Wisata Seoul : Musim Dingin Pertama di Seoul

Pukul 03.00 sore, akhirnya saya sampai di Seoul station, terharu rasanya bisa menginjakkan kaki di negara impian penggemar K-drama. Perjalanan untuk ke Seoul adalah perjalanan travelling terlama yang pernah saya lalui, bayangkan saja perjalanan ini hampir 30 jam lamanya. Flight saya, terkena dampak penutupan rute dari tigerair yang semula harusnya Sub-Kul, berganti rute Sub-Sin transit 3 jam di Singapore, kemudian Sin-Kul sekitar 1 jam. Di Malaysia saya juga transit sekitar 7 jam di LCCT, maskapai selanjutnya yang saya naiki adalah Airasia yang berangkat pada pukul 01.00 dini hari tujuan Kul-Bus selama 6 jam. Sampai Busan saya ke Seoul dengan menaiki KTX kurang lebih selama 3 jam, rasanya seperti orang berangkat haji hahaha…

Seoul Station

Ketika sampai di Seoul, semua rasa lelah terhapus dengan melihat oppa-opa yang kulitnya putih mulus dan body seperti lee min hoo berseliweran dihadapan saya hahahaha… Ini adalah pertama kalinya saya ke Korea dan saya woman solo travelling yang konsep perjalanannya mirip mbak trinity tanpa ikut travel dan tanpa guide.

Langkah pertama setelah sampai di Seoul Station Train adalah keluar dari Station ini menuju seoul station subway. Seoul station train adalah station akhir kereta Mugunghuwa, Saemaul, Korean Train Express (KTX) dan Airport Express Incheon (Arex), untuk menaiki subway maka harus keluar dari station ini, caranya cari exit yang menuju subway (seoul station train dan subway seoul station terletak di gedung yang berbeda).

Sebelum mencari subway, saya mencari 7 eleven (sevel) untuk membeli t-money. Artikel yang saya baca di website visit Korea, jenis t-money ini ada banyak yaitu M Pass Plus, Seoul City pas Plus dan t-Money reguler, setiap kartu memiliki fungsi yang sama yaitu digunakan untu membayar bus dan subway, yang berbeda adalah kartu-kartu ini memiliki tambahan diskon tertentu berdasarkan jenis kartu yang dipilih. Saya tertarik untuk membeli Seoul City Pass Plus, sayangnya di dua sevel yang saya masuki kartu sedang kosong, dengan terpaksa saya membeli t-money regular seharga KRW 2.500. Jika ingin membeli t-money tertentu sebaiknya di bandara ataupun di kantor KTO, karena sevel, GS25 maupun family mart hanya menyediakan t-money reguler.

Okay, kartu t-money sudah ditangan, selanjutnya adalah top up kartu di subway machine. Sebenarnya sewaktu membeli di sevel tadi bisa sekaligus untuk top up kartu, namun saya pengin mencoba untuk pertama kalinya menggunakan subway machine.


Caranya mudah:
  1. Pilih bahasa “English”
  2. Kemudian pilih T-money card
  3. Letakkan kartu di recharging pad
  4. Ada beberapa pilihan top up antara KRW 1000-90.000, tekan sesuai pilihan
  5. Masukkann uang kertas atau coin di mesin
  6. Dan top up berhasil

Jika T-money sudah terisi, kita bisa masuk ke subway station dengan men-touch kartu di mesin yang disediakan.

Cara naik Subway :

Rute subway di Seoul ini banyak banget dan bercabang-cabang, pertama ngeliat dan baca saya ngeliatnya bingung tapi setelah saya jalani, menaiki subway ini mudah banget. Jika pakai iphone ada aplikasi “Subway”, dengan aplikasi ini memudahkan saya menaiki subway. Menggunakan aplikasi ini, masukkan depart tujuan “Seoul Station” kemudian arrive at “Sinchon” maka petunjuknya akan muncul sangat jelas. Ketika di Korea saya tidak membeli kartu telepon atau menyewa telepon selular, untuk menggunakan aplikasi ini karena harus menggunakan internet, ketika ada wifi maka saya browsing dan menyimpan rute tersebut dengan cara mencapture.


Aplikasi subway di iphone
Contoh cara menaiki subway:

Hostel saya terletak di daerah sinchon, sinchon adalah satu station sebelum Hongik University. Maka jika dari Seoul station tujuan Sinchon station, jalur seoul station berwarna biru dan jalur sinchon berwarna hijau, untuk ke jalur hijau saya harus transfer ke city hall station (1 stop). City hall station adalah interchange antara jalur hijau dari biru, dari city hall saya turun di Sinchon (4 stop), Mudah kan?


Rute subway Seoul
Suasana di dalam subway
Berjalan dari arah kanan, bukan kiri
Keluar dari sinchon, saya mencari hostel yang telah saya di booking di agoda dengan mudah. Saya tidak merekomendasikan hostel ini karena heater tidak berfungsi dengan baik. Di suhu minus, didalam kamar saya sangat kedinginan dan parahnya ketika pagi pemanas air selalu mati, penderitaan di dalam kamar terobati dengan suasana hotel yang strategis, mau keluar hotel mau cari makan, mau belanja tingal jalan aja dekat kemana-mana. Malam itu karena kelelahan saya lebih memilih tidur di hostel saja, biar besoknya lebih fit dan tubuh saya juga sedang beradaptasi dengan suhu minus di Seoul.

Musim Dingin di Korea
Sewaktu di Seoul kemarin suhu antara -5 s.d 5 celcius. Dingin? Pastilah kan minus, tetapi tidak seekstrim yang saya pekirakan yang katanya sampai membuat kulit tangan atau wajah mengelupas karena dingin, mungkin jika sampai mengelupas itu berlaku di musim Desember sampai Januari.

Perlengkapan musim dingin saya, adalah:
  1. Long john (beli online 90.000-an)
  2. Kaos ( 1 lapis)
  3. Sweater rajut (1 lapis)
  4. Coat (beli di pasar baju bekas 35.000-an heheh)
  5. Kaos Kaki tebal
  6. Sepatu keds
  7. Syal tebal

Coat saya beli di Indonesia di pasar bekas karena berencana ketika di Korea akan berbelanja coat, coat disini lebih murah sedangkan di Indonesia harganya sekitar 700ribu-an keatas dan sepatu boot di Korea juga murah-murah 120ribu-an sedangkan di Indonesia harganya 400 ribuan. Kalo pengen hemat, mending beli peralatan musim dingin di Korea saja.

Selain peralatan baju-baju untuk musim dingin, persiapan yang tak kalah penting adalah krim-krim maupun kosmetik agar kulit tidak kering. Karena parno takut kulit rusak saya membawa krim dari Indonesia, harganya sih murah tapi sangat manjur buat kulit jadi lembab hihihi
  1. Nivea Moisture Cream (untuk wajah, tangan dan kaki)
  2. Lip gloss Revlon dan lipcare
  3. Masker wajah vitamin C yang instan, tinggal tempel aja.(saya bawa 7 jadi tiap malam maskeran hahaha)
Ada juga kejadian , karena menguap terlalu lebar tiba-tiba “krek” bibir saya mengelupas. Untungnya setelah saya kasih lip care bibir saya tidak perih lagi. Tips dari saya ketika liburan di musin dingin jangan tertawa terlalu lebar dan jangan menguap lebar-lebar hihihi
Sisa salju di Korea pada bulan Februari 2014

You Might Also Like

28 komentar

  1. Kalo mau cari pakaian musim dingin di surabaya kunjungi toko natasha, pasar atum tahap V lantai 2 no 15 ( dekat 369, sebelah TXL ) atau di tahap V lantai 1 no 1063T ( daerah hartani , samping toko obat sinar bahagia, jiro). Kami menyediakan bermacam macam coat import hongkong dan korea, long john, long john full bulu, legging full bulu, sarung tangan, syal, topi, sweater dan jacket. Pokoknya lengkap, buat kebutuhan anda pergi ber liburan dimusim dingin. Pin bbm 550DAD5E atau www.thehouseofnatasha.blogspot.com whatsapp 083849527337

    ReplyDelete
  2. mbak vikaaaa! salam kenal, aq Donna dari Jakarta..

    blog mbak tentang perjalanan mbak ke korea menginspirasi aq banget buat merancang itin untuk Insya Allah februari 2016 cuss ke korea.. aq rencananya pake itin kayak mbak punya, tapi aq dari incheon main ke busan dulu abis itu baru ke seoul..nah aq kan rencananya mau beli coat-nya disana aja, kira2 enaknya beli di sekitar incheon ato di busan aja ya? trus disana ada coat ukuran extra besar ga ya, secara aq liat orang2 disana terbilang mungil2..
    makasih, mbak, buat jawabannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih-makasih jadi semangat untuk nulis hehehe...

      Wah, kalo nyarinya antara incheon dan Busan, saya sih merekomendasikan Busan. Karena harga di Busan jauhhhh lebih murah daripada Seoul. Enaknya di Busan itu orangnya ramah, jadi mau fitting ini itu ngga sungkan #halah Di Gukje Market banyak kok size besar, kayak aku hahaha...

      Tapi ingat ya, beli long johnnya harus sudah dari Indonesia. Soalnya waktu aq kemarin, kunci kehangatan tubuh dari long johnnya. Waktu itu aq belinya di olshop, ngga merek tapi kualitasnya bagus banget, meski suhu minus di badan tetap hangat.

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nopember itu aja udah dingin banget, bagi kulit tropis qta. Dan desember pastinya makin dingin, harus siap longjohn, jaket dan peralatan winter.

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa cek label korea selatan di blog ini ya, disitu udah saya tulis semua wisata korea :)

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Halo Mba, mau tanya dong. Waktu ke Korea bulan Februari, sisa saljunya masih banyak ga? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Nami, mt sorak n tempat2 resort ski masih banyak sisa saljunya. Bisa dilihat foto saya diatas sewaktu di nami :)

      kalo di pusat kotanya, hanya ada di tepi-tepi trotoar aja. Btw, kapan nih mau ke koreanya?

      Delete
  8. telat banget aku bacanya hehhehe.
    mbak aku pengen nanya deh itu biaya yang kita siapin buat kesana sekitar berapan sii,penasaran banget akunya dan plus juga sekalian bisa buat nabung lebih giat lagi dan cuss terbang kekorea...
    mohon di balas ya mbak...
    ghamsamnida

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai salam kenal :)

      Itenerary dan total biaya ada di label korea, judul panduan perjalanan ke korea, lengkap banget saya ulas.

      Happy traveling

      Delete
  9. mba beli winter coat di korea yg murah dmn yah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Namdaemun exit 5 belok kanan, atau dari exit tersebut tanya ke Namdaemun Market.

      Delete
  10. hai kak vika, salam kenal 😊
    serunya baca kisah perjalanan kak vika ke korea hihi
    kalo boleh tanya bagusnya kekorea pake wisata tour atau solo treveler kyak kak vika? terus brp pngeluaran keseluruhan kak vika selama di korea mahal mana klo pake wisata tour? makasihh 😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya sih suka solo traveler, maklum jiwanya petualang :D Di Korea mudah sekali wisatanya, meski bahasanya hangeul namun petunjuk jalannya sudah english semua. Dan lagi disana banyak city tournya seperti seoul city tour, atau di nami dan sekitarnya juga ada.

      Saya ngga suka dengan wisata tour karena destinasinya terbatas, contohnya aja cuma nami aja tapi ngga sekalian ke petite france.

      Selisih solo tour dengan wisata tour sekitar 5-6 jutaan per orang. Rincian biaya bisa dibaca di panduan itenerary seoul dan busan ya, bisa cari di label blog korea selatan.

      Thank u

      Delete
  11. vika...apakah enjoy solo traveler? soalnya aq pernah ke lombok sendiri kok rasanya sepi buanget...gimana cara enjoynya yah? soalnya april saya bakal solo traveling ke korea. untuk naik bus, apakah didalam bus ada semacam layar petunjuk berbahasa inggris yang memberikan petunjuk nam halte stop-an berikutnya? mohon info..thanks b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku suka fotografi, jadi motret sama suasana baru itu ngilangin sepi. Trus cari kenalan baru :) biasanya banyak kok teman yg jalan sendiri atau yg jalan berdua trus tak ajak jalan bareng.

      Di Seoul aku ngga pernah naik bus, naik bus cuma sekali waktu di Busan. Ada papan penunjuk digital didalam bus tapi bahasa korea hehehe waktu naik aku bilang tujuannya ke sopir, duduk dekat sopir nanti dia kasih kode kalo turun. Kalo hilda ngomongnya kenceng nanti penumpang lainnya ngasih tau juga kalo mau berhenti. Coba deh baca yg ulasanku edisi busan.

      Btw, april tgl berapa ke Korea? Aku mei juga ke korea :D

      Delete
  12. Wahh... Gomawo^^ infonya yah Mba vika, berguna sekali buat saya yang Insyaallah mau ke korea akhir bulan ini dan sengaja pengen beli coat disana karna katanya murah, jd dari sini bawa 1 Coat aja...hehe
    Btw kalau makanan disana yang rasanya bersahabat dengan lidah kita apa yah ? dan harga makanan disana relatif murah atau mahal yah mba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah senangnya :)

      Semua makanan Korea itu cocok dilidah saya hyahaha rasanya enak2 seperti seolnangtang, dakgalbi, samgyaetang atau bimbimbab semua sudah saya ulas di label seoul yah. Harganya perporsi sekitar 60ribu-an up dan porsinya gede bisa buat berdua.

      Delete
  13. mba vika ...salam kenal yaa sy winda...mba kalo des ini mw bw anak2 ke korea, cuacanya mendukung ga...kalo suhu minus, theme park spt everland n lotte world buka ga? kalo ke jeju di musim dingin bagus ga mbak kira2...mhn info yaa..des libur skolah anak2...mumpung...tp dgr2 dr org2 ktnya bagus autumn atau spring...
    sy 2013 pernah ke korea, brg kantor, tp ikut tour...jd kurang puas...krg explore public trans nya jg...n gak ke jeju...
    mhon pencerahan ya mbak...makasiy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Everland dan lotte world tetap buka donk malah ada banyak festival winter bagus banget :)
      Wisata korea itu setiap musim bagus kok, ada sensasinya tersendiri. Seperti winter akan ada banyak festival dan beberapa resort akan tampak cantik.
      Keep my blog ya :) mei saya juga ke Korea :D

      Delete
  14. Hay mbak vika, salam kena aku mei sya.. oh iya mbak, kalau dari daegu ke busan jauh gk ya? Rencana september sampai november di korea.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo Naik KTX sekitar 1,5 jam, dan Bus 3 jam-an.

      Delete
  15. Info terbaik....myb selepas raya korban...travel solo ke seoul...ok tak pergi sana seorang aje

    ReplyDelete