Surabaya North Quay, Spot Wisata Baru di Surabaya

Surabaya yang sering disebut kota pahlawan dan kota terbesar kedua di Indonesia ini jarang sekali dilirik wisatanya. Mereka yang datang ke Surabaya lebih asyik berkuliner atau berkeliling mal saja, atau bisa juga dikatakan bahwa Surabaya wisatanya kalah pamor dengan Malang. Seperti ketika saya kedatangan teman dari luar kota, teman saya ini lebih suka berwisata kuliner Surabaya, daripada mengunjungi wisata Surabaya.

Tahun 2016 ini, wisata Surabaya mulai mengeliat lagi. Bulan lalu, di Surabaya dihebohkan dengan hadirnya food junction yang katanya berkiblat dari Lembang. Wisata tersebut cukup sukses, dan menjadi alternatif warga Surabaya untuk mengisi senja sore maupun malam hari. Kini, di tanggal 27 Februari 2016 adalagi wisata baru Surabaya yang baru di launching dengan nama Surabaya North Quay.

Surabaya North Quay terletak dikawasan peti kemas dan Pelabuhan Perak. Lokasinya berada di Lantai 2 dan 3 gedung Gapura Surya Nusantara. Dalam 3 hari, akan ada prelaunchingnya mulai tanggal 27 februari 2016 - 29 februari 2016. Jadi, wisata Surabaya North Quay ini masih "fresh from the oven. "


Transportasi Menuju Surabaya North Quay 
Jika dari luar kota Surabaya, bisa menaiki pesawat terbang dengan tujuan Bandara Juanda Sidoarjo, bisa juga dengan kereta api turun di stasiun gubeng, atau bisa juga menggunakan bus lalu turun di terminal bungurasih.

Setelah sampai di Surabaya, perjalanan bisa dilanjutkan menggunakan taksi online dengan biaya sekali jalan Rp. 120.000,- atau ojek online sekali jalan Rp. 50.000,- Paling nyaman memang menggunakan kendaraan pribadi atau bisa pula menyewa mobil yang sewanya Rp. 350.000,- Rp. 450.000,-

Nah, kalau saya menggunakan kendaraan pribadi, rute yang saya lalui adalah masuk tol waru lalu turun di tol Perak dengan biaya Rp. 3.500,- Keluar tol nanti, anda mengikuti jalur untuk menuju Pelabuhan Perak. Akan ada papan penunjuk yang jelas untuk menjangkau Pelabuhan Perak ini.

Masuk kawasan Pelabuhan Perak akan ada biaya premi Rp. 7.500,- untuk mobil dan Rp. 5.000,- untuk motor. Lalu untuk menuju Surabaya North Quay, masuklah di terminal Gapura Surya Nusantara dengan gedung birunya. Surabaya North Quay berada di lantai 2 dan lantai 3, akan ada eskalator maupun lift untuk menuju lantai atas.

Surabaya North Quay 

Kawasan Perak yang terletak dipinggiran Surabaya, memang jarang sekali saya jamah. Lokasinya memang jauh dari rumah saya yang terletak di perbatasan Surabaya dan Sidoarjo. Namun, karena kehebohan informasi dari stasiun radio swasta di Surabaya, sayapun penasaran untuk mengunjungi prelaunchingnya Surabaya North Quay di hari pertamanya.



Masuk ke Gedung Gapura Surya Nusantara, saya menuju ke lantai 3-nya. Saya langsung melihat tulisan Surabaya North Quay yang dijadikan beberapa wisatawan untuk berfoto. Beberapa wisatawan lainnya pun asyik duduk-duduk dirumput sintetis sambil menikmati semilir angin laut Surabaya.



Di balkon tersebut, saya dapat melihat kapal-kapal yang melintas diperairan Surabaya. Saya juga dapat melihat pemandangan pelabuhan Tanjung Perak dan Jembatan Suramadu dari Gedung Gapura Surya Nusantara. Sore hari ketika sunset tiba, Surabaya North Quay akan terlihat sangat cantik. Gemerlap lampu kapal akan menambah indahnya suasana sore di Surabaya.





Di Surabaya North Quay, saya teringat suasana Avenue of Stars Hongkong, disana para wisatawan asyik menikmati lautan yang membelah pulau-pulau Hongkong. Setiap harinya selalu ada pertunjukan laser yang diselenggarakan hotel sekitarnya. Surabaya North Quay  memang masih baru, masih banyak spot kosong didalamnya. Nantinya, dilantai 2 akan dibuat mal dengan produk unggulan Surabaya. Semoga Surabaya North Quay menjadi icon wisata Surabaya dan akan sukses seperti Avenue of Stars Hongkong yang diburu wisatawan asing.




Surabaya North Quay akan dibuka setiap Sabtu pada pukul 14.00 - 16.00 dan Minggu pada pukul 09.00 -21.00. Dalam prelaunchingnya ini, Surabaya North Quay akan menyambut cruise mewah dari MS Rotterdam, kapal mewah tersebut akan bersandar didekat Surabaya North Quay. Wisatawan bisa mengabadikan momen langka ini pada tanggal 29 Pebruari 2016 nanti.

Food Court di Surabaya North Quay 
Tak lengkap rasanya jika jalan-jalan tanpa kulineran. Di Surabaya North Quay, terlihat beberapa icon wisata kuliner khas Surabaya yang turut meramaikan. Sebut saja mulai dari Ria Galleria, Lontong Balap Pak Gendut, Bebek Harisa dan beberapa kuliner lainnya yang unik-unik dengan harga yang cukup layak.





Saya mencoba lontong balap pak gendut yang merupakan cabang dari Jalan Kranggan Surabaya. Sudah tahukan kalau lontong balap merupakan makanan khas Surabaya? Yap, kuliner ini terdiri irisan lontong tipis, taoge, tahu, lento (gorengan yang berasal dari kacang hijau), bawang goreng dan siraman kuah kaldu daging sapi yang berwarna kecoklatan. Tak lupa sate kerang dijadikan teman makan lontong balap ini. Untuk rasa jangan ditanya lagi, karena lontong balap Pak gendut sudah terjamin kelezatannya yang terletak pada kuahnya yang sangat khas. Seporsi lontong balap Rp 15.000,- dan sate kerang 10 tusuk seharga Rp. 10.000,-




Ria Galleria merupakan salah satu restoran favorit saya di kawasan Jalan Bangka Surabaya. Di Surabaya North Quay saya mencicipi nasi campur bali seharga Rp. 25.000,- Nasi campur pesanan saya terdiri dari nasi putih, kulit ayam crispy, sate daging, suwiran ayam yang dimasak rica-rica, irisan cabai hijau dan oseng-oseng bawang merah (sambal matah). Sudah pasti ini rasanya enak dan mengenyangkan, karena Ria Galleria favoritnya para artis yanng sedang mengunjungi Surabaya.





Makanan lainnya yang tak kalah unik adalah kreco yang berasal dari keong sawah, nasi kucing yang lengkap dengan satenya maupun rujak cingur Surabaya.




Nah, menarik bukan berwisata di Surabaya North Quay ini. Yuk, dukung wisata lokal dalam negeri, sambil menikmati suasana pelabuhan tanjung perak dan mencicipi aneka kuliner Surabaya yang sangat khas. Jangan lupa, main juga ke Food Junction Surabaya :D

You Might Also Like

55 komentar

  1. Whua asik banget ya. Bagus viewnya. Masuknya juga murah ya, :) Pengen ksana rasanya....

    ReplyDelete
  2. Wah Surabaya makin keren aja, nggak sabar pulang kampung eui, ntr mampir kesana :D

    ReplyDelete
  3. Aku baru tahu juga ada tempat seperti ini. Smoga dalam waktu dekat bisa ammpir ya. Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih baru mba, baru sehari launching :D

      Delete
  4. Bersih ya eh atau itu foto brosur? Bersih banget soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya bersih gimana mba :D? Itu foto saya semua, bukan brosur :D

      Delete
  5. Wah makkk, aku ngiler sama nasi bali dan kreconya. Bisa banget main ke sini nih kalo liburan, tinggal gelinding doang dari malang hehehe

    ReplyDelete
  6. Rencananya hari ini aku mau kesini juga mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asikkkk :D

      Adeknya pake jaket tebal ya, ntar masuk angin

      Delete
  7. Bagus banget mbak viewnya sayang jauh. Semoga aku bisa ke sini

    ReplyDelete
  8. Bukanya cuma sabtu minggu aja kah mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nantinya gitu mba, buka sabtu n minggu.

      Kalo prelaunchingnya sampe Senin

      Delete
  9. ngiblat ke bandung ya? wisata bandung jadi percontonhan berarti yaa mba?
    di sini bagus bisa lihat kapal2, kalo dibandung ga ada laut, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya yg food junction di Tandes yang katanya mirip Lembang.

      Kalo Surabaya North Quay kiblatnya Surabaya :D

      Delete
  10. Beberapa hari lalu saya membaca di koran tentan Surabaya North Quay ini. Eh benaran, dari foto-foto di sini tempatnya keren banget. Nanti kalau ke Surabaya lagi mau mampir di sini ah :)

    ReplyDelete
  11. Baru aja liat postingan temen di social media nya dia soal tempat ini, eh sekarang baca di postingannya mba Vika hehehe. Tempatnya bisa dikembangkan lagi kayaknya yah... bagus dan prospektif banget :).

    ReplyDelete
  12. Hmmmm, semoga menjadi tempat alternatif untuk bersantai dimalam hari yang nyaman... melihat dari beberapa foto yang diposting... SNQ sangat keren... pengen kesana jadinya....

    ReplyDelete
  13. Menyesal td gak ke sana.. baru tau waktu buka2 instagram.. huhu, makanannya terjangkau ya mbak,, kaya food junction..

    ReplyDelete
  14. Ih Surabaya keren ya, makin banyak tempat kulineran. Apalagi North Quay, bisa makan sambil lihat kapal2. Sayang, saat ke Surabaya kemaren belum buka yaa

    ReplyDelete
  15. seru banget bisa liat kapal2 itu

    ReplyDelete
  16. Keren ini, wisata terbaru di kota pahlawan Surabaya. Semoga surabaya menjadi kota wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. :D


    OngisTravel.com

    ReplyDelete
  17. cakeeeep... kalau di Jakarta mungkin mirip2 Baywalk Mall di Pluit yg jg dkt laut...

    ReplyDelete
  18. Bangga juga.. tanpa tiket ya mbak ?
    Apakah cuma membayar parkirnya sajakah ?

    ReplyDelete
  19. Bangga juga.. tanpa tiket ya mbak ?
    Apakah cuma membayar parkirnya sajakah ?

    ReplyDelete
  20. apakah sabtu/minggu besok masih buka?

    ReplyDelete
  21. Mbak, Surabaya North Quay ini khan bukanya tiap Sabtu dan Minggu (katanya), apa Sabtu besok sy masih bisa kesana? Apa bukanya masih cuma kemaren waktu prelaunching aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @nanda n @ferry, prelaunching cuma 3 hari. Nanti akan dibuka kembali setelah informasi selanjutnya menunggu launchingnya.

      Sabtu n minggu ini tutup

      Delete
  22. Salam kenal ya, Mba Vika. Aku Helda yg di Instagram @cuaphelda.

    Mba Vika, berarti Surabaya North Quay belum buka lagi dong, ya? Aku jalan ke Sby tgl 14-16 Maret nanti, weekdays, berarti nggak buka yah? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Helda :)

      Iya nih cuma buka 3 hari aja sampai nunggu pengumuman berikutnya. Aku kemarin juga tanya langsung ke twitternya pelindo jawabannya masih tutup belum buka lagi.

      Delete
    2. Waaahh, berarti urungkan rencana ke sana dulu ya. Makasi infonya ya, Mba Vika.

      Delete
  23. mbak sabtu bukanya hanya jam 14-16 jd ga bs liat sunset ya? kalo minggu full?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka sampe malam say, tgl 2-3 april 16. Setelah itu tutup lagi :(

      Delete
  24. Mbak hari sabtu ini juga masih tutup? Kalo besok minggu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tgl 9 dan 10 april ini buka say, maaf baru bales

      Delete
  25. bisa mampir kesini nih sekali-kali pas lewat, wkwk baru tau juga nih, makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini ngga buka tiap hari ya guys, bukanya melalui pemberitahuan dulu. Tgl 9 dan 10 april ini buka lagi :)

      Delete
  26. Makan-makan sambil lihat kapal bagus juga tu :P

    ReplyDelete
  27. Tengkiuu atas info nya mang Surabaya menuju kota wisata

    ReplyDelete
  28. mau nunggu cuman buat yang kyk gini nih, seru banget kyknya

    ReplyDelete
  29. Minggu ini buka ndak mbak vika?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama ramadhan buka tiap hari dear :D

      Delete
  30. Minggu ini buka ndak mbak vika?

    ReplyDelete
  31. Hari ini buka ndak mbak vika ?
    Pengen banget kesana ,mumpung liburan

    ReplyDelete
  32. Hari ini buka ndak mbak vika ?
    Pengen banget kesana ,mumpung liburan

    ReplyDelete
  33. Tempat Ini sdh buka seterusnya atau blm Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mulai bulan ramadhan sampai Libur lebaran ini buka kok :D

      Delete
    2. Stlh lebaran tetap buka spt biasa?

      Delete
    3. jam bukanya memang masih buka tutup, kecuali sabtu dan minggu. Sebaiknya sebelum kesana mention twitter dulu ke @pelindo3 mereka fast respond kalau ditanya jam buka.

      Delete
  34. Replies
    1. Mohon maaf slow respond....


      Untuk Agustus 2016, buka mulai hari Selasa - Minggu jam 11.00 - 20.00

      Delete
  35. mbak vika blognya bagus, informatif sekali. terimakasih banyak.

    ReplyDelete
  36. beda jauh sama kawasan pantai di Jakarta, pling mentok wisata beginian cuma Ancol doank.

    ReplyDelete