3 Oleh-oleh Khas Bandung

Jalan-jalannya sudah, selfienya hingga memori full, kulinernya juga bikin timbangan badan jebol, tapi rasanya ada yang kurang nih. Iyes, oleh-olehnya sudah ditagih sanak family dan teman. Jalan-jalan tanpa oleh-oleh seperti sayur tanpa garam kan ya...nanti dibilang pelit kalo ngga bawa oleh-oleh.

Nah, oleh-oleh khas Bandung itu banyak jenisnya. Namun, yang paling ngangenin dari Bandung adalah batagor, roti soes dan browniesnya. Ketiga makanan tersebut, apabila ketika membelinya dibutuhkan kesabaran ekstra karena antriannya selalu membludak. Jangan kaget apabila melihat perorang yang membelinya selalu berkadus-kardus, saya mah cuma satu atau dua cuma ngelus dada.

3 Oleh-oleh Khas Bandung inilah yang membuat saya kangen Bandung. Apa aja ?

Batagor Kingsley dan Batagor Riri
Batagor adalah makanan favorit saya. Aroma ikan tenggiri didalam bakso dan isi gorengan dicampur dengan bumbu kacang ini selalu sukses membuat perut saya tak berhenti menolaknya. Di Surabaya, batagor cukup banyak, mulai yang kaki lima mangkal didepan sekolah maupun direstoran juga ada. Tapi, mencicipi batagor yang asli dari Bandung itu lebih istimewa, karena ngga ada tuh yang namanya Batagor Surabaya.

Ada dua batagor tersohor di Bandung, yaitu Batagor Kingsley dan Batagor Riri. Kedua batagor ini memiliki fans tersendiri, ada yang bilang batagor kingsley lebih enak dan adapula yang bilang batagor Riri lebih enak. Kalo saya sih dua-duanya sama enaknya ...


Waktu di Bandung saya tidak mencicipi langsung dari outletnya, jadi batagor ini saya bungkus untuk oleh-oleh. Pertama saya mencoba Batagor Kingsley, sampai di outletnya melihat antriannya sudah keder duluan. Untungnya pegawainya ngga hanya satu atau dua, tapi banyak. Ketika datang kita harus antri terlebih dahulu, lalu pesan dan mendapat nomor antrian. Nanti ketika batagor siap, kita akan dipanggil lagi sesuai nomor antrian.



Satu item batagor yang berupa baso atau tofu peritemnya dibanderol Rp. 12.000,- perkotaknya terdiri dari 10  yaitu Rp. 120.000,- yang sudah include dengan bumbu kacang. Tapi kalo pengen beli 5 lonjor aja tetap bisa kok.


Jika dibawa oleh-oleh, pastinya akan dibawa keluar kota kan, batagor kingsley jika tidak dimasukkan kekulkas akan bertahan 24 jam, sedangkan jika dimasukkan kulkas bertahan hingga 7 hari. Lalu gimana saaya yang membawa batagor dengan naik kereta api 18 jam ke Surabaya? Aman-aman saja, karena belum sampai tujuan sudah dicemil sampai habis.

Batagor Kingsley
Jl Veteran No 25 Bandung
(Tidak membuka cabang)
Telp : (022) 4207104
Open : 09.00 - 19.00


Awalnya saya tidak berniat membeli batagor Riri karena sudah membeli batagor kingsley, tapi karena ada Whatsap yang titip batagor, lalu saya membelikannya Batagor Riri. Saya membelikannya di cabangnya dekat Kartika Sari, di cabangnya ini antriannya tidak seramai pusatnya. Entahlah jika dipusatnya pasti seramai batagor Kingsley.

abaikan siluet body saya yang aduhai


Berbeda dengan batagor Kingsley, batagor Riri kemasannya lebih praktis. Untuk dibawa pulang, kemasannya dibuat seperti beli nuget disupermarket. Dibungkus plastik kedap udara dan vacuum sealing. Untuk harga batagor Riri, sama dengan batagor Kingsley per-isi 10 harganya Rp. 120.000,- dan sudah include dengan bumbu kacang.

Batagor Riri
Jl Burangrang 41
Lengkong - Bandung
Telp : (022) 7303349
Open : 08.00 - 20.00


Soes Merdeka
Sebagai penggemar soes, saya penasaran dengan Soes Merdeka yang konon rasanya sangat enak. Sudah tahukan roti soes itu seperti apa? Roti soes merupakan roti kering yang bagian tengahnya terdapat vla. Ketika digigit vla-nya akan meleleh didalam mulut.



Soes Merdeka merupakan soes legendaris dikota Bandung. Konon tokonya sudah ada semenjak tahun 1969. Kini cabangnya sudah menyebar ke beberapa kota yaitu Jakarta, Depok, Bogor, Jogjakarta, Surabaya dan Denpasar-Bali. Khusus yang Surabaya, saya baru sadar kalo Soes Merdeka ini ada di Jalan Ngangel Madya dan Mayjend Sungkono. Duh, kemana saja sih gueeeeeh ini...

Soes Merdeka ini ada dua versi, yaitu halal dan non halal. Yang halal adalah tidak memakai rhum. Tahu kan rhum itu apa? Sejenis minuman yang memabukkan, kalo dicicipi terasa sepet-sepet asam seperti sprite yang kuat dimulut. Loh, saya kok tahu? Iya ngga sengaja nyoba waktu beli kue hehehe...





Jadi pilih yang tanpa rhum ya, nanti dikemasannya tertulis kok yang tanpa rhum. Satu item soes merdeka ini dibanderol dengan Rp. 8.000,- Pembeliannya boleh bijian atau yang ngga mau repot ada paket perkotaknya isi 10. Selain soes, di Soes Merdeka juga ada beberapa snack dan kue-kue, tapi yang terfavorit tentu saja soesnya, kan namanya saja "Soes Merdeka"

Soes Merdeka
Pusat
Jl. Purnawarman,Sumur Bandung,
Kota Bandung, Jawa Barat 40117
Telp: (022) 4235534
Open : 07.00 - 21.00


Brownies Kartika Sari

Ke Bandung tanpa ke Kartika Sari, rasanya kurang afdol. Pusat oleh-oleh yang terletak dekat Stasiun kota Bandung ini, pusatnya segala oleh-oleh yang berbau dengan Bandung. Maka, jangan heran jika outletnya selalu dipenuhi pengunjung.



Yang paling favorit dan yang saya sukai adalah Browniesnya. Ya, meskipun Bandung punya brownies Amanda, namun karena Amanda saat ini banyak sekali cabangnya jadi kurang istimewa lagi jika dijadikan oleh-oleh ketika di Bandung. Nanti yang dibawain oleh-oleh, ah pasti ini belinya di Surabaya.

Brownies Kartika Sari lebih saya sukai karena berjenis brownies kering dipanggang. Bagian atasnya crispy dan crunchy, lalu bagian tengahnya berupa brownies basah. Rasa coklatnyapun manisnya pas, tidak terlalu pahit dan tidak terlalu manis. Satu kotak lumayan besar ini dibanderol Rp. 50.000,- dengan pilihan rasa brownies panggang mocca, chocolate chips, raisin dan original. Ada juga brownie panggang seharga Rp. 55.000,- dengan rasa Tiramisi, kacang mede dan keju spesial.




Untuk yang lebih menyukai brownies basah, semacam Amanda bisa membeli dengan brownies kukus yang memiliki beberapa rasa yaitu original, tiramisu, marble, pandan, ketan hitam yang dibanderol mulai Rp. 42.500 - Rp. 50.000,- Kalo favorit saya memang suka yang dipanggang dengan rasa chocolate chips dan kacang mede.



Selain brownies, yang unik dari Kartika Sari adapula kacang bolen. Roti yang mirip dengan pisang molen ini merupakan khas Bandung. Jadi roti tersebut berisi pisang atau adapula kacang hijau, perkotaknya seharga Rp. 40.000,- Adapula makanan ringan dengan aneka rasa dengan harga yang ramah dikantong.

Kartika Sari
Ada 9 outlet, salah satunya
Jl. Haji Akbar No. 4, Pasir Kaliki, Cicendo, Jawa Barat 40171
Telepon: (022) 4231355
Open : 06.00 - 19.00


Nah dari tiga referensi Oleh-oleh khas Bandung ala saya, mana yang kamu sukai nih? Atau adakah referensi oleh-oleh makanan khas Bandung lainnya? 

You Might Also Like

5 komentar

  1. Kalau oleh-oleh memang khasnya batagor, kartika dan soes merdeka ya.
    Kalau surabi bandung itu nggak bisa lama, padahal enak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. surabi enhai enak.....tapi...ngga mungkin dibawa ke Sby

      Nyari cabang Serabi Notosuman Solo aja yang ada di Surabaya :)

      Delete
  2. Kalau oleh-oleh memang khasnya batagor, kartika dan soes merdeka ya.
    Kalau surabi bandung itu nggak bisa lama, padahal enak :)

    ReplyDelete
  3. Outlet toko kue prima rasa juga enak, mak. Saya biasa beli kue2 kukus di situ, rasanya enak, favorit saya, hehehe...prima rasa ada bbrp cabang di bandung, salah satunya di jalan buah batu. Kangen bandung!!

    ReplyDelete
  4. pagi-pagi buka blog, langsung makanan temanya.
    wah terima kasih dah jadi inspirasi menu makanan hari ini :D

    ReplyDelete