil brosur jadwal tournya, aq masih punya sih brosurnya ntar deh bsk mau ku upload.

      Delete
    4. Terimakasih ya mbak Vika atas balasannya.
      Menurut Mbak Vika lebih murah naik bus gapyeong atau naik bus dari tapgol ya ?
      *Flo*

      Delete
    5. Lebih murah gapyeong lah cuma 5.000 beberapa tempat wisata, kalo bus dari tapgol harganya KRW 17.000 untuk PP tapgol-nami, nami-tapgol dan ga enaknya ga include ke petite france.

      Delete
  3. Hai Vika.. saya mau tny ttg Gapyeong Bus tur ini dgn 5000 krw sdh termasuk ke 3 tmpt ya : nami,petite france dan the garden of morning calm? Ada schedule bus nya gak?bs tlg diemail ke crescentia.indri@gmail.com . Berarti kalo kt dr nami island bisa langsung ke petite france dan the garden of morning calm ya. Untuk arah baliknya dr garden of morning calm nanti langsung diantar menuju tempat terminal waktu kita mau berangkat ya. Mohon informasinya thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rutenya ada banyak namun yang paling turis dan wajib memang nami, petite dan the garden of morning calm, jadi sistem bus ini hoop on hoop of berhenti disetiap rute dalam schedule, bayar sekali ketika naik di Gapyeong tour nanti diberi ticket dan ticket tersebut jangan hilang karena setelah turun kemudian naik bus lagi tiket akan di cek oleh sopir, jika ticket hilang maka harus beli lagi. Harga tiketnya krw 5000 untuk semua rute dalam satu hari.

      Nah dalam setiap pemberhentian saya ambil contoh; dari gapyeong station bisa berhenti pertama ke nami island, lalu setelah puas dari nami island ingin ketujuan berikutnya petite france maka tunggu bus di halte yang ada papan nama gapyeong tour, minimal 15 menit sebelum keberangkatan kita harus stand by dan bus sangat on time apabila kita terlambat maka harus nunggu jadwal berikutnya sekitar 1 jam-an, jadwal keberangkatan bisa di cek di brosur yang bisa kita ambil di halte gapyeong station, ketika naik bus tersebut tinggal tunjukin ticket kepada sopir. Untuk bus keberangkatan nunggu haltenya di sebelah kanan, untuk pulang ke Gapyeong station halte ada di sebelah kiri jangan sampai terbalik ya...

      Rute bus dan jadwal sudah saya upload ya ^^

      Delete
    2. Thanks infonya vika . Btw maksudnya kalo berangkat halte di sebelah kanan dan pulang sebelah kiri,ini maksudnya dilihat dr posisi gimana? Thanks.

      Delete
    3. Naik aja bus dari halte yang kita turun tadi kalo mau melanjutkan perjalanan ke rute berikutnya, kalo pulang naik halte yg dari seberangnya.

      Delete
    4. Kalo untuk menuju gapyeong station dari seoul subway bisa ?berapa lama perjalanan untuk menuju gapyeong station. Thanks

      Delete
    5. Gapyeong station ini memang jalur subway say, perkiraan sekitar 40 menit. Agar mudah bisa download aplikasi "subway/jihachul" untuk iphone maupun android, di aplikasi tersebut ada peta, estimasi waktu dan informasi station subway.

      Delete
    6. Hi vika... saya mau tny kalo mau ke nami island dgn menggunakan ITX apakah perlu booking online? Tiket ITX itu apakah bisa dibayar dgn menggunakan T-Money atau harus beli terpisah?mohon informasinya thanks

      Delete
    7. Kalo mau naik ITX sebaiknya beli tiketnya di ticket machine distasiun aja, daripada booking online kalo kita terlambat datangnya tiket akan hangus. Bayarnya pake tunai ntar masukin uangnya di mesin itu. Harga ITX dan subway selisihnya lumayan loh, cuma ITX lebih cepat aja.

      Delete
    8. Hi Vika!

      Blog-nya membantu banget!

      Mau tanya, Gapyeong bus KRW 5,000.00 itu return atau one way?

      Delete
    9. Return dear, cek rute nya dalam brosur diatas. Jadi sitemnya hoop on hoop off

      Delete
  4. aku bookmark dulu ahhh, lumayan banget buat info kalo mau ke Nami dan Petite France :3

    ReplyDelete
  5. hai mba vika, tanya lag. ke gapyeong kan naik subway ya, nah,, aku dari stasiun hyehwa ke gapyeong, ternyata ada 4 kali transit. saat mau transit itu, ada tanda nya ga ya? misal penunjung arah naik subway berikutnya dulu dirimu dari stasiun mana? dan berapa kali transit? ada suka duka nya saat transit ga mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar kan di subwaynya ada tulisan digital station selanjutnya, juga ada speaker pemberitahuan stop station. Lihat di map aja mana station interchange untuk ganti warna jalurnya. Gampang kok pindah-pindah line itu, tinggal perhatiin warnanya di map. Aq dari sinchon stationnya setelah hongik, lupa berapa kali pindah line.

      Delete
  6. nyari bus gapyeongnya di mananya y??
    thanks ^ ^
    membantu bgt blognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dijelaskan didalam artikel atas sist ;) gampang kok nyari busnya

      Delete
  7. Nice article,,, sayang baru nemu blognya sekarang, taun kemaren ke seoul gak sempet ke nami karena keder lom nemu info rute yg sejelas ini, maklum gak pake tur jadi modal google dan nekat juga, jadi seneng nemu ini, insya allah taun ini pengen ke seoul lagi pengen mampir ke nami deh.. bookmark dulu deh hahhaha... thanks yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aku juga ngga pake tour, jadi murah meriah hehehe... itenerary ke Nami ini mudah banget, dan ngga menyesatkan :D

      Delete
  8. Kira Kira 15 febuari msh ad salju ngak D Nami ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada dikit :) suasana Naminya kayak foto diatas itu juga bulan pertengahan feb, salju mulai mencair namun masih ada dibeberapa sudut

      Delete
  9. mbak vika kapan ke korea lagi mbak?
    saya yang di korea malah belum jalan2. he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asik tinggal di korea :D saya minggu ini ke Korea

      Delete
  10. Mbk vika,, kpn rncna ke korea lagi? Sya rncna jan 2017 ini,, siapa tw bisa bareng. 😊

    ReplyDelete
  11. Mbk vika,, kpn rncna ke korea lagi? Sya rncna jan 2017 ini,, siapa tw bisa bareng. 😊

    ReplyDelete
  12. Mb itu halal gak makan daging dakgalbi ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di restoran ini ngga ada logo halal dear.. cuma restorannya tidak menyediakan pork dan pakai daging ayam. Yoogane yang di Myeongdong pun itu juga belum ada logo halal, tapi kebanyakan yang datang muslim. Jadi option dikembalikan ke masing-masing ya...

      Kalo mau dakgalbi halal yaitu Nami OK...dekat dengan nami island...

      Delete
  13. Hai salam kenal.. Mau tanya kalau rute ke Jade garden - Nami Island - Petite France - Garden of Morning Calm, bisa ga dengan Gapyeong Tour Bus ini? Thank you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rute Gapyeong tour bus bisa untuk Nami Island - Petite France - Garden of Morning Calm

      Sedangkan Jade Garden tidak termasuk dalam Gapyeong tour bus karena stationnya berbeda..untuk ulasannya bisa dilihat di artikel saya Jade Garden ya ^^

      Delete
  14. Dear vika, salam kenal.. Ak mau tanya kalau dari jongno 3-ga station ke gapyeong station apakah ada jalur via subway/bus (or another cheaper way tp efektif hihi)...? Soalnya ak udah gugel rutenya, perjalanan kesana kebanyakan pake itx. Thanks in advance yawww :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini rute yang saya ambil menggunakan subway bukan ITX kak :D, meskipun waktunya saya tempuh sekitar 1 jam dari Seoul sedangkan ITX sekitar 10 menit. jalurnya gini:

      Seoul Station (line 1) - Hoegi Station (line 1) - Sangbong Station (jungang line) - Gapyeong Station (gyeongchun line)

      Delete
  15. Halooo Mba vikaa , Mba says rencana desember ke Korea enaknya tinggal do daerah mana yah???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling enak sih Hongik :D untuk review bisa dilihat di sini ya http://www.diarysivika.com/2016/10/3-rekomendasi-hostel-dan-guesthouse-di.html?m=1

      Delete